Header Ads

  • Begini ! Cara Menurunkan MoZ SPAM Score Domain

    Begini ! Cara Menurunkan MoZ SPAM Score Domain


    Ternyata begini cara yang ampuh untuk menurunkan nilai MOZ SPAM Score terhadap suatu domain dan subdomain, mau tahu caranya ? yuk simak pembahasan lengkap yang ada pada artikel codeflare.net ini agar domain website yang kamu miliki bisa sehat dan bersih dari perangkap Moz SPAM Score.

    DAFTAR ISI
    1. Apa Itu Moz SPAM Score Domain ?
    2. Cara Mengetahui Moz SPAM Score Domain Website
    3. Bagaimana Cara Kerja Moz SPAM Score Terhadap Domain Website ?
    4. Apa Saja Kriteria Moz SPAM Score ?
    5. Apa Bahaya Moz SPAM Score Terhadap Domain Website ?
    6. Bagaimana Cara Menurunkan Moz SPAM Score Domain ?
    7. Bagaimana Cara Menghindari Moz SPAM Score ?

    1. Apa Itu Moz SPAM Score Domain ?

    Moz SPAM Score (Skor SPAM Moz) pada suatu domain adalah metrik komparatif yang mengukur seberapa mirip domain website dengan domain website lain yang dianggap sebagai spam oleh algoritme Google. Jadi Moz SPAM Score merupakan indikator seberapa besar nilai persentase spam yang ada pada sebuah domain website.

    Moz awalnya membuat sistim penilaian skor spam pada tahun 2015 yang saat itu nilai skor spam adalah nilai antara 1 sampai dengan 17 untuk digunakan sebagai daftar nilai penanda spam pada domain website. Sejak tahun 2015 hingga sekarang algoritma moz spam score telah banyak mengalami perubahan dalam sistim algoritma dan penilaian SPAM Score. Tentu saja perubahan sistim penilaian Moz SPAM Score akan selalu mengikuti pola terbaru dari sistim algoritma Google.

    Secara signifikan nilai spam skor sekarang lebih komprehensif berdasarkan persentase kategori nilai SPAM Score. Kategori nilai SPAM dibagi menjadi 3 klasifikasi, yaitu : 0% - 30% termasuk dalam kategori wajar sedangkan mulai dari 31% - 60% masuk dalam kategori spam menengah dan yang terakhir mulai dari 61% - 100% masuk kedalam kategori domain website spam tinggi. Semakin tinggi persentase SPAM, semakin besar kemungkinan domain website kamu tampil sebagai SPAM ke berbagai alat analitik pihak ketiga dan analitik otoritas Google.

    2. Cara Mengetahui Moz SPAM Score Domain Website

    Cara mengetahui nilai SPAM Score bisa menggunakan moz toolbar untuk extensi browser chrome atau bisa juga dengan mengunjungi situs moz.com untuk mengecek URL suatu domain. Biar mudah codeflare.net sudah membuatkan sistim pengecekan Moz SPAM Score di bawah ini.

    Silakan masukan url domain website kamu kemudian tekan tombol Check untuk mengetahui SPAM score domain website. Selain mengetahui nilai SPAM Score, kamu juga bisa mengecek analitis domain website, seperti : jumlah backlink, domain authority, page authority dan halaman teratas dari domain website.

    3. Bagaimana Cara Kerja Moz SPAM Score Terhadap Domain Website ?

    Situs moz.com akan memantau indeks ranking dari suatu domain website yang sudah ter-indeks secara berkala. Hal ini tentunya untuk mengetahui apakah domain website tersebut terkena penalti (hukuman) oleh Google atau tidak. Ketika domain website tersebut terkena penalti maka atribut data dari domain website tersebut akan diolah kemudian dianalisis untuk mengetahui nilai persentase SPAM Score terhadap domain website tersebut. Nilai SPAM Score yang diberikan oleh situs moz.com akan melekat sampai ke level subdomain, bahkan link yang tertanam juga akan ikut terkena imbasnya.

    Cara penentuan persentase nilai SPAM Score, yaitu melalui proses pengambilan data dan analisis kemudian Moz telah menentukan 27 kategori kesamaan SPAM yang cenderung dimiliki oleh suatu domain website.

    Saat Moz menganalisis domain website kamu, sistim analisis data moz.com akan mencari berbagai atribut, termasuk 27 sinyal spam yang sudah menjadi standar. Semakin banyak atribut sinyal SPAM yang dimiliki oleh domain website kamu maka semakin tinggi nilai SPAM Score domain website kamu.

    Moz SPAM Score ini didasarkan pada korelasi dan bukan pada sebab-akibat. Situs moz.com belum membangun replika algoritme Google yang memutuskan bahwasannya ketika sebuah domain website melakukan kesalahan tertentu maka domain website tersebut bisa dikorelasikan terkena sanksi dengan sebab dan akibat. Analisis situs moz.com akan mengidentifikasi atribut yang cenderung dimiliki suatu domain website saat dikenai sanksi oleh Google.

    Atribut yang dimiliki domain website tersebut mungkin berkontribusi pada penalti dan beberapa contoh kasus dapat berakibat kepada penurunan peringkat dan sanksi berupa banned permanen dari algoritma sistim pecarian Google, sementara pada kasus yang lain mungkin saja tidak benar-benar ada hubungannya dengan sanksi, tetapi hanya atribut SPAM yang melekat pada root domain website tersebut.

    Informasi Singkat

    Spamdexing (juga dikenal sebagai spam mesin telusur, keracunan mesin telusur, optimisasi mesin telusur topi hitam, spam penelusuran, atau spam web) adalah manipulasi indeks mesin telusur yang disengaja. Ini melibatkan sejumlah metode, seperti membangun tautan dan mengulangi frasa yang tidak terkait, untuk memanipulasi relevansi atau keunggulan sumber daya yang diindeks, dengan cara yang tidak sesuai dengan tujuan sistem pengindeksan.

    Spamdexing dapat dianggap sebagai bagian dari optimisasi mesin pencari, meskipun ada banyak metode optimisasi mesin pencari yang meningkatkan kualitas dan tampilan konten situs web dan menyajikan konten yang bermanfaat bagi banyak pengguna.

    Mesin pencari menggunakan berbagai algoritma untuk menentukan peringkat relevansi. Beberapa di antaranya termasuk menentukan apakah istilah pencarian muncul di teks isi atau URL halaman web. Banyak mesin pencari memeriksa contoh spamdexing dan akan menghapus halaman yang dicurigai dari indeks mereka. Selain itu, operator mesin telusur dapat dengan cepat memblokir daftar hasil dari seluruh situs web yang menggunakan pengindeksan spam, mungkin sebagai tanggapan atas keluhan pengguna tentang kecocokan yang salah. Munculnya spamdexing pada pertengahan 1990-an membuat mesin pencari terkemuka saat itu kurang bermanfaat. Menggunakan metode yang tidak etis untuk membuat peringkat situs web lebih tinggi dalam hasil mesin telusur daripada yang biasanya disebut dalam industri SEO (optimasi mesin telusur) sebagai "SEO topi hitam". Metode ini lebih fokus pada melanggar aturan dan pedoman promosi mesin telusur. Selain itu, para pelaku menghadapi risiko situs web mereka dihukum berat oleh algoritme peringkat hasil pencarian Google Panda dan Google Penguin.

    Teknik spamdexing yang umum dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelas besar: spam konten (atau spam istilah) dan spam tautan.


    Sumber : Wikipedia



    4. Apa Saja Kriteria Moz SPAM Score ?

    Cara analisis situs moz.com untuk memberikan atribut nilai SPAM untuk suatu domain website adalah dengan sebuah metode penilaian terhadap suatu domain website yang terkena penalti oleh Google dengan menimbang 27 kategori SPAM sebagai ciri-ciri untuk menentukan apakah suatu domain website memiliki kecenderung SPAM atau tidak.

    Berikut ciri-ciri dari domain website yang memiliki kecenderungan SPAM baik untuk canonical URL domain maupun subdomain.

    1. Hanya mempunyai sedikit halaman dalam satu nama domain.
    2. Menggunakan Top Level Domain (TLD) yang sering dicurigai sebagai website SPAM seperti .info, .co.cc, .cc, .pl, dll.
    3. Panjang nama domain atau subdomain memiliki kemiripan dengan domain website yang digunakan untuk SPAM.
    4. Nama domain menggunakan angka atau campuran angka yang sering ditemukan pada website spam.
    5. Tidak menggunakan font khusus sehingga disinyalir cukup umum banyak ditemukan pada website spam.
    6. Pada website SPAM kebanyakan tidak menggunakan Google Tag Manager / Google Analytic.
    7. Penggunaan kotak iklan double klik sering ditemukan pada website SPAM.
    8. Website SPAM jarang memasang halaman kontak pada website mereka.
    9. Jarang sekali website SPAM mempunyai halaman sosial media profesional seperti linkedin.
    10. Alamat email juga jarang ditemukan di website SPAM.
    11. HTTPS jarang sekali digunakan oleh website SPAM.
    12. Website yang cenderung SPAM biasanya menggunakan ranjau meta keywords untuk menyamarkan isi konten website.
    13. Website dengan kunjungan yang sangat sedikit di panel Jumpshot’s clickstream cenderung merupakan website SPAM. Hal ini sudah tidak relevan lagi mengingat website Jumpshot’s clickstream sudah tutup dan tidak bisa di akses.
    14. Penggunaan rel=canonical non-lokal sering diasosiasikan dengan SPAM.
    15. Panjang dari Judul Halaman yang sangat panjang atau sangat pendek merupakan ciri-ciri SPAM.
    16. Panjang dari meta description yang sangat panjang atau sangat pendek merupakan ciri-ciri SPAM.
    17. Penggunaan meta keywords yang menumpuk kata kunci berlebihan.
    18. Tidak menggunakan favicon juga umum dilakukan pada website SPAM.
    19. Tidak ditemukannya Facebook Tracking Pixels bisa menjadi sinyal SPAM.
    20. Website SPAM biasanya mempunyai jumlah external link yang tidak wajar.
    21. Website SPAM biasanya memasang link keluar menuju nama domain yang sama dalam jumlah yang tidak wajar.
    22. Rasio antara jumlah link dan jumlah teks konten yang tidak wajar.
    23. Website SPAM seringkali mempunyai huruf vokal dan huruf konsonan yang berurutan di dalam nama domain mereka.
    24. Website SPAM umumnya memakai tanda hubung berkali-kali didalam nama domainnya.
    25. Website SPAM umumnya mempunyai URL yang panjangnya tidak wajar.
    26. Di dalam halaman website SPAM sering ditemukan kata-kata yang erat kaitannya dengan topik webspam seperti, obat-obatan, konten dewasa, game, konten ilegal dan konten yang melanggar pedoman Google.
    27. Penggunaan kata-kata topik dalam artikel webspam, seperti obat-obatan, konten dewasa, game dan konten yang melanggar pedoman Google berada di dalam tautan teks jangkar (anchor link teks) juga merupakan indikasi kuat sebagai website SPAM.

    Semakin banyak ciri-ciri tersebut yang ditemukan pada suatu domain website kamu maka semakin tinggi nilai SPAM Score domain website kamu. Tapi bukan berarti jika ada beberapa ciri-ciri tersebut ditemukan di domain website kamu, maka domain website kamu akan dianggap sebagai domain website yang berisi SPAM. Situs moz.com sendiri menyatakan untuk suatu domain website yang hanya terindikasi memiliki sinyal kategori SPAM di bawah angka 30% maka domain website tersebut masih bisa dikatakan memiliki toleransi SPAM yang termasuk dalam ambang batas aman.

    5. Apa Bahaya Moz SPAM Score Terhadap Domain Website ?

    Nilai persentase SPAM Score pada suatu domain website berguna untuk mengetahui seberapa layak domain website tersebut ditampilkan pada halaman hasil pencarian Google terhadap pengalaman pengguna. Mengingat nilai Moz SPAM Score berdasarkan pendekatan terhadap algoritma Google maka hasil persentase Moz SPAM Score perlu diperhitungkan sebagai rujukan untuk indikasi dari kesehatan suatu domain website. Berikut penjelasan seberapa bahaya jika domain website kamu memiliki SPAM Score tinggi.

    1. Dapat Menurunkan Jumlah Trafik Visitor Secara Perlahan

      Hal ini jelas yaa karena apabila SPAM Score tidak diatasi dengan segera otomatis Google akan menghilangkan domain website kamu secara perlahan dari halaman hasil pencarian Google. Jika domain website kamu tidak ada pada halaman hasil pencarian Google terhadap suatu keyword maka secara otomatis domain website kamu akan sepi pengunjung.

    2. Menurunkan Peringkat Di Google Search

      Penurunan peringkat atau de-index suatu domain website salah-satu penyebabnya adalah karena SPAM Score domain telah melewati ambang batas aman, sehingga otomatis domain website tersebut telah terkena sangsi dari Google.

    3. Halaman Artikel Semakin Sulit Untuk Di Index

      Spam score tinggi menyebabkan domain website kamu menjadi semakin sulit untuk terindex oleh search engine Google ditambah lagi tingkat persaingan yang semakin ketat dengan website lain yang terus meningkatkan kualitas konten dan page speed halaman. Jika halaman artikel kamu tidak terindex maka sudah dipastikan kamu akan sulit untuk mendapatkan pengunjung organik Google.

    4. Menurunkan Hasil Pendapatan

      Apabila trafik visitor domain website menurun maka pendapatan dari iklan atau dari hasil afiliasi juga pasti turun. Monetize website sudah barang tentu membutuhkan banyak visitor organik dan relevan untuk bisa mendapatkan hasil yang signifikan.

    5. Hilang Dari Peredaran

      Lama kelamaan website kamu akan hilang dari peredaran alias tinggal kenangan jika SPAM score tetap dibiarkan tinggi. Mungkin website masih online, tapi tidak ada pengunjung organik bahkan bisa saja tidak ada pada hasil pencarian di mesin pencari Google.

    6. Bagaimana Cara Menurunkan Moz SPAM Score Domain ?

    Seperti yang sudah kita ketahui SPAM Score yang tinggi akan memberikan dampak yang sangat merugikan terhadap suatu domain website apabila dibiarkan terlalu lama, oleh karenanya perlu segera dihilangkan, yaa minimal Moz SPAM Score bisa diturunkan dulu sampai ambang batas aman untuk menjaga kesehatan domain website. Berikut cara menurunkan Moz SPAM Score domain website berdasarkan pengalaman yang admin code flare dot net lakukan.

    1. Ketahui Sumber Backlink Penyebab SPAM Score

      Sumber backlink yang tidak baik atau backlink yang berasal dari domain website yang memiliki SPAM Score tinggi akan sangat berpengaruh terhadap nilai SPAM Score suatu domain website. Sumber backlink yang tidak baik disinyalir menjadi salah satu faktor penyebab tertinggi terhadap nilai Moz SPAM Score.

      Cara mengetahui sumber backlink bisa menggunakan form cek diatas kemudian catat semua sumber backlink yang memiliki resiko SPAM Score terbesar. Buat file teks menggunakan notepad yang berisi sumber backlink tersebut. Hal ini berguna untuk memutus hubungan link dengan sumber backlink yang memiliki resiko SPAM Score yang tinggi dengan cara melaporkannya ke pihak Google.

      Jika bisa menghapus sumber backlink secara manual maka silakan kamu hapus backlink yang mengarah ke domain website kamu, akan tetapi jika tidak bisa secara manual maka bisa dilakukan dengan cara disavow link melalui halaman pelaporan Google.

    2. Disavow Link SPAM ke Google

      Buka halaman Disavow Link Google kemudian pilih Properti URL yang akan kamu ajukan. Pastikan URL domain website sudah terdaftar di Google Search Console.

      Pilih properti domain website yang akan diajukan untuk memutuskan rantai backlink yang terindikasi memiliki SPAM Score tinggi melalui layanan Disavow Link Google.

      Gunakan aplikasi teks editor seperti notepad untuk membuat daftar list backlink yang akan diajukan. Simpan dafar tersebut menggunakan format txt biasa.

      Klik tombol Upload Disavow List kemudian pilih file teks yang berisi daftar backlink SPAM Score yang sudah kamu buat. Tekan tombol Open untuk mulai mengirim file tersebut.

      Setelah selesai mengajukan klaim disavow link maka selanjutnya adalah menunggu 1 sampai 3 bulan untuk merasakan hasilnya. Dalam minggu pertama setelah pengajuan biasanya nilai SPAM Score terhadap domain website kamu akan mulai terlihat turun secara perlahan.

    3. Terbitkan Artikel Fresh dan Original

      Buat artikel baru yang fresh dan original (rasio canonical URL Artikel terhadap Rasio halaman SPAM) yang bertujuan untuk memperbesar jumlah link baru yang tidak berkaitan dengan URL artikel yang terindikasi sebagai SPAM URL canonical artikel. Semakin besar rasio URL canonical yang bersih maka secara otomatis membantu menurunkan Moz SPAM Score untuk berangsur-angsur turun sampai ke level aman (dibawah angka 30%).

    7. Bagaimana Cara Menghindari Moz SPAM Score ?

    Walaupun sudah berhasil menurunkan nilai SPAM Score domain website bukan berarti website kamu aman dari bahaya Moz SPAM Score. Ada beberapa hal yeng perlu kamu pahami untuk menjaga domain website kamu tetap bugar dan sehat dimata mesin pencari Google. Berikut cara menghidari Moz SPAM Score berdasarkan hasil riset dan pengalaman pribadi.

    1. Pasang Moz Toolbar untuk mengetahui nilai SPAM score domain website lain. Hal ini berguna jika kamu ingin menanam backlink pada suatu website. Saat ini extensi Moz Toolbar hanya bisa digunakan untuk browser chrome.


    2. Hindari membuat backlink pada domain website yg memiliki SPAM Score tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan jika kamu membuat backlink asal-asalan maka domain website kamu dapat memiliki resiko kembali terkena SPAM Score yang tinggi. Kalo tidak percaya ya sudah silakan dicoba saja.

    3. Hindari terlalu banyak membuat link keluar (Outbound Link) karena selain backlink, outbound link yang berlebih juga berpengaruh untuk bisa meningkatkan nilai Moz SPAM Score.

    4. Hindari terlalu banyak link akan tetapi memiliki minim konten artikel. Minim konten tapi banyak link keluar juga sudah bisa dipastikan dapat memicu sinyal SPAM Score. Apabila mau membuat banyak link keluar, kamu juga harus memperbanyak isi dari konten terutama artikel yang minim gambar.


    Demikian artikel blog tentang Begini ! Cara Menurunkan MoZ SPAM Score Domain terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Keyword


    cara, menurunkan, menghindari, menghapus, SPAM, Score, domain, URL, Website, situs, Moz, blog, blogger, blogspot, wordpress, ahrefs, semrush, analytic, search, engine, algoritma, analisis, nilai, angka

    Incoming Search Term


    Menghilangkan SPAM Score domain, tutorial cara menurunkan spam score, cara menghapus moz spam score, meminimalkan angka moz spam score, membuat spam score menjadi kecil, cara cepat menurunkan spam score tinggi, cara mudah membuat spam score menjadi 0%, cara aman menurunkan angka spam score, membuat persen spam score di bawah 30%

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare