Header Ads

  • Cara Menggunakan Google Adsense untuk Pemula



    Memiliki akun Google Adsense merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang blogger, bagaimana tidak karena untuk bisa full approved diterima oleh Google Adsense membutuhkan perjuangan yang lumayan berat dan penantian yang cukup lama, kecuali anda memiliki blog dengan Top Level Domain (.com .net .org. co.id dan lainnya). Google Adsense memiliki persyaratan yang terbilang ketat dan segudang peraturan yang harus ditaati oleh semua pengguna Google Adsense.

    Google Adsense Apaan sih ?.

    Sedikit penjelasan mengenai Google Adsense, Google Adsense adalah program periklanan BPK (biaya per klik) yang memungkinkan penerbit (siapa pun yang ingin memasang iklan di situs web mereka) untuk memasukkan sejumlah kecil HTML ke situs mereka dan memiliki iklan yang muncul yang ditargetkan dan relevan dengan konten situs.

    Masih ga ngerti ?.

    Santai mas bro... mendingan baca artikel ini sambil sruput secangkir kopi hangat dan satu kaplet cerebrofit (obat untuk melancarkan syaraf otak yang banyak dijual bebas di apotek-apotek terdekat), hahaha bercanda mas bro, woles aja bro.

    Jadi gini mas bro dan mba sis yang baru menjadi pengguna blogger, menurut om Wiki dalam situsnya dia menjelaskan.

    Informasi Singkat
    AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

    Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.
    Sumber : Wikipedia

    Jadi istilah gampangnya, buat pemilik blog atau website kalo pengen blognya bisa menghasilkan profit ya dibuat monetize melalui Google Adsense.

    "Waduh apalagi nih pake istilah Monetize ?", "trus apa harus menggunakan google adsense ?".

    Nih bocah ribet amat yaa... wokeh ane tambahin nih informasinya biar makin cerdas.

    Monetize itu istilah bahasa bule (Keminggris) yang memiliki arti yaitu "menguangkan" atau "menjadikan uang". Monetize adalah seluruh macam kegiatan dengan menerapkan berbagai metode dengan tujuan menghasilkan uang. Nah kalo digabungin antara Google (Monetize) dan Power Ranger (Blog) [Monetize Blog] jadinya adalah melakukan pencairan uang dengan menggunakan media blog beserta metode-metodenya.

    Trus buat monetize blog ga harus menggunakan google, ada beberapa cara untuk bisa menjadikan blog sebagai monetize blog, berikut contoh beserta penjelasannya.

    Informasi Singkat
    Program Affiliasi
    Apa itu affiliasi?, Affiliasi (Makelar) yaitu menjualkan produk barang atau jasa dari salah satu perusahaan, yang nantinya bila terjadi transaksi jual-beli, maka affiliator (Makelar) akan mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian dan kesepakatan. Ada beberapa situs yang menawarkan program affiliasi diantaranya yang populer saat ini yaitu, Amazon.com, Lazada.co.id, Blibli.com, dll. Tidak ada salahnya untuk mencoba seluruh program tersebut, namun tidaklah memakan waktu yang singkat, butuh kerja keras untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

    Program PPC
    Apa itu PPC?, PPC memiliki kepanjangan yaitu (Pay Per Click), merupakan program periklanan yang nantinya bila suatu blog mengikuti program tersebut, maka pihak pemilik iklan akan membayar per-klik-nya. Banyak keuntungan dalam mengikuti program tersebut, bahkan ada yang sudah sukses dalam menjalankan program tersebut. Banyak situs-situs yang menawarka PPC ini diantaranya, Google adsense yang sangat populer, Chitika, Infolink, Kontera, Bidvertiser, Luminate, dll.

    Program Short Url
    Kenapa short url ?, karena salah satu dari situs penyedia pemendekan url akan membayar bila link yang dipendekan tersebut apabila di klik oleh orang lain.

    Video Youtube
    Bukan hanya program periklanan saja yang dapat dimonetize, namun dengan membuat video anda dapat dibayar dengan berpartisipasi memasang iklan dari Google Adsense dan dapat diuangkan. Selain itu youtube juga menawarkan monetize tanpa harus membuat video, dengan menyebarkan link video yang disediakan youtube. Dengan catatan, harus sudah terdaftar di program Google Adsense terlebih dahulu.

    Traffic Exchange
    Apa itu traffic exchange? Traffic exchange merupakan teknik pemasaran online yang menggunakan cara pertukaran arus (traffic) pengunjung website atau blog. Cara ini hampir mirip dengan prinsip Blogwalking yang membedakan adalah Traffic Exchange dikelola oleh pihak ketiga sebagai pengatur lalu lintas pertukaran pengunjung website, minisite atau blog. Salah situs yang menyediakan jasa traffic exchange dan juga bisa menghasilkan uang adalah Easyhits4u. Lebih jelasnya bisa di baca di artikel ane yang berjudul Promosi Blog Menggunakan Traffic Exchange.

    Monetize Lain
    Apa itu monetize lain?. Dari yang sudah saya sebutkan diatas masih banyak cara lain untuk bisa menghasilkan tapi bukan melalui blog melainkan melalui aktivitas kita sebagai pengguna internet seperti :
    1. Pay to Click (Dibayar untuk melihat iklan), situs-situs besar yang menyediakan layanan seperti ini antara lain, Clixsense, Neobux, Donkeymails, dll. Namun untuk mengikuti program itu merupakan hal yang sia-sia hanya membuang waktu karena hasil yang didapatkan ngga seberapa jika dibandingkan dengan waktu yang terbuang percuma (Based on true story yang ane pernah lakukan).
    2. Paid to review, wah kalo ini ane lom pernah coba silakan cari referensi sama mbah google.
    3. Write an Article, wah kalo ini sih sama aja dengan blogging cuma hasilnya buat orang lain.
    4. Dah ahh cape cari sendiri referensi yang lain sama si mbah.
    Keuntungan Dari Monetize Blog memungkinkan suatu blog mendapatkan penghasilan tambahan untuk aktivitas blogging. Dengan adanya monetize blog, pemilik blog bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan juga bisa dijadikan penghasilan tetap bila blog yang dikelola secara baik dan termasuk dalam SEO yang memiliki traffic pengunjung blog yang teramat banyak (hil yang mustahal kecuali situs portal berita sama bokep kaleee).

    Kalo ada yang ngaku sebuah blog perorangan trus modal dengkul (pake domain blogspot) bisa punya pengunjung blog sampe ribuan perhari, sesuatu hal yang ajaib. Lha terus buat apa susah payah daftar Adsense kalo tau pengunjung blognya ga banyak, udah gitu pengunjung blog pada kebangetan cuma numpang liwat doank buat comot (copy-paste) Artikel trus Hit n Run (tanpa menyertai sumber asal tulisan) tanpa jejak dan tak berbekas (tidak Like Comment dan Share).

    Yaa kalo si om sih buat monetize blog aja punya akun adsense kalo yang lain ga tau motifnya apa. Lha wong si om punya hobi nulis tanpa punya skill menulis (aturan baku penulisan yang baik dan benar), Hehehehe.... yang penting bisa nyocot sama share pengalaman dan pengetahuan brooo (bukan berita HOAX).. Oke mas bro dan mba sis di sruput lagi kopinya kita simak sama-sama pembahasan tentang Cara Menggunakan Google Adsense untuk Pemula.

    Lho koq si Om ga pake iklan dari Adsense, nanti kalo sudah layak blognya si om akan memasang Google Adsense.

    "Om cape bacanya nih, kebanyakan kata-kata to the point aja kenapa sih?", Sabar mas bro dan mba sis, dibaca aja dulu semua informasinya biar makin cerdas.

    Duh, jadi lupa mau nulis apa tadi... oh iya apa yaa ???

    Kesalahan bukan disebabkan oleh Jaringan Internet Anda.
    Kesalahan terjadi karena sinyal syaraf otak penulis sedang Blank..





    "Nah loh... koq gambar cewe yang nongol ???", "si Om lagi error yaa ?". maklum biar ga stress.. Hush.. ngga cuma sedang mencari inspirasi kali aja nemu (ngarep!!! mimpi kali yee nemu yang kaya gitu), hahahaha.

    "Emang itu fotonya siapa om ?", oh itu foto pamela safitri salah satu top selebriti. Dah ahh jangan dibahas lagi, cukup.. cukup.

    Oke om lanjut yaa pembahasannya.

    Informasi Singkat
    Istilah dalam AdSense :
    • Publisher
      Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs web yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher google adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dulu ke Google Adsense dan baru bisa menayangkan iklan google di situs web mereka setelah aplikasi disetujui. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense. Ad Units

      Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis bukan satu jenis dan beberapa ukuran bukan satu ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

    • Link Units
      Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada praktiknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

    • AdSense for Content
      AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

    • Alternate Ads
      Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.

    • Channels
      Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisis performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.

    • Page Impressions
      Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.

    • Clicks
      Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.

    • CTR (Clickthrough Rate)
      CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).

    • CPC (Cost Per Click)
      CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

    • eCPM (Effective CPM)
      eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).
    Kebijakan program AdSense

    Meski program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense. Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta program AdSense adalah:
    • Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
    • Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau "kunjungi halaman ini"
    • Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
    • Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
    • Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata kunci tertentu
    • Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
    • Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.

    Sumber : Wikipedia

    Oke sekilas info dulu mengenai istilah-istilah yang dipakai mba Adsense buat perlengkapan dandannya berikutnya om kasih tips buat mas bro dan mba sis yang baru di approved atau sudah berteman lama dengan mba Adsense tapi masih gagal PDKT (diterima Adsense tapi sering kena auto banned).

    Hal-hal yang harus dilakukan setelah mendaftar dan diterima Google Adsense

    Seperti yang kita ketahui dan mungkin yang belum anda ketahui,


    Jodoh itu sudah ditentukan begitupula dengan rezeki jadi ga usah khawatir dan ngoyo pengen mendapatkan untung besar bermain dengan Mba Adsense, tenang aja malaikat juga tau koq kalo anda sudah mencari peruntungan lewat mba Adsense, makanya biar joss gandos bermain sama si mba Adsense om kasih nasihat biar aman dan ga di marahain sama si Mbah.

    "Si Om ngomong mulu nih mana wejangannya ?", ett dah nih bocah sabar napa ini om juga lagi mikirin kata-katanya.

    Oke berdasarkan pengalaman si Om berikut nasihat-nasihat bermain aman bersama mba Adsense.
    1. Jangan usil / iseng kalo sedang berduaan sama mba Adsense alias Hindari Klik Iklan Sendiri.
      "Maksudnya apa om ?", Gini Ini adalah aturan paling umum yang ada, mungkin semua publisher blog sudah tau dengan kebijakan ini. Jangan pernah coba-coba klik iklan di blog sendiri, kalo blog punya orang lain silakan. "Lho om emangnya google tau kalo kita klik iklan di blog kita sendiri, kan google ga bisa lihat ?", google memang ga bisa lihat tapi Tuhan maha tau dan maha melihat. Ett dah ni bocah, nih om kasih tau yaa mesin google yang pintar mampu mendeteksi kalo kita iseng klik iklan sendiri nanti kalo ketauan terindikasi adanya klik iklan sendiri google akan me-labeli-nya sebagai kategori invalid click yang ujung-ujungnya akun google adsense mas bro dan mba sis bakal kena auto banned dan ter-suspended. "Kalo ga sengaja gimana om", yaa kalo sekali mungkin gapapa tapi kalo sampai 2 kali artinya kebablasan enaknya.

      Informasi Singkat
      Banned google adsense adalah sebuah larangan menampilkan iklan google di situs web publisher, di mana sangsi ini dijatuhkan oleh google adsense bagi publisher yang melanggar kebijakan program. Banned google ada beberapa macam, pertama iklan dinonaktifkan sehingga iklan tidak bisa tampil pada salah satu halaman tertentu yang dianggap melanggar kebijakan program. Kemudian situs dinonaktifkan sehingga situs web tidak bisa menampilkan iklan di semua halamannya. Dan yang terakhir adalah akun adsense dinonaktifkan, ini adalah hukuman bagi pelanggaran berat sehingga publisher tidak bisa lagi menampilkan iklan di semua situs web miliknya dan tidak diperbolehkan lagi mendaftar di google adsense secara permanen.
      Sumber : Wikipedia

      Biar kita ga sengaja melakukan klik sama mba adsense coba gunakan browser yang tidak terhubung dengan akun google apapun (tidak sedang login ke si mbah google atau si mba Adsense). Hal ini adalah sebuah antisipasi jika kamu tidak sengaja klik iklan sendiri. Jika kamu terhubung dengan akun google apapun, maka sekali klik saja akun kita bisa ter-susspend walaupun kita meng-klik iklan secara tidak sengaja. Ya mungkin mouse kesenggol, atau khilaf. Ingat! Yang namanya tidak sengaja pasti sekali ya.. Bila dua kali, maka artinya kebabalasan dan akan dianggap sebagai invalid click. Invalid click bisa menyebabkan akun kita disusspend bahkan di banned selamanya dan akhirnya harus berjuang dari awal lagi seperti blognya si Om (codeflare).

      Kalo sedang bernostalgia kenangan si om sama mba Adsense, si om jadi ingat sama lagu ini.

      Don't click I know just what you're doing So please stop explaining Don't tell me 'cause it hurts.
      Don't click I know what you're thinking I don't need your reasons Don't tell me 'cause it hurts.


      Band : No Doubt - Don't Click.

    2. Jangan Sering Mojok Berduaan Sama Mba Adsense alias Hindari Refresh Halaman Blog Sendiri Berulang-ulang.
      "Lho om kan enak kalo sedang mojok berduaan", lah kalo soal itu sih si om juga doyan tapi beda halnya kalo sama mba adsense. Ngintip sih (berkunjung ke blog sesekali) boleh tapi jangan keseringan (jangan refresh blog sendiri berulang-ulang). Hal ini akan dianggap adsense sebagai invalid traffic dan dengan adanya trafik yang tidak valid ini, uang di akun adsense kita akan berkurang.

      "Ini kenapa lagi om, ribet amat sih aturan si mbah ? belum juga dipinang (menghasilkan) dah bikin aturan yang ribet", Hehehe emang nih si mbah kaya ga pernah muda aja. Gini bos Google Adsense memiliki 2 (dua) selir, ehh salah.. maksud si om sistem penghasilan publisher.
      • Selir yang pertama.. tuh kan jadi salah pengucapan lagi maksudnya si om Sistim yang pertama yaitu jumlah klik iklan organic (alamiah rela di madu hehehe maksudnya melakukan klik untuk melihat iklan yang tayang) yang dilakukan pengunjung blog.
      • Selir yang kedua, ahh sudahlah salah ucap lagi, Sistim yang kedua Jumlah tayangan iklan, maksudnya walaupun pengunjung blog tidak klik iklan yang ada, tetapi publisher (kita selaku pemilik blog) tetap dapat uang dari pengunjung tersebut yang disebut sebagai penghasilan tayangan. Penghasilan tayangan tentunya lebih kecil pendapatannya dibanding klik iklan. Yaa iya lah masa ya iya donk.. mulan aja jamilah masa jami dong.

        Jika blog kamu direfresh berulang-ulang, uang kamu di adsense akan ikut bertambah dari penghasilan tayangan, dan setelah ideteksi oleh adsense, maka uang kamu menjadi minus alias dikurangin. Maka hati-hati ya mblo (mas bro atau mba sis yang masih jomblo).
    3. Jangan pake nafsu kalo lagi berduaan sama mba Adsense alias Jangan Taruh Tulisan Yang Mengundang Syahwat seperti "Klik Iklan Ini atau Mohon Klik Iklan Dibawah Ini" atau tulisan yang mengandung unsur ajakan ke pengunjung supaya mau klik iklan dan juga sejenisnya (LGBT kali yee sejenisnya).

      Si mbah sangat berharap bahwa iklannya diklik oleh pengunjung yang benar-benar tertarik dengan konten iklan tersebut. Tanpa ada saran, phising, dan penipuan disekitar iklan tersebut. Dengan kesaktian yang dimiliki si mbah, tentu saja dapat dengan mudah mendeteksi kalimat presuasi di sekitar iklannya. Hal tersebut dilakukan si mbah guna menjaga kualitas mba adsense agar tetap perawan sampai saatnya nanti, kalo masih nakal juga jangan berharap bisa meminang mba adsense (akun Adsense mas bro dan mba sis akan disusspend tanpa ampun).

    4. Apabila sudah ga tahan usahakan pakai pelindung alias Jangan sampai Klik Iklan Terlalu Banyak.
      Mas bro dan mba sis juga harus hati-hati terhadap pengunjung blog yang nakal, jangan sampai pengunjung tersebut mengklik sampai lebih dari tiga kali, walapun bukan kita yang suruh. "Nah lho om, koq makin ribet yaa lha wong bukan kita yang suruh", iya mblo mungkin pengunjung tersebut ada dendam atau tidak suka dengan blog yang mblo punya.

      Tapi jangan khawatir si om punya pelindung yang lumayan tokcer untuk mencegah pengunjung yang nakal yaitu dengan memasang Script Adsense Protector dan Meta Tag Adsense Protector, lebih jelasnya bisa di baca pada artikel si om tentang masalah ini, nanti om update linknya disini kalo om sudah buat artikelnya.

      Biasanya invalid klik yang seperti ini disebut Boom Click dan untuk kasus Invalid Traffic disebut Juggling oleh si mbah google. Obat untuk permasalahan ini masih om racik nanti kalo dah selesai racikannya om bagikan disini link artikelnya.

    5. Dah yaa informasinya, si om dah cape nih ngetiknya nanti kalo ada info tambahan om update lagi artikelnya, jadi sering-sering mampir aja ke artikel ini dan jangan lupa Like, Share dan Comment.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare