Header Ads

  • Cara Memasang Kustom Domain (my.id) Untuk Blogspot

    Cara Menggunakan Custom Domain (my.id) Pada Blogspot


    Memilih nama dan domain yang tepat untuk website/blog terbilang cukup penting, kenapa? karena nama domain website akan menggambarkan citra diri dari project atau produk yang anda miliki. Pemilihan nama domain website/blog juga harus unik dan sederhana agar bisa lebih mudah diingat.

    Bagi pengguna blogspot biasanya agar sebuah blog bisa terlihat memiliki kesan profesional biasanya para pengguna blogspot akan bermigrasi menggunakan custom domain. Saat ini custom domain untuk my.id cukup banyak diminati karena biaya penggunaan nama domain yang terbilang cukup murah dan juga memiliki nama sub domain yang singkat dan mudah diingat.

    Apa itu Domain MY.ID ?

    Domain MY.ID adalah jenis domain .ID yang resmi dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Domain ini khusus diperuntukkan untuk website personal, seperti website portofolio, blog pribadi, atau alamat email pribadi.

    Saat pertama kali diluncurkan, proses pendaftaran domain MY.ID memerlukan verifikasi data identitas menggunakan KTP atau paspor. Namun saat ini, proses verifikasi KTP atau paspor tak lagi diperlukan. Anda hanya perlu verifikasi email yang masih aktif saja.

    Oke bagi anda yang sudah memiliki domain my.id dan ingin mengintegrasikan nama domain tersebut ke blogspot, yuk silakan disimak tutorialnya di bawah ini.

    Informasi Singkat
    Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) adalah Registri Nama Domain Tingkat Tinggi Indonesia (.ID) yang ditetapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia dengan Surat Keputusan nomor 806 tahun 2014.[1]

    PANDI merupakan organisasi nirlaba yang dibentuk pada 29 Desember 2006 oleh Pemerintah Republik Indonesia bersama komunitas internet Indonesia. PANDI dibentuk untuk mengelola nama domain ".ID".

    Pada 29 Juni 2007, Departemen Kominfo RI secara resmi menyerahkan pengelolaan nama domain .ID kepada PANDI. Penyerahan ini tertuang dalam Berita Acara Penyerahan Pengelolaan Domain .id no. BA–343/DJAT/MKOMINFO/6/2007 dari Dirjen Aptel Kominfo Republik Indonesia.

    PANDI adalah badan hukum berbentuk perkumpulan, beranggotakan individu-individu yang berasal dari multistakeholder internet Indonesia. Keanggotaan PANDI mencerminkan keterwakilan dari Pemerintah Republik Indonesia, kalangan akademisi, dan kalangan usaha.

    Untuk menjalankan pengelolaan nama domain .ID, setiap empat tahun sekali anggota PANDI memilih Dewan Eksekutif dalam sebuah Rapat Umum Anggota. Dewan Eksekutif kemudian memilih Ketua PANDI yang sekaligus menjabat sebagai Direktur Utama PANDI. Dewan Eksekutif juga menetapkan direktur lainnya dalam Dewan Direktur yang diusulkan oleh Direktur Utama. Dewan Direktur adalah tenaga profesional yang bekerja penuh waktu di PANDI.

    PANDI didukung staf-staf berkemampuan dan berdedikasi tinggi yang selalu mengembangkan diri mengikuti perkembangan teknologi dan perubahan dalam masyarakat pengguna internet – di Indonesia maupun di dunia internasional.
    Sumber : Wikipedia



    Cara Setting Domain My.id


    Cara untuk melakukan migrasi custom domain .my.id ke blogspot sangat beragam karena tergantung dari server atau provider sewaktu anda membeli nama domain tersebut. Namun secara prinsip memiliki konfigurasi standar yang cukup mudah untuk dilakukan (set-up). Berikut cara umum untuk mengkonfigurasi custom domain my.id untuk blogspot.

    • Silakan login dahulu ke blog Anda.

    • Klik tombol Setelan untuk merubah setelan nama domain. Masukan nama domain pada kolom Domain Kustom kemudian klik tombol Alihkan Domain. Sebagai contoh seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


    • Langkah berikutnya silakan anda masuk ke halaman dashboard pada situs ditempat anda membeli domain my.id. Cari tombol untuk masuk ke halaman setting domain atau menu untuk setting nama domain yang anda miliki. Setelah itu pilih menu untuk mengatur manjemen DNS (Domain Name Server). Sebagai contoh seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.




      Pengaturan DNS untuk pembelian nama domain pertama kali perlu dibuat pengaturan zona domain baru, silakan cari dan tekan tombol Add New Zone untuk membuat pengaturan baru. Pengaturan DNS jika sudah pernah membuat zona domain maka cukup tekan tombol edit DNS untuk membukan pengaturan domain DNS.

    • Cari dan klik tombol Add New Record untuk memasukan data domain. Silakan anda masukan semua seperti contoh yang ada pada gambar di bawah ini atau seperti data DNS yang ada pada tabel di bawah, jangan lupa untuk settingan Host Unik, Record Unik, Unik1 dan Unik 2 silakan anda sesuaikan dengan data domain dari blog anda dan silakan ikuti caranya untuk mendapatkan data tersebut.


    • Berikut konfigurasi DNS untuk penggunaan hosting blogspot, silakan anda buat sesuai dengan data konfigurasi yang ada pada tabel di bawah ini. Perhatikan data Host Unik, Record Unik, Unik1 dan Unik 2, untuk data tersebut silakan diisi dengan data unik yang nanti akan didapatkan pada tahapan berikutnya.

      Name Type TTL R-DATA
      @ A 14400 216.239.32.21
      @ A 14400 216.239.34.21
      @ A 14400 216.239.36.21
      @ A 14400 216.239.38.21
      www CNAME 14400 ghs.google.com
      Host Unik CNAME 14400 Record Unik
      @ NS 86400 unik1.ns.cloudflare.com
      @ NS 86400 unik2.ns.cloudflare.com

    • Pada input Host Unik dan Record Unik bisa anda dapatkan pada settingan awal di blogspot sewaktu anda mengkonfigurasi nama custom domain, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


      Jika kebetulan anda lupa mencatat CNAME dari Host Unik dan Record Unik untuk akun blog anda maka silakan anda klik link di bawah ini untuk mengakses CNAME dari Host Unik dan Record Unik blog anda.

      Blog URL





      Masukan data Host unik keseluruhan untuk input Nama dan data Record unik sebagai input R-DATA. Jika sudah tekan tombol Save atau Submit yang ada pada halaman manajemen DNS anda.

    • Jika pada settingan custom domain blogspot terjadi error sehingga nama custom domain tidak bisa tersimpan (Save) maka anda perlu memeriksa nama server untuk nama domain yang anda gunakan. Biasanya settingan nama server (aktivasi domain) memerlukan waktu 1x24 jam untuk domain my.id bisa ter-registrasi dengan nama domain tersebut.

      Bila dalam kurun waktu 1x24 jam domain my.id tidak bisa dikaitkan dengan nama server maka solusinya adalah dengan menggunakan nama server yang disediakan oleh situs cloudflare.

      Penggunaan layanan oleh situs cloudflare hanya untuk mendapatkan aktivasi nama server. Tenang aja layanan dari situs cloudflare gratis untuk penggunaan normal seperti blogging, landingpage, redirector dan lain sebagainya.

      Silakan anda registrasi dan aktivasi nama domain my.id menggunakan layanan situs cloudflare untuk mendapatkan input data unik1 dan unik2. Silakan baca artikel tentang Cara Setting Cloudflare Server Untuk Kustom Domain Blogger untuk mendapatkan data unik1 dan unik2 ini.

    • Selesai, silakan anda tunggu dalam waktu 3x24 untuk aktivasi dan proses propagasi penuh bisa selesai. Proses propagasi dengan custom domain biasanya bisa terlihat dalam beberapa jam namun untuk bisa berfungsi penuh anda harus menunggu 2 sampai 3 hari kerja.

      Pada beberapa jam custom domain anda sudah bisa berfungsi tanpa SSL (Secure Socket Layer untuk HTTPS), kemudian fungsi SSL baru bisa berfungsi paling cepat dalam kurun waktu 1x24 jam. Custom domain baru untuk hosting menggunakan akun blogspot anda biasanya bisa terindex setelah 7 hari kerja.

    Demikian artikel blog tentang Cara Memasang Custom Domain (my.id) Pada Blogspot terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Keyword


    blog, blogger, blogspot, name, nama, custom, kustom, domain, migrasi, change, merubah, DNS, server, com, my.id, net, host, cara, konfigurasi, setting, setup, setelan, mudah, umum

    Incoming Search Term


    Cara umum dan mudah merubah nama domain blogspot ke my.id, Setting my.id untuk blogspot, Bagaimana cara menggunakan custom domain .my.id pada blogspot, menggunakan domain my.id pada halaman blog, setup my id untuk blogspot, Tutorial menggunakan domain my.id pada blogger, Bikin domain my.id untuk digunakan pada blog

    1 comment:

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare