Header Ads

  • Cara Hemat Memiliki Website Untuk Bisnis Online Rumahan

    Cara Membuat Website Untuk Bisnis Rumahan


    Perkembangan dunia digital yang semakin pesat telah merubah tatanan hidup konvensional menjadi gaya hidup modern, tak terkecuali perubahan yang terjadi di sektor bisnis baik perdagangan maupun jasa. Perubahan ini mau tidak mau akan menggantikan pola strategi bisnis konvensial menjadi bisnis online yang modern.

    Perkembangan dunia digital berakselerasi dengan cepat berkat kolaborasi antara kemudahan internet dan teknologi smartphone yang semakin canggih. Hal ini juga yang mendorong munculnya bisnis-bisnis inovatif dan modern.

    Seperti diketahui, layanan internet sekarang ini (2022) sudah dapat diakses dimana saja, ketersediaanya memudahkan siapa saja untuk saling terhubung melalui smartphone. Kesempatan inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk memiliki website guna mengembangkan bisnisnya secara online.

    Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol System. Jaringan Internet menghubungkan berbagai macam perangkat elektronik (yang bisa akses internet) dan melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

    Penggunaan internet untuk bisnis online sangat erat kaitannya dengan website (situs). Dengan adanya internet, berbagai macam situs atau media sosial dapat diakses dengan mudah. Dari website inilah pengguna pada umumnya bisa memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan.


    Apa Itu Website

    Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs yang terdapat dalam sebuah domain atau subdomain yang berada di dalam World Wide Web (WWW) di internet. Alasan seseorang mengunjungi website adalah karena konten yang tersedia di website tersebut. Contoh website adalah google.com, facebook.com, codeflare.net dan sebagainya.

    Penyebaran informasi melalui website sangat cepat dan tidak dibatasi oleh jarak dan waktu tapi tetep dibatasi oleh kuota internet hehehe. Oleh sebab itu, website merupakan sarana untuk mendapatkan dan mengelola informasi.


    Cara Kerja Website

    Berikut gambaran atau penjelasan tentang cara kerja website :

    Cara Hemat Memiliki Website Untuk Bisnis Online Rumahan

    USER/pengguna yang akan mengakses suatu website berupa URL melalui WEB BROWSER (yaitu media untuk menuju URL yang diakses), kemudian WEB BROWSER tersebut mengirimkan permintaan/ request berupa HTTP REQUEST kepada WEB SERVER melalui layer-layer TCP/IP, kemudian WEB SERVER memberikan WEB FILES yang di-request jika ada.

    WEB FILES yang telah diberikan tadi tidak langsung ditampilkan/di-display begitusaja, namun WEB SERVER memberikan respon kembali ke WEB BROWSER melalui HTTP RESPONSE yang juga melalui layer-layer TCP/IP, yang kemudian baru di terima oleh WEB BROWSER, dan kemudian dikirimkan kepada USER berupa DISPLAY.


    Manfaat Website

    Manfaat website sebagai sarana bisnis online salah satunya dapat menjadi representasi bisnis anda di dunia online.

    Sebagai contoh, meskipun sudah memiliki toko offline, Anda bisa membuka toko online untuk memudahkan calon konsumen membeli produk Anda kapan saja dan di mana saja.

    Bukan hanya sebagai rujukan informasi paling update tentang produk bagi konsumen, website tersebut bisa menjadi tempat paling ideal untuk melakukan berbagai promosi menarik.


    Estimasi Biaya Pembuatan Website

    Harga pembuatan website sangat bervariasi tergantung dari tujuan dan kebutuhan anda, semakin rumit dan sulit maka biaya pembuatan juga semakin mahal harganya sedangkan semakin sederhana dan tidak terlalu kompleks maka semakin murah biaya pembuatan website. Biasanya harga rata-rata untuk keperluan bisnis online kecil dan menengah berikisar antara Rp.5 juta sampai Rp.10 juta, sudah termasuk biaya domain dan hosting setahun.


    Estimasi Biaya Operasional Website

    Biaya operasional website perbulannya berkisar antara Rp. 500 ribu sampai Rp. 5 juta untuk operasional bisnis kecil dan menengah, bisa juga lebih murah namun dengan resiko website anda sering down dan tidak bisa diakses.


    Alternatif Website Untuk Bisnis

    Seperti penjelasan diatas biaya untuk pembuatan dan operasional website standar sangatlah mahal sehingga kurang cocok untuk penggunaan bisnis kecil dan menengah. Cara mensiasati agar dapat menekan biaya operasional website adalah dengan mengkobinasikan antara website dengan penggunaan blogspot. Penggunaan cara ini biasa dikenal dengan sebutan Website-Blog.

    Penggunaan Website-Blog bagi pelaku bisnis kecil (rumahan) hingga menengah bisa menjadi solusi agar tetap bisa memiliki website yang menghasilkan sekaligus meningkatkan pendapatan namun dengan biaya operasional website yang sangat ringan.

    Walaupun penggunaan Website-Blog memiliki biaya operasional yang sangat ringan namun tetap bisa memberikan hasil yang maksimal dalam memenuhi kebutuhan bisnis online anda. Bagi anda yang ingin memiliki website profesional yang murah dan berkualitas sangat disarankan untuk menggunakan Website berbasis Blogspot (Website-Blog) ini.


    Apa itu Website-Blog ?

    Website-Blog hampir sama dengan jenis website pada umumnya yang membedakan adalah Content Management System (CMS) yang digunakan, jika pada Website-Blog CMS yang digunakan adalah CMS Blog yang digunakan sebagai tempat hosting dari konten yang digunakan. Hal inilah yang menjadikan Website-Blog sebagai alternatif untuk menekan biaya operasional website.


    Mengapa Menggunakan Website-Blog ?

    Website-Blog memiliki banyak keunggulan dibandingkan website biasa jika tujuan pembuatan website digunakan untuk kebutuhan bisnis rumahan (kecil), UMKM dan bisnis skala menengah. Adapun keunggulan yang dimiliki Website-Blog, antara lain :

    • Cost Saving operasional website bisa sampai 80%.
    • Online 24 Jam dengan waktu downtime hampir zero percent.
    • Memiliki kuota bandwidth internet tanpa batas.
    • Koneksi bandwidth internet cepat dan tanpa batas.
    • Kapasitas hosting yang besar tanpa batas.
    • Bisa diakses kapan saja dan dimana saja.
    • Bisa digunakan untuk berbagai keperluan bisnis online kecil hingga menegah.
    • Bisa diintegrasikan ke top level domain dengan mudah.
    • Terindex di semua mesin pencari.
    • Memiliki fitur-fitur pendukung bisnis online yang bisa disesuaikan.

    Pentingnya Memiliki Website-Blog

    Di era digital, mencari informasi produk & jasa sudah biasa dilakukan melalui internet. Bisnis yang memiliki website akan lebih mudah ditemukan oleh pembeli, karena website ibarat sebuah toko/kantor digital yang dapat melayani pelanggan selama 24 jam.


    Memperluas Jangkauan Usaha

    Kegiatan promosi menjadi lebih sederhana dan tertarget. Anda juga bisa dengan mudah menjaring customer dan mendapat pelanggan potensial secara lebih luas.


    Contoh Penggunaan Website-Blog

    Penggunaan website berbasis blog (Website-Blog) sangat fleksibel sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan website pada umumnya. Cukup menggunakan template blog yang sesuai dengan kebutuhan maka anda sudah bisa memiliki website tanpa perlu khawatir dengan biaya bulanan. Sekarang ini banyak template blog premium siap pakai untuk berbagai jenis keperluan website bisnis online.

    Berikut beberapa contoh jenis website bisnis online skala kecil (rumahan) hingga skala menengah yang memanfaatkan blog sebagai hosting website.

    • Landing Page
      Website Landing Page adalah halaman website tunggal 1 kolom yang hanya difokuskan untuk mempromosikan jasa dan produk secara masive melalui koneksi internet. Halaman landing page didesain khusus dengan mindset marketing sehingga sering digunakan sebagai alat promosi digital marketing online yang cukup efektif dan mampu menarik perhatian pembaca pada saat terlihat pertama kali.

      Landing page hampir sama dengan leaflet, pamflet, flyer bedanya cuma pada desain dan cara melakukan promosinya, pada landing page cara promosi dilakukan melalui media online berbentuk website landing page (situs halaman landas) yang digunakan sebagai alat digital marketing untuk promosi produk dan jasa secara online. Penggunaan website landing page mampu mempromosikan produk ataupun jasa secara terfokus agar bisa mentargetkan penjualan dengan hasil yang maksimal.

    • Minisite
      Website mini atau minisite mengacu pada website halaman tunggal sehingga website/blog ini benar-benar dibuat untuk memancing rasa penasaran pengunjung dengan penggunan bahasa marketing yang fantastis dan penuh rayuan. Ciri khas minisite memiliki tampilan eye catching. Pemakaian warna primer menyolok seperti kuning, biru dan merah yang cukup dominan serta pengunaan ukuran huruf yang besar. Trend yang berlaku saat ini adalah penggunaan animasi atau video yang berisi testimonial tentunya lebih menyenangkan pengunjung karena tidak perlu mengggunakan tombol scroll mouse untuk menelusuri halaman web/blog hingga ke dasar halaman.

      Hampir sama pengertiannya dengan template landingpage cuma yang membedakan adalah konten artikel yang ada pada blog tersebut, jika pada template landingpage hanya memiliki 1 konten artikel yang memang penggunaannya difokuskan untuk digital marketing online maka pada template minisite bisa terdapat lebih dari 1 konten artikel dan penggunaannya pun seperti layaknya sebuah blog biasa namun tetap fokus berisi artikel untuk mendukung digital marketing online yang ditawarkan.

    • Website Portfolio
      Wesbite portofolio adalah portofolio digital yang dapat diakses melalui internet dengan tujuan untuk menunjukan karya dan bakat Anda. Pada website yang dibuat, Anda bisa menunjukkan bakat, keahlian dan pengalaman yang telah Anda miliki.

      Lalu apa yang membedakan portofolio biasa dan Website Portofolio? perbedaanya adalah kemudahan mengaksesnya. Dengan website porfolio, Anda tidak perlu membawa atau menyalin portofolio fisik. Yang Anda butuhkan hanyak url website porfolio yang sudah dibuat sebelumnya untuk menunjukkan siapa Anda.

    • Website Informasi Produk
      Website Informercial atau informasi produk adalah website yang menampilkan ulasan atau informasi suatu produk yang ditawarkan. Fungsi website ini adalah untuk memudahkan konsumen mengetahui detail informasi produk yang ditawarkan dan juga informasi lainnya yang berkaitan dengan produk tersebut.

    • Website Company Profile
      Tujuan corporate website atau website company profile adalah untuk menampilkan profil perusahaan dalam membangun kredibilitas di dunia maya.

      Website perusahaan atau corporate website memang tidak mendatangkan revenue secara langsung. Namun, website perusahaan penting untuk menjadi sumber informasi terpercaya mengenai perusahaan Anda.

    • Website Informasi Jasa
      Hampir sama dengan website informasi produk yang membedakan website informasi jasa adalah informasi yang disediakan yaitu berupa jasa dan informasi pendukung lainnya.

    • Website Afiliasi
      Afiliasi adalah program atau bisnis yang memberi Anda komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau website. Salah satu contoh umum bisnis afiliasi adalah penggunaan link referral. Sebagai publisher atau affiliate, Anda menempatkan link tersebut pada blog atau situs untuk mengarahkan para pengunjung ke website lain yang menyediakan produk atau layanan.

    • Website Hobi & Komunitas
      Website ini biasanya dibuat untuk memberikan informasi online untuk komunitas terbatas atau komunitas tertentu.

    • Website Download & Sharing File
      Penggunaan website ini lebih mengarah untuk informasi link download, seperti software, game, konten video dan sejenisnya. Bisnis online yang dijalankan biasanya berorientasi untuk tayangan iklan.

    Apapun jenis bisnis online anda jika ingin memiliki website dengan biaya operasional yang murah maka menggunakan Website-Blog merupakan pilihan tepat yang bisa dijadikan sebagai website bisnis kecil (rumahan), UMKM hingga kelas menegah.


    Cara Membuat Website-Blog

    Cara membuat Website-Blog cukup mudah anda bisa mengerjakannya sendiri atau menyewa jasa pembuatan website-blog profesional dengan harga yang bersahabat. Jika ingin dikerjakan sendiri berikut cara membuat Website-Blog yang mudah.

    1. Tentukan tipe bisnis online yang akan atau sedang anda jalani.
    2. Tentukan nama website yang berkaitan dengan bisnis online anda, jika ingin menggunakan top level domain (.com, .net, .org, .id, dan sebagainya) silakan anda beli terlebih dahulu untuk nama domain yang akan anda gunakan. Saran saya untuk membeli nama domain pilihlah tempat penjualan nama domain yang kredibel dan terpercaya, seperti exabytes.com.

    3. Langkah berikutnya adalah mengkonfigurasi settingan blogspot, silakan anda baca artikel Cara Membuat Blog Menggunakan Platform Blogspot untuk detail lebih lanjut cara pembuatan blog menggunakan platform blogspot.
    4. Setelah membuat blog silakan anda pilih template premium blog yang sudah mendukung fitur SEO dan responsive.
    5. Langkah berikutnya adalah dengan menerbitkan artikel, silakan anda baca artikel Cara Bikin Artikel SEO Untuk Pemula untuk membantu anda dalam membuat konten artikel pendukung bisnis online anda.
    6. Selesai dan website berbasis blogspot pun sudah siap go public.

    Keuntungan Menggunakan Website-Blog

    • Gratis Sub-Domain & Hosting
      Pembuatan Website-Blog GRATIS biaya pendaftaran nama subdomain serta biaya penggunaan hosting (blogspot) dan bandwidth.
    • Full Support & Maintenance
      Dukungan teknis dan support yang luas didukung oleh banyak komunitas untuk memastikan pengelolaan website-blog bisa berjalan dengan lancar setelah dibuat.
    • SEO Friendly
      Website-Blog sekarang ini sudah diakui oleh semua mesin penelusuran internet sehingga dapat dengan mudah terindex oleh mesin penelusuran besar seperti Google, Bing, Yahoo, dsb.
    • Mobile Optimized
      Template website-blog sudah banyak yang dibuat responsive sehingga dapat diakses secara optimal melalui mobile device, dsb.
    • Kapasitas Konten
      Kapasitas blogspot tidak dibatasi sehingga anda bisa membuat halaman website tanpa batas.
    • Teknologi & Desain Terkini
      Penggunaan template yang telah up-to-date terhadap perkembangan teknologi browser yang lebih efisien dan efektif saat ini.

    Tertarik memiliki website-blog sendiri untuk bisnis tanpa harus ribet ?. Anda bisa menggunakan jasa freelance CodeFlare untuk pembuatan website-blog yang profesional dengan harga bersaing. Yuks... langsung aja dipilih paketnya !. Kami mengutamakan kualitas jadi ada harga adapula kualitasnya.


    Paket LandingPage
    Cara Hemat Membuat Website Untuk Bisnis Online Rumahan
    Halaman : - Depan
    - Kontak
    - About Me
    -
    -
    -
    Artikel : - 01 Standar
    - 03 Produk
    -
    Template : - Landing Page v1.0
    Promosi : - 01 Sosial Media
    - 20 Backlink DA 40+
    Extra : - WA Chat Button
    -
    Waktu : - 4 Hari Kerja
    Harga : IDR 500,000,-
    PESAN
    Paket Blogger
    Cara Hemat Membuat Website Untuk Bisnis Online Rumahan
    Halaman : - Depan
    - Kontak
    - About Me
    - Disclamer
    - Privacy Policy
    -
    Artikel : - 04 Standar
    - 01 Pilar
    - 05 Produk
    Template : - CodeFlare v2.0
    Promosi : - 03 Sosial Media
    - 50 Backlink DA 50+
    Extra : - Premium Widget
    - Chat Admin
    Waktu : - 7 Hari Kerja
    Harga : IDR 1,500,000,-
    PESAN
    Paket Bisnis
    Cara Hemat Membuat Website Untuk Bisnis Online Rumahan
    Halaman : - Depan
    - Kontak
    - About Me
    - Disclamer
    - Privacy Policy
    - Checkout Page
    Artikel : - 10 Standar
    - 05 Pilar
    - 10 Produk
    Template : - CodeFlare Biz v1.0
    Promosi : - 05 Sosial Media
    - 100 Backlink DA 60+
    Extra : - Order Script
    - Order Chat
    Waktu : - 10 Hari Kerja
    Harga : IDR 2,500,000,-
    PESAN

    Info lebih lanjut silakan hubungi admin melalui halaman kontak.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare