Header Ads

  • Cara Mengatasi Header Widget Feed Yang Sering Hilang



    Bagi blogger (platfrom blogspot) yang memasang widget feed pada blognya pasti pernah mengalami header (judul) widget feed tersebut hilang atau tidak muncul. Hal ini terjadi karena anda meng-edit template blog yang akan mengakibatkan secara default header widget feed tersebut akan hilang. Kemungkinan adanya bug pada kode blogspot yang sampai sekarang (pada saat artikel ini diterbitkan) masih belum diperbaiki.

    Memang hal ini bukan masalah besar, anda bisa saja mengedit widget tersebut dan mengetikan kembali header (judul) dari widget tersebut dan masalah pun teratasi, namun apabila anda sering meng-edit kode template anda walaupun hanya sekedar mengupdate atau memperbarui template blog anda maka hal ini akan sangat menjengkelkan.

    Lain halnya jika memang anda sengaja tidak menggunakan header (judul) pada widget feed anda, sudah tentu hal ini tidak akan berpengaruh terhadap tampilan blog anda. Sebaliknya jika anda menggunakan header (judul) pada widget feed di blog anda maka solusi termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan bantuan JavaScript agar masalah header (judul) yang tidak muncul pada widget feed bisa teratasi dengan mudah.

    Informasi Singkat
    Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

    Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.

    Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.

    Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.

    Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode "Invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.
    Sumber : Wikipedia


    Cara Mengatasi Header (Judul) Widget Feed Pada Blogspot


    PERINGATAN
    Perhatian ! sebelum melakukan perubahan pada kode HTML template blog, sebaiknya Anda melakukan backup kode HTML template blog terlebih dahulu, dikarenakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila terjadi kesalahan prosedur dalam melakukan perubahan kode HTML template blog, maka Anda dapat melakukan proses perbaikan dengan cepat dan mudah.

    Cara mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan sedikit kode javascript dengan library JQuery. Pastikan pada kode template anda sudah terpasang kode script JQuery. Langakah selanjutnya adalah memasang kode script dibawah ini pada kode template anda.

    <script>
    $(document).ready(function(){
    $('kode ID Elemen').html('Judul Widget Feed Anda');
    });
    </script>

    KETERANGAN
    • Penempatan script di atas bisa ditempatkan di dalam kode HTML template blog atau pada kotak HTML widget, silakan disesuaikan dengan kebutuhan atau kemudahan mengaplikasikan trik ini.

    • kode ID Elemen
      Jika pada header widget feed tersebut memiliki kode elemen ID maka silakan langsung anda gunakan ID dari elemen header tersebut.

      Contoh :
      <div class="header feed"> <h2 id="feed1" class="header feed1">Header Widget Feed Anda</h2> </div>

      ID Elemen feed1 merupakan ID elemen yang digunakan pada script diatas, sehingga penulisan syntax script menjadi :

      $('#feed1').html('Judul Widget Feed Anda');

      Apabila format elemen dari header widget feed anda tidak memiliki elemen ID maka anda dapat menggunakan elemen sibling (keterkaitan) dalam kode ID elemen tersebut.

      Contoh :
      <div class="header feed"> <h2>Header Widget Feed Anda</h2> </div>

      Gunakan elemen sibling (keterkaitan) pada elemen ID tersebut, sehingga penulisan syntax script menjadi :

      $('.header .feed > h2').html('Judul Widget Feed Anda');

      Jangan lupa pada kode JQuery untuk penunjukan elemen menggunakan tanda pagar (#) untuk elemen ID dan tanda titik (.) untuk elemen Class.

    • Judul Widget Feed Anda
      Silakan anda gunakan header (judul) widget feed yang akan anda gunakan.


    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare