Header Ads

  • Cara Membuat Blog Menggunakan Platform Blogspot

    Cara Membuat Blog Menggunakan Platform Blogspot


    Cara membuat blog di blogspot ternyata sangat mudah, lho. Blogspot adalah wadah bagi siapapun yang ingin membagi pengalaman atau informasi dalam bentuk tulisan. Selain untuk menyalurkan hobi, platform ini juga bisa mendatangkan keuntungan.

    Tak heran banyak orang berlomba-lomba untuk membuat blog. Meski tergolong platform jadul, blogger masih banyak yang menggunakan hingga saat ini. Selain karena fiturnya yang simple dan praktis, Blogspot juga bisa digunakan secara gratis.

    Informasi Singkat
    Blogger adalah sistem manajemen konten online Amerika yang memungkinkan blog multi-pengguna dengan entri yang diberi stempel waktu. Pyra Labs mengembangkannya sebelum diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Google menghosting blog, yang dapat diakses melalui subdomain blogspot.com. Blog juga dapat diakses dari domain kustom milik pengguna (seperti www.example.com) dengan menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google. Seorang pengguna dapat memiliki hingga 100 blog atau situs web per akun.

    Google Blogger juga memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan blog dan situs web ke server hosting web mereka sendiri melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Semua blog dan situs web tersebut harus dialihkan ke subdomain blogspot.com atau mengarahkan domain mereka sendiri ke server Google melalui DNS. Google Blogger memiliki basis pengguna internasional yang luas dan tersedia dalam lebih dari 60 bahasa, meskipun popularitasnya menurun di Amerika Serikat.
    Sumber : Wikipedia



    Agar tidak perlu berlama-lama lagi, berikut cara membuat akun blogspot dengan mudah yang bisa Anda ikuti, simak artikel ini sampai akhir ya.

    DAFTAR ISI
    1. Cara Membuat Blog Di Blogspot Dengan Mudah
      1. 1. Kunjungi Situs Blogspot
      2. 2. Isi Identitas Blog
      3. 3. Cara Membuat Postingan Di Blogspot
      4. 4. Mengatur Layout Blog
    2. Tips Memilih Niche Yang Baik
    3. Rekomendasi Niche Blog

    #1 Cara Membuat Blog Di Blogspot Dengan Mudah



    1.1 Kunjungi Situs Blogspot

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi website blogspot (https://www.blogger.com). Kemudian ada akan menemukan kalimat Create Your Blog. Anda bisa klik tulisan tersebut.

    Cara Membuat Blog Menggunakan Platform Blogspot

    Setelah itu, Anda akan diarahkan pada akun Gmail. Langsung saja masukkan akun Gmail Anda yang aktif. Setelahnya Anda harus melakukan konfirmasi di profil blog. Anda bisa mengisi nama blog yang sudah Anda siapkan.

    Cara Membuat Blog Menggunakan Platform Blogspot


    1.2 Isi Identitas Blog

    Nanti, Anda akan disuguhkan formulir yang harus diisi berupa bagian Title, Address dan Theme. Pada pilihan Title, silahkan isi judul pada halaman pertama blog Anda. Kemudian pada bagian Address, Anda bisa mengisi URL yang ingin digunakan sebagai nama blog. Misalnya, akunku.blogspot.com.

    Selanjutnya, ada pilihan theme. Anda bisa pilih tema sesuai tema blog Anda. Misalnya, jika Anda ingin membuat blog tentang kecantikan yang dominan perempuan. Anda bisa memilih tema pinky feminim. Namun, jika Anda ingin membuat tentang elektronik, alangkah baiknya menggunakan tema biru atau abu-abu agak kehitaman.

    Selain tema default, Anda juga bisa menggunakan template premium blogger untuk menambah daya tarik blog yang akan Anda buat. Berikut beberapa artikel tentang tema premium blogspot yang bisa Anda lihat dan pilih sebagai tema blog Anda.


    1.3 Cara Membuat Postingan Di Blogspot

    Setelah membuat akun blog, saatnya memposting konten artikel sesuai niche yang Anda tentukan. Ada berbagai pilihan niche populer yang bisa Anda pilih seperti kecantikan, kesehatan, teknologi, hingga pendidikan.

    Untuk membuat post, Anda cukup klik menu Post dan New post. Selanjutnya, silahkan menulis apa yang akan Anda bagikan pada orang-orang.

    Cara Membuat Blog Menggunakan Platform Blogspot


    1.4 Mengatur Layout Blog

    Cara membuat blog di blogspot sudah paham, kini saat mengatur layout blog. Anda bisa turut mengatur susunan elemen di blog. Anda cukup klik tulisan Layout pada menu. Untuk mengubah tiap konfigurasinya, Anda cukup klik tanda pena di samping.

    Beberapa yang bisa Anda ubah tata letaknya ialah gadget, ikon, biodata penulis, dan yang lainnya. Klik tombol Preview untuk melihat tampilan sebelumnya sebelum disimpan.

    Cara Membuat Blog Menggunakan Platform Blogspot

    #2 Tips Memilih Niche Yang Baik

    Selanjutnya akan kami beri sedikit tips memilih niche yang baik agar blog Anda banjir pengunjung. Yuk, simak artikel ini hingga selesai.

    Rekomendasi Niche Blog Terbaik

    Untuk mengisi blog yang Anda miliki, sebenarnya Anda bebas hendak mengisi dengan kontek sesuai keinginan. Namun, alangkah baiknya jika Anda fokus pada satu topik tertentu saja. Lalu topik apa saja yang sering dikunjungi pada halaman blog?

    Sebelum mengarah pada Niche Blog, berikut hal-hal yang Anda dapatkan ketika menerapkan Niche Blog.

    1. Bisa Dikenal Sebagai Ahli
      Bisa dijadikan referensi oleh orang banyak karena mereka memandang Anda sebagai ahli pada topik yang Anda pilih.

    2. Membuat Anda Lebih Fokus
      Dalam membuat blog Anda butuh konsistensi sehingga topik yang Anda berikan tidak melebar ke berbagai topik.

    3. Peningkatan CTR Iklan
      Dengan adanya iklan yang relevan dengan Niche Blog yang Anda miliki membuat blog Anda akan lebih banyak mendapatkan klik sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak pendapatan dari iklan.

    #3 Rekomendasi Niche Blog

    Namun jika Anda belum memiliki Niche Blog, Anda tidak perlu lagi merasa bingung, karena di bawah ini dibahas 5 deretan Niche Blog untuk Anda.

    1. Kuliner
      Membahas perihal kuliner tidak akan ada habisnya. Terlebih lagi bagi para pecinta kuliner. Dalam hal ini topik kuliner yang sering dibahas adalah perihal rekomendasi makanan, rekomendasi tempat makan, informasi harga makanan, resep makanan, dan makasih banyak lagi.

      Tidak hanya itu isi blog juga bisa membahas seputar review kuliner atau tempat makan. Hal itu akan membuat orang semakin tertarik dengan ulasan kuliner Anda. Jika demikian Niche Blog akan melirik untuk menawarkan iklan produk makanan atau minuman seperti, peralatan masak, kursus memasak, usaha katering, hingga jasa pesan antar makanan secara online.

    2. Wisata dan Perjalanan
      Selain makanan Niche Blog yang ramai dikunjungi adalah tempat wisata dan juga perjalanan yang setiap orang ingin memenuhinya. Lalu apa saja yang harus Anda bahas? Anda bisa membahas tentang review fasilitas wisata, review hotel, dan yang paling banyak dicari adalah review tempat wisata.

      Tidak hanya itu, Anda juga bisa memberikan tips seputar traveling, seperti :
      • Cara mendapat tiket kereta atau tiket pesawat dengan harga yang murah.
      • Trav kit yang wajib dan tidak wajib dibawa.
      • Cara mengemas tas atau koper agar muat banyak.
      • Dan tentunya masih banyak lagi.

    3. Kecantikan
      Tren kecantikan pada pencarian di Google mengalami kenaikan 30% semenjak hadirnya beauty influencer. Lalu apa saja yang mereka cari? Rata-rata mereka mencari review produk kecantikan, produk untuk perawatan kulit, dan lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membandingkan beberapa produk kecantikan seperti, bedak, lipstik, foundation, dan lain-lain. Tidak sampai disitu saja, Anda juga bisa memberikan tips merawat wajah agar tetap sehat dan segar, seperti berikut ini :
      • Menghilangkan jerawat dengan cepat.
      • Menghilangkan kantung mata dengan menggunakan bahan yang alami.
      • Mencerahkan kulit wajah yang kusam.

    4. Teknologi
      beberapa orang memutuskan untuk mencari informasi pada Google terlebih dulu sebelum membeli elektronik. Dari sini Anda tidak akan kekurangan ide topik, karena perputaran teknologi yang begitu cepat. Topik yang banyak dicari biasanya review antar produk, gadget keluaran terbaru beserta spesifikasinya, hingga pemilihan gadget yang cocok untuk bermain game.

      Selain itu Anda juga bisa menuliskan beberapa isu berikut ini :
      • Emansipasi wanita dalam bidang teknologi.
      • Aplikasi yang diblokir.
      • Isu hoax di media sosial.
      • Beredar luasnya ponsel Black Market.
      Dengan Niche ini Anda memiliki kemungkinan untuk mendapatkan endorse dari toko ponsel.
    Demikian artikel blog tentang Cara Membuat Blog Menggunakan Platform Blogspot terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Incoming Search Term


    cara bikin blog pribadi, cara membuat blog gratis, cara cepat membuat blog di blogspot, tutorial mudah membuat blog, langkah demi langkah membuat blog menggunakan blogspot, konfigurasi situs blogger, cara singkat dan praktis membuat blog menggunakan blogspot, cara yang benar membuat blog, membuat blog menggunakan platform blogger, belajar membuat blog dari nol, apa sih blogger dan bagaimana cara membuatnya?, bikin blog yang gampang, tutorial paling gampang untuk bikin blog, cara membuat blog di hp, cara membuat blog yang menarik

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare