Header Ads

  • Begini Caranya ! Mendapatkan Trafik Pengunjung Untuk Blog Baru

    Begini Caranya ! Mendapatkan Trafik Pengunjung Untuk Blog Baru


    Ketika pertamakali membuat blog baru trafik pengunjung (visitor / user) biasanya masih sedikit atau bisa jadi tidak ada trafik sama sekali. Lantas bagaimana caranya agar blog baru bisa mendapatkan trafik ?. Begini penjelasannya !

    Blog baru boleh dibilang merupakan blog yang masih dalam tahap pembuatan dan pengembangan. Diawal pengembangan sampai blog menjadi stabil biasanya membutuhkan paling cepat kurang lebih 3 bulan. Dalam kurun waktu tersebut perlu mempersiapkan segala sesuatunya agar blog kamu bisa layak sebagai blog aktif dan bermutu di mata pengunjung dan mesin penelusuran.

    Cara mendapatkan trafik pengunjung untuk blog yang masih baru memang cukup menantang, tidaklah sulit namun tidak juga mudah. Kamu perlu tahu dulu dan memahami tujuan utama blog yang kamu buat serta jenis trafik pengunjung yang nantinya kamu harapkan.

    Dengan memahami kedua hal tersebut nantinya kamu bisa dengan mudah mengatur strategi dalam menargetkan jumlah trafik pengunjung secara spesifik yang kamu kehendaki dan juga tipe dari trafik pengunjung yang kamu harapkan.

    Oke berikut penjelasan cara kerja internet mengenai trafik pengunjung berdasarkan analisis yang ada pada layanan Google Analytic dan cara untuk mendapatkan trafik pengunjung untuk blog baru berdasarkan tipe dari trafik pengunjung tersebut.

    DAFTAR ISI
    1. Trafik Pengunjung Organik
      1. 1 Apa Itu Trafik Pengunjung Organik ?
      2. 2 Cara Mendapatkan Pengunjung Organik
    2. Trafik Pengunjung Direct
      1. 1 Apa itu Trafik Pengunjung Direct ?
      2. 2 Tips Mendapatkan Trafik Pengunjung Direct
    3. Trafik Pengunjung Media Sosial
      1. 1 Apa itu Trafik Pengunjung Media Sosial ?
      2. 2 Tips Mendapatkan Trafik Pengunjung Media Sosial
    4. Trafik Pengunjung Referal
      1. 1 Apa itu Trafik Referal ?
      2. 2 Cara Mendapatkan Trafik Referal
    5. Trafik Pengunjung Berbayar
      1. 1 Apa itu Trafik Berbayar ?
      2. 2 Trafik Pengunjung Blog Melalui Pemasangan Iklan
      3. 3 Trafik Blog Melalui Pertukaran Pengunjung
    6. Penutup

    #1 Trafik Pengunjung Organik



    Apa Itu Trafik Pengunjung Organik ?

    Trafik pengunjung organik (Organic Traffic Visitor) adalah trafik pengunjung suatu website/blog yang berasal dari halaman hasil pencarian Google berdasarkan dari pencarian kata kunci yang relevan yang diinginkan oleh pengunjung tersebut. Pada intinya adalah pengunjung yang datang berdasarkan hasil referensi halaman pencarian Google dan bukan yang lainnya.

    Apabila berasal dari mesin penelusuran yang lain maka trafik tersebut tidak disebut sebagai organik melainkan trafik pengunjung direct atau disebut juga sebagai trafik pengunjung langsung tanpa adanya arahan referensi link.

    Jadi definisi trafik pengunjung organik hanya berlaku hanya untuk mesin penelusuran Google.

    Bagi pemain monetize blog trafik pengunjung organik inilah yang paling banyak dicari karena bisa memberikan nilai CPC (Average cost-per-click) yang lumayan bernilai sehingga bisa memberikan hasil pendapatan yang bagus. Selain itu dengan trafik pengunjung organik yang tinggi otomatis peringkat blog akan semakin bagus sehingga memungkinkan untuk mendapatkan posisi di halaman pertama (Page One) pada halaman hasil pencarian Google (SERP : Search Engine Result Page).

    Semakin bagus peringkat blog maka semakin banyak peluang untuk mendapatkan pengunjung organik.

    Cara mendapatkan trafik organik bagi blog baru memang agak menantang karena ada beberapa tahapan verifikasi dan penyesuaian yang perlu diperhatikan.

    Karena pengunjung organik hanya berasal dari mesin penulusaran Google maka perlu dipersiapkan beberapa hal agar dalam kurun waktu 1 (satu) bulan pertama yang paling cepat atau bahkan bisa juga sekurang-kurangnya sampai 3 bulan pertama baru bisa mendapatkan pengunjung organik asalkan blog kamu sudah terindex oleh mesin penelusuran Google dan mampu bersaing dengan blog lain di halaman hasil pencarian Google.

    Cara Mendapatkan Pengunjung Organik

    1. Sebagai langkah awal, blog yang kamu kembangkan harus bersifat publik dan dapat dengan mudah diakses oleh semua pengunjung termasuk pengunjung untuk mesin robot Google itu sendiri (spiderbot Google).

      Mesin robot pencarian Google akan meng-crawl website/blog kamu untuk mengambil data dan mebuat index data dari hasil crawl yang sudah dilakukannnya. Nantinya hasil index tersebut akan menjadi dasar untuk bisa menampilkan link menuju halaman artikel yang ada di blog kamu pada halaman hasil pencarian Google.
    2. Gunakan template blog yang ringan, Responsive dan SEO friendly. Penggunaan template blog yang tepat dapat membantu blog kamu mampu bersaing di halaman hasil pencarian Google karena template blog merupakan salah satu kriteria penilaian Google dalam hal page speed halaman blog, mobile ready (responsive) dan memiliki minimal error dari kode template yang kamu gunakan dan tidak ada halaman tujuan artikel blog yang error (404 page).
    3. Optimasi settingan dasar blog seperti optimasi metatag data, robot.txt dan micro format yang sudah terpasang dengan sempurna. Optimasi dasar ini akan memperkuat SEO di mata mesin penelusuran.
    4. Buat atau aktifkan akun Google Analytic dan Google Search Console. Fungsinya jika pada akun Google Analytic adalah untuk mengetahui statistik pengunjung sedangkan pada akun Google Search Console adalah untuk mempercepat mesin pencari Google mengetahui dan mengindex URL blog serta URL link artikel blog.

      Semakin cepat terindex maka semakin cepat pula memiliki peluang mendapatkan trafik pengunjung blog organik.
    5. Persiapkan konten artikel blog yang berkualitas dalam hal ini saya asumsikan blog yang kamu kembangkan adalah blog berbentuk artikel informasi umum dan spesifik.

      Artikel adalah raja jadi jangan ragu untuk membuat artikel yang baik serta bermutu tinggi dalam memberikan informasi positif yang akurat dan bermanfaat.

      Sebaiknya kamu sudah menerbitkan (publish) artikel minimal lebih dari 25 artikel dalam kurun waktu 3 bulan dengan catatan, artikel yang kamu buat bukan sembarang artikel melainkan artikel dengan konten yang unik, original dan bermutu. Pembuatan artikel sebaiknya menggunakan topik pembahasan yang sedang trend atau minimal yang paling banyak dicari orang sesuai dengan topik pembahasan yang kamu kuasai.

    Jika nantinya blog kamu akan di monetisasi melalui Google Adsense maka sebaiknya memahami cara pembuatan artikel yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pihak Google Adasense. Informasi lebih lanjut mengenai hal ini bisa kamu baca pada link artikel berikut ini.

    #2 Trafik Pengunjung Direct



    Apa itu Trafik Pengunjung Direct ?

    Direct traffic adalah trafik pengunjung yang datang secara langsung dengan mengetikan alamat blog kamu di browser sehingga pengunjung langsung menuju halaman blog kamu tanpa ada perantara halaman website/blog lainnya atau bisa juga disebut sebagai pengunjung yang datang selain dari mesin penulusaran milik Google.

    Trafik pengunjung direct biasanya datang dari pengunjung yang sudah pernah mengunjungi blog kamu dan hapal dengan URL link blog yang kamu gunakan, jadi pastikan URL link yang kamu miliki mudah diingat dan gampang dihapal.

    Tips Mendapatkan Trafik Pengunjung Direct

    Pepatah mengatakan apalah arti dari sebuah nama, bagi alamat domain nama akan sangat berarti karena nama yang digunakan akan mencerminkan kredibilitas dan daya tarik blog yang akan kamu kembangkan.

    Penggunaan nama domain yang mudah diingat akan memperbesar kemungkinan blog kamu mendapatkan trafik pengunjung direct, jadi pastikan nama blog yang akan kamu kembangkan sudah dipilih dengan baik. Berikut tips dalam menentukan nama domain blog.

    1. Gunakan nama blog yang singkat, kece dan memiliki kaitan dari topik pembahasan konten blog yang akan kamu kembangkan.
    2. Jika blog yang kamu kembangkan berisi opini sendiri atau diari pribadi, kamu bisa menggunkaan nama kamu sendiri sebagai nama blog atau nama top level domain blog.
    3. Hindari penggunaan nama blog menggunakan tanda sambung atau angka yg berlebihan. Hal ini akan mengaktifkan sinyal SPAM di google karena biasanya website atau blog SPAM lebih sering menggunakan nama domain yg asal-asalan. Walaupun hanya berupa sinyal indikasi SPAM namun akan sangat mengganggu untuk perkembangan blog kedepannya.

    Jika kamu masih bingung mencari nama yang cocok untuk blog yang akan kamu buat, kamu bisa menggunakan online tool domain name generator untuk mempermudah mendapatkan inspirasi nama blog yang akan kamu pilih.

    #3 Trafik Pengunjung Media Sosial



    Apa itu Trafik Pengunjung Media Sosial ?

    Trafik jenis ini tentu saja adalah trafik pengunjung yang berasal dari situs media sosial (medsos) seperti Facebook, Twitter, Instagram dan media sosial lainnya.

    Media sosial adalah tempat yang bebas untuk bergabung dan berekspresi melalui dunia maya. Kamu bisa bergabung untuk menambah wawasan seputar dunia blogging yang dinamis atau hanya sekedar melakukan promosi dan memperkenalkan blog kamu ke anggota grup tersebut.

    Perlu diperhatikan juga dalam melakukan promosi blog harap diperhatikan protokol dan aturan mainnya agar URL link blog yang kamu share tidak dianggap sebagai link SPAM.

    Sangsi terdeteksi SPAM akan berakibat URL link blog kamu tidak akan bisa di share lagi ke media sosial yang kamu gunakan.

    Tips Mendapatkan Trafik Pengunjung Media Sosial

    Mendatangkan trafik dari media sosial ini caranya cukup mudah tinggal share URL link artikel di Grup yang satu topik pembahasan dengan konten artikel blog kamu atau kamu bisa juga share URL link blog kamu ke grup yang membahas tentang blog dan sejenisnya.

    Grup di media sosial yang membahas tentang blog sudah cukup banyak betebaran di media sosial, kamu bisa bergabung ke salah satu atau beberapa grup tersebut untuk melakukan promosi artikel blog. Jika kamu berminat kamu bisa gabung ke grup Blogger News yang merupakan grup facebook yang dibuat dan dikelola sendiri oleh admin codeflare. Grup facebook Blogger News ini membahas dan memberikan informasi seputar dunia blogging.

    Oke sedikit informasi tambahan sebenarnya trafik pengunjung yang berasal dari media sosial bisa dikonversi menjadi trafik organik, caranya bisa dilihat melalui link artikel berikut ini.

    Perlu diperhatikan juga jika kamu mulai bergabung ke grup blogger yang ada di media sosial, dari sisi positifnya bisa menambah wawasan tentang dunia blogging yang dinamis. Namun dari sisi buruknya adalah kita tidak bisa mengetahui niat yang tersembunyi orang yang bergabung ke media sosial tersebut, untuk itu kamu perlu berhati hati ketika bergabung ke sebuah grup di media sosial karena tidak semua orang yang bergabung ke grup media sosial memiliki etika dan moral yang baik.

    Kasus sering terjadi adalah jika kamu share URL link blog kamu ke media sosial adalah link blog kamu akan terekspos dan akan menjadi sasaran bagi blogger AGC, blogger copy paste dan blogger iseng.

    Walaupun hanya sedikit blogger yang memiliki etika yang tidak baik tapi ada baiknya menjadi sebuah pertimbangan sebelum kamu mulai melakukan share link artikel atau link blog kamu ke grup media sosial.

    #4 Trafik Pengunjung Referal



    Apa itu Trafik Referal ?

    Trafik referal adalah trafik pengunjung yang berasal dari website atau blog lain. Biasanya trafik pengunjung ini datang dari website atau blog yang memiliki URL link blog kamu. Trafik pengunjung referal jika pada analisis Google bisa juga disebut sebagai trafik lainnya (others).

    Kedepannya pasti akan ada trafik pengunjung referal karena mau tidak mau pasti kamu akan berurusan dengan yang namanya backlink dan link backlink ini akan sangat bermanfaat dalam menaikan peringkat blog kamu di mata mesin pencarian, jika dilakukan dengan baik dan benar.

    Cara Mendapatkan Trafik Referal

    Cara termudah untuk mendapatkan trafik referal yaitu dengan cara membagikan URL link blog kamu ke grup WhatsApp teman, keluarga atau grup tetangga. Kamu share dan minta ke mereka untuk mereview blog kamu atau sekedar meminta saran dan kritik guna kemajuan perkembangan blog yang kamu buat.

    Selain cara tersebut kamu bisa juga meminta bantuan ke blogger lainnya dengan cara memberikan komentar positif di blog mereka kemudian sambil melampirkan link URL blog kamu. Cara ini juga merupakan salah satu cara untuk membuat backlink melalui blogwalking.

    #5 Trafik Pengunjung Berbayar



    Apa itu Trafik Berbayar ?

    Trafik berbayar adalah trafik pengunjung yang berasal dari iklan atau trafik pertukaran pengunjung. Trafik ini akan dianggap legal atau diperbolehkan oleh Google jika kamu beriklan melalui Google, namun akan menjadi trafik referal jika menggunakan jasa layanan iklan selain dari google.

    Trafik Pengunjung Blog Melalui Pemasangan Iklan

    Trafik pengunjung yang berasal dari iklan memang cukup efektif jika kamu memiliki blog yang bertujuan untuk melakukan promosi perdagangan atau tujuan marketing lainnya. Kamu bisa beriklan di jasa layanan iklan online seperti AdWord Google, MGID, Adstera ataupun melalui media sosial dan sejenisnya untuk bisa mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar dengan harga yang bervariasi.

    Pastikan jasa layanan iklan yang akan kamu gunakan memiliki kredibilitas yang baik agar kamu bisa mendapatkan pengunjung yang spesifik dan tertarget sehingga biaya yang dikeluarkan untuk beriklan bisa sesuai dengan target yang ingin dicapai.

    Trafik Blog Melalui Pertukaran Pengunjung

    Trafik blog dengan cara melalui pertukaran pengunjung biasanya digunakan apabila pembuatan blog hanya sebagai tempat landing page produk dan jasa tanpa menghiraukan pengunjung organik dari Google.

    Jika memang kamu akan membuat blog memiliki tujuan yang seperti itu (non-monetize) dan hanya memikirkan mendatangkan trafik pengunjung saja maka trafik jenis ini cocok untuk kamu gunakan sebagai trafik pengunjung blog kamu. Informasi lebih lanjut tentang hal ini bisa kamu baca pada link artikel berikut ini.

    Namun, jika kamu berencana menjadikan blog kamu sebagai blog monetize silakan kamu hindari cara ini, karena jenis trafik ini tidak cocok untuk blog yang digunakan sebagai monetize blog yang notabenenya menggunakan jasa layanan penyedia iklan untuk publisher blog.

    Apapun jenis monetize iklan yang kamu gunakan pasti akan melarang menggunakan cara pertukaran pengunjung untuk bisa mendatang trafik pengunjung ke blog karena trafik yang datang memiliki motif yang dipaksakan sehingga tidak sesuai dengan prinsip alami yang diterapkan.

    Kebanyakan layanan monetize yang kredibel seperti Google Adsense, MGID, Adstera dan sejenisnya sangat melarang untuk mendapatkan trafik pengunjung melalui program pertukaran trafik pengunjung.

    Trafik pengunjung yang datang melalui pertukaran pengunjung jika terdeteksi oleh pihak terkait ditempat kamu menggunakan layanan tersebut akan menganggap trafik tersebut sebagai invalid traffic atau trafik pengunjung yang tidak sah. Imbasnya jika ketahuan oleh maka keanggotaan kamu kebanyakan akan diberikan sanksi berupa banned permanen dan iklan tidak akan bisa ditayangkan lagi di blog kamu.

    Sama seperti halnya jasa monetize yang memiliki aturan ketat terhadap trafik pengunjung, mesin penelusuran pun juga sama dalam menerapkan aturan tentang trafik pengunjung yang datang ke blog. Sanksi yang diberikan jika ketahuan oleh mesin telusur adalah URL link blog dan artikel akan terkena de-index bisa berupa penurunan peringkat bisa juga pelepasan index dari halaman hasil pencarian alias URL link blog kamu akan terhapus dari database mesin pencarian yang menyebabkan blog kamu tidak akan lagi mendapatkan pengunjung organik dan akan sangat susah untuk bisa terindex kembali di mesin pencarian.

    #6 Penutup

    Trafik pengunjung untuk blog baru memang sangat minim dan mungkin saja belum ada trafik sama sekali. Tenang saja pada waktunya nanti blog kamu bisa berpeluang mendapatkan trafik pengunjung seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia blog.

    Apa pun jenis trafik pengunjung yang kamu dapatkan, tentu saja merupakan hasil kerja keras yang sudah kamu jalankan karena usaha yang kamu lakukan tidak akan menghianati hasil yang akan kamu dapatkan.

    Mudah-mudahan artikel ini bisa menjawab pertanyaan sobat blogger, "Kenapa blog saya tidak ada pengunjungnya". Harap diingat tidak ada kesuksesan yang mudah oleh karenanya dibutuhkan usaha dan kerja yang pintar agar bisa melalui kesulitan yang akan dihadapi.

    Demikian artikel blog tentang Begini Caranya ! Mendapatkan Trafik Pengunjung Untuk Blog Baru terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare