Header Ads

  • Golden Milk Minuman Sehat Tradisional Dari Dapur Sendiri



    Minuman tradisional "Golden Milk" merupakan minuman herbal alami kekinian yang sedang tren sebagai minuman segar yang baik untuk kesehatan tubuh. Golden milk merupakan istilah lain dari minuman susu yang dicampur kunyit. Minuman ini dapat menggantikan minuman kopi bagi anda yang tidak menyukai minuman kopi dipagi hari.

    Sebenarnya minuman khas India ini sudah lama dikenal. Orang India menikmatinya sebagai minuman penjaga stamina. Seperti halnya lassi, campuran yogurt dan buah segar. Di Indonesia golden milk biasanya disebut dengan sebutan susu kunyit. Meski minuman tradisional ini sudah ada sejak lama, tapi golden milk kini sedang tren sebagai salah satu minuman kesehatan.

    Belakangan pelaku diet dan hidup sehat menggandrungi minuman ini. Terutama karena minuman ini mudah dibuat, mengandung rempah seperti kunyit, jahe dan kayu manis yang terkenal akan manfaat sehatnya. Disebut 'golden milk' karena warnanya kuning keemasan dan dibuat memakai susu sebagai bahan utamanya.

    Bagi mereka yang tak minum kopi atau teh juga mereka yang menganut pola makan vegan cocok mengonsumsi minuman ini. Untuk vegan susu sapi bisa diganti dengan santan, susu kedelai atau susu almond.

    Jika diminum di pagi hari, minuman ini akan memberi asupan energi dan bisa melancarkan BAB. Karena tambahan kunyit dan jahe memberi manfaat melancarkan pencernaan.


    Sementara kunyit yang jadi rempah utama dalam golden milk sejak lama dikenal akan khasiat memperbaiki mood. Karena kandungan curcumin dalam rempah umbi ini. Sedangkan kunyit bersama jahe dan kayu manis berkhasiat sejak lama sebagai anti peradangan.

    Dalam penyajiannya, golden milk biasanya tidak hanya berisi susu dan kunyit, tapi juga ditambah rempah-rempah, seperti kayu manis dan jahe, untuk membuat cita rasanya menjadi khas dan nikmat. Ramuan ini sering kali diminum untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

    Manfaat Minuman Golden Milk


    Ada beberapa manfaat mengonsumsi golden milk yang bisa Anda rasakan guna mendukung kesehatan tubuh, antara lain:
    1. Membantu meredakan pilek
      Salah satu manfaat golden milk adalah membantu meredakan pilek. Hal ini terjadi karena kurkumin dalam golden milk memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dapat membantu dalam mencegah infeksi.
    2. Mengurangi peradangan dan nyeri sendi
      Tidak hanya mencegah infeksi, mengonsumsi golden milk juga diyakini dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Hal ini tidak lain karena kandungan kurkumin dari kunyit, yaitu senyawa kimia yang memiliki sifat antiperadangan.
    3. Mencegah kerusakan sel dalam tubuh
      Selain membantu mengurangi peradangan, golden milk juga dapat mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. Manfaat ini adalah berkat tingginya kandungan antioksidan di dalam kunyit, yang mampu melawan radikal bebas.
    4. Meningkatan kesehatan tulang
      Susu terkenal dengan kandungan kalsium dan vitamin D yang berperan dalam menjaga kekuatan tulang. Kandungan susu yang ada pada golden milk dapat memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D harian Anda.
    Cara Membuat Golden Milk di Rumah


    Berikut ini adalah resep dan cara membuat golden milk yang bisa Anda coba:

    RESEP 1

    Bahan :
    • 1/2 gelas susu full cream atau tanpa pemanis.
    • 1 sdt madu.
    • 1 sdt bubuk kunyit atau 1 buah kunyit.
    • 1 sdt bubuk jahe atau 1 buah jahe kecil (opsional).
    • 1/2 sdt bubuk kayu manis atau ½ buah kayu manis (opsional).

    Cara membuatnya :
    • Campur semua bahan dalam panci, lalu didihkan.
    • Biarkan bahan-bahan mendidih selama kurang lebih 10 menit atau hingga tercium aroma harum.
    • Angkat dan saring golden milk dengan saringan kecil ke dalam gelas.
    • Dinginkan dan golden milk siap dikonsumsi.

    Agar rasanya lebih segar, Anda juga bisa membuatnya menjadi minuman dingin atau dibuat dalam bentuk jus.


    RESEP 2

    Jika ingin mengganti cappuccino di pagi hari, Anda bisa meracik golden milk dengan langkah mudah ini.

    Cara membuatnya :
    • Untuk 1 cangkir atau mug, siapkan 250 ml susu fullcream tawar atau santan sedang yang segar. Rempah yang diperlukan 1 sdt kunyit bubuk, 1/4 sdt jahe bubuk, 1/4 sdt kayu manis bubuk, 1/8 sdt lada hitam bubuk dan 1 sdm madu.
    • Panaskan susu di atas api kecil hingga mendidih. Lalu tambahkan kunyit bubuk, kayu manis, jahe dan lada bubuk, aduk sebentar lalu angkay.
    • Tuangkan ke dalam cangkir atau mug. Tambahkan madu. Jika suka bisa ditaburi dengan kayu manis bubuk. Nikmati selagi masih hangat.



    Golden milk bisa menjadi salah satu pilihan minuman kesehatan. Akan tetapi jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

    2 comments:

    1. I should try the recipes for buka today :D
      Stay safe ya.

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare