Header Ads

  • Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya


    PlayStation 2 (disingkat PS2) (bahasa Jepang: プレイステーション2) adalah konsol video game kedua yang dikeluarkan oleh Sony setelah PlayStation. Pengembangannya pertama kali diumumkan pada bulan April 1999 dan diluncurkan ke pasar pertama kali pada tanggal 4 Maret 2000 di Jepang. Adapun di Amerika Serikat, konsol ini dipasarkan pertama kali pada tanggal 26 Oktober 2000. Pada tahun pertama peredaran PlayStation 2, konsol ini mengalami penjualan yang tidak mengejutkan dibanding konsol PlayStation, tetapi lama kelamaan konsol ini berhasil merajai pasar dengan catatan penjualan sebanyak 90 juta unit.

    Cara memainkan game Playstation 2 (PS2) di PC / Laptop adalah dengan menggunakan bantuan emulator PS2, yaitu sebuah program (peranti lunak) yang digunakan untuk memanipulasi sistim komputasi konsol PS2 agar bisa dijalankan pada sistim komputer PC atau Laptop. Salah satu emulator yang terbaik atau mungkin juga sebagai satu-satunya emulator PS2 untuk PC dan Laptop yang bisa menjalankan game PS2 adalah dengan menggunakan emulator besutan PCSX2.

    Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    PCSX2 adalah emulator PlayStation 2 sumber terbuka (Open Source) dan gratis untuk Windows, Linux, dan macOS yang mendukung berbagai permainan video PlayStation 2 dengan tingkat kompatibilitas dan fungsionalitas yang tinggi. Meskipun PCSX2 sangat mirip dengan pengalaman bermain game asli di PlayStation 2, PCSX2 mendukung sejumlah peningkatan atas gameplay pada PlayStation 2 tradisional, seperti kemampuan untuk menggunakan resolusi khusus hingga 8192 × 8192, anti-aliasing, dan pemfilteran tekstur.

    PCSX2, seperti proyek pendahulunya, PCSX (emulator PlayStation), didasarkan pada arsitektur plug-in spek PSEmu Pro, memisahkan beberapa fungsi dari emulator inti. Ini adalah grafik, audio, kontrol input, drive CD / DVD, dan port USB dan FireWire (i.LINK). Plug-in yang berbeda dapat memberikan hasil yang berbeda baik dalam kompatibilitas maupun kinerja. Selain itu, PCSX2 memerlukan salinan asli dari PS2 BIOS, yang tidak tersedia untuk diunduh dari pengembang karena masalah hukum terkait hak cipta. Sejak September 2016, PCSX2 kompatibel sebagian dengan game PlayStation.

    Hambatan utama dalam emulasi PS2 adalah meniru PS2 multi-prosesor pada arsitektur PC x86. Meskipun setiap prosesor dapat diemulasikan dengan baik secara independen, sulit untuk menyinkronkannya secara akurat. Namun seiring berjalannya waktu kemampuan PCSX2 semakin meningkat, hampir 97% judul game PS2 yang sudah bisa dimainkan dengan layak menggunakan PC / Laptop, untuk mengetahui judul game PS2 yang bisa dimainkan menggunakan emulator PCSX2 silakan anda cek pada situs resmi PCSX2 atau klik tombol link yang berada di bawah ini.

    Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    Daftar Kompatibilitas Game PS2

    Konsol PS2 memang sudah tidak diproduksi lagi secara resmi oleh SONY Playstation namun masih banyak juga yang menjual konsol ini dengan kondisi refurbish (rekondisi). Konsol PS2 rekondisi memang terlihat seperti baru namun bukan tanpa resiko.

    Walaupun dengan kondisi refurbish bandrol harga konsol PS2 rekondisi masih lumayan tinggi, tapi jangan khawatir dengan adanya emulator PCSX2, kini kamu bisa mencicipi permainan konsol game PS2 menggunakan PC/Laptop windows.

    Informasi Singkat
    Spesifikasi Teknis PS2

    Spesifikasi teknis dari konsol PlayStation 2 adalah sebagai berikut.
    • CPU: 64-bit "Emotion Engine" di-clock pada 294.912 MHz (299 MHz pada versi yang lebih barunya), dengan 10.5 juta transistor.
    • Memori: 32 MB direct rambus atau RDRAM (komputer desktop tertentu juga dapat menggunakan memori jenis ini).
    • Bandwidth memori: 3,2 GB per detik.
    • Prosesor utama: Inti CPU berarsitektur MIPS R5900, 64-bit.
    • Prosesor pembantu: FPU (1 Floating Point Multiply Accumulator, 1 Floating Point Divider).
    • Unit vektor: VU0 dan VU1 (9 Floating Point Multiply Accumulator, 1 Floating Point Divider), 128-bit.
    • Daya floating point: 6,2 GFLOPS (floating point 32-bit berpresisi tunggal).
    • Transformasi geometrik CG 3D: 66 juta poligon per detik (1).
    • Dekoder gambar mampat: MPEG-2.
    • Interkoneksi prosesor I/O: Hubungan dengan remote melalui sambungan serial, pengontrol DMA untuk memindahkan bulk.
    • Cache memori: perintah 16 KB, data 8 KB+16 KB (ScrP).
    • Grafik: penyelaras grafik berkecepatan 147 MHz.
    • Bandwidth bus DRAM: 47 GB per detik.
    • Lebar bus DRAM: 2.560-bit (gabungan tiga bus mandiri: 1.024-bit untuk menulis, 1.024-bit untuk membaca, 512-bit untuk baca/tulis).
    • Pengaturan piksel: Buffer RGB:Alpha:Z (24:8, 15:1 untuk RGB, Z buffer 16, 24, atau 32-bit).
    • Jumlah poligon maksimal: 75 juta poligon per detik (1).
    • Hubungan langsung ke: CPU utama dan VU1.
    • Suara: SPU1 dan SPU2 (SPU1 sama saja dengan CPU).
    • Banyak suara: Perangkat keras ADPCM 48 kanal pada SPU2 ditambah kanal perangkat lunak.
    • Batasan frekuensi: 44,1 kHz atau 48 kHz (dapat dipilih).
    • Prosesor I/O.
      • Inti CPU: CPU asli PlayStation (MIPS R3000A berkecepatan 33,8688 MHz atau 37,5 MHz).
      • Bus terpisah: 32-Bit.
      • Sambungan ke: SPU dan pengontrol CD/DVD.
      • Bagian luar: 2 sambungan alat kontrol permainan video PlayStation (berkecepatan 250KHz untuk PS1 dan 500KHz untuk PS2), 2 slot kartu memori yang menggunakan sistem enkripsi MagicGate (250KHz untuk kartu PS1, mencapai 1-2MHz untuk kartu PS2), dudukan kandar (DEV9 atau PCMCIA pada konsol versi awal), dudukan untuk adaptor jaringan, modem dan kandar harddisk, 2 FireWire (IEEE 1394), 2 sambungan remote control infra merah, dan 2 sambungan USB 1.1 dengan pengontrol yang sesuai dengan OHCI.
    • Media: DVD-ROM (juga kompatibel dengan CD-ROM) dengan proteksi hak cipta, berkapasitas 4,7-8,5 GB.

    Sumber : Wikipedia



    DAFTAR ISI
    1. Spesifikasi Minimum Untuk PC / Laptop
    2. Bahan-Bahan Untuk Bermain Game PS2
    3. Cara Pemasangan Dan Setting Optimasi Emulator PCSX2
    4. Cara Membuka Dan Menjalankan File Game PS2
    #1 Spesifikasi Minimum Untuk PC / Laptop


    Sebelum menggunakan emulator PCSX2 ini sebaiknya kamu cek terlebih dahulu apakah PC / Laptop kamu sudah memiliki spesifikasi minimum untuk menjalankan game PS2 dengan layak. Berikut spek PC / Laptop yang disarankan oleh pengembang PCSX2.

    Processor:SSE2 support, 1600 Single Thread Performance on Passmark w/ 2 physical cores and hyperthreading support.
    RAM Capacity:4 GB
    RAM Speed:DDR 3
    Graphic:DirectX 10 or OpenGL 3.x supported GPU and 2 GB VRAM.
    HD Drive:Recommended using nvme or SSD SATA

    Saat membuat artikel ini untuk mereview emulator PCSX2, admin menggunakan Laptop ACER Aspire 3 dengan spesifikasi Processor AMD Ryzen 3 3500u with VEGA 8 GPU, 8GB DDR4 dan HD Drive 1 TB SSD SATA Western Digital Blue.

    Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    Tips & Trik agar PC / Laptop dengan spek jangkrik / kentang (kena tanggung) bisa dengan lancar jaya memainkan game PS2 menggunakan emulator PCSX2, usahakan untuk mengganti (upgrade) HD Drive minimal dengan type SSD SATA. Tujuan meng-upgrade HD Drive adalah untuk memperlancar bandwidth (transfer data) yang dapat meningkatkan frame rate game.
    Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya
    Gambar Contoh HD Drive SSD dan nVme

    #2 Bahan-Bahan Untuk Bermain Game PS2


    Bahan-bahan yang diperlukan untuk bermain game PS2 antara lain :

    • Klik tombol link di bawah ini untuk mendownload aplikasi emulator PCSX2 versi terbaru atau versi uji coba yang terbaru.
      Emulator PCSX2 Terbaru
    • Download file BIOS PS2. Harap diperhatikan admin tidak menyediakan file BIOS PS2 karena dapat melanggar hak cipta untuk itu silakan kamu cari sendiri di google dan download file tersebut.
    • ROM game konsol PS2 yang berbentuk file iso. Silakan anda backup game PS2 dari DVD ROM atau download game PS2 dari situs penyedia ROM game PS2.
    • Siapkan GAMEPAD PS2 yang kompatible, dalam hal ini admin menggunakan produk gamepad dari gamesir T1s.
    • Apabila semua persiapan sudah OK maka kita lanjutkan dengan pemasangan dan setting optimal untuk aplikasi emulator PCSX2.

    #3 Cara Pemasangan Dan Setting Optimasi Emulator PCSX2


    Tutorial pemasangan dan setting optimasi emulator PCSX2 bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Silakan kamu ikuti langkah-langkahnya agar bisa menggunakan emulator PCSX2 dengan konfigurasi optimal.
    1. Pada situs official emulator PCSX2 silakan kamu pilih menu Download kemudian pilih versi Development dan sesuaikan dengan Operating System yang digunakan pada PC / Laptop kamu.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    2. Klik link download untuk versi pengembangan yang terbaru, kemudian kamu akan diarahkan ke halaman download pengembang.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    3. Sama seperti di atas, cuma kali ini merupakan link download sebenarnya.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    4. File yang didownload masih berupa file terkompresi dengan type RAR, silakan kamu ekstrak file tersebut untuk menampilkan folder dan file emulator PCSX2.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    5. Setelah file sudah diekstrak maka akan terlihat folder dari aplikasi emulator PCSX2, maka selanjutnya silakan kamu buka file pcsx2.exe dalam mode Administrator atau klik biasa juga boleh, maka akan terbuka menu untuk konfigurasi awal.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    6. Klik tombol Next untuk melanjutkan.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    7. Jika kamu menimpa file instalasi pada folder emulator PCSX2 yang telah ada maka akan muncul kotak pilihan untuk Import dan Overwrite, silakan kamu pilih Overwrite agar settingan lama bisa diperbaharui. Jika kotak pilihan ini tidak muncul maka lanjutkan saja pada menu konfigurasi berikutnya.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    8. Silakan klik tombol Next tanpa merubah konfigurasi yang ada.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    9. Pastikan kamu sudah memiliki file BIOS PS2, matikan centang kemudian pilih tombol Browse untuk menentukan lokasi folder file BIOS PS2.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    10. Jika sudah silakan klik tombol Select Folder.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    11. Jika terdapat beberapa pilihan BIOS PS2 seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, silakan pilih versi BIOS PS2 yang terbaru, kemudian klik tombol Finish untuk menyelesaikan instalasi emulator PCSX2.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    12. Setelah selesai melakukan instalasi di atas, maka selanjutnya silakan anda konfigurasi settingan gamepad jika kamu ingin memainkan game PS2 menggunakan gamepad komputer.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    13. Berikutnya adalah settingan video grafis untuk mengoptimalkan grafis game PS2 pada layar monitor, caranya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

      Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    14. Cara pemasangan emulator PCSX2 beserta konfigurasi awal saya rasa sudah cukup, untuk settingan yang lain bisa anda pelajari sendiri. Berikutnya adalah cara menjalankan game PS2, silakan anda lihat pada bab selanjutnya.

    #4 Cara Membuka Dan Menjalankan File Game PS2


    Waktunya bermain game konsol PS2, untuk membuka file game PS2 dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini. Agar bisa bermain dengan layar penuh pastikan kamu sudah mengkonfigurasi ukuran layar monitor yang kamu gunakan. Cara settingnya ada pada menu Config kemudian Video (GS) kemudian pilih Window Setting, masukan ukuran layar monitor pada pilihan Custom Window Size.
    Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya

    Demikian artikel blog tentang Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Spek Jangkrik Lancar Jaya terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Keyword


    blog, blogger, blogspot, cara, main, game, konsol, console, PS2, Playstation2, PC, Komputer, Laptop, Windows, OS, 10, 8, 7, Install, Setup, Guide, Emulator, Terbaik, PCSX2, Terkenal, Rekomendasi

    Incoming Search Term


    ps2 emu, pcsx2 bios, pcsx 2, download pcsx2, cara download game ps2, cara bermain game ps2 pada PC / Laptop, Pilihan terbaik emulator PS2 di pc / laptop, rekomendasi emulator PS2, console PS2 in PC / Laptop, konfigurasi PCSX2, Cara setting PCSX2 Emulator, cara menggunakan emulator PS2 untuk komputer windows dan linux, Cara main game ps2 tanpa lag lancar jaya, emulator PS2 untuk PC terbaik, tutorial lengkap cara jalankan PS2 di PC mudah dan simple, PCSX2 update terbaru, setup guide emulator PS2 PCSX2 pada PC dan Laptop, blog emulator PS2

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare