Header Ads

  • Cara Mengalihkan (Redirect) URL Domain Blog

    [Script] Cara Mengalihkan (Redirect) URL Blog


    Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin perlu membuat pengalihan (redirect) di situs atau blog yang Anda miliki. Beberapa alasan antara lain, Anda mungkin ingin mengubah struktur permalink situs atau blog, menghapus posting halaman lama atau membuat posting blog baru untuk menggantikan yang lama, memperkuat SEO dan Link Building atau bisa juga untuk menghindari kesalahan halaman 404 saat pengunjung mencoba melihat konten artikel Anda yang sudah terhapus.

    Apa pun alasan Anda, postingan artikel ini akan memberikan informasi cara terbaik dalam membuat pengalihan (redirect) untuk situs dan blog secara komprehensif.

    Pada postingan artikel ini admin codeflare.net akan mengajari Anda tentang cara membuat pengalihan URL dalam beberapa cara yang berbeda sehingga Anda dapat memilih solusi terbaik untuk kebutuhan pengalihan URL pada situs Anda.

    Jika ini pertama kalinya Anda mendengar pengalihan URL atau dalam dunia internet sering disebut sebagai redirect link, mungkin ada baiknya admin codeflare net mengulas sedikit tentang apa itu pengalihan URL dan jenis pengalihan URL secara umum.

    DAFTAR ISI
    1. 1. Apa itu Pengalihan URL ?
    2. Jenis Pengalihan URL ?
      1. 1. Pengalihan URL Permanen (301)
      2. 2. Pengalihan URL Sementara (302)
      3. 3. Pengalihan URL Lainnya (3XX)
      4. 4. Pengalihan URL Halaman Kesalahan (404)
    3. Pengalihan URL Menurut Wikipedia
    4. Cara Pengalihan URL Menggunakan PHP
      1. 1. Cara Redirect PHP dengan Metode 301 (Permanen)
      2. 2. Cara Redirect PHP dengan Metode 302 (Sementara)
    5. Cara Pengalihan URL Menggunakan HTML
      1. 1. Cara Menaruh Kode Meta Tag
      2. 2. Cara Redirect Menggunakan HTML dengan Metode 301 (Permanen)
      3. 3. Cara Redirect Menggunakan HTML dengan Metode 302 (Sementara)
    6. Cara Pengalihan URL Menggunakan JavaScript
      1. 1. Cara Menaruh Kode Redirect JavaScript
      2. 2. Cara Redirect Menggunakan Kode JavaScript Sederhana
      3. 3. Cara Redirect Menggunakan Kode JavaScript Untuk Pengalihan Domain
      4. 4. Cara Redirect Menggunakan Kode JavaScript Untuk Pengalihan Ke Halaman Utama
    7. Cara Pengalihan URL Melalui Dasbord Blogger

    1. Apa itu Pengalihan URL ?

    Secara sederhana pengalihan URL dapat diartikan sebagai suatu cara yang digunakan untuk pengalihan URL situs web atau blog dengan cara memberi tahu browser bahwa URL X tidak tersedia lagi dan sebagai gantinya harus pergi ke URL Y. Baik situs Anda menggunakan hosting sendiri, hosting blog atau hanya situs HTML biasa, pengalihan URL dapat dilakukan dengan cara yang hampir sama. Tidak peduli platform apa yang Anda gunakan.

    Pengalihan URL merupakan cara memperbaiki lokasi URL situs atau blog yang sudah ada menjadi URL baru yang berbeda, Secara efektif pengalihan URL akan mengalihkan pengunjung dan memberitahukan mesin penelusuran bahwa URL halaman sudah memiliki lokasi baru. Pengalihan akan bermanfaat terutama dalam kondisi berikut :

    • Anda telah memindahkan situs Anda ke domain baru, dan ingin membuat transisi yang benar-benar lancar.
    • Orang dapat mengakses situs Anda melalui beberapa URL yang berbeda. Sebagai contoh, halaman beranda Anda dapat dijangkau dengan beberapa cara (misalnya http://example.com/home, http://home.example.com, atau http://www.example.com). Sebaiknya pilih salah satu dari URL tersebut sebagai tujuan (kanonis) pilihan Anda, dan gunakan pengalihan untuk mengirimkan traffic dari URL lain ke URL pilihan Anda.
    • Anda menggabungkan dua situs dan ingin memastikan bahwa semua link ke URL lama dialihkan ke halaman yang benar.
    • Anda menghapus halaman dan ingin mengarahkan pengguna ke halaman baru.
    Proses Redirect URL
    Pengalihan memicu siklus permintaan-respons HTTP tambahan dan menunda perenderan halaman. Pada kasus terbaiknya, setiap pengalihan akan menambah roundtrip tunggal (permintaan-respons HTTP), dan pada kasus terburuknya, hal ini dapat mengakibatkan beberapa roundtrip tambahan untuk melakukan pencarian DNS, handshake TCP, dan negosiasi TLS selain siklus permintaan-respons HTTP tambahan. Akibatnya, Anda harus meminimalkan penggunaan pengalihan untuk meningkatkan performa situs.

    2. Jenis Pengalihan URL ?

    Ada banyak jenis pengalihan, masing-masing dengan kode numerik yang berbeda, jadi mari kita uraikan terlebih dahulu. Dua yang paling umum adalah 301 dan 302, yang akan kita fokuskan pada artikel ini.

    1. 1. Pengalihan URL Permanen (301)

      Anda menggunakan ini ketika Anda mengubah URL atau struktur situs untuk selamanya. Semua kekuatan dan peringkat SEO tautan lama ditransfer ke yang baru. Untuk semua maksud dan tujuan, URL lama berubah menjadi yang baru.

    2. 2. Pengalihan URL Sementara (302)

      Anda menggunakan ini ketika Anda membutuhkan perubahan jangka pendek. Mungkin desain ulang situs atau perbaikan cepat untuk bug atau kesalahan. Tidak ada URL link authority atau peringkat yang ditransfer.

    3. 3. Pengalihan URL Lainnya (3XX)

      Ada juga 300, 303, 304, 307, dan 308 redirect. Tetapi itu dicadangkan untuk kasus yang sangat khusus yang melibatkan penggunaan khusus dari sisi server untuk penggunaan POST dan GET, yang pada penggunaan situs atau blog biasa kebanyakan 95% tidak perlukan. Jika Anda tertarik dengan topik ini, ada banyak situs dan blog yang membahas terperinci tentang jenis pengalihan ini. Apabila Anda membutuhkan pengalihan URL hanya sebatas situs sederhana atau blog pribadi maka cukup menggunakan pengalihan jenis 301 atau 302 saja.

    4. 4. Pengalihan URL Halaman Kesalahan (404)

      Halaman kesalahan (404) terjadi apabila ada permalink URL halaman artikel yang akan diakses oleh pengunjung tidak bisa diakses atau memang URL tersebut sudah dipindahkan tanpa ada pengalihan URL. Halaman kesalahan (404) biasa juga disebut sebagai invalid URL. Sebaiknya Anda menggunakan Google Search Console atau bantuan analitis situs pihak ketiga untuk mengetahui apakah situs Anda memiliki invalid URL sehingga menyebabkan munculnya halaman kesalahan (404 page).

      Invalid URL dapat menyebabkan berkurangnya jumlah pengunjung dan juga dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan dan kredibilitas situs Anda di mata pengunjung dan mesin penelusuran. Oleh karenanya diperlukan tindakan preventif maupun post-entif dalam memeliharan situs Anda yaitu dengan memasang pengalihan URL yang sesuai.


    3. Informasi Singkat

    Pengalihan URL, juga disebut penerusan URL, adalah teknik World Wide Web untuk membuat halaman web tersedia di lebih dari satu alamat URL. Saat browser web mencoba membuka URL yang telah dialihkan, halaman dengan URL yang berbeda akan dibuka. Demikian pula, pengalihan domain atau penerusan domain adalah ketika semua halaman dalam domain URL dialihkan ke domain yang berbeda, seperti ketika wikipedia.com dan wikipedia.net secara otomatis dialihkan ke wikipedia.org.

    Pengalihan URL dilakukan karena berbagai alasan :

    • untuk pemendekan URL;
    • untuk mencegah tautan rusak saat halaman web dipindahkan;
    • untuk mengizinkan beberapa nama domain milik pemilik yang sama untuk merujuk ke satu situs web;
    • untuk memandu navigasi masuk dan keluar dari situs web;
    • untuk memperkuat SEO dan Peringkat situs web;
    • untuk perlindungan privasi; dan
    • untuk tujuan negatif seperti serangan phishing atau distribusi malware.

    Sumber : Wikipedia



    4. Cara Pengalihan URL Menggunakan PHP

    Metode terbaik dalam membuat pengalihan URL (redirect) PHP hendaknya sudah mengikuti aturan SEO (Search Engine Optimization) yang dianjurkan oleh mesin penulusuran dalam hal ini Google Search Engine. Jika Anda menggunakan Private Hosting yang menggunakan sistim PHP sebagai backend website, berikut metode pengalihan URL menggunakan PHP yang bisa Anda gunakan pada situs yang Anda kelola.


    4.1. Cara Redirect PHP dengan Metode 301 (Permanen)


    <?php
    header("location: urlbaru.php", true, 301);
    exit();
    .
    .
    .
    ?>

    Pada kode di atas, Anda menggunakan kode 301 supaya crawler tidak membaca halaman lama. Jadi, halaman tujuan pengalihan-lah yang akan diindex untuk ditampilkan ke SERP.

    Cara redirect PHP ini lebih menguntungkan dari sisi SEO. Selain itu, karena kode di bawah header() ditutup, maka kode pengalihan akan di proses diserver dan tidak akan terender oleh browser pengguna sehingga lebih cepat dalam memproses halaman pengalihan.


    4.2. Cara Redirect PHP dengan Metode 302 (Sementara)


    <?php
    header("location: urlbaru.php", true, 302);
    exit();
    .
    .
    .
    ?>

    Pada kode di atas hampir sama penggunaannya dengan metode permanen hanya saja pada metode sementara kode yang digunakan adalah 302 supaya crawler bisa membaca halaman sementara. Jadi, halaman tujuan pengalihan tidak akan diindex untuk alasan SEO, namun URL halaman lama yang masih tetap ter-index dan yang ditampilkan di SERP (Search Engine Result Page).

    5. Cara Pengalihan URL Menggunakan HTML

    Cara pengalihan URL menggunakan HTML yaitu dengan menggunakan elemen META Tag (<meta ... />) yang ditaruh pada halaman tertentu yang ingin dibuatkan pengalihan ke halaman tujuan baru. Cara ini sangat sederhana dan dapat Anda gunakan jika situs yang Anda kelola tidak memiliki backend engine server seperti PHP, nginX, Apache dan lain sebagainya.

    Cara kerja redirect meta tag ini cukup sederhana karena hanya menaruh satu baris kode kedalam kode HTML pada halaman artikel yang akan dibuat pengalihan. Berikut kode meta tag untuk pengalihan URL link yang dapat Anda gunakan.

    5.1. Cara Menaruh Kode Meta Tag

    Cara menggunakan elemen meta tag pada template HTML adalah dengan menaruh elemen tersebut dibagian header atau di bawah kode <Head>, sebagai contoh seperti yang terlihat di bawah ini.

    <Head>
    <Title>Contoh Artikel</Title>
    .
    <meta http-equiv="refresh" content="0; url=https://urlbaru.html">
    .
    .
    .
    </Head>

    5.2. Cara Redirect Menggunakan HTML dengan Metode 301 (Permanen)


    <meta http-equiv="refresh" content="0; url=https://urlbaru.html">

    Kode HTML di atas akan mengalihkan halaman website ke URL bernama urlbaru.html secara langsung karena menggunakan jeda waktu 0 detik, dengan begitu perpindahan halaman terjadi tanpa adanya jeda waktu.

    5.3. Cara Redirect Menggunakan HTML dengan Metode 302 (Sementara)


    <meta http-equiv="refresh" content="5; url=https://urlbaru.html">

    Kode HTML di atas akan mengalihkan halaman website ke URL bernama urlbaru.html secara langsung menggunakan jeda waktu 5 detik, dengan begitu perpindahan halaman terjadi dengan adanya jeda waktu untuk membuat pengalihan tertunda, yang ditafsirkan oleh Google sebagai pengalihan sementara.

    6. Cara Pengalihan URL Menggunakan JavaScript

    Google penelusuran menafsirkan dan menjalankan kode JavaScript menggunakan Web Rendering Service setelah proses crawling URL selesai. Untuk menyiapkan pengalihan JavaScript, tetapkan properti location ke URL target pengalihan dalam blok skrip pada elemen kode <Head> HTML.

    6.1. Cara Menaruh Kode Redirect JavaScript

    Cara redirect menggunakan kode JavaScript pada template HTML adalah dengan menaruh kode tersebut dibagian header atau di bawah kode <Head>, sebagai contoh seperti yang terlihat di bawah ini.

    <Head>
    <Title>Contoh Artikel</Title>
    .
    <script>
    window.location.href('https://www.example.com/urlbaru.html')
    </script>
    .
    .
    .
    </Head>

    6.2. Cara Redirect Menggunakan Kode JavaScript Sederhana

    Penggunaan kode javascript sangat fleksibel untuk dipasang sebagai pengalihan URL suatu domain atau permalink halaman tertentu, Anda dapat mengatur metode pengalihan langsung pada kode HTML halaman spesifik atau pada kode template HTML.

    <script>
    window.location.href('https://www.example.com/urlbaru.html')
    </script>

    Pastikan kode ini ditaruh dan disesuaikan untuk kebutuhan pengalihan URL agar fungsi dari pengalihan bisa sesuai dengan yang diinginkan. Kode javascript di atas merupakan kode standar untuk pengalihan yang berfungsi untuk mengalihkan per-satu halaman saja dan sifatnya pengalihan secara permanen (301).

    6.3. Cara Redirect Menggunakan Kode JavaScript Untuk Pengalihan Domain

    Kegunaan dari kode JavaScript berikut ini adalah sebagai pengalihan dari domain lama ke domain baru. Kode ini banyak digunakan apabila Anda hendak merubah nama domain lama ke domain baru namun tetap mempertahankan cononical URL halaman artikel.

    Jadi misalkan Anda ingin merubah top level domain kembali ke subdomain blogspot karena Anda tidak ingin memperpanjang penggunaannya dikarenakan harga perpanjangan pertahun yang setiap tahunnya semakin mahal. Agar perubahan nama domain tidak mempengaruhi SEO dan trafik pengunjung maka Anda bisa menggunakan trik penggunaan kode JavaScript ini agar bisa tetap mempertahankan canonical URL tanpa perlu khawatir akan terjadinya invalid URL dan kehilangan trafik pengunjung.

    Sebagai contoh misalkan dari :

    https://codeflare.net/2021/10/codeflare-award.html

    ingin dirubah kembali menjadi :

    https://www.codeflare.blogspot.com/2021/10/codeflare-award.html

    Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara memasang kode javascript pada bagian header kode template HTML di domain dummy. Maksud dari domain domain dummy adalah domain alamat URL server sementara yang berbeda dari alamat URL server utama.

    Sebagai contoh, jika Anda pengguna blogspot maka silakan anda buat blog baru yang akan digunakan sebagai dummy kemudian setting nama domain dengan nama top level domain yang akan dijadikan sebagai pengalihan. Pastikan nama top level domain sudah dilepas dari domain utama sebelum dipasang ke blog dummy. Setelah selesai mengkonfigurasi nama domain domain maka langkah selanjutnya adalah memasang kode javascript di bawah ini di bagian header kode template HTML blog.

    <script type='text/javascript'>
    var d='';
    d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
    location.href = 'https://www.domainAnda.blogspot.com' + window.location.pathname;
    </script>

    Kode JavaScript ini bisa juga Anda gunakan sebaliknya untuk mengalihkan dari URL sub domain ke URL top level domain. Hal ini biasa dilakukan untuk memperkuat SEO dan menaikan peringkat Domain Authority (DA) secara cepat, yang mana bisa Anda gabungkan dengan penggunaan Private Blog Network (PBN).

    6.4. Cara Redirect Menggunakan Kode JavaScript Untuk Pengalihan Ke Halaman Utama

    Cara ini banyak digunakan pada blog yang menggunakan platform blogspot yang fungsinya untuk mencegah terjadinya invalid URL. Sama seperti cara sebelumnya kode di bawah ini juga dipasang pada bagian header kode template HTML blog.

    <b:if cond='data:view.isError'>
    <script>
    window.location.href('/')
    </script>
    </b:if>

    Jika terjadi invalid URL maka pengunjung blog Anda akan diarahkan menuju ke halaman utama blog sehingga halaman kesalahan (404) tidak akan terlihat oleh pengunjung.

    7. Cara Pengalihan URL Melalui Dasbord Blogger

    Bagi pengguna blogger cara untuk membuat pengalihan URL artikel bisa dilakukan melalui halaman dasboard blogger, baik untuk pengalihan URL halaman secara permanen maupun pengalihan sementara. Cara pengalihan URL melalui dasboard blogger bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

    Masuk ke halaman Dashboard Blogger kemudian pilih Setelan setelah itu scroll sampai muncul pilihan menu Error dan Pengalihan.

    Klik menu Peralihan Khusus kemudian klik tombol Tambahkan.

    Masukan URL halaman artikel saja tanpa URL domain baik untuk halaman lama yang akan di alihkan maupun halaman baru yang akan dituju.

    Pengalihan URL melalui dashboard blogger bisa juga dilakukan untuk pengalihan lebih dari satu halaman artikel. Selain itu Anda juga bisa mengatur peralihan halaman artikel apakah untuk pengalihan permanen atau hanya sementara saja.

    Demikian artikel blog tentang Cara Mengalihkan (Redirect) URL Domain terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Keyword


    Peralihan, Pengalihan, Mengalihkan, redirect, URL, Domain, Website, Situs, Blog, Blogger, Blogspot, Permanen, Sementara, Halaman, Artikel, Post, Posting, Kode, Code, HTML, CSS, JavaScript, Script, PHP, Google, Console, Analytic, MoZ, Ahrefs, SEMRush, Traffic, Pengunjung, Otomatis, 301, 302, 404, Invalid, TLD, PBN, Network, Link, Canonical, Permalink

    Incoming Search Term


    Membuat pengalihan URL blogger, How to Redirect URL Domain Link, Contoh membuat pengalihan postingan artikel blog, SEO Pengalihan permanen 301, Pengalihan untuk PBN (Private Blog Network), Cara Mudah Melakukan Pengalihan Domain Blog, Script pengalihan URL link, Tutorial tentang cara redirect link blogger, Canonical Redirect Link, Permalink pengalihan domain blogspot

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare