Header Ads

  • Solusi ! Cara Mencari HP Android Yang Hilang



    Manusia memang tak lepas dari kesalahan. Begitu pula dengan sikap ceroboh dan teledor. Beberapa orang pasti pernah mengalami kehilangan barang akibat kecerobohan sendiri. Kehilangan ponsel Android cukup bikin ketar-ketir penggunanya. Beruntung, jika pengguna masih ingat lokasi ponsel ditinggalkan, itu masih bisa terbantu. Namun, bagaimana bila pengguna benar-benar lupa total di mana ia terakhir kali meninggalkan ponselnya alias lupa meletakkannya atau memang hilang karena dicuri dan diambil orang.

    Kehilangan hp terkadang membuat sedih dan khawatir karena banyak data-data penting yang berada di hp kamu. Namun tahukah kamu kalau sebenarnya ada cara untuk melacak hpmu yang hilang itu? Sebagai pengguna android, artikel ini akan memberi beberapa solusi ampuh tentang cara melacak hp Android yang hilang lewat internet.

    Ada beberapa cara melacak hp Android yang hilang lewat internet yang bisa kamu coba. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa solusi cara mencari hp android yang hilang melalui internet.

    Informasi Singkat
    Android (/ˈæn.drɔɪd/; an-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

    Antarmuka pengguna Android umumnya berupa manipulasi langsung, menggunakan gerakan sentuh yang serupa dengan tindakan nyata, misalnya menggeser, mengetuk, dan mencubit untuk memanipulasi objek di layar, serta papan ketik virtual untuk menulis teks. Selain perangkat layar sentuh, Google juga telah mengembangkan Android TV untuk televisi, Android Auto untuk mobil, dan Android Wear untuk jam tangan, masing-masingnya memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Varian Android juga digunakan pada komputer jinjing, konsol permainan, kamera digital, dan peralatan elektronik lainnya.

    Android adalah sistem operasi dengan sumber terbuka, dan Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache. Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perizinan pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi. Selain itu, Android memiliki sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi (apps) yang memperluas fungsionalitas perangkat, umumnya ditulis dalam versi kustomisasi bahasa pemrograman Java. Pada bulan Oktober 2013, ada lebih dari satu juta aplikasi yang tersedia untuk Android, dan sekitar 50 miliar aplikasi telah diunduh dari Google Play, toko aplikasi utama Android. Sebuah survei pada bulan April-Mei 2013 menemukan bahwa Android adalah platform paling populer bagi para pengembang, digunakan oleh 71% pengembang aplikasi bergerak. Di Google I/O 2014, Google melaporkan terdapat lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan Android, meningkat dari 583 juta pada bulan Juni 2013.

    Faktor-faktor di atas telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan Android, menjadikannya sebagai sistem operasi telepon pintar yang paling banyak digunakan di dunia, mengalahkan Symbian pada tahun 2010. Android juga menjadi pilihan bagi perusahaan teknologi yang menginginkan sistem operasi berbiaya rendah, bisa dikustomisasi, dan ringan untuk perangkat berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkannya dari awal. Sifat Android yang terbuka juga telah mendorong munculnya sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi untuk menggunakan kode sumber terbuka sebagai dasar proyek pembuatan aplikasi, dengan menambahkan fitur-fitur baru bagi pengguna tingkat lanjut atau mengoperasikan Android pada perangkat yang secara resmi dirilis dengan menggunakan sistem operasi lain.

    Pada November 2013, Android menguasai pangsa pasar telepon pintar global, yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, dengan persentase 64% pada bulan Maret 2013. Pada Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android berbeda dengan beragam versi. Keberhasilan sistem operasi ini juga menjadikannya sebagai target ligitasi paten "perang telepon pintar" antar perusahaan-perusahaan teknologi. Hingga bulan Mei 2013, total 900 juta perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia, dan 48 miliar aplikasi telah dipasang dari Google Play.
    Sumber : Wikipedia


    DAFTAR ISI
    1. Cara Antisipasi Perangkat Android Sebelum Hilang
    2. Cara Melacak Perangkat Android Lewat Email
    3. Cara Melacak Perangkat Android Menggunakan Google Maps
    4. Cara Melacak Perangkat Android Menggunakan Google ADM
    5. Cara Melacak Perangkat Android Dalam Keadaan Mati
    6. Cara Melacak Perangkat Android Dengan Aplikasi Temukan Telepon Saya
    #1 Cara Antisipasi Perangkat Android Sebelum Hilang


    Pertama-tama, ada baiknya kamu harus mengantisipasi terlebih dahulu sebelum perangkat Android kamu hilang, mencegah sebelum hilang lebih baik daripada menyesal kemudian apalagi memiliki data pribadi yang sangat penting, apabila perangkat android kamu hilang setidaknya data yang tersimpan bisa terhapus secara otomatis. Caranya cukup mudah, untuk perangkat Android terbaru, beranjak ke Settings -> Google -> Security. Di bawah Android Device Manager, aktifkan fitur Remote Data Wipe dengan slide ke “Allow Remote Lock and Erase”.

    • Khusus untuk perangkat Android lawas, kamu bisa ke Settings dan tap Android Device Manager. Untuk mengaktifkan fitur ini, tap kotak “Allow Remote Factory Reset” dan tap “Activate”.

    • Nah, setelah itu kamu memasang Find My Device di perangkat Android lain. Find My Device mengharuskan pengguna log in dengan akun Google dan mengaktifkan lokasi. Setelah log in, kamu akan diminta mengizinkan Find My Device memakai data lokasi, klik Accept untuk melanjutkan.



    • Jika sudah log in, sebuah menu dashboard akan muncul menunjukkan di mana ponselmu berada dengan beberapa opsi. Pertama ada opsi lokasi yang menunjukkan lokasi di mana ponsel Android kamu diletakkan, lengkap dengan daya baterai yang bertahan, hingga kapan ponsel tersebut terakhir dinyalakan.


    • Kedua, opsi Play Sound. Opsi ini memungkinkan ponsel Android kamu yang hilang akan bergetar dan berdering selama lima menit dalam volume maksimum. Fitur ini tetap berfungsi sekalipun ponsel Android kamu dalam modus silent.

    • Ketiga, opsi Lock. Sesuai dengan namanya, fitur ini akan mengunci perangkat Android secara otomatis. Jadi, tidak akan ada satu pun yang bisa mengakses perangkat Android kamu. Untuk mengunci ponsel, klik opsi Lock, masukkan kata sandi baru dua kali, dan ketik nomor yang bisa dihubungi saat ponsel ditemukan.


    • Terakhir adalah opsi Erase. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk menghapus semua data secara manual dari Find My Device. Fitur ini, secara otomatis akan menghapus semua data, termasuk aplikasi, foto dan video, musik dan semuanya. Jika ponselmu ternyata mati, fitur ini akan berfungsi setelah dihidupkan kembali.

    #2 Cara Melacak Perangkat Android Lewat Email


    Salah satu cara melacak hp android yang hilang lewat internet yang bisa kamu coba adalah melalui alamat email. Jika hp kamu adalah hp smartphone, maka kemungkinan di dalam hp itu terdapat email yang terpasang. Dari email tersebut kamu bisa melacak hp yang hilang.

    Sebenarnya Google telah menciptakan Sistem Operasi Android dan mengharuskan para pengguna hp bersistem Operasi Android untuk memasukkan email yang digunakannya pada Google Play Store. Cara ini bisa digunakan di hp Android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo.

    Cara melacak HP Android yang hilang lewat internet bisa kamu coba dengan langkah-langkah berikut:

    1. Ketik nama email yang berada di hp kamu yang hilang di halaman gmail , lalu klik Berikutnya

    2. Ketikan kata sandinya, lalu klik Berikutnya

    3. Setelah berhasil masuk ke alamat email yang kamu ketik, pilih tampilan Gmail versi Web

    4. Pilih ikon dengan titik Sembilan pada sisi atas kanan

    5. Lalu masuk pada Akun Google (Google Account) lalu scroll kebawah

    6. Pilih opsi Mulai pada tulisan ‘Temukan Ponsel Anda’

    7. Lalu pilih hp kamu yang hilang seperti muncul nama hp kamu

    8. Masukkan lagi kata sandi email yang berada di hp yang hilang

    9. Lalu pilih opsi Temukan

    10. Maka akan mucul google map, lalu klik Tutup

    11. Pilih jenis hp yang kamu lacak lalu pilih ikon Refresh agar posisi hp kamu yang hilang terupdate dan terbaca oleh google map

    12. Hp kamu yang hilang akan terbaca di layar

    13. Selesai.

    Usahakan kamu secepatnya untuk menuju lokasi yang tertera pada google maps karena pelacakan ini akan sedikit memakan daya bateraimu.

    #3 Cara Melacak Perangkat Android Menggunakan Google Maps



    Google Maps adalah salah satu aplikasi pemetaan bersifat web yang dikembangkan oleh Google. Dalam aplikasi Google Maps memiliki banyak layanan seperti peta jalan raya, kondisi jalan, kondisi lalu lintas, panorama, rute perjalanan dan sebagainya.

    Selain itu Google Maps juga memiliki fitur-fitur antara lain My Location, Driving Directions, Business Listings, Transit & Walking Directions, Information Trafic, Street View dan Latitude. Dari fitur-fitur tersebut kamu bisa memanfaatkan sebagai cara melacak hp Android yang hilang lewat internet Google Maps. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

    1. Buka aplikasi Google Maps

    2. Pilih menu Setting, kemudian Bagi Lokasi dan Mulai pada pojok kiri atas

    3. Kamu bisa memilih eaktu pelacakan. Pilih ‘selama 1 jam’ atau ‘hingga dinonaktifkan’ agar kamu bisa terus melacaknya

    4. Kemudian klik Pilih Orang lalu isi alamat email dan nomor hp yang ingin kamu lacak

    5. Klik Bagikan lalu tekan Aktifkan

    6. Lokasi hp kamu yang hilang akan terlihat dan terlcak selama 24 jam melalui cara ini

    7. Selesai.

    #4 Cara Melacak Perangkat Android Menggunakan Google ADM


    ADM atau Android Device Manager adalah aplikasi gratis yang disediakan oleh Google yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan hp yang hilang dengan mengaktifkan GPS di hp tujuan. Cara melacak hp Android yang hilang lewat internet bisa kamu coba menggunakan Google ADM ini.

    Usahakan hp yang kamu lacak menggunakan sistem operasi Android. Langkah-langkahnya sebagai berikut;

    1. Kamu bias gunakan gadget lain atau laptop kamu untuk log in ke ADM dengan masuk kea kun google-mu

    2. Setelah mengetikan id dan kata sandi gmail, klik Accept

    3. Kamu akan melihat nama smartphone yang terkoneksi dengan alamat email yang kamu ketikkan tadi pada layar

    4. Kamu bisa mencatat alamat dimana hp kamu berada. Jika ADM tidak muncul ada kemungkinan jik ahp yang hilang dalam keadaan mati

    5. Selesai.

    #5 Cara Melacak Perangkat Android Dalam Keadaan Mati


    Cara melacak hp Android yang hilang lewat internet diatas adalah jika hp dalam keadaan menyala. Lalu bagaimana jika hp yang hilang dalam keadaan mati? Berikut langkahnya yang bisa kamu ikuti.
    1. Masuk ke aplikasi Google Mpas lalu pilih Garis Tiga pada sisi kiri atas

    2. Pilih opsi segitiga kecil pada pojok kanan

    3. Kilik Tambahkan Akun

    4. Ketik alamat email yang berada dalam hap kamu yang hilang lalu klik Berikutnya

    5. Masukkan kata sandi

    6. Klik Saya Setuju

    7. Pilih opsi Segitiga kecil pada kanan atas

    8. Klik Linimasa Anda

    9. Lalu klik OK

    10. Kemudian layar maps akan menunjukkan posisi dan lokasi hp kamu yang hilang

    11. Selesai.

    #6 Cara Melacak Perangkat Android Dengan Aplikasi Temukan Telepon Saya


    Salah satu aplikasi yang layak di perhitungkan untuk bisa melacak hp yang hilang adalah dengan menggunakan aplikasi Temukan Telepon Saya yang bisa sobat download di Google Play Store. Aplikasi ini memang aplikasi keluarga tepatnya digunakan untuk mengetahui lokasi aggota keluarga berada.

    Saat sobat mengetahui lokasi dari setiap anggota maka jika terjadi sesuatu seperti kehilangan hp maka dengan aplikasi ini bisa kita lacak keberadaanya, mantap bukan. Sebenarnya ada 3 kemungkinan yang selalu bisa terjadi pada pemilik hp yaitu hilang karena di curi, jatuh dan lupa meletakan.

    Berikut ini langkah-langkah yang harus sobat lakukan.

    1. Jalankan aplikasi Google Play Store lalu pada kolom pencarian silahkan ketik Temukan Tetelepon Saya, jika aplikasi yang di cari sudah ketemu silahkan sobat instal dan jalankan aplikasinya dengan pilih opsi

    2. Pilih opsi Lanjut dengan email

    3. Masukan email yang sobat miliki, lalu pilih opsi Lanjut

    4. Masukan kata sandi dari email yang dimasukan sebelumnya, lalu pilih opsi Lanjut

    5. Aplikasi Find My Phone meminta izin untuk mengakses lokasi perangkat, pilih opsi Izinkan

    6. Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi Find My Phone, lanjut sobat pilih opsi Strip Tiga dipojok kiri atas

    7. Pilih opsi +GABUNG LINGKARAN

      Dengan masuk ke dalam Lingkaran, nanti sobat bisa berkumpul dengan saudara dan sahabat dalam aplikasi yang sama dan semua anggota yang berada dalam Lingkaran yang sama bisa saling melihat posisi anggota lainnya.

      Ini salah satu cara efektif untuk melakukan proteksi, sehingga jika terjadi sesuatu maka semua anggota dalam lingkaran bisa saling membantu.

    8. Masukan kode undangan yang di dapatkan dari Admin yang membuat Linkaran. Lalu masukan kode tersebut dan pilih opsi KUMPULKAN

    9. Pastikan kode yang sobat masukan sudah benar dan jika orang yang ditampilkan juga sudah benar. Lanjut pilih opsi YA

    10. Dengan begini maka kita sudah lebih bisa untuk melindungi anggota keluarga atau saudara atau teman yang berada dalam satu Lingkaran. Katakanlah jika ada yang kehilangan hp maka bisa dengan muda kita lacak karena posisi dari masing-masing sudah diketahui.

      Secara real time, posisi dari setiap anggota dalam lingkaran juga selalu terupdate secara otomatis maka tidak perlu repot untuk hanya sekedar menanyakan lokasi.

    Demikian beberapa Solusi ! Cara Mencari HP Android Yang Hilang. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Keyword


    Android, HP, Handphone, Cellphone, Handpon, Smartphone, Telephone, Ponsel, Telpon, Find, Missing, Track, Tracker, Lost, Hilang, Cara, Menemukan, Lacak, Internet, Email, GPS, ADM, Device, Manager, Solusi, Mencari, Melacak, Mematikan, Hapus, Menghapus, Memori, Data, Penting, Mudah

    Incoming Search Term


    Cara Melacak HP Android Yang Hilang, Cara menemukan lokasi hp android, cara menghapus data hp android yang hilang, Lacak Lokasi Smartphone Android, Cara Menggunakan Android Device Manager, Cara Menggunakan Find Device HP Android, Cara Mudah Menghapus Data Perangkat Android Yang Hilang, Cara Menggunakan GPS untuk Melacak Handphone Android Yang Hilang, Cara Melacak Ponsel Android Hilang

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare