Header Ads

  • 10 Manfaat Menggunakan RSS Feed Pada Halaman Blog



    Widget Rss Feed merupakan salah satu fitur unggulan standar blogger yang terdapat pada opsi pilihan widget. Widget ini memberikan kemudahan untuk mengambil data informasi melalui jalur Rss Feed yang ada pada sebuah situs. Data yang didapat melalui Rss Feed dapat dengan mudah diolah menjadi informasi eksternal yang dapat dipasang pada halaman blogger. Penggunaan widget rss feed mampu menaikan jumlah pengunjung organik secara bertahap. Namun sayangnya hal ini belum banyak diketahui oleh sebagian blogger. Yuk, simak bagaimana caranya memanfaatkan widget rss feed ini, agar dapat meningkatkan pengunjung organik datang ke blog kamu. Berikut 10 Manfaat Menggunakan RSS Feed Pada Halaman Blog yang belum kamu ketahui.

    Informasi Singkat
    RSS (Ringkasan Situs pengaya, awalnya Ringkasan Situs RDF, sering disebut Really Simple Syndication) adalah jenis umpan web yang memungkinkan pengguna mengakses pembaruan konten online dalam format standar dan mudah terbaca oleh komputer. Umpan ini dapat, misalnya, memungkinkan pengguna melacak banyak situs web berbeda dalam satu agregator berita tunggal. Agregator berita akan secara otomatis memeriksa umpan RSS untuk konten baru, yang memungkinkan konten dikirimkan secara otomatis dari situs web ke situs web atau dari situs ke pengguna. Pelepasan konten ini disebut sindikasi web. Situs web biasanya menggunakan umpan RSS untuk menerbitkan informasi yang sering diperbarui, seperti entri blog, berita utama, audio, video. Dokumen RSS (disebut "umpan", "umpan web", atau "saluran") mencakup teks lengkap dan ringkasan, dan metadata, seperti tanggal penerbitan dan nama pengarang.
    RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. Sekitar 2000, penggunaan RSS meluas di berbagai penerbitan berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
    Sumber : Wikipedia

    CodeFlare

    Sebelum lanjut ke pembahasan saya infokan sejenak bagi kamu yang ingin mendapatkan notifikasi konten artikel premium codeflare blogspot tebaru silakan subscribe pada kotak follow by email atau pada kotak widget blog Followers di atas.

    DAFTAR ISI
    1. Sekilas Info Mengenai RSS Feed
    2. 10 Manfaat Menggunakan RSS Feed Pada Halaman Blog
    3. Cara Pemasangan RSS Feed Pada Halaman Blog
    4. Modifikasi Tampilan RSS Feed Pada Halaman Blog
    5. Tips&Trik Penggunaan RSS Feed
    6. Kumpulan RSS Feed Website Populer
    #1 Sekilas Info Mengenai RSS Feed


    Berlangganan RSS situs web menghilangkan kebutuhan pengguna untuk secara manual memeriksa situs web untuk mendapatkan konten baru. Sebagai gantinya, peramban mereka terus memantau situs dan menginformasikan pengguna tentang pembaruan apa pun. Browser juga bisa diperintahkan untuk mendownload data baru secara otomatis untuk pengguna.
    Data umpan RSS disajikan kepada pengguna yang menggunakan perangkat lunak yang disebut agregator berita. Agregator ini dapat dibangun ke dalam sebuah situs web, dipasang di komputer desktop, atau dipasang pada perangkat mobile. Pengguna berlangganan feed baik dengan memasukkan umpan URI ke pembaca atau dengan mengklik ikon feed browser. Pembaca RSS memeriksa umpan pengguna secara teratur untuk mendapatkan informasi baru dan dapat mendownloadnya secara otomatis, jika fungsi itu diaktifkan. Pembaca juga menyediakan user interface.

    Contoh Format RSS
    RSS adalah teks biasa berformat XML. Format RSS itu sendiri relatif mudah dibaca baik oleh proses otomatis maupun oleh manusia. Umpan contoh bisa berisi konten seperti berikut ini:

    <?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?> <rss version="2.0"> <channel> <title>RSS Title</title> <description>This is an example of an RSS feed</description> <link>http://www.example.com/main.html</link> <lastBuildDate>Mon, 06 Sep 2010 00:01:00 +0000 </lastBuildDate> <pubDate>Sun, 06 Sep 2009 16:20:00 +0000</pubDate> <ttl>1800</ttl> <item> <title>Example entry</title> <description>Here is some text containing an interesting description.</description> <link>http://www.example.com/blog/post/1</link> <guid isPermaLink="true">7bd204c6-1655-4c27-aeee-53f933c5395f</guid> <pubDate>Sun, 06 Sep 2009 16:20:00 +0000</pubDate> </item> </channel> </rss>

    #2 Sepuluh Manfaat Menggunakan RSS Feed Pada Halaman Blog


    Seperti yang sudah dijelaskan pada awal artikel, widget rss feed blogger memberikan kemudahan bagi pemilik blog untuk mengambil feed (umpan) berita atau artikel yang uptodate dari berbagai macam situs melalui jalur rss feed. Tentu saja rss feed yang terdapat pada situs tersebut harus mengikuti spesifikasi Rss Feed versi 1 hingga versi 2, apabila diluar standar struktur rss feed maka feed situs tersebut tidak bisa diolah langsung menggunakan widget rss feed blogger. Harap dimengerti topik artikel hanya membahas Rss feed yang menggunakan standar baku versi 1 dan 2 atau xml feed yang umum, jadi diluar standar tersebut harus diolah lebih lanjut agar bisa digunakan di blogger. Baiklah kita lanjutkan pembahasan mengenai 10 Manfaat Menggunakan RSS Feed Pada Halaman Blog yang belum kamu ketahui.
    1. Memberikan Kesan Dinamis yang Uptodate
      Kesan dinamis pada halaman blog tentu menjadi faktor penarik untuk membuat betah pengunjung blog. Kesan dinamis terlihat dengan adanya informasi aktual dan terbaru yang didapat dari situs penyedia feed tersebut. Informasi tersebut bisa berupa berita terkini ataupun informasi lainnya yang secara otomatis akan selalu update mengikuti informasi yang ada pada situs pemberi feed tersebut.

      Kesan dinamis ini juga akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung blog karena pengunjung blog akan berasumsi bahwa blog yang dikunjunginya dikelola dengan baik oleh pemilik blog sehingga informasi yang disuguhkan memang layak untuk dibaca. Walaupun hanya sebatas kesan tapi lumayanlah bisa memberikan manfaat lebih kepada pengunjung blog dan berharap bisa betah berlama-lama di blog tersebut.

      Widget rss feed blogger memang masih terbatas pada hasil informasi yang ditampilkan yaitu hanya menampilkan judul (headline), tanggal penerbitan dan penulis (author), namun informasi yang ditampilkan tersebut dirasa cukup mumpuni untuk menampilkan kesan dinamis pada sebuah blog. Sisi positifnya kamu bisa bebas menggunakan feed informasi yang ingin digunakan dan tetap bisa memberikan kesan dinamis kepada pengunjung blog.

      Widget rss feed bebas untuk di pasang lebih dari satu pada halaman blog, misalnya widget feed 1 menggunakan Rss Feed dari situs portal berita detik.com dan widget feed 2 dari situs akademi ITB Bandung atau bisa juga menggunakan lebih dari dua widget rss feed. Rss feed yang ingin digunakan juga bisa disesuaikan dengan niche blog yang dipakai pada blog kamu, seperti blog dengan niche olahraga rss feed yang digunakan bisa menggunakan feed dari portal berita olah raga. Jadi antara artikel niche blog dengan informasi eksternal (Rss Feed) masih bisa saling terkait.

      Kenapa Harus Memberikan Kesan Dinamis ?
      Sebuah blog terutama blog pribadi terkadang belum tentu bisa memiliki artikel yang selalu terbaru dan terkini apalagi jumlah penerbitan artikel yang boleh dikatakan terbatas. Tentu saja untuk membuat artikel sendiri yang uptodate dengan berita-berita hangat terbaru akan memakan banyak waktu dan tenaga. Bagi pemilik blog pribadi sangatlah tidak memungkinkan membuat artikel seperti situs portal berita ataupun situs lainnya. Keterbatasan artikel yang dimiliki blog pribadi ini akan membuat blog serasa statis dan kurang menarik yang menyebabkan pengunjung blog menjadi cepat bosan dengan blog tersebut. Oleh karenanya agar suasana blog menjadi menarik diperlukan strategi yaitu dengan memberikan kesan dinamis kepada pengunjung blog dengan memanfaatkan widget rss feed, sehingga pengunjung blog yang mengunjungi blog kamu selain bisa mendapatkan informasi dari artikel yang kamu terbitkan pengunjung juga bisa mendapatkan informasi atau berita terbaru yang sedang hangat dibicarakan. Jadi penggunaan widget rss feed sebenarnya hanya untuk mensiasati blog agar memberikan kesan dinamis.


    2. Gratis Menggunakan Rss Feed
      Penggunaan widget rss feed yang disediakan oleh blogger boleh dibilang gratis tanpa batas, walaupun hanya sebatas menampilkan 5 headline informasi feed per satu widget. Boleh dikatakan lumayanlah ketimbang harus mengeluarkan dana hanya untuk menampilkan informasi eksternal (rss feed). Beda halnya apabila kamu memiliki dana lebih dan lebih serius penggunaan dari rss feed, namun untuk blog pribadi yang masih menggunakan gratisan dirasa widget ini cukup ampuh dan bermanfaat serta gratis untuk digunakan kapan saja. Buat blogger pemula yang menggunakan blogspot hendaknya memaksimalkan pemanfaatan dari widget rss feed ini karena gratis dan bermanfaat.
    3. Mudah Menggunakan Widget Rss Feed
      RSS memberikan kemudahan untuk user berlangganan konten. Ketika menggunakan RSS feed, mereka (pengunjung/subscriber/user) dapat menerima update terbaru dari blog atau website secara langsung ke feed reader, aplikasi desktop, atau perangkat lainnya.

      Pengguna yang berlangganan (subscriber) postingan di website Anda tidak perlu mengingat alamat URL karena mereka sudah dapat membawa konten ke dalam satu lokasi yang sama, dimana mereka bisa membacanya semuanya secara langsung. Konten Anda juga menjadi lebih portable, dan subscriber dapat menyimpannya secara offline.

      Penggunaan widget rss feed cukup mudah tinggal tentukan situs yang menyediakan rss feed yang ingin digunakan lalu tinggal di copy-paste dari URL rss feed situs tersebut kemudian tinggal setting dari informasi yang ingin ditampilkan lalu tinggal pasang sebagai widget blog. Pemasangan pada widget rss feed blogspot sangat cepat dan mudah tanpa perlu dipusingkan oleh pemasangan script dan kode lainnya, cukup menggunakan URL Feed dari situs yang menyediakan layanan rss feed. Beberapa parameter penyesuaian juga mudah dipahami dan bisa langsung digunakan.
    4. Cepat Menampilkan Data Rss Feed
      Data yang diambil dan diolah dari jalur rss feed sangat cepat diprosesnya karena menggunakan server google yang sudah pasti yahud dan mahmud. Data rss feed tersebut tanpa perlu lagi di proses oleh browser pengguna, karena data feed yang akan ditampilkan sudah di proses oleh server google sehingga bisa menghemat waktu dalam menampilkan blog secara keseluruhan dengan kata lain penggunaan widget rss feed ini tidak mempengaruhi performa loading blog. Blog masih bisa diakses dengan cepat dan ringan.
    5. Handal dan Dapat Diandalkan
      Rss feed yang ditampilkan full non stop 24/7 tanpa ada kendala, berbeda apabila menggunakan pihak ketiga sebagai penampil widget rss feed karena berdasarkan pengalaman penulis apabila menggunakan widget rss feed dari pihak ketiga terkadang sering error dan tidak tampil karena sering mengalami gangguan server. Beda halnya dengan widget rss feed standar bawaan blogpot, full selalu tampil tanpa ada kendala.
    6. Sumber Inspirasi
      Widget rss feed yang dipasang pada blog sangat bermanfaat untuk mendapatkan informasi atau berita terbaru ketika sedang berkunjung ke blog, pastinya sarat akan informasi yang bisa memberikan inspirasi penulisan artikel blog yang segar dan sedang hangat dibicarakan.
    7. Mendapatkan Pengunjung Organik
      Pastinya blog yang dinamis akan mudah mendapatkan pengunjung organik karena blog yang dinamis membuat betah pengunjung sehingga pasti pengunjung blog akan balik lagi dan balik lagi untuk melihat informasi di blog tersebut.
    8. Kredibilitas Blog Semakin Baik
      Blog yang dinamis akan membuat penyampaian informasi yang beragam, dengan memasang widget rss feed pada halaman blog akan semakin menambah kesan bahwa blog tersebut dikelola dengan baik. Pengelolaan blog yang baik terlihat dari informasi yang diberikan, apakah selalu uptodate atau tidak. Kesan blog dinamis akan berdampak terhadap kredibilitas dari blog tersebut.
    9. Memberikan Informasi dan Fakta Yang Sesuai
      Dengan adanya widget rss feed bawaan blogspot tersebut, informasi yang disajikan menjadi semakin lengkap dan bertambah sehingga dari informasi yang beragam tersebut akan tercipta informasi yang saling terkait dan mensajikan informasi secara fakta yang benar terjadi.
    10. Simbiosis Mutualisme
      Baik sebagai pemilik blog atau situs berita yang menyediakan rss feed akan sama-sama saling diuntungkan, terlebih lagi terhadap pengunjung blog yang juga diuntungkan bisa mendapatkan informasi dan berita secara gratis dan berdasarkan fakta yang ada. Jadi baik pemilik blog, pengunjung blog dan situs pemberi feed akan saling diuntungkan.

      Bagi Pemilik Blog - akan diuntungkan karena bisa menampilkan headline informasi terbaru tanpa harus bersusah payah membuat artikel mengenai informasi tersebut.

      Bagi Pengunjung Blog - akan diuntungkan karena bisa memperoleh informasi terbaru hanya dengan mengunjungi blog tersebut, mungkin saja informasi tersebut merupakan informasi yang kebetulan sedang dicarinya.

      Bagi Situs Penyedia Rss Feed - akan diuntungkan karena bisa mempromosikan informasi tersebut dengan gratis tanpa harus bersusah payah mempromosikan informasi yang diberikan.
    #3 Cara Pemasangan RSS Feed Pada Halaman Blog


    Memasang widget rss feed di blogspot cukup mudah karena caranya hampir sama dengan cara memasang widget lainnya yang ada di blogspot. Buat yang masih awam mengenai pemasangan widget rss feed ini silakan disimak cara pemasangan widget ini sebagai berikut.

    1. Langkah pertama yaitu menyiapkan URL Feed dari situs yang akan digunakan, kemudian login ke blogspot untuk masuk ke dashboard blog.
    2. Pilih Tata Letak kemudian pilih Tambahkan Gadget.



    3. Pilih widget Rss Feed.


    4. Masukan URL Feed dari situs yang akan digunakan kemudian klik Lanjutkan.


    5. Pada laman konfigurasi silakan setting beberapa parameter untuk tampilan feed yang anda inginkan.


    6. Setelah selesai dengan settingan tersubut maka selanjutnya klik Simpan (Save). Silakan kamu sesuaikan penempatan dari widget rss feed tersebut agar penempatanya di halaman blog menjadi rapih dan tertata.

    #4 Modifikasi Tampilan RSS Feed Pada Halaman Blog


    Hasil tampilan widget rss feed masih standar dan kurang menarik, untuk itu diperlukan sedikit modifikasi agar lebih unik dan tampil menarik. Modifikasi tampilan widget ini cukup mudah karena hanya memerlukan sedikit modifikasi pada kode CSS saja.


    #Feed1_feedItemListDisplay ul li{
    list-style:square url("https://4.bp.blogspot.com/-JREfWx1qby8/WUebEl_vf_I/AAAAAAAAA3Y/-26V5dEUru4TojYOFNIgiDBjNJQNwQlZQCLcBGAs/s1600/kaskus.jpg"); margin-left: 20px; padding-left: 5px; padding-right: 5px; text-align:justify;
    }

    Keterangan :
    • #Feed1_feedItemListDisplay ul li
      Feed1 : Label penomoran untuk widget rss feed yang secara otomatis di buat oleh sistim blogspot.
      feedItemListDisplay : Label class dari widget rss feed tersebut.
      ul : Kode CSS untuk html tag Unordered List.
      li : Kode CSS untuk html tag List.
    • list-style: square url("https://4.bp.blogspot.com/-JREfWx1qby8/WUebEl_vf_I/AAAAAAAAA3Y/-26V5dEUru4TojYOFNIgiDBjNJQNwQlZQCLcBGAs/s1600/kaskus.jpg")
      URL gambar icon logo dari situs feed yang digunakan, ukuran gambar logo untuk Unordered List menggunakan 12 x 12 pixel.
    • margin-left: 20px;
      padding-left: 5px;
      Silakan disesuaikan margin dan padding tersebut, karena biasanya pada template blog bawaan maupun custom perlu penyesuaian agar tampilan ikon bisa di dalam kotak gadget.
    • text-align:justify;
      Untuk kode CSS tersebut merupakan kode untuk mengatur rata teks, saya menggunakan justify yaitu rata kanan dan rata kiri.
    #5 Tips&Trik Penggunaan RSS Feed


    Widget rss feed dari blogspot bisa dipasang lebih dari satu dan bisa disesuaikan tampilannya melalui kode CSS. Pastikan pada saat konfigurasi widget tersebut kamu memilih (dalam keadaan tercentang) untuk link external tersebut untuk dibuka di jendela baru (new tab). Penempatan widget rss feed ini bisa disesuaikan melalui Tata Letak.

    Widget rss feed bisa juga dikombinasikan menggunakan animasi javascript (jQuery) agar lebih atraktif dan menarik seperti yang terlihat pada contoh dibawah ini.


    Animasi pada contoh tersebut menggunakan Javascript dan jQuery sederhana, berikut script untuk pemasangan animasi list tersebut.

    #6 Kumpulan RSS Feed Website Populer

    Kumpulan RSS Feed lengkap dan terupdate bisa dilihat pada artikel Update! Kumpulan Link RSS Feed Website. Silakan anda lihat artikel tersebut untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai portal website luar negri dan lokal yang memiliki fitur RSS Feed.

    Update! Kumpulan Link RSS Feed Website


    Keyword


    Widget, Rss, Feed, Blog, Blogspot, Blogger, Daftar, Kumpulan, Cara, Pasang, Membuat, Website, Populer, Sindikasi, XML, Aggregator, Pengumpan, Penyedia, Layanan, Jasa, Gratis, Cepat, Mudah, Reliable

    Incoming Search Term


    Cara Memasang Rss Feed Blog, Cara Menggunakan Rss Feed Blogger, Cara Memanfaatkan Rss Feed Widget di Blog, Kumpulan Rss Feed Web Indonesia, Daftar Rss Feed Indonesia, Definisi Rss Feed, Maksud dari Rss Feed, Tentang Rss Feed, Sindikasi Feed Blog, Koleksi Rss Feed, Rss Feed Portal Berita, Rss Feed Berita Indonesia, Rss Feed Terupdate & Terbaru, Pengertian RSS dan Cara Menggunakan, Pengertian RSS Feed dan Kegunaan, Penjelasan RSS Feed dan Bagaimana Cara Kerjanya, kegunaan lain rss syndication feed, Apa Itu RSS? apa manfaatnya, Apa Itu RSS Feed Blogger dan Cara Menggunakannya, Definisi RSS, Sejarah, RSS Feed, RSS Reader dan Manfaat

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare