Header Ads

  • Bermain Game Nintendo Wii dan Gamecube Menggunakan PC

    Dolphin Emulator


    Pasti sobat blogger sudah tahukan game supermario bros dan the legend of zelda yang terkenal, game-game tersebut merupakan game ikonik besutan Nintendo. Game konsol besutan Nintendo terkenal akan gameplay-nya yang bagus dan karakter permainan yang ikonik.

    Pada artikel ini admin akan membahas Cara Memainkan Game Nintendo Wii dan Gamecube menggunakan PC atau Laptop. Tentunya supaya bisa memainkan game konsol Nintendo Wii dan Gamecube pada PC maka dibutuhkan software emulator untuk kedua game konsol tersebut.

    Bermain Game Nintendo Wii dan Gamecube Menggunakan PC

    Bermain Game Nintendo Wii dan Gamecube Menggunakan PC

    Dalam dunia komputer, emulator adalah perangkat keras atau perangkat lunak yang memungkinkan satu sistem komputer (disebut host) berperilaku seperti sistem komputer lain (disebut tamu).

    Emulator biasanya memungkinkan sistem host untuk menjalankan perangkat lunak atau menggunakan perangkat periferal yang dirancang untuk sistem tamu. Emulasi mengacu pada kemampuan program komputer di perangkat elektronik untuk meniru (atau meniru) program atau perangkat lain.

    Software emulator untuk bisa memainkan game konsol Nintendo Wii dan Gamecube salah satunya yang cukup baik adalah dengan menggunakan Dolphin Emulator.

    Dolphin emulator adalah emulator konsol permainan video sumber terbuka dan gratis untuk GameCube dan Wii yang berjalan di Windows, Linux, MacOS, dan Android. Software ini rilis perdananya pada tahun 2003 sebagai freeware untuk Windows. Dolphin adalah emulator GameCube pertama yang berhasil menjalankan game komersial. Software ini juga memungkinkan game untuk Nintendo GameCube, Nintendo Wii, dan Nintendo Wii U bisa dimainkan di berbagai perangkat PC, Laptop maupun Android.

    Dolphin emulator dapat menjalankan koleksi game Wii dan GameCube anda dengan sangat baik di resolusi 1080p pada PC paling baru sedangkan pada sistem PC yang lebih lama Dolphin emulator masih dapat dijalankan dengan kecepatan frame per second (FPS) yang memadai (30 sampai 60 fps) dalam definisi standar 480p (yang merupakan resolusi asli GameCube).

    Tertarik untuk memainkan Game Nintendo Wii dan Gamecube Menggunakan PC ? oke langsung aja disimak cara menggunakan emulator dolphin di bawah ini.

    Informasi Singkat
    NINTENDO GAMECUBE
    Nintendo GameCube (ニンテンドーゲームキューブ Nintendō Gēmukyūbu), disingkat secara resmi sebagai NGC di Jepang dan GCN di wilayah pemasaran lain, adalah konsol permainan rumahan Nintendo generasi keempat.

    GameCube adalah konsol Nintendo pertama yang menggunakan cakram padat sebagai media penyimpanan data utamanya. Berbeda dengan pesaing terdekatnya, PlayStation 2 dan Xbox, GameCube menggunakan cakram DVD mini daripada DVD biasa yang berukuran penuh. Sebagai akibatnya, konsol ini tidak memiliki fungsi untuk memutar DVD atau CD audio seperti yang bisa dilakukan oleh konsol yang menggunakan DVD berukuran penuh.

    Konsol ini juga memiliki sambungan ke Game Boy Advance untuk mengakses fitur-fitur khusus beberapa permainan video atau menggunakannya sebagai kontroler untuk Game Boy Player.

    GameCube dirilis pada tanggal 15 September 2001 di Jepang, 18 November 2001 di Amerika Utara, 3 Mei 2002 di Eropa, dan 17 Mei 2002 di Australia. Konsol ini terjual sebanyak 21,74 juta unit di seluruh belahan dunia. Panasonic juga merilis Panasonic Q, varian GameCube yang juga berfungsi sebagai pemutar DVD, tetapi hanya dijual di Jepang.

    NINTENDO WII
    Nintendo Wii adalah konsol permainan video kelima Nintendo yang merupakan penerus Nintendo GameCube. Inovasi utamanya adalah kontroler (joystick) yang merespon terhadap letaknya dalam ruang fisik tiga dimensi yang terletak di depan televisi. Pada tahap awal pengembangan, konsol ini diberi nama Revolution.

    Konsol ini diperkenalkan dalam Tokyo Game Show 2005 pada 16 September 2005. Konsol ini dirilis pada November 2006 di AS dan Desember di Jepang dan beberapa wilayah lainnya, dan bersaing dengan PlayStation 3 dan Xbox 360.

    Berbeda dari Xbox 360 dan PlayStation3, Wii lebih menitik beratkan pada keasyikan bermain dibandingkan tampilan grafik beresolusi tinggi seperti yang dimiliki kedua konsol tersebut. Wiimote merupakan kontroler baru yang unik (yang dilengkapi sebuah Nunchuk sebagai kontroler tambahan untuk beberapa jenis game), bentuknya yang kecil, serta harga yang murah merupakan hal-hal yang menjadi keunggulan konsol ini dibandingkan kedua konsol saingannya.

    Wii merupakan konsol game generasi baru dengan harga rilis termurah dibandingkan para pesaingnya. Di Jepang, Wii diluncurkan dengan harga JP¥25.000 sementara di Amerika Serikat seharga $249,99. Kecuali di Jepang, Wii dijual satu paket dengan Wii Sports, sebuah game olahraga (tennis, baseball, bowling, golf, boxing) yang ditujukan untuk memperkenalkan pengguna Wii kepada gaya permainan terbarunya.

    Wii mempunyai kompatibilitas lama (backward compatibility) dengan beberapa konsol lama Nintendo dan Sega, termasuk NES, TurboGarfx-16, SNES, Genesis, Nintendo 64 dan GameCube. Kompatibilitas dengan GameCube dicapai dengan diadakannya slot bagi CD berukuran 8 cm seperti yang digunakan GameCube, sementara untuk yang konsol lainnya hal ini diperoleh melalui jasa konsol virtual (Virtual Console) yang merupakan salah satu fitur Wii. Melalui Virtual Console, pengguna Wii dapat membeli dan mengunduh game-game lama dan dimainkan langsung di Wii melalui channel Wii Shop.
    Sumber : Wikipedia



    DAFTAR ISI
    1. Bahan-bahan Untuk Bermain Game Nintendo Wii dan Gamecube
    2. Setting Default Emulator Dolphin PC
    3. Cara Menggunakan Emulator Dolphin PC
    #1 Langkah Persiapan Untuk Bermain Game Nintendo Wii dan Gamecube


    Dolphin Emulator
    Langkah pertama yang perlu dipersiapkan adalah mendownload dan memasang terlebih dahulu Dolphin Emulator. Software emulator dolphin bisa langsung di download melalui situs resminya atau klik tombol link di bawah ini.

    Dolphin Emulator

    Pada halaman download, silakan anda pilih file yang sesuai dengan OS (Operating System) PC yang anda gunakan dan juga pastikan memilih versi file emulator dolphin yang sesuai dengan spek komputer yang anda gunakan.

    Download yang Stable Versions dan untuk versinya silahkan anda pilih sendiri Jika anda menggunakan Windows 64-bit maka download yang Windows x64, jika 32-bit maka download yang Windows x86.

    USB Gamepad Controller
    Gamepad Controller bisa menggunakan USB gamepad standar XBOX, Playstation ataupun gamepad asli dari kedua konsol tersebut. Pastikan Gamepad Controller yang akan digunakan sudah terdetect dan berfungsi dengan baik.

    ROM Nintendo Gamecube dan Nintendo Wii
    Silakan anda persiapkan ROM game dari Nintendo Gamecube atau Nintendo Wii yang ingin anda mainkan. Anda bisa mendownload ROM Game dari internet atau menggunakan ROM game anda sendiri dalam bentuk file ISO.

    #2 Setting Default Emulator Dolphin PC


    Secara default konfigurasi emulator dolphin sudah dioptimalkan agar peformanya relatif lancar dan tidak LAG/Lemot namun untuk tampilan grafis yang menawan dibutuhkan beberapa perubahan konfigurasi.

    Jika spek komputer PC anda memiliki spek kentang (kena tanggung) disarankan menggunakan settingan default emulator dolphin. Berikut settingan default yang bisa anda gunakan agar peforma dan frama rate yang didapatkan bisa stabil antara 30 - 60 fps karena memang emulator ini sudah cukup baik dan stabil dan hingga sekarang masih terus di kembangkan (update).

    Configuration
    Di bagian "Configuration" buka Dolphin Emulator, klik bagian "Options", setelah itu pilih "Configurations", maka akan muncul jendela/window seperti dibawah... (General, Interface, Audio, Paths, GameCube, Wii, Advanced).









    Graphics Settings
    Di bagian "Graphics Settings" buka Dolphin Emulator, klik bagian "Options", setelah itu pilih "Graphics Settings", maka akan muncul jendela/window seperti dibawah... (General, Enhancements, H*ck, Advanced)





    #3 Cara Menggunakan Emulator Dolphin PC


    Menambahkan ROM Game
    Buka Dolphin Emulator kemudian arahkan kursor ke navigasi Options kemudian pilih Configure.

    Pilih menu Paths kemudian klik Add dan silahkan pilih folder dimana anda menyimpan game tersebut.

    Jika sudah maka pada kotak ISO Directories terdapat path yang sudah anda tentukan tadi kemudian klik OK.

    Maka otomatis di halaman utama terdapat list game yang dapat anda mainkan.

    Pilih game yang ada pada list game kemudian Double klik pada game kemudian pilih dan happy play game !

    Untuk kontrolnya silahkan kalian konfigurasi sesuai keinginan sendiri.

    Demikian artikel blog tentang Bermain Game Nintendo Wii dan Gamecube Menggunakan PC terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Keyword


    Download, Game, ROM, Nintendo, Wii, Wii-U, GameCube, NGC, Software, Emulator, Blog, Blogger, Cara, Tutorial, Main, Gratis, Konfigurasi, Tampilan, HD, High, Definition, 4K, 8K, Retro, Vintage, PC, Laptop, Windows, Linux, MacOS

    Incoming Search Term


    Sofware Emulator Dolphin, Download Game Nintendo Wii, Download Game Nintendo Wii, Tutorial menggunakan dolphin emulator, Konfigurasi Emulator Dolphin Untuk PC, Retro game nintendo gamecube, Menjalankan game nintendo Wii dan Gamecube menggunakan PC Laptop spek kentang/jangkrik lancar jaya, Spesifikasi PC untuk menjalakan emulator dolphin

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare