Header Ads

  • Cara Setting Cloudflare Server Untuk Kustom Domain Blogger

    Cara Setting Cloudflare Server Untuk Kustom Domain Blogger


    Panduan mudah tentang cara menghubungkan (setting) kustom domain blogspot menggunakan server cloudflare. Cloudflare merupakan layanan content delivery network (CDN) yang salah satu kegunaannya adalah untuk mengantisipasi serangan DDOS, jingling, bot visitor, website hack attack, website deface, HTML injector dan SPAM Link.

    Nah, jika sewaktu-waktu nanti ada yang berniat jahat dengan melakukan serangan jingling atau bot visitor di blog kamu maka salah satu solusi untuk melindungi blog kamu adalah dengan menggunakan layanan cloudflare. Simak ulasan tentang cloudflare dan cara settingnya untuk penggunaan di blogger.

    Apa itu Cloudflare ?


    Cloudflare adalah salah satu situs server untuk layanan internet berupa Content delivery network (CDN) yang mengacu pada sekelompok server yang didistribusikan secara geografis yang bekerja sama untuk menyediakan pengiriman konten Internet yang cepat.

    CDN memungkinkan transfer cepat aset yang diperlukan untuk memuat konten Internet termasuk halaman HTML, file javascript, stylesheet, gambar, dan video. Popularitas layanan CDN terus berkembang, dan saat ini sebagian besar lalu lintas web dilayani melalui CDN, termasuk lalu lintas dari situs-situs besar seperti Facebook, Netflix, dan Amazon.

    Bagi pengguna blogspot/blogger layanan cloudflare tentu akan sangat berguna dalam tahapan pengalihan dari sub domain blogspot menjadi top level domain, seperti .com, .net, .org, .my.id, .web.id, .eu.org dan sebagainya.

    Mengapa Menggunakan Cloudflare ?


    Bagi kamu yang masih bingung tentang kegunaan layanan cloudflare, berikut beberapa alasan tentang mengapa menggunakan layanan cloudflare dalam hal perubahan dari sub domain blogspot menjadi top level domain.

    Alasan 1
    Konfigurasi kustom domain pada halaman blogger tidak bisa disimpan atau blogger tidak bisa mengenali DNS dari nama kustom domain yang kamu gunakan. Permasalahan ini terletak dari kustom domain yang kamu miliki belum terigistrasi atau tidak bisa terigistrasi dengan domain nameserver standar bawaan dari provider domain name service tempat dimana kamu membeli nama domain tersebut.

    Salah satu solusi agar nama domain yang kamu miliki bisa terintegrasi dangan nameserver yaitu dengan menggunakan DNS (domain name server) dari layanan cloudflare yang gratis tanpa berbatas waktu.

    Alasan 2
    Layanan cloudflare memiliki perlindungan yang baik dari serangan Jingling dan Bot Visitor. Bagi pengguna blogger tentu hal ini akan sangat membantu untuk bisa menjaga blog miliknya tetap aman dan stabil.

    Alasan 3
    Meskipun manfaat menggunakan CDN bervariasi tergantung pada ukuran dan kebutuhan properti Internet, manfaat utama bagi sebagian besar pengguna dapat dibagi menjadi 4 komponen berbeda :
    1. Meningkatkan waktu muat situs web - Dengan mendistribusikan konten lebih dekat ke pengunjung situs web dengan menggunakan server CDN terdekat (di antara pengoptimalan lainnya), pengunjung mengalami waktu pemuatan halaman yang lebih cepat. Karena pengunjung lebih cenderung mengeklik dari situs yang memuat lambat, CDN dapat mengurangi rasio pentalan dan meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan orang di situs. Dengan kata lain, situs web yang lebih cepat berarti lebih banyak pengunjung akan tinggal dan bertahan lebih lama.
    2. Mengurangi biaya bandwidth - Biaya konsumsi bandwidth untuk hosting situs web adalah pengeluaran utama untuk situs web. Melalui caching dan pengoptimalan lainnya, CDN dapat mengurangi jumlah data yang harus disediakan oleh server asal, sehingga mengurangi biaya hosting untuk pemilik situs web.
    3. Meningkatkan ketersediaan dan redundansi konten - Sejumlah besar lalu lintas atau kegagalan perangkat keras dapat mengganggu fungsi situs web normal. Berkat sifatnya yang terdistribusi, CDN dapat menangani lebih banyak lalu lintas dan menahan kegagalan perangkat keras lebih baik daripada banyak server asal.
    4. Meningkatkan keamanan situs web - CDN dapat meningkatkan keamanan dengan menyediakan mitigasi DDoS, peningkatan sertifikat keamanan, dan pengoptimalan lainnya.

    Bagaimana cara kerja CDN ?


    Pada intinya, CDN adalah jaringan server yang terhubung bersama dengan tujuan mengirimkan konten secepat, murah, andal, dan seaman mungkin. Untuk meningkatkan kecepatan dan konektivitas, CDN akan menempatkan server di titik pertukaran antara jaringan yang berbeda.

    Titik pertukaran Internet (IXP) ini adalah lokasi utama di mana penyedia Internet yang berbeda terhubung untuk memberikan akses satu sama lain ke lalu lintas yang berasal dari jaringan mereka yang berbeda. Dengan memiliki koneksi ke lokasi berkecepatan tinggi dan sangat saling berhubungan ini, penyedia CDN dapat mengurangi biaya dan waktu transit dalam pengiriman data berkecepatan tinggi.

    Cara Setting Cloudflare Server Untuk Kustom Domain Blogger

    Selain penempatan server di IXP, CDN membuat sejumlah optimasi pada transfer data klien/server standar. CDN menempatkan Pusat Data di lokasi strategis di seluruh dunia, meningkatkan keamanan, dan dirancang untuk bertahan dari berbagai jenis kegagalan dan kemacetan Internet.

    Informasi Singkat

    Teknik Jaringan Konten


    Internet dirancang sesuai dengan prinsip end to end. Prinsip ini membuat jaringan inti relatif sederhana dan memindahkan kecerdasan sebanyak mungkin ke titik akhir jaringan: host dan klien. Akibatnya, jaringan inti terspesialisasi, disederhanakan, dan dioptimalkan hanya untuk meneruskan paket data.

    Jaringan Pengiriman Konten menambah jaringan transportasi ujung ke ujung dengan mendistribusikan berbagai aplikasi cerdas menggunakan teknik yang dirancang untuk mengoptimalkan pengiriman konten. Hamparan terintegrasi yang dihasilkan menggunakan caching web, penyeimbangan beban server, perutean permintaan, dan layanan konten.

    Cache web menyimpan konten populer di server yang memiliki permintaan terbesar untuk konten yang diminta. Peralatan jaringan bersama ini mengurangi kebutuhan bandwidth, mengurangi beban server, dan meningkatkan waktu respons klien untuk konten yang disimpan dalam cache. Cache web diisi berdasarkan permintaan dari pengguna (pull caching) atau berdasarkan konten yang dimuat sebelumnya yang disebarkan dari server konten (push caching).

    Penyeimbangan beban server menggunakan satu atau lebih teknik termasuk berbasis layanan (penyeimbangan beban global) atau berbasis perangkat keras (yaitu sakelar lapisan 4–7, juga dikenal sebagai sakelar web, sakelar konten, atau sakelar multilayer) untuk berbagi lalu lintas di antara sejumlah server atau cache web. Di sini sakelar diberi satu alamat IP virtual. Lalu lintas yang tiba di sakelar kemudian diarahkan ke salah satu server web nyata yang terhubung ke sakelar. Ini memiliki keuntungan dalam menyeimbangkan beban, meningkatkan kapasitas total, meningkatkan skalabilitas, dan memberikan peningkatan keandalan dengan mendistribusikan ulang beban server web yang gagal dan menyediakan pemeriksaan kesehatan server.

    Cluster konten atau node layanan dapat dibentuk menggunakan sakelar lapisan 4-7 untuk menyeimbangkan beban di sejumlah server atau sejumlah cache web dalam jaringan.

    Perutean permintaan mengarahkan permintaan klien ke sumber konten yang paling mampu melayani permintaan. Ini mungkin melibatkan mengarahkan permintaan klien ke node layanan yang paling dekat dengan klien, atau ke salah satu dengan kapasitas paling besar. Berbagai algoritma digunakan untuk merutekan permintaan. Ini termasuk Global Server Load Balancing, perutean permintaan berbasis DNS, Pembuatan metafile dinamis, penulisan ulang HTML, dan transmisi apa pun. Kedekatan—memilih node layanan terdekat—diperkirakan menggunakan berbagai teknik termasuk probing reaktif, probing proaktif, dan pemantauan koneksi.

    CDN menggunakan berbagai metode pengiriman konten termasuk, namun tidak terbatas pada, penyalinan aset manual, cache web aktif, dan penyeimbang beban perangkat keras global.
    Sumber : Wikipedia



    Cara Konfigurasi Cloudflare


    Panduan mudah dalam mengkonfigurasi kustom domain blogspot menggunakan layanan cloudflare, untuk memulai pastikan kamu sudah mendaftar dan sudah mengaktifkan akun cloudflare melalui konfirmasi email.
    1. Langkah awal silakan login ke akun cloudflare yang sudah kamu buat.


    2. Apabila sudah login maka selanjutnya silakan pilih menu Home dan klik Add website untuk menambahkan domain yang kamu punya.


    3. Ketikan nama domain yang akan kamu gunakan di blogspot setelah itu klik Add site dan klik Next.



    4. Pilih plan Free jika ingin menggunakan layanan cloudflare yang gratis kemudian lanjut klik Confirm Plan.



    5. Pada langkah ini akan terlihat settingan DNS standar untuk domain dan server hosting. Oke kamu hapus aja dulu semua settingan standar agar tidak membingungkan, nantinya settingan DNS tersebut akan kamu ganti dengan settingan untuk domain kamu. Silakan dihapus semua dengan cara klik icon silang. Caranya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


    6. Setelah settingan standar sudah dihapus semua selanjutnya kamu masukan satu persatu settingan DNS untuk domain kamu. Caranya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Masukan CNAME blogger dan IP blogger, untuk mengetahui nama CNAME dari blog kamu silakan masuk dashboard blogger kemudian pilih menu Setelan >> pilih Dasar atau scroll ke bawah sampai settingan untuk Domain kustom >> klik dan masukan Nama Domain kemudian tekan tombol Simpan yang nantinya akan muncul nama CNAME untuk blog yang akan menggunakan domain kustom.

      Sedangkan untuk IP Blogger berikut ini :

      Name Type TTL R-DATA
      @ A 14400 216.239.32.21
      @ A 14400 216.239.34.21
      @ A 14400 216.239.36.21
      @ A 14400 216.239.38.21
      www CNAME 14400 ghs.google.com
      Host Unik CNAME 14400 Record Unik



      Silakan kamu simpan data tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan kembali karena data tersebut hanya akan muncul sekali saja. Namun apabila kamu lupa menyimpan data CNAME blog kamu dan kamu ingin mengetahui nama CNAME untuk blog kamu, silakan buka artikel codeflare tentang Cara Memasang Kustom Domain (my.id) Untuk Blogspot untuk bisa mengetahui kembali data CNAME blog kamu.

    7. Lanjut sekarang masukan semua data DNS seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Perhatikan untuk data DNS CNAME yang kedua, data tersebut harus dimasukan dengan data CNAME dan RDATA dari data blog kamu yang tadi sudah kamu catat. Jika sudah selesai silakan klik tombol Continue.


    8. Pada langkah ini kamu akan mendapatkan DNS nameserver yang nantinya akan dimasukan menjadi nameserver yang ada pada settingan domain ditempat kamu membeli nama domain. Ingat ! dicatat atau disimpan aja dulu data nameservernya. Selanjunya kamu perlu masuk ke situs tempat dimana kamu membeli nama domain kemudian masuk ke halaman setting domain dan rubah nameserver bawaan registran domain kamu menjadi nameserver dari cloudfalre. Setelah selesai update nameserver, silakan menunggu propagasi 1×24 jam agar nama domain bisa berfungsi penuh. Biasanya sih paling cepat 1 jam propagasi domain sudah selesai dan nama domain sudah bisa berfungsi dengan baik.


    9. Setelah propagasi selesai silakan kamu cek apakah nama domain kamu sudah bisa menampilkan konten blog kamu. Jika sudah jangan lupa untuk mengaktifkan centang Alihkan ke www serta nonaktifkan centang https terlebih dahulu agar tidak terjadi crash pada ssl (https) kemudian setelah beberapa detik aktifkan kembali centang https.

    10. Selamat konfigurasi mengganti domain blogspot sudah selesai dan saat ini website blogspot sudah dapat diakses menggunakan domain kustom.

    Demikian artikel blog tentang Cara Setting Cloudflare Server Untuk Kustom Domain Blogger terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Incoming Search Term


    Cara Setting Custom Domain Blogger Menggunakan Cloudflare, Cara Menghubungkan Domain ke Blogspot Menggunakan Cloudflare, Cara Mengubah Domain Blogspot Menjadi Kustom Domain .com .net .org .id .my.id .web.id .us .co.id .ac.id .gov .edu Menggunakan Server Cloudflare, Cara Custom Domain Blogspot via CloudFlare, Menghubungkan domain kustom menggunakan server cloudflare gratis tanpa batasan waktu, Mengenal Cloudflare di Indonesia, Cara Setting Cloudflare Pada Blogspot Custom Domain, Cara Setting Custom Domain Blogger Menggunakan Cloudflare, Setting Custom SubDomain Blogger Dari Menu Client Area cloudflare, Cara Memasang SSL Gratis Cloudflare di Blogger

    4 comments:

    1. gan emang bisa domain ganti terus langsung approve? ini codeflare sebelum nya pakai domain blogspot jadi .net ada adsense nya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. yaa ga langsung approve prosesnya kurang lebih 1 bulan baru di approve lagi sama adsense

        Delete
    2. berati ajuin lagi kayak web baru?

      ReplyDelete
      Replies
      1. iyaa diajukan lagi seperti web baru cuma agak cepet paling lama 1 minggu, yang lama persiapan setting DNS dan redirect article agar bisa terindex dengan kustom domain yang baru.

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare