Header Ads

  • √ Cara Melindungi Blog Dari Bahaya Auto Visitor [Jingling]

    √ Cara Melindungi Blog Dari Bahaya Auto Visitor


    Apa sih Auto visitor ?
    Auto Visitor pada sebuah Blog adalah suatu algoritma auto visitor online maupun software auto visitor yang dibuat untuk mendapatkan visitor (pengunjung blog atau website) secara instan dalam jumlah yang banyak dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (cepat). Visitor yang datang bukanlah dari pengguna organik (manusia) melainkan hasil manipulasi IP Address yang digunakan BOT (pengunjung buatan) untuk memanipulasi visitor blog. Auto visitor secara otomatis akan mendatangkan visitor buatan ke blog dalam jumlah yang banyak.

    Prinsip Kerja Auto Visitor
    Cara kerja dari Auto Visitor adalah dengan mengumpulkan IP Address Proxy yang terbuka dari berbagai macam negara kemudian memanipulasi IP address tersebut yang akan digunakan untuk mengunjungi blog. Auto visitor menggunakan algoritma pembuka protokol web sebagai pembuka trafik visitor dan menggunakan IP address palsu sebagai tanda pengenal visitor ke server.

    Informasi Singkat
    Protokol Internet
    Protokol Internet (Inggris Internet Protocol disingkat IP) adalah protokol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan internetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP. Versi IP yang banyak digunakan adalah IP versi 4 (IPv4) yang didefinisikan pada RFC 791 dan dipublikasikan pada tahun 1981, tetapi akan digantikan oleh IP versi 6 pada beberapa waktu yang akan datang.

    Protokol IP merupakan salah satu protokol kunci di dalam kumpulan protokol TCP/IP. Sebuah paket IP akan membawa data aktual yang dikirimkan melalui jaringan dari satu titik ke titik lainnya. Metode yang digunakannya adalah connectionless yang berarti ia tidak perlu membuat dan memelihara sebuah sesi koneksi. Selain itu, protokol ini juga tidak menjamin penyampaian data, tetapi hal ini diserahkan kepada protokol pada lapisan yang lebih tinggi (lapisan transport dalam OSI Reference Model atau lapisan antar host dalam DARPA Reference Model), yakni protokol Transmission Control Protocol (TCP).
    Sumber : Wikipedia

    IP Address (Alamat IP)
    Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

    Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni:
    • IP versi 4 (IPv4)
    • IP versi 6 (IPv6)
    Pengiriman data dalam jaringan TCP/IP berdasarkan IP address komputer pengirim dan komputer penerima. IP address memiliki dua bagian, yaitu alamat jaringan (network address) dan alamat komputer lokal (host address) dalam sebuah jaringan.

    Alamat jaringan digunakan oleh router untuk mencari jaringan tempat sebuah komputer lokal berada, semantara alamat komputer lokal digunakan untuk mengenali sebuah komputer pada jaringan lokal.

    Informasi ini bisa diketahui dengan mengkombinasikan IP address dengan 32 bit angka subnet mask. IP address memiliki beberapa kelas berdasarkan kapasitasnya, yaitu Class A dengan kapasitas lebih dari 16 juta komputer, Class B dengan kapasitas lebih dari 65 ribu komputer, dan Class C dengan kapasitas 254 komputer.
    Sumber : Wikipedia


    Tujuan Penggunaan Auto Visitor
    Penggunaan auto visitor tentu saja untuk meningkatkan trafik visitor secara cepat. Namun perlu diingat bahwa visitor tersebut bukan pengguna organik (manusia) melainkan robot otomatis yang mengcrawl semua link yang ada pada blog yang dituju. Memiliki trafik yang tinggi tentu saja akan berimbas terhadap keuntungan yang bisa didapatkan dari situs tersebut. Keuntungan bagi publisher blog salah satunya dengan cara memonetize blog yang dimilikinya. Salah satu bentuk monetize yang paling populer adalah program Google Adsense. Monetize menggunakan Google Adsense memeberikan profit yang fair dan sesuai dengan ekspektasi. Kombinasi antara trafik visitor yang baik dengan Google Adsense merupakan pasangan yang sempurna. Hal inilah yang selalu menjadi perburuan publisher blog.

    Software Auto Visitor



    Software untuk membuat Auto Visitor yang umum dan populer adalah Jingling. Pengembang software jingling ini berasal dari Cina. Software ini mampu memanipulasi trafik visitor dengan cara mengumpulkan alamat IP dari berbagai negara. Alamat IP yang terkumpul digunakan oleh Jingling menjadi visitor palsu. Software ini sangat mudah didapatkan dan dikelola dengan baik sampai sekarang oleh pihak pengembangnya. Beberapa fasilitas yang diklaim Jingling dalam meningkatkan visitor yaitu:
    1. Gratis
      Anda bebas melakukan download dan menggunakan software Jingling tanpa harus membayar dan tanpa ada iklan. Anda juga tidak perlu mendaftar untuk mendownload software ini.
    2. Full Support
      Anda dapat mengirimkan komplain, tanggapan ataupun segala permasalahan ke Tim Traffic Spirit (Jingling) secara gratis melalui email ataupun skype.
    3. Visitor Berasal dari Beragam Negara
      Jingling mengklaim dirinya mendapatkan alamat IP visitor (pengunjung) dari berbagai negara. Alamat IP tersebut nantinya akan digunakan Jungling untuk bekerja di dalam sistem. Mengelabuhi sistem untuk mendeteksi adanya visitor yang masuk berdasarkan alamat IP yang ada. Sumber lalu lintas visitor mayoritas menggunakan IP address dari China.
    4. No Virus No Trojan
      Jingling juga menyebutkan bahwa dirinya aman dan terpercaya. Tidak ada virus ataupun Trojan yang disisipkan ke dalam software. Jingling juga akan memblock Pop-up iklan yang ada.
    5. Selalu Update
      Software Jingling dikelola dengan baik sehingga sering membuat update untuk memanfaatkan celah keamanan terbaru dari sistim google.
    Alasan Menggunakan Auto Visitor
    Seperti yang diketahui ataupun belum diketahui untuk mendapatkan trafik situs organik dalam skala besar dengan waktu yang singkat bukanlah perkara semudah membalikan telapak tangan, terutama untuk situs yang baru dibangun dari nol. Apalagi jika pengguna blog tanpa menggunakan Top Level Domain akan membutuhkan banyak extra tenaga yang banyak dan pengetahuan yang luas, jika kita berbicara dalam konteks visitor organik (anjuran dan aturan wajib yang disarankan oleh google). Sebuah blog modal dengkul (menggunakan domain blogspot atau yang gratisan) seperti blognya si om ini, membutuhkan perjuangan yang sangat berat dan sangat panjang agar bisa mendapatkan jumlah trafik dengan skala besar. Belum lagi hal wajib yang harus dimiliki sebuah blog gratisan yaitu memiliki banyak konten berkualitas, menarik dan enak dibaca yang jumlahnya harus puluhan hingga ribuan artikel. Hal ini juga diperparah harus memperhatikan kualitas SEO Google, Backlink Organik, Promosi Organik, Makanan Organik, Minuman Organik dan hal-hal yang berbau organik lainnya. Kebayangkan gimana rasanya mengembangkan blog baru yang sesuai dengan anjuran google untuk itu beberapa alasan yang menjadi pendorong faktor utama publisher blog baru ataupun yang sudah lama menggunakan auto visitor, antara lain :
    • Dapat merampingkan Alexa Rank dengan cepat (masih dalam pengembangan).
    • Bisa meningkatkan penghasilan Impression pada iklan CPM.
    • Sering digunakan pada bisnis online yang menggunakan sistem PPC
    • Tidak harus memikirkan SEO dan Optimasi lainnya.
    • Tidak memerlukan artikel sama sekali.
    • Mudah untuk digunakan.
    • Bisa digunakan untuk mem-banned blog atau website saingan.
    Nah untuk alasan yang terakhir ini yang harus diwapadai oleh pemilik blog yang menggunakan layanan Google Adsense karena pihak Google Adsense tidak akan mentolerir segala bentuk pelanggaran baik disengaja ataupun tidak disengaja baik diketahui maupun yang tidak diketahui. Penggunaan auto visitor dengan tujuan yang tidak baik terhadap suatu blog bisa dibilang sebagai serangan auto visitor atau bahaya jingling (software yang sering digunakan untuk membuat auto visitor). Serangan ini bisa saja dilakukan oleh visitor nakal (pihak yang tidak bertanggung jawab) kapan saja dan dimana saja. Oleh karenanya dihimbau bagi pemilik blog selalu melihat statistik blog secara berkala dan melindungi blog dari serangan auto visitor.

    Dampak Negatif Menggunakan Jingling


    Meskipun anda bisa memanfaatkan Jingling untuk meningkatkan trafik secara instan dan pastinya gratis. Namun sudah diketahui bahwa trafik yang dihasilkan oleh Jingling bukan asli manusia melainkan justru sebuah bot (robot). Itu mengartikan walaupun mempunyai trafik dengan jumlah besar tapi apabila tidak ada interaksi yang berjalan dari pengunjung. Misalkan tidak ada komentar, tidak ada reaksi sebuah konten, dan lain sebagainya maka mesin pencari akan mencurigai pengunjung tersebut sebagai tindakan spam. Menggunakan cara curang tentu ada dampak negatif yang akan ditimbulkan. Berikut ini adalah dampak negatif dari menggunakan auto visitor (jingling).
    1. Terdeteksi Spam
      Google terus mengembangkan algoritma canggih dari waktu ke waktu. Teknologi Google juga semakin canggih untuk menentukan website mana yang menggunakan bot untuk menaikkan traffic dan mana yang tidak. Website yang terindikasi menggunakan bot, akan dideteksi sebagai website SPAM. Situs yang ketahuan menggunakan jingling (auto visitor software) akan langsung di banned dari Google Adsense dan dianggap sebagai spam oleh mesin pencari Google sehingga membuat ranking situs menjadi lebih rendah atau hilang dari index Google. Pihak Google akan menggolongkan situs dengan trafik bot ke dalam bentuk situs sampah yang tidak memberikan manfaat.
    2. Dibanned Google Adsense
      Menggunakan jingling untuk meningkatkan trafik situs rupanya tidak hanya terdeteksi sebagai tindakan spam saja, namun juga berpotensi dibanned oleh Google Adsense. Adapun Google Adsense sendiri merupakan platform periklanan besutan Google yang bisa dibilang menjadi penghasilan utama dari sebuah blog. Banyak orang di seluruh dunia sukses berpenghasilan ratusan juta dari Google Adsense ini. Sehingga sangat disayangkan apabila situs anda dibanned oleh Adsense hanya karena menggunakan software jingling. Sedangkan jika telah dibanned, maka artinya anda tidak bisa lagi menayangkan iklan dan menghasilkan uang dari platform Adsense.
    3. Deindex dari search engine
      Beberapa atau semua artikel yang anda submit bisa deindex (tidak terindex atau penurunan ranking) dan tidak diketahui lagi keberadaannya di mesin mencari. Bahkan jika Kamu submit artikel baru lagi akan sulit untuk terindex walaupun tetap masih di crawl oleh mesin pencari Google.
    4. Situs Berpotensi Dihapus Google
      Menggunakan aplikasi jingling baik disengaja maupun tidak ternyata situs memiliki potensi dihapus oleh mesin pencari Google. Google sendiri akan menggolongkan situs jingling sebagai salah satu situs berperingkat rendah yang tidak dikelola dengan baik. Maka dari itu pihak Google juga tidak takut kehilangan situs semacam itu karena dinilai tidak memberikan mereka keuntungan. Sebelum dihapus, Google biasanya melepas status indeks situs tersebut terlebih dahulu, sehingga konten apapun yang diterbitkan oleh situs itu tidak bisa terlihat di mesin pencari. Dalam artian situs anda tidak bisa lagi ditemukan.

    Stop Menggunakan Auto Visitor (Jingling / Traffic Spirit)

    Seperti yang sudah diketahui bahwa Google tidak menyukai situs berperilaku curang, salah satunya yakni dengan menggunakan software jingling. Situs yang berperilaku curang sendiri akan mendapatkan berbagai macam hukuman seperti deindeks dari mesin pencari, dibanned Google Adsense, berperingkat rendah, digolongkan spam, dan masih banyak lagi. Intinya situs yang bertindak curang akan terlihat buruk di mesin pencari google. Berikut kutipan ketentuan penggunaan layanan google adsense yang melarang penggunaan auto visitor dalam bentuk apapun.

    Informasi Singkat
    Untuk menjamin pengalaman positif bagi pengguna Internet dan pengiklan Google, situs yang menayangkan iklan Google tidak boleh:
    • Menggunakan layanan pihak ketiga yang menghasilkan klik atau tayangan seperti program paid-to-click, paid-to-surf, jelajah otomatis, dan pertukaran klik.
    • Dipromosikan melalui email massal yang tidak diminta atau iklan yang tidak diinginkan di situs pihak ketiga.
    • Menampilkan iklan, kotak penelusuran, atau hasil penelusuran Google sebagai hasil dari tindakan aplikasi software seperti toolbar.
    • Dimuat oleh software yang dapat memicu jendela pop-up, mengalihkan pengguna ke situs yang tidak diinginkan, mengubah setelan browser, atau mengganggu navigasi situs. Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tidak ada jaringan atau afiliasi iklan yang menggunakan metode seperti itu untuk mengarahkan traffic ke halaman yang berisi kode AdSense Anda.
    • Menerima traffic dari iklan online, kecuali situs mematuhi prinsip-prinsip Pedoman Kualitas Halaman Landing Google. Misalnya, pengguna harus dapat menemukan dengan mudah apa yang dijanjikan iklan Anda.

    Sumber : Kebijakan Program AdSense


    Perlindungan Blog Dari Bahaya Auto Visitor


    Deteksi Serangan Auto Visitor
    Ciri-ciri blog terkena dampak auto visitor yaitu, jika trafik blog meningkat secara instan dalam waktu yang singkat namun trafiknya hanya bertahan sebentar dan tidak tanggung-tanggung trafik visitor bisa sampai 10x lipat bahkan lebih dari visitor biasanya. Apabila terjadi hal seperti itu berarti blog tersebut siap-siap ditegur melalui email oleh pihak Google Adsense, hal yang terburuk akun google adsense akan terkena auto suspended hingga auto banned. Kejanggalan tersebut bisa terpantau melalui halaman statistik pada dashboard blog.

    Motif Serangan Auto Visitor
    Resiko terkena auto visitor memang berdampak fatal bagi blog yang di jahili visitor nakal. Biasanya visitor nakal memiliki motif iseng atau tidak suka dengan kesuksesan dari blog tersebut. Visitor nakal kemudian dengan sengaja menyerang blog tersebut dengan menggunakan auto visitor baik online ataupun software auto visitor. Sekali klik "boom" blog tersebut akan terkena serangan auto visitor tanpa disadari pemilik blog.

    Pencegahan Serangan Auto Visitor
    Serangan auto visitor (Jingling) oleh visitor nakal merupakan perbuatan tercela dan tidak terpuji karena akibat perbuatannya pemilik blog akan sangat dirugikan. Namun bagaimanapun juga sebagai pemilik blog tetap harus berpikiran postif terhadap pengunjungnya dan harus berhati-hati terhadap serangan auto visitor (Jingling / Traffic Spirit) yang datang secara tiba-tiba. Berikut pencegahan dan perlindungan dari serangan auto visitor (Jingling).


    #1 Perlindungan Menggunakan Fungsi {robot.txt} Blog
    1. Login ke Blogger Dashboard.
    2. Pilih menu setelan atau settings.
    3. Pilih menu preferensi penulusuran atau search preferences.
    4. Lihat bagian crawl dan indexing, pilih edit pada custom robot txt. Lihat gambar di bawah ini.


    5. Copy paste kode di bawah ini pada kotak yang tersedia di custom robot txt.


      User-agent: Mediapartners-Google Disallow: User-agent: Googlebot Allow: / Disallow: /search User-agent: * Disallow: / Sitemap: http://codeflare.blogspot.com/feeds/post/default/?orderby=UPDATED
      Ganti url blog codeflare.blogspot.com dengan url blog anda dan simpan hasilnya.

      Keterangan :
      User-agent: Mediapartners-Google
      Disallow:
      User-agent: Googlebot
      Allow: /

      Itu berarti hanya mengijinkan robot Google saja yang bisa merayapi blog anda, ditandai dengan Allow.

      User-agent: *
      Disallow: /

      Itu berarti mencegah semua robot perayap lain untuk mengakses blog anda, ditandai dengan Disallow.

      Cara ini tidak akan langsung kelihatan hasilnya dan memerlukan waktu beberapa hari setelah kodenya di pasang pada blog. Biasanya script itu akan bekerja dalam waktu 3-5 hari. Dengan menerapkan cara tersebut, Jingling yang tadinya ada di blog kita perlahan akan mulai berhenti dan menghilang.
    6. Setelah itu klik Edit pada Tag Tajuk Robot Khusus, kemudian ikuti setingan seperti pada gambar di bawah ini.


      Setelah selesai klik Simpan Perubahan.
    #2 Menutup Blog Anda Untuk Sementara Waktu
    Pada saat dimana blog anda terkena jingling, anda bisa menutup Blog anda untuk umum, sehingga orang lain termasuk jingling tidak akan bisa menemukan blog anda. Hal ini dimaksudkan agar anda terhindar dari google sandbox, google adsense sandbox dan penalty google, dimana penalty ini berupa deindex atau menghilangkan blog dari mesin pencari google. Menutup blog bukan berarti menghapus blog secara keseluruhan, akan tetapi kita hanya mengatur pembaca blog menjadi pribadi.

    Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk menutup Blog di blogger.com atau blogspot :
    1. Masuk ke akun blogger.com anda, kemudian pilih blog yang terkena jingling.
    2. Pada dashboard, pilih Setelan - > Dasar Pembaca Blog - > Edit kemudian pilih mode pribadi.
    Anda bisa mengaktifkannya lagi setelah benar –benar merasa aman.

    #3 Menggunakan Disavow Link


    Disavow Link atau jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia sebagai penolakan link, adalah sebuah cara memanfaatkan google webmasters tools yang dapat digunakan untuk menolak link masuk dari domain lain (IP address Jingling) yang berkualitas rendah yang memberikan backlink dofollow ke situs anda. Perlu anda perhatikan bahwa Ini adalah fitur canggih dan hanya harus digunakan dengan hati-hati. Jika digunakan secara tidak benar, fitur ini berpotensi dapat membahayakan kinerja situs Anda dalam hasil pencarian Google.

    Google merekomendasikan bahwa Anda melakukan disavow backlink hanya jika Anda yakin bahwa Anda memiliki jumlah yang besar link spam, buatan, dan atau berkualitas rendah yang menunjuk ke situs Anda, dan jika Anda yakin bahwa link yang menyebabkan masalah untuk Anda. Dalam kebanyakan kasus, Google bisa menilai mana link yang dapat dipercaya tanpa bimbingan tambahan, sehingga sebagian besar wajar atau situs yang normal tidak akan perlu menggunakan tools disavow link ini.

    Apabila anda melihat misalkan tiba-tiba ada sejumlah besar link dari sumber yang sama, atau tiba-tiba ada banyak IP address yang beda-beda me-link ke situs anda atau kalau ada nama-nama domain yang aneh-aneh me-link ke situs anda, maka itu bisa jadi upaya spammer (auto visitor) yang mengganggu situs anda. Barulah anda sebaiknya menggunakan Alat untuk menolak tautan (disavow links). Tapi harus yakin benar bahwa itu spam atau penggunaan auto visitor (Jingling). Penggunaan cara Disavow Link yaitu dengan memilih situs atau blog yang akan di periksa kemudian membuat tabel daftar domain dari IP address yang mencurigakan menggunakan notepad, seperti contoh pada gambar di bawah. Kemudian men-submit file (disavow.txt) tersebut ke Google Webmaster untuk dilakukan aksi pencegahan dan pemblokiran dari domain tersebut yang berpengaruh melakukan SPAM dengan cara membuat link atau auto visitor (Jingling) terhadap situs anda.


    Google Webmaster Support About Disavow Link | Disavow Link

    Pastikan anda membaca secara lengkap penggunaan Disavow Link dan pastikan link (IP address) tersebut memang ingin diabaikan. Jangan sampai memasukkan link yang masih diperlukan.

    #4 Script Anti Auto Visitor (Jingling)
    Metode ini menggunakan javascript untuk membatasi referal akses visitor yang ingin mengunjungi situs anda, misalkan visitor yang hendak mengunjungi situs anda selain dari Google, Facebook, Twitter, Linkedin, Blogspot, Wordpress, Bing, Yahoo, Yandex atau referal akses lainnya yang anda kehendaki maka visitor nakal yang menggunakan auto visitor akan dilempar balik ke halaman sebelumnya dan tidak akan bisa mengakses situs anda.
    <script>
    //<![CDATA[
    /*Sumber lalu lintas (trafik) yang diizinkan untuk akses Blog*/
    var allow = ['google', 'facebook', 'bing', 'yandex', 'yahoo', 'twitter', 'instagram', 'detik'];
    var valid = false;
    if (!document.referrer == ''){
    for (var i = allow.length; i--;){
    if (document.referrer.toLowerCase().includes(allow[i].toLowerCase())){valid = true; break;}
    }
    /*Mengarahkan balik ke Situs Jingling jika tidak sesuai dengan sumber lalulintas diatas*/
    if (valid == false){window.location = document.referrer;}
    }
    //]]>
    </script>

    Taruh JavaScript tersebut pada kode HTML template dan letakan Script diatas tepat dibawah tag <Head> agar Blog langsung mengeksekusi script tersebut saat Blog pertama kali diakses.

    Silakan anda sesuaikan pada variabel allow mana yang boleh dijadikan referensi halaman sebelumnya untuk bisa mengakses ke blog anda, diluar referensi tersebut maka browser akan mengarahkan balik pengunjung (IP browser pelaku yang digunakan untuk jingling) ke halaman sebelumnya.

    Apabila kondisi blog anda sudah kembali normal, maka anda harus mencopot script tersebut agar pengunjung bisa mengunjungi blog anda secara normal.

    Demikian tips cara melindungi blog dari serangan auto visitor, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan informasi yang kurang lengkap, penulis mohon maaf dan harap dimaklumi. Jangan lupa untuk melihat artikel lainnya yang berkaitan dengan pembahasan artikel ini karena bisa jadi ada tips dan trik yang mungkin tidak tertulis pada artikel ini namun tertulis di artikel lainnya yang masih berkaitan. Semoga bermanfaat.

    5 comments:

    1. Kodenya gak berfungsi.
      Saya alihkan jadinya pembaca umum menjadi khusus

      ReplyDelete
      Replies
      1. ok trims infonya saya coba perbaiki kodenya

        Delete
      2. Ok mas bro, kode javascript sudah diperbaiki dan sudah bisa berjalan dengan semestinya

        Delete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare