Header Ads

  • Cara Monetisasi Blog Menggunakan Alternatif Selain Adsense

    Cara Alternatif Penggunaan Google Blogspot


    Kebutuhan era milenial salah satunya adalah akses internet kapan saja dan dimana saja. Hal ini didukung dengan kemudahan akses internet cepat dengan biaya penggunaan internet yang cukup murah. Penggunaan internet di era milenial berorientasi mencari informasi dan berbagi berbagai macam informasi ke khalayak luas. Sosial media dan aktifitas blogging biasanya yang paling banyak digunakan sebagai  wahana informasi internet di era milenial.

    Sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan WhatsApp adalah sosial media yang paling sering digunakan di era milenial sedangkan untuk urusan aktifitas blogging penggunaan platform blogspot merupakan pilihan yang paling dominan. Aman, Mudah dan Menghasilkan merupakan tiga kata kunci mengapa platform blogspot merupakan platform yang paling populer untuk aktifitas blog, selain itu platform blogspot juga bebas dari pungli alias gratis dan bebas untuk digunakan kapan dan dimana saja.

    Ketenaran blogspot juga tidak terlepas dari nama besar Google sang raja Search Engine di dunia internet. Setelah blogspot resmi diakusisi oleh pihak Google maka penggunaan platform blogspot menjadi standar dalam aktifitas blog. Biasanya aktifitas blogging sering disandingkan dengan monetize blog yaitu pemasangan iklan di blog untuk bisa menghasilkan pendapatan dari kegiatan aktifitas blogging. Wahana Monetize sebuah blog yang paling populer biasanya menggunakan Program Google Adsense. Kombinasi antara Blogspot dan Google Adsense merupakan kombinasi yang paling ajib karena bisa memberikan penghasilan yang cukup menggiurkan dan signifikan untuk para blogger.

    Eits ! tapi tunggu dulu membuat blog di blogspot memang cukup mudah akan tetapi untuk dipasangkan dengan Program Google Adsense sebagai wahana monetize blog tidak semudah membuat blog karena untuk bisa menjadi anggota terdaftar di Program Google Adsense ini membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit, selain aturan yang ketat dan tegas oleh pihak Google Adsense proses penyaringan konten dan tampilan blog juga menjadi faktor kunci agar bisa diterima mengikuti Program Google Adsense (GA).

    Program Google Adsense (GA) adalah produk Google dibidang jasa periklanan internet alias makelar iklan di dunia internet. Sistim Google Adsense untuk monetize website atau blog menggunakan sistim Pay Per Click, maksudnya secara garis besar adalah Pemilik Website atau Pemilik Blog (Blogger) akan mendapatkan penghasilan (dibayar) dari iklan yang ditayangkan di halaman website atau blognya. Penayangan iklan tersebut diatur melalui jasa Google Adsense. Cara mendapatkan penghasilan dari Google Adsense dari penayangan iklan dan dari pengunjung blog organik (manusia).

    Pemilik website atau blog akan mendapatkan bayaran sesuai dengan ketentuan skema penghasilan Google Adsense. Harap diketahui juga yang diperbolehkan untuk mengunjungi situs iklan yang ditayangkan di blog, yang diperbolehkan hanyalah pengunjung blog organik sedangkan pemilik website atau blog tidak diperbolehkan melakukan klik atau kunjungan iklan dalam kondisi apapun (tidak boleh melakukan klik iklan di website atau blognya sendiri), kalo di blog orang lain sih tidak apa-apa. Hal ini merupakan salah satu aturan ketat yang tercantum di aturan (Terms of Service) tata cara mengikuti Program Google Adsense. Kalo blogger pengalaman sih sudah paham mengenai aturan ini. Hal inipun berlaku di semua penyedia Jasa Iklan Internet selain Google Adsense.


    Kelebihan Google Adsense terletak dari besarnya pendapatan yang bisa didapatkan dari tayangan iklan dan banyaknya pemasang iklan yang memasang iklan melalui Google Adsense sehingga tampilan iklan menjadi semakin variatif dan dinamis yang dapat memancing pengunjung blog untuk melihat iklan tersebut baik disengaja maupun tidak disengaja.

    Besarnya pendapatan yang bisa dihasilkan dari Google Adsense memang cukup menggiurkan akan tetapi proses pendaftaran untuk bisa mengikuti program Google Adsense harus melalui proses yang cukup panjang dan melelahkan terutama untuk domain gratis seperti blogspot. Proses verifikasi dari pihak google untuk layak tidaknya sebuah blog mengikuti program Google Adsense sangat ketat dan rumit sehingga banyak pemilik blog (blogger) yang tidak berhasil alias gagal total.

    Pada artikel ini saya tidak akan membahas perihal dan penyebab tidak diterimanya mengikuti program Google Adsense atau tata cara yang ampuh tembus Google Adsense, akan tetapi saya akan membagikan informasi mengenai alternatif monetisasi blog selain google adsense, alternatif pasang iklan selain adsense dan alternatif jasa layanan iklan selain adsense terbaik.

    Gagal Adsense bukan pilihan, menyerah juga jangan apalagi sampai putus asa, masih banyak jalan menuju roma. Gagal Adsense bisa membuka peluang baru untuk bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar dan lebih bermanfaat. Seperti yang kita ketahui, apabila kita sudah dinyatakan tidak bisa mengikuti program Adsense oleh pihak Google, maka kita harus mengubah strategi dan memulainya dari awal lagi. Proses memulai dari awal memang melelahkan untuk itu sambil menunggu proses mencoba lagi mengikuti program Adsense ada beberapa kiat yang bisa kita gunakan agar tidak mengalami rasa jenuh. Beberapa kiat yang dapat saya berikan dalam memanfaatkan blog yang gagal selain ber-adsense ria, antara lain :

    GAGAL ADSENSE BUKAN BERARTI TIDAK BERMANFAAT
    DAFTAR ISI
    1. Alternatif Selain Adsense
    2. Minisite Blog
    3. Portfolio Blog
    4. Trial and Error
    5. Template Design
    6. Community Blog
    7. BLOG 18+ Plus

    #1 Alternatif Selain Adsense



    Apakah Anda seorang blogger atau pemilik sebuah website? Sudahkah Anda tahu bahwa blog atau situs web yang Anda kelola tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan uang? Jika ya, Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah monetisasi blog.

    Dalam dunia blogging istilah monetize merujuk pada kegiatan pemasaran yang bisa memberikan keuntungan (profit), baik dari sisi materi maupun exposure. Jika dari sisi materi Anda bisa mendapatkan keuntungan langsung berupa uang, sisi exposure bisa menaikkan awareness website/blog Anda kepada publik melalui internet.

    Cara dalam melakukan monetisasi blog pun beragam. Mulai dengan iklan hingga pembuatan konten promosi untuk sebuah brand atau merek tertentu. Intinya, monetisasi blog adalah memaksimalkan website atau situs blog Anda untuk kemudian dijadikan sebagai mesin penghasil uang. Dengan demikian, aktivitas blogging Anda pun bisa menghasilkan.

    STOP !!! Jangan dihapus dulu domain blog Anda, seperti yang anda baca pada moto diatas, Gagal adsense bukan berarti harus menyerah karena masih banyak penyedia jasa layanan iklan alternatif selain Google Adsense yang terbaik. Apabila masih berminat untuk menjadikan blog menjadi Monetize Blog silakan coba menggunakan pasang iklan alternatif adsense. Berikut saya berikan alternatif iklan selain google adsense yang terbaik dan terpopuler.

    Penyedia Lokasi Minimum Pembayaran
    Bidvertizer Luar Negri $ 10 Paypal
    AdNow Luar Negri $ 20 Paypal
    PayClick Luar Negri $ 10 Paypal
    Infolinks Luar Negri $ 10 Paypal
    Adfly Luar Negri $ 10 Paypal
    MGID Luar Negri $ 100 Paypal
    Adsterra Luar Negri $ 100 Paypal
    Propellerads Luar Negri $ 100 Paypal
    Zoteromedia Dalam Negri Rp. 100.000 Transfer Bank
    yllix Luar Negri $ 1 Paypal
    PERHATIAN
    * Syarat dan Ketentuan berlaku untuk masing-masing Jasa Penyedia Layanan Iklan.
    * External link yang saya berikan menggunakan iklan dari adf.ly harap maklum.
    Berikut beberapa artikel tambahan untuk bisa memaksimalkan hasil pendapatan dari monetize blog.
    Sebelum menggunakan Jasa Layanan Penyedia Iklan silakan dibaca dulu aturan main dan ketentuan kebijakan dari masing-masing Jasa Penyedia Iklan untuk memastikan strategi yang kita gunakan tidak melanggar aturan mainnya.

    #2 MINISITE BLOG



    Minisite Blog atau Landing Page Blog adalah halaman blog yang sering digunakan untuk Affiliasi, Reseler atau Penjualan Online, di mana halaman blog tersebut hanya terdiri dari 1 halaman Penjualan dan Order Form saja. Mengapa minisite yang saya sarankan menggunakan domain blogspot ? karena gratis, aman, unlimited bandwidth dan mudah dibuat tanpa perlu ribet menseting hosting server.

    Penggunaan Minisite blog di blogspot relatif hemat karena tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk sewa hosting. Jadi blogger tinggal fokus di desain halaman minisite dan kegiatan promosi halaman minisite tersebut. Penggunaan minisite untuk promosi produk mampu meningkatkan penjualan suatu produk sampai 50% karena minisite menggunakan desain yang fokus terhadap produk yang dipromosikan, apalagi dengan penayangan yang super intense mampu menghipnotis pengunjung sehingga tertarik untuk mencoba produk tersebut.

    Desain minisite blog ga perlu ribet untuk struktur kode silakan menggunakan template 1 kolom saja atau sesuai kebutuhan sedangkan untuk gambar tinggal download dari internet dan dimodifikasi semenarik mungkin. Gunakan template minisite yang sudah responsif dan SEO ready. Berikut beberapa contoh desain minisite blog.


    Download
    Contoh yang saya berikan masih berupa contoh untuk halaman website dan juga belum responsif akan tetapi dalam contoh tersebut terdapat file gambar format psd yang bisa diedit melalui adobe photoshop. Contoh yang saya berikan berupa file menggunakan format zip yang mudah diekstrak ke media penyimpanan. Didalam file tersebut terdapat delapan folder yang berisi contoh halaman web minisite. Masing folder lengkap dengan file index dan asset gambar yang mendukung halaman web minisite tersebut. Gambar yang ada dalam contoh halaman website minisite tersebut silakan anda edit sesuai dengan kebutuhan anda untuk menunjang template blog yang anda kembangkan. Selebihnya untuk struktur kode template silakan anda trial dan error menggunakan template standar blogspot. Mungkin nanti apabila ada waktu saya akan coba buat design blog minisite yang eye-catching dan responsif yang siap digunakan sesuai dengan modul templete blogspot.

    Agar bisa menerapkan template minisite HTML diatas silakan anda download template blogspot codeFlare-blank agar template diatas bisa dipasang pada blog berbasis blogspot. Artikel untuk download template codeFlare-blank bisa dilihat disini :

    Template Minisite Landing Page Blogger Super Mantab


    Cara menggunakannya :

    • Silakan anda pasang template blogspot codeFlare-blank terlebih dahulu

    • Setelah terpasang silakan anda buka template minisite yang sudah anda download, pilih salah satu template tersebut yang akan digunakan. Buka kode template menggunakan notepad atau microsoft word.

    • Copy semua kode yang berada diantara kode <Body>... kode HTML ... </Body>. Masukan kode HTML pada halaman postingan artikel blog (dalam mode edit HTML). Jangan lupa kode script pendukung template tersebut dan kode style dan tag style juga diikutsertakan, biasanya kode style terdapat diantara tag <Head> ... <style> kode style </style> ... </Head>. Kode style adalah kode yang berfungsi untuk mengatur tampilan dari kode HTML.

    • Publish artikel dan lihat hasilnya.

    #3 PORTFOLIO BLOG



    Manfaatkan blogspot sebagai media portfolio. Penggunaan portfolio melalui blog di era milenial sudah banyak digunakan terutama untuk kalangan IT, Designer Web dan Blogger. Penggunaan blog untuk media portfolio lebih kearah personal dan ajang pembuktian diri untuk memperkenalkan keahlian yang dimilikinya.


    Nilai plus blog bertemakan portfolio lebih cenderung mempromosikan diri ke khalayak luas. Hal ini berguna pada saat melamar ke perusahaan besar yang notabennya mengutamakan profesionalisme keahlian di dunia internet. Dengan membuat portfolio blog akan semakin menambah prestige dan percaya diri di era milenial. Pemilihan template portfolio diusahakan sudah responsif agar terlihat bagus di browser tablet atau smartphone. Beberapa situs yang menyediakan template blog bertemakan portfolio antara lain :
    Memiliki portfolio blog akan memberikan kesan profesional di era milenial sekaligus akan meningkatkan daya saing yang lebih kompetitif dan nilai jual yang tinggi dari kemampuan anda, karena terlihat lebih terampil dan mampu mengaplikasikan informasi terbaru dari teknologi internet masa kini. Walaupun hanya sebuah portfolio blog bukan berarti sekali membuat terus tidak diupdate, justru dengan menambah update informasi terbaru di blog portfolio anda maka semakin menambah nilai plus portfolio anda.

    Harap diingat !!! pengunjung yang akan melihat blog portfolio anda bukanlah pengunjung biasa, mereka adalah orang-orang penting, para profesional, para owner atau calon klien anda yang telah anda undang atau anda bagikan alamat domain blog portfolio anda. Jadi usahakan membuat blog portfolio anda dengan standar yang tinggi untuk hasil yang maksimal. Beberapa tips untuk mengembangkan konten blog portfolio sebagai berikut :
    • Pilih template portfolio yang eyecatching, fast loading dan responsif
    • Gunakan bahasa baku yang ramah dan sopan
    • Tampilkan foto atau gambar terbaru yang berkaitan dengan bidang atau keahlian anda
    • Cantumkan secara jelas project atau pekerjaan yang pernah anda lakukan sebelumnya dengan jelas dan terperinci
    • Hanya tampilkan alamat email di blog portfolio anda untuk jalur komunikasi anda dengan klien, karena no tlp dan alamat rumah merupakan data yang sensitif
    • Jangan menampilkan nama klien atau data project klien yang pernah anda kerjakan kecuali atas persetujuan klien anda
    • Selalu update informasi umum yang layak dipublikasikan dari kegiatan terbaru anda
    • Jika bidang bisnis anda bergerak di bidang internet maka blog anda wajib menggunakan teknik SEO yang baik dan benar.
    Demikian beberapa tips mengenai blog portfolio yang dapat saya berikan kurang lebihnya mohon dimaklumi. Apabila anda memiliki informasi tambahan mengenai blog portfolio silakan dibagikan melalui kotak komentar dibawah atau melalui media sosial codeflare untuk saling berbagi pengetahuan ke teman-teman pembaca dan saya.

    #4 TRIAL AND ERROR



    Membuat blog bukan hanya sekedar menulis artikel akan tetapi seorang blogger harus mengetahui penggunaan kode HTML, CSS, Javascript, JQuery, JSon dan AJAX. Pemahaman Kode-kode tersebut sangat penting atau setidaknya setengah pemahaman dari kode-kode tersebut karena kode-kode tersebut akan sering digunakan, baik untuk mengoptimalkan blog, penyesuaian template melalui HTML editor, Pemasangan Skript Iklan, Pemasangan Gadget Blog ataupun pembuatan artikel yang melibatkan penggunaan kode-kode tersebut. Pemahaman kode-kode tersebut bisa di uji coba melalui blog dengan cara Trial n Error. Melalui blogspot trial and error (coba-coba) bisa dengan mudah dilakukan. Semakin sering coba-coba dilakukan maka semakin mahir kemampuan menggunakan coding tersebut.

    Berlatih mencoba membuat gadget blog atau berlatih coding HTML bisa dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan domain blogspot, karena blogspot memiliki unlimited internet bandwidth. Selain itu blog gagal adsense anda bisa digunakan juga keperluan blog tool pribadi seperti : tool kode css pencarian warna, Javascript Encrypter, Button generator, Artikel Generator, Word Count dan lain sebagainya sesuai dengan yang anda butuhkan, bisa juga untuk tempat preview artikel sebelum diterbitkan di blog utama anda. Apabila ingin mengetahui lebih lanjut informasi terbaru mengenai kode HTML, CSS, Javascript, JQuery, JSon dan AJAX anda bisa kunjungi web https://www.w3schools.com, mencari di google atau berkunjung ke forum online mengenai coding tersebut.

    #5 TEMPLATE DESIGN



    Berkreasi dengan template coding, membuat template sendiri dengan memodifikasi standart template blogspot atau hanya sekedar tempat preview hasil kreatifitas anda membuat template blog, silakan gunakan blog gagal adsense anda. Uji coba pembuatan template blog membutuhkan sarana server sebagai tempat hosting blog, dimana lagi server hosting blog yang gratis dan dapat diandalkan selain di blogspot. Hasil kreasi pembuatan template yang bagus bisa mendapatkan perhatian dan profit yang lumayan besar apalagi kalo custom design untuk sebuah situs atau design template blog minisite yang sedang booming di era milenial. Hasil untuk jasa pembuatan custom template blog jauh lebih besar daripada menunggu pengunjung blog melakukan klik iklan, apabila ramai pengunjung yaa lumayanlah hasil pendapatan dari adsense tapi apabila sepi pengunjung percuma juga khan. Nah lebih baik memanfaatkan semaksimal mungkin blog gagal adsense dengan hal yang bermanfaat.

    Saya sering menggunakan blog gagal saya untuk uji coba javascript sebelum saya terapkan di blog utama saya. By the way, saran saya jangan membuat blog atau domain blogspot yang banyak karena mubazir ga bakal terpakai jadi mubazir nama domainnya, lebih baik dihapus saja blog yang benar-benar sudah tidak dimanfaatkan lagi. Contoh, suatu ketika saya ingin mencoba membuat blog baru dengan nama contoh blablabla namum nama domain tersebut tidak bisa dipakai karena sudah digunakan oleh user yang lain. Saya kunjungi blog tersebut untuk mengetahui konten apa yang dibuat, ternyata blog tersebut tidak memiliki konten sama sekali alias kosong melompong selama 10 tahun. Tuh kan jadi mubazir nama domain tersebut tidak terpakai selama 10 tahun, lebih baik dihapus sehingga bisa dimanfaatkan oleh user yang ingin menggunakan nama domain tersebut.

    Oke balik lagi ke topik Template design, Langkah awal untuk membuat template sendiri, yaitu dengan membuat gambar sketsa template blog, langkah selanjutnya pahami struktur kode template blogspot. Pastikan template blog yang anda buat sudah dilengkapi SEO, Adsense Optimized dan Responsif, jangan lupa fitur-fitur blog yang terbaru. Penggunaan animasi CSS dan JQuery merupakan keharusan untuk tampilan yang unik dan menarik sehingga template blog yang anda buat merupakan template blog premium. Template blogspot kategori premium merupakan template blog yang terlihat profesional dengan fitur-fitur ciamik, terbaru dan eye-catching. Harga untuk sebuah template blog premium bisa dijual dengan harga relatif mahal dan kompetitif sehingga mendisain sebuah template premium bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar ketimbang mengandalkan pengunjung blog untuk meng-klik iklan, iya kalo diklik iklannya kalo ngga sama juga boong ga dapat apa-apa dari hasil kunjungannya ke blog kita. Berikut saya berikan beberapa situs yang digunakan sebagai tempat menjual hasil kreasi template blogger.
    Selain di situs template market, anda juga bisa jual di blog utama anda sendiri atau melalui online market place seperti TokoPedia, Bukalapak ataupun Shopee, untuk preview hasil template blog bisa anda gunakan domain blog yang gagal adsense. Nah kan ternyata blog gagal adsense masih bisa dimanfaatkan. Selamat Mencoba.

    #6 COMMUNITY BLOG




    Community Blog adalah blog yang dibuat untuk komunutitas tertentu misalkan : Komunitas Pecinta Buah Durian Di Kota Jakarta, Komunitas Sepeda PT. blablabla, Komunitas Rukun Warga atau Rukun Tetangga Daerah Lingkungan Tertentu dan lain sebagainya. Tentunya penggunaan domain blogspot menjadi hal yang dibutuhkan karena gratis sekali lagi saya tuliskan gratis tis tis tis dan aman. Community blog ga perlu dipusingkan untuk mencari pengunjung blog karena secara pasti sudah memiliki pengunjung tetap yang notabennya adalah anggota dari komunitas tersebut, namun tidak menutup kemungkinan pengunjung lainnya, entah dari teman, kerabat atau keluarga dari anggota yang bergabung di komunitas tersebut. Informasi yang diberikanpun bisa diakses kapan dan dimana saja.

    Memanfaatkan domain blog gagal adsense sebagai community blog menjadi bermanfaat karena lebih praktis dan informatif dalam bertukar informasi umum untuk menunjang kegiatan komunitas tersebut. Community blog bisa digunakan juga untuk sarana media informasi publik dengan pengunjung yang tetap akan sangat mudah mendapatkan penghasilan yang signifikan apabila di kombinasikan sebagai monetize blog. Lumayan buat tambahan kas komunitas tersebut.

    Blogspot juga memiliki fitur privasi blog artinya blog tersebut hanya bisa dilihat untuk pengguna yang terdaftar. Apabila anda hanya menghendaki hanya komunitas Anda saja yang bisa mengakses blog tersebut, anda cukup merubah setingan publik menjadi pribadi. Adapun caranya untuk merubah blog dari publik menjadi pribadi sebagai berikut.
    • Masuk ke Dashboard Blog
    • Klik SETELAN kemudian pilih DASAR
    • Pada baris IZIN yang paling bawah lihat menu PEMBACA BLOG kemudian klik EDIT
    • Pilih PRIBADI - KHUSUS PEMBACA INI
    • Masukan nama pengguna yang diijinkan kemudian klik + TAMBAHKAN PEMBACA masukan satu persatu nama pengguna yang diijinkan
    • Bisa juga klik pada tombol PILIH DARI KONTAK sehingga lebih mudah untuk mengetahui nama pengguna google dari anggota komunitas anda

    #7 BLOG 18+ Plus




    Merubah blog biasa menjadi adult blog bisa mendapatkan pengunjung yang signifikan tapi saya tidak menyarankan untuk membuat Adult Blog karena bisa langsung di banned oleh Google domain blogspotnya. Apabila hanya sebatas menampilkan gambar-gambar model dari FHM, Sooperboy Magazine, Maxim Magazine atau Model yang menggunakan bikini dan tidak terlalu vulgar masih bisa di toleransi oleh pihak google.

    Merubah konten blog dengan gambar-gambar wanita cantik memakai bikini memang tidak perlu dipusingkan untuk membuat kata-kata di postingan artikel tinggal copy-paste gambar-gambar dari internet kemudian di modifikasi agar tampilan di artikel menjadi menarik dan enak dilihat. Nah tinggal memainkan penempatan iklan agar optimal hasil yang didapatkan dari Jasa Penyedia Layanan Iklan.

    Membuat Adult Blog memang cukup mudah dan membuat pikiran mabuk kepayangan namun hasil yang didapatkan juga bisa melebihi pendapatan dari Program Google Adsense. Jika menggunakan kombinasi iklan yang ditampilkan dari beberapa Jasa Penyedia Layanan Iklan khusus konten dewasa bisa dibayangkan khan hasil yang didapatkan.
    • ExoClick
    • TrafficJunky
    • ADAMO Advertising
    • Tube Corporate
    • JuicyAds
    • Traffic Shop
    • PlugRush
    • AdXpansion
    • AdSpyglass
    PERINGATAN
    Sekali lagi saya tidak menyarankan untuk tipe blog yang menggunakan konten dewasa (Adult Blog), informasi yang saya berikan hanya sebatas untuk pengetahuan semata, jadi segala keputusan yang diambil saya serahkan ke pembaca.

    KESIMPULAN



    Gagal mengikuti Program Google Adsense bukan berarti harus menyerah begitu saja, kadang harus mencoba lagi dari awal sampai akhirnya bisa diterima mengikuti Program Google Adsense. Mencoba dari awal bukan perkara yang mudah karena membutuhkan usaha dan waktu yang lama apalagi menggunakan domain blogspot harus sampai menunggu 6 bulan untuk domain baru di blogspot. Sambil menunggu ada baiknya kita manfaatkan domain blogspot yang gagal adsense untuk Monetisasi Blog Menggunakan Alternatif Selain Adsense agar bisa bermanfaat dan tetap bisa menghasilkan tentunya. Salam Blogger dan Semoga Bermanfaat.

    Incoming Search Term :


    Alternatif Penggunaan Google Blogspot, Mengoptimalkan Blogspot, Kelebihan Blogspot, Aktifitas Maksimal Blogger, Penggunaan Blogspot Selain Blogging, Membuka Potensi Blogspot, Manfaat Blog Yang Tidak Disadari, Cara Memanfaatkan Blogspot, Blogspot Selain Adsense, Alternative Selain Google Adsense, Gagal Adsense, Kiat Sukses Menggunakan Blogspot, Aplikasi penggunaan blogspot, Cara Memanfaatkan Situs Blogspot, RT RW menggunakan blog, Info online menggunakan blogspot, Sistim Informasi Online Melalui Blogger, Alternatif Adsense Terbaik, Alternatif Google AdSense untuk Blog Anda, Alternatif Google Adsense Terbaik Yang Membayar Tinggi, Situs Penyedia Iklan PPC Selain Google AdSense, Situs Penyedia Iklan Selain Google Adsense Terbukti Membayar, Alternative iklan selain AdSense terbaik

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare