Header Ads

  • Cara Membuat Sitemap SEO Premium Blogger

    Cara Membuat Sitemap SEO Premium Blogger


    Sitemap Guide Article
    Cara Membuat Sitemap SEO Premium Blogger lengkap dengan penjelasan beserta contoh penerapan untuk membuat sitemap website/blog yang baik dan benar agar blog bisa ter-index dimesin pencari dengan cepat.

    Apa itu SITEMAP Website/Blog ?


    Sitemap website atau blog adalah peta situs yang berisi informasi semua halaman website atau blog yang bisa diakses oleh pengunjung. Sitemap yang digunakan di sebuah blog bisa disebut juga sebagai Daftar Isi postingan blog yang sudah diterbitkan. Keberadaan sitemap blog merupakan salah satu elemen terpenting, karena selain berfungsi sebagai daftar isi sitemap di blog juga digunakan sebagai salah satu komponen yang disyaratkan oleh Google apabila ingin mengikuti Program Google Adsense.

    Apakah SITEMAP Penting Untuk Dibuat Pada Website/Blog ?


    Sitemap dianggap penting oleh google karena dengan adanya fitur sitemap ini, maka akan memberikan kemudahan bagi bot sistim pencari google saat melakukan crawler di dunia maya. "Crawler" adalah istilah generik untuk program apa pun (seperti robot atau spider) yang digunakan untuk menemukan dan memindai situs secara otomatis dengan mengikuti link dari satu halaman ke halaman lainnya. Crawler utama Google disebut Googlebot. Dengan adanya sitemap maka Googlebot akan lebih cepat untuk melakukan proses pengambilan data. Data yang didapat kemudian akan diproses oleh mesin pencari sebagai database index mesin pencari Google. Google index ini dijadikan indikator untuk memberikan nilai peringkat suatu website atau blog.

    Google Index adalah index (nilai kesesuaian) peringkat yang diberikan kepada suatu website atau blog yang ada pada database google. Data Google Index berdasarkan hasil proses data serta pertimbangan sistematis dari data yang didapatkan pada saat melakukan Crawler di dunia maya. Saat pengguna internet melakukan pencarian di Google dengan memasukkan keyword (kata kunci pencarian), maka akan halaman pencarian Google akan menampilkan daftar situs berdasarkan relevansi kata kunci yang di input oleh pengguna internet. Daftar situs tersebut ditampilkan berdasarkan hasil index yang di database Google. Data tersebut merupakan hasil berbagai pencarian dari berbagai sumber pada saat melakukan crawler.

    Poin Penting
    • Definisi Sitemap
    • Penerapan XML dan RSS Feed Blogger
    • Sitemap untuk Google Search Console
    • Kumpulan Sitemap Blogger


    Informasi Singkat
    Google mengikuti 3 langkah dasar untuk menampilkan hasil dari halaman :
    1. Crawling
      Langkah pertama adalah mencari tahu halaman apa yang ada di internet. Tidak ada registry pusat dari semua halaman, jadi Google harus menelusuri halaman baru secara terus-menerus dan menambahkannya ke daftar halaman yang dikenal. Proses penemuan ini disebut crawling.

      Beberapa halaman sudah dikenal karena telah di-crawl Google sebelumnya. Halaman lain ditemukan ketika Google mengikuti link dari halaman yang dikenal ke halaman baru. Selain itu, halaman lain ditemukan ketika pemilik situs mengirimkan daftar halaman (peta situs) untuk di-crawl oleh Google. Jika Anda menggunakan host web yang dikelola, seperti Wix atau Blogger, host web tersebut mungkin memberi tahu Google untuk meng-crawl halaman yang diperbarui atau baru yang Anda buat.

    2. Pengindeksan
      Setelah halaman ditemukan, Google mencoba memahami berbagai elemen yang ada di halaman tersebut. Proses ini disebut pengindeksan. Google menganalisis konten halaman, gambar katalog, dan file video yang disematkan pada halaman, dan mencoba memahami halaman tersebut. Informasi ini disimpan dalam indeks Google, yaitu database besar yang disimpan dalam banyak komputer.

    3. Penayangan (dan pemberian peringkat)
      Saat pengguna mengetik kueri, Google mencoba menemukan jawaban yang paling relevan dari indeksnya berdasarkan banyak faktor. Google mencoba menentukan jawaban dengan kualitas tertinggi, dan memperhitungkan pertimbangan lain yang akan memberikan pengalaman pengguna terbaik dan jawaban yang paling tepat, dengan mempertimbangkan hal-hal seperti lokasi, bahasa, dan perangkat pengguna (desktop atau ponsel). Misalnya, jawaban untuk penelusuran "bengkel perbaikan sepeda" bagi pengguna di Paris akan berbeda dengan jawaban bagi pengguna di Hong Kong. Google tidak menerima pembayaran untuk memberi peringkat halaman lebih tinggi, dan pemberian peringkat dilakukan secara terprogram.

    4. Sumber : Google Support


    DAFTAR ISI
    1. Tipe Sitemap
    2. Sitemap untuk Google Search Console
    3. Sitemap untuk Blog
    4. Kumpulan Sitemap Blog
    5. Penjelasan Kode Sitemap Blog
    6. Alat Editor Tampilan CSS Sitemap Blog
    7. Tips dan Trik
    8. Bonus Konten
    #1 TIPE SITEMAP


    Tipe Sitemap untuk blogger secara umum dibagi dua, yaitu sitemap menggunakan format XML dan sitemap menggunakan format RSS Feed. Keduanya memiliki prinsip yang sama namun digunakan untuk fungsi yang berbeda. Google menjelaskan perbedaannya hanyalah dari segi format fungsi yang digunakan, bahwa XML Sitemap berfungsi menggambarkan seluruh rangkaian URL dalam sebuah situs, sementara RSS/Atom Feed hanya menggambarkan perubahan terbaru. Secara default kedua tipe sitemap tersebut sudah disediakan oleh blog dengan sistem blogspot atau wordpress.
    1. Sitemap XML
      Data tipe xml lebih sederhana dan mencakup informasi keselurahan tentang blog namun terbatas pada data update terbaru dari suatu halaman.

      Informasi Singkat
      XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet. XML didesain untuk mampu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama XML adalah data (jamak dari datum) yang jika diolah bisa memberikan informasi. XML menyediakan suatu cara terstandarisasi namun bisa dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari dokumen. Dengan sendirinya, XML dapat digunakan untuk menggambarkan sembarang view database, tetapi dengan satu cara yang standar.
      Sumber : Wikipedia

    2. Sitemap RSS Feed
      RSS merupakan versi sederhana dari sebuah website yang hanya menampilkan konten atau isi dari website, tanpa banner, tanpa widget, tanpa header atau footer dari website yang sebenarnya anda tidak butuhkan. RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa :
      • Rich Site Summary (RSS 0.91)
      • RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
      • Really Simple Syndication (RSS 2.0)
      Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link (tautan) dengan sebuah tombol yang bertuliskan XML () atau RSS (). Namun disarankan menggunakan RSS daripada XML agar tidak membuat kerancuan (sebab setiap RSS adalah XML, tetapi tidak tiap XML itu RSS).

      Feed ( atau pengumpan dalam bahasa indonesianya ) adalah suatu format data yang digunakan untuk melayani isi yang sering diperbaharui. Distributor isi mensindikasikan suatu umpan web dan mengizinkan para pengguna untuk berlangganan. Membuat suatu koleksi umpan web yang tersedia pada satu tempat dikenal sebagai agregasi, yang dilakukan oleh agregator (disebut juga pembaca umpan atau pembaca berita).

      RSS FEEDS adalah sebuah format umpan atau pakan pada situs web yang digunakan untuk menerbitkan dokumen yang baru saja diperbarui pada website. RSS singkatan dari Rich Site Summary, yang pada awalnya Site Summary RDF dan sering dijuluki Really Simple Syndication. Yaitu sebuah umpan situs praktis yang dapat diterima para pembaca yang berlangganan dalam satu tempat dan tepat waktu.

      Rss feeds ini meliputi entry/posting baru, berita utama, audio baru dan video berformat standar, serta metadata seperti tanggal penerbitan dan nama penulis. Dokumen Rss feeds bisa diatur dalam beberapa opsi, misalnya, ringkas (summary), full (penuh) dan khusus atau tersesuai (advanced/custom). RSS feeds dapat dibaca dengan menggunakan software yang disebut RSS reader, feed reader, atau aggregator. Pengumpan biasanya akan mengambil data melalui URL RSS Feed yang secara default menggunakan URL seperti : Selain itu, ada situs di internet yang berperan sebagai penyimpan umpan atau pakan bagi semua situs web. Yaitu www.feedburner.com yang diberdayakan oleh Google. Feed burner akan me-redirect umpan menuju berbagai jenis feed agregator dan feed reader lainnya menjadi sumber umpan. Misalnya, My Yahoo!, Google Reader, News Gator, Google Fusion, My Aol, Bloglines, dan sebagainya.

      Pemilik website bisa menggubah arah feeds melalui feed burner. Selain menyediakan layanan umpan, feed burner ini memberikan backlink yang kuat bagi blog-blog yang memanfaatkannya sehingga blog tersebut akan memiliki posisi kuat di serp google. Rss feeds ini memiliki dua fungsi yang sangat penting.
      • Pertama adalah untuk menyediakan umpan bagi para pembaca yang ingin berlangganan agar bisa mengikuti artikel-artikel terbaru dari blog kita dengan mudah.
      • Kedua adalah berfungsi untuk memberitahukan kepada semua mesin pencari/search engine agar mereka segera mengindeks artikel yang baru saja diupdate di blog kita dengan cepat.
      Jika Rss feeds ini disetel secara penuh (full), maka blog tersebut akan memiliki peringkat yang kuat dan tegas di hasil penelusuran atau hasil pencarian, dan cepat sekali dalam menurunkan angka alexa.
    #2 SITEMAP UNTUK GOOGLE Search Console


    </xml>
    Mengirim peta situs (sitemap) dapat menjadi bagian penting dari pengoptimalan situs web (website) atau blog. Peta Situs memungkinkan mesin pencari menemukan semua halaman di suatu situs dan mengunduhnya ke database google dengan cepat ketika ada perubahan pada halaman situs atau blog.

    Peta Situs (sitemap) bisa dalam format XML, RSS, atau Atom. Perbedaan penting antara format ini adalah bahwa peta situs XML menggambarkan seluruh rangkaian URL di dalam suatu situs, sementara umpan RSS (RSS Feed) / Atom (RSS Atom) menggambarkan perubahan terbaru. Ini memiliki implikasi penting:
    • Peta situs XML biasanya besar; Umpan RSS / Atom kecil, hanya berisi pembaruan terkini untuk situs atau blog anda.
    • Peta situs XML diunduh lebih jarang daripada umpan RSS / Atom.
    Untuk perayapan (crawler) yang optimal, Google menyarankan untuk menggunakan XML sitemaps dan umpan RSS / Atom. Peta situs XML akan memberikan informasi Google tentang semua halaman di situs Anda. Umpan RSS / Atom akan menyediakan semua pembaruan di situs Anda, membantu Google untuk menjaga konten Anda lebih segar dalam indeksnya. Harap diperhatikan juga bahwa mengirimkan peta situs atau umpan tidak menjamin dapat segera dilakukan pengindeksan dari URL tersebut.

    Bagi anda pemilik website atau blog yang mengimplementasikan SEO, mungkin awalnya bingung mana yang sebaiknya harus disubmit kedalam google untuk mendapatkan penjelajahan/crawling terbaik dari bot google? Dalam keterangan Google merekomendasikan menggunakan keduanya, google menerangkan satu sama lain mempunyai fungsi yang saling melengkapi.

    Domain URL
    Blogspot Website

    Cara Submit Sitemap Untuk Postingan Blogger
    • Masuk ke Google Search Console Account.
    • Pilih blog yang ingin Anda tambahkan sitemap.
    • Pada bagian sebelah kiri halaman klik Crawl > Sitemaps.
    • Sekarang lihat pada bagian kanan atas halaman, klik tombol ADD/TEST SITEMAP, tambahkan kode sitemap dibawah ini:

      sitemap.xml

      Ini merupakan sitemap default atau sudah otomatis ada walaupun tidak membuatnya, ini merupakan jenis sitemap yang paling umum digunakan.
      atau

      atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

      Ini merupakan sitemap jenis atom yang bisa Anda gunakan untuk mengindeks artikel dengan range atau skala artikel 1 - 500. Ini sangat efektif untuk blog yang memiliki konten hingga ribuan.
      Anda juga bisa menggunakan sitemap dibawah ini jika blog Anda memiliki lebih dari 500 artikel, berkalu untuk skala selanjutnya. Misalnya 1001 sampai 1500, 1501 sampai 2000, dan seterusnya.

      atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000

    • Terakhir, silahkan refresh halaman Google Search Console.

    #3 SITEMAP UNTUK BLOG



    Sitemap untuk blog atau Daftar Isi Postingan Artikel Blog

    Daftar isi merupakan salah satu elemen penting jika sobat blogger mempunyai postingan artikel lumayan banyak. Selain untuk kepentingan strategi SEO, daftar isi memudahkan pengunjung untuk melihat seluruh daftar artikel blog yang sudah diterbitkan karena bisa menghemat waktu pengunjung dan bandwith yang digunakan.

    Pemasangan daftar isi juga di anjurkan oleh pihak google apabila ingin mengikuti program layanan google adsense. Daftar isi untuk blog biasanya di pasang melalui entry halaman (pages) sehingga tidak mengganggu halaman artikel (posts). Daftar isi yang digunakan akan menggunakan komponen RSS Feed, Javascript/JQuery, HTML dan CSS. Anda tidak perlu khawatir mengenai kode-kode tersebut karena dalam artikel ini saya berikan tata cara pemasangannya. Caranya cukup mudah tinggal copy-paste kode script yang saya sediakan di tiap bahasan tipe daftar isi. Apabila ingin memodifikasi tampilan warnanya untuk menyesuaikan dengan template blog anda maka tinggal mengikuti arahan keterangan yang ada pada kode-kode tersebut.

    Cara Memasang Daftar Isi Pada Konten Halaman (Pages)
    1. Login ke blog anda...

    2. Klik "Halaman" kemudian klik tombol sebelah kanan "Halaman Baru" setelah itu klik "HTML" kemudian isi "Judul Halaman" dan masukan kode ke kotak artikel. Adapun cara-cara yang disebutkan tadi dapat dilihat pada gambar di bawah ini.




    3. Setelah kode di masukan ke kotak artikel kemudian tinggal klik "Publikasikan".
    Demikian prinsip cara pemasangan Daftar Isi melalui entri halaman, untuk pemasangan dengan entri artikel caranya hampir sama dengan cara yang sudah disebutkan diatas. Selanjutnya kode-kode untuk pemasangan Daftar Isi dapat di download dari Kumpulan Daftar Isi yang saya berikan di bawah ini atau bisa juga menggunakan Sitemap Generator yang sudah saya buatkan. Silakan lanjut ke bab berikutnya untuk melihat Kumpulan SITEMAP Blog Otomatis SEO Dengan Tampilan Premium Responsif.

    #4 KUMPULAN SITEMAP BLOG


    Kumpulan Bentuk SITEMAP / Daftar Isi Blog Otomatis yang SEO Dengan Tampilan Premium Responsif merupakan hasil blogwalking yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber. Kode-kode yang digunakan dari kumpulan daftar isi tersebut sudah saya modifikasi sedemikian rupa agar mimiliki fitur SEO dan Tampilan yang Premium. Berikut kumpulan daftar isi yang dapat saya berikan.
    1. Tipe daftar isi dengan tampilan sederhana namun tetap memberikan sentuhan premium nan responsif. Tipe ini cocok digunakan apabila anda memasang template blog dengan tema minimalis yang menggoda. Daftar isi ini hanya menampilkan tabel keselurahan postingan artikel yang sudah diterbitkan tanpa dipisahkan oleh label kategori. Penggunaan warna gradien sebagai warna latar merupakan daya tarik tersendiri dalam menampilkan tabel daftar isi artikel blog.


      Download Code
    2. Tipe daftar isi minimalis dengan sentuhan premium bernuansa gradien grey metal. Tipe ini cocok digunakan apabila anda memasang template blog dengan tema minimalis yang tegas. Daftar isi ini hanya menampilkan tabel keselurahan postingan artikel yang sudah diterbitkan dan sudah dipisahkan oleh label kategori. Penggunaan warna gradien sebagai warna latar merupakan daya tarik yang expresif dalam menampilkan daftar isi artikel blog.


      Download Code
    3. Tipe daftar isi minimalis dengan sentuhan premium perpaduan gradasi putih elegan dan biru laut. Tipe ini cocok digunakan apabila anda memasang template blog dengan tema minimalis dominan putih dan biru. Daftar isi ini hanya menampilkan tabel keselurahan postingan artikel yang sudah diterbitkan dan sudah dipisahkan oleh label kategori. Penggunaan warna putih dengan gradasi biru laut sebagai warna latar akan memberikan nuansa yang sejuk dan lembut, serta dapat memberikan daya tarik yang unik dalam menampilkan daftar isi artikel blog.


      Download Code
    4. Tipe daftar isi dengan fitur accordion label tag dengan sentuhan premium hitam bernuansa biru yang mistis. Tipe ini cocok digunakan apabila anda memasang template blog dengan tema gelap yang bernuansa gothik dan high tech. Daftar isi ini menampilkan tabel keselurahan postingan artikel yang sudah diterbitkan dan sudah dipisahkan oleh label kategori dalam bentuk sub menu. Penggunaan warna kombinasi gradasi hitam dan biru sebagai warna dominan merupakan daya tarik yang deskriptif dalam menampilkan daftar isi artikel blog.


      Download Code
    5. Tipe daftar isi dengan fitur accordion label tag dengan sentuhan hijau daun bernuansa alami. Tipe ini hampir sama dengan tipe accordion sebelumnya yang berbeda hanya di warna dominan saja. Daftar isi ini menampilkan tabel keselurahan postingan artikel yang sudah diterbitkan dan sudah dipisahkan oleh label kategori dalam bentuk sub menu. Penggunaan warna kombinasi gradasi hijau terang dan hijau gelap sebagai warna dominan memberikan daya tarik yang natural dalam menampilkan daftar isi artikel blog.


      Download Code
    6. Tipe daftar isi dengan fitur tabbed label tag premium. Tipe ini cocok digunakan dengan segala niche blog. Warna dominan bisa diubahsesuaikan sehingga cocok dengan tema apa saja. Daftar isi ini menampilkan tabel keselurahan postingan artikel yang sudah diterbitkan dan sudah dipisahkan oleh label kategori dalam bentuk tabbed yang memberikan aksen kece dan stylish. Penggunaan bentuk tabbed merupakan daya tarik yang impulsif dalam menampilkan daftar isi artikel blog.


      Download Code
    Demikian beberapa tipe default daftar isi yang bisa saya bagikan, apabila ada update akan saya tambahkan lagi di artikel ini. Buat anda yang ingin memodifikasi kode daftar isi tersebut silakan menggunakan kode editor di bab 6.

    #5 PENJELASAN KODE SITEMAP BLOG


    Sitemap untuk blog atau Daftar Isi Artikel Blog dibuat menggunakan Javascript (Client) dan JSON (Server) untuk menampilkan tabel artikel blogger yang sudah diterbitkan (publish). Penggunaan kode tersebut untuk menampilkan secara otomatis dan membuat daftar layaknya seperti Daftar Isi. Beberapa informasi singkat mengenai kode-kode tersebut seperti yang tersaji di bawah ini.

    1. Data RSS Feed
    Pada blogspot untuk mengambil data base tentang artikel blog maka akan digunakan jalur RSS Feed blogger yang secara default dapat diakses dan diolah untuk digunakan oleh Javascript di Browser Client. Sebelum data RSS Feed dapat diolah maka data tersebut harus di rubah menjadi data script menggunakan JSON yang ada pada fitur blogspot. Cara menggunakan JSON anda cukup memanggil dengan URL (Uniform Resource Locator : bisa menggunakan http atau https) domain blogspot anda kemudian ditambah beberapa parameter pendukung lainnya.

    Kode Pemanggil JSON Default RSS Feed Blogspot :
    https://domainanda.blogspot.com/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&max-results=9999&callback=loadtoc

    Penjelasan Singkat
    https://:HyperText Transfer Protokol / (s) Secure merupakan kode protokol internet yang digunakan anatar server dan client untuk membuka jalur komunikasi data.
    domainanda.blogspot.com:Nama domain blogspot anda.
    /feeds/posts/:Tipe data XML yaitu menggunakan Rss Feed Blogspot
    summary?alt=json-in-script&max-results=9999&:Kode permintaan data Feed yang langsung dirubah menjadi Javasript melalui protokol JSON dan max-result merupakan permintaan data yang diminta (default 9999 adalah untuk meminta semua data yang ada).
    callback=loadtoc:Setelah data sudah dikirimkan maka data tersebut akan dimasukan ke nama fungsi script loadtoc. Nama fungsi disesuaikan dari fungsi script yang akan mengolah data feed tersebut.


    Informasi Singkat
    Protokol HTTP pertama kali dipergunakan dalam WWW pada tahun 1990. Pada saat tersebut yang dipakai adalah protokol HTTP versi 0.9. Versi 0.9 ini adalah protokol transfer dokumen secara mentah, maksudnya adalah data dokumen dikirim sesuai dengan isi dari dokumen tersebut tanpa memandang tipe dari dokumen. Kemudian pada tahun 1996 protokol HTTP diperbaiki menjadi HTTP versi 1.0. Perubahan ini untuk mengakomodasi tipe-tipe dokumen yang hendak dikirim beserta enkoding yang dipergunakan dalam pengiriman data dokumen. Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.
    Sumber : Wikipedia


    2. Kode CSS
    Cascading Style Sheet (CSS) merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

    Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file). Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

    CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya. CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.

    Beberapa penjelasan singkat dari kode styles (CSS) yang umum digunakan :

    Informasi Singkat
    Background:Warna latar (background) dari suatu elemen
    Color:Warna text dari suatu elemen
    Font-Family:Jenis huruf dari suatu elemen
    Font-Size:Ukuran huruf dari suatu elemen
    Border:Garis pembatas untuk suatu elemen
    Border-radius:Garis pembatas yang melengkung pada ujung-ujungnya untuk suatu elemen
    Margin:Jarak bebas antar elemen
    Padding:Jarak bebas di dalam suatu elemen


    Lebih jelas mengenai kode css dapat dilihat dan dipelajari melalui situs W3School.

    3. Kode Javascript & JQuery

    Javascript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

    Informasi Singkat
    JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript.

    Navigator sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer yang non-Java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript.

    JavaScript bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat AJAX. JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk AJAX.
    Sumber : Wikipedia


    jQuery adalah pustaka JavaScript lintas-platform yang didesain untuk menyederhanakan client-side scripting pada HTML. Dewasa ini, jQuery merupakan pustaka JavaScript yang paling populer, dengan 65% pemasangan dari 10 juta situs Web dengan pengunjung tertinggi. jQuery adalah gratis, dan bersifat kode sumber terbuka dibawah lisensi MIT.

    Sintaks pada jQuery didesain untuk memudahkan dalam navigasi sebuah dokumen, pemilihan elemen DOM, pembuatan animasi, penanganan event, dan pengembangan aplikasi berbasis Ajax. jQuery juga menyediakan kemampuan bagi para pengembang untuk dapat membuat plug-in pada pustaka JavaScript ini. Ini memungkinan mereka untuk membuat abstraksi pada interaksi dan animasi tingkat-rendah, efek lanjutan, serta tampilan widget yang dapat dimodifikasi. Pendekatan modular pada jQuery memungkinkan kita dalam pembuatan halaman Web yang dinamis dan aplikasi berbasis Web yang ajib.

    Sekumpulan fitur inti jQuery—yakni pemilihan elemen DOM, transferal dan manipulasi—dimungkinkan berkat adanya selector engine yang bernama Sizzle (sejak versi 1.3), yang membuat sebuah "gaya pemrograman baru", memadukan antara algoritme dan data struktur DOM. Gaya ini dipengaruhi oleh arsitektur JavaScript lainnya seperti YUI v3 dan Dojo, yang nantinya menstimulasi pembuatan standar Selector API.

    Lebih jelas mengenai kode JavaScript dan jQuery dapat dilihat dan dipelajari melalui situs W3School.

    #6 Alat Editor Modifikasi Tampilan Sitemap Blog


    Kode CSS |
    HTML or JavaScript |



    Live View Sitemap ...

    #7 TIPS DAN TRIK


    1. Warna Gradasi
    Agar sitemap blog terlihat ciamik dan menarik anda bisa memodifikasi kode CSS dan merubah warna dominan yang ada untuk diselaraskan dengan template blog yang anda gunakan. Warna dominan bisa menggunakan warna gradasi sehingga menghasilkan efek warna metal, glossy, candy atau kombinasi warna menarik lainnya.

    Gradient Color Generator : Collorzilla

    2. Gambar Latar atau Gambar Icon Pada Daftar Nama Artikel
    Tambahkan aksesoris gambar background atau gambar icon pada elemen ol di kode CSS list-style-type, gunakan ukuran icon 12x12 px agar tidak terlalu besar atau ukuran lainnya yang disesuaikan dengan ukuran huruf yang digunakan.

    Icon Database : Iconarchive

    #8 BONUS ARTIKEL


    Sebagai bonus artikel saya berikan beberapa informasi tambahan di bawah ini :

    Demikian artikel blog tentang Cara Membuat Sitemap SEO Premium Blogger terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.

    Keyword :


    Sitemap, xml, Rss, Feed, Blog, Blogging, Blogger, Blogspot, Google Adsense, Adsense, Alternatif, Optimal, Maksimal, Monetize, Download, Template, Kumpulan, Otomatis, Tips, Trik, Kiat, Daftar Isi, Post List

    Incoming Search Term :


    Pengertian Sitemap, Definisi Sitemap, Sitemap Google Webmaster, Sitemap Google Search Console, Cara Membuat Daftar Isi, Kumpulan Daftar Isi Blog Blogger Blogspot, Kumpulan Sitemap Blog, Sitemap Tampilan Premium Responsif, Kode Script Sitemap, JQuery Daftar Isi, Cara Memasang Daftar Isi, Cara Menampilkan Daftar Isi.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare