LOADING

%

!
  CAUTION, Do not turn off.

Header Ads

  • Cara Menjual Daun Cincau Melalui Online Market

    Cara Menjual Daun Cincau Melalui Online Market

    Bukan sulap bukan pula sihir ternyata beneran lho hasil halaman kebun rumah seperti daun cincau pun bisa laku terjual melalui online marketplace (jual-beli online). Sebuah peluang bisnis yang belum terpikirkan oleh banyak orang, ternyata bisa juga dijadikan peluang bisnis yang menghasilkan uang.

    Konsep bisnis yang sederhana dan kamu pun mungkin sudah mengetahuinya namun belum terpikirkan untuk mulai dijadikan peluang bisnis. Buat yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang peluang bisnis hasil halaman kebun rumah ini yuk disimak dan dibaca artikelnya sampai tuntas.

    Berkembangnya sistim informasi berbasis digital telah memasuki era teknologi IoT (Internet of Thing) dimana hampir segala sesuatunya bisa diakses melalui jalur internet. Hal ini membuat banyak perubahan disegala sektor kehidupan yang salah satu sektornya adalah sektor bisnis dan perdagangan yang telah menyatu dengan teknologi digital yang modern.

    Bisnis konvensional lambat laun akan semakin terkikis dan suatu saat nanti akan tergantikan dengan model bisnis online yang lebih modern.

    Bisnis online mampu memberikan peluang-peluang baru yang bisa dijadikan bisnis untuk menghasilkan uang. Sekarang bukanlah sesuatu yang mustahil untuk bisa berbisnis dengan modal kecil bahkan boleh dibilang hampir tanpa modal. Semua orang bahkan kamu bisa memulai bisnis online dengan mudah.

    Cara termudah untuk memulai bisnis online adalah dengan memanfaatkan platform online marketplace yang sudah ada sehingga kamu tidak perlu membuat sistim jual-beli online yang terbilang mahal dan rumit. Info lebih lanjut mengenai online marketplace, sebagai berikut.

    Informasi Singkat
    Apa itu Online Marketplace ?
    Online Marketplace (Pasar Online atau pasar e-niaga online) adalah jenis situs web e-niaga di mana informasi produk atau layanan disediakan oleh banyak pihak ketiga. Pasar online adalah jenis utama dari e-niaga multisaluran dan dapat menjadi cara untuk merampingkan proses produksi.

    Di pasar online, transaksi konsumen diproses oleh operator pasar dan kemudian dikirimkan dan dipenuhi oleh pengecer atau grosir yang berpartisipasi. Jenis situs web ini memungkinkan pengguna untuk mendaftar dan menjual satu item ke banyak item dengan biaya "pasca-penjualan".

    Secara umum, karena pasar mengumpulkan produk dari beragam penyedia, pilihan biasanya lebih luas, dan ketersediaannya lebih tinggi daripada di toko ritel online khusus vendor. Sejak 2014 pasar online telah menjadi berlimpah. Beberapa pasar online memiliki berbagai macam produk minat umum yang memenuhi hampir semua kebutuhan konsumen, yang lain khusus konsumen dan melayani segmen tertentu.
    Sumber : Wikipedia


    Kelebihan Penggunaan Online Marketplace

    Penggunaan online marketplace memiliki beberapa keunggulan, antara lain.

    • Tidak perlu sewa ruko atau tempat untuk berdagang.
    • Tidak perlu memiliki stok produk atau barang.
    • Transaksi aman, mudah dan handal.
    • Opsi pengantaran produk yang sudah terintegrasi.
    • Bebas digunakan untuk menjual bermacam-macam produk.
    • Prospek bisnis berskala nasional bahkan global.

    Bagi pemula cara termudah dan aman adalah menggunakan platform online marketplace yang disediakan oleh pihak ketiga, seperti online marketplace shopee, tokopedia, blibli, jd-id dan sebagainya. Penggunaan Online marketplace sudah memiliki sistim jual-beli yang lengkap, jelas, aman dan memiliki pangsa pasar nasional hingga global.



    DAFTAR ISI
    1. Informasi Tentang Daun Cincau
    2. Cara Menjual Daun Cincau Melalui Online Marketplace
    3. Tips Pengemasan Produk Daun Cincau
    4. Tips Mimilih Jasa Pengantaran

    #1 Informasi Tentang Daun Cincau



    Informasi Tentang Daun Cincau

    Apa itu Daun Cincau ?

    Cincau (Cyclea barbata) adalah tumbuhan yang daunnya dapat diperas menjadi kental untuk isi minuman. Tumbuhan ini merupakan spesies dari genus cyclea. Daun cincau hijau banyak ditemui di berbagai tempat di Indonesia, dari pasar tradisional hingga di pusat perbelanjaan modern. Tanaman ini dikenal dengan nama camcao (Jawa), camcauh (Sunda), juju, kepleng, krotok, tarawalu, tahulu (Melayu). Terdapat beberapa jenis cincau yang dikenal saat ini yaitu cincau hijau, cincau hitam, dan cincau minyak. Masyarakat Indonesia menggemari jenis cincau hijau karena fisik daun cincau hijau (Cyclea barbata) yang tipis dan lemas sehingga lebih mudah dibentuk menjadi gelatin ataupun menjadi agar-agar.

    Tanaman cincau berasal dari Asia Tenggara, merupakan tanaman rambat dari famili siwar-siwaran (Menispermae), tanaman ini sering ditemukan tumbuh secara liar. Cincau hijau akan tumbuh dengan ideal di kondisi tanah yang memiliki pH 5,5-6,5 dan didukung dengan lingkungan yang teduh, lembap, dan berair dangkal.

    Tanaman ini berkembang dengan baik di dataran pada ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Cara pengembangbiakan tanaman ini dapat dilakukan dengan generatif melalui pertumbuhan biji atau dengan cara vegetatif dengan melalui stek batang maupun dengan pertumbuhan tunas akarnya.

    Manfaat Daun Cincau

    Daun cincau memiliki beragam manfaat yang bervariasi tergantung pada penggunaannya. Secara tradisional, daun cincau digunakan sebagai bahan dasar dalam minuman cincau yang terkenal sebagai minuman penyegar, terutama di musim panas. Selain memberikan rasa segar, minuman ini juga dianggap memiliki efek menenangkan pada sistem saraf, membantu mengurangi stres, dan melembapkan tenggorokan. Selain itu, daun cincau mengandung sejumlah nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin K, serta mineral seperti kalsium dan magnesium, menjadikannya baik untuk kesehatan tubuh.

    Daun cincau juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, serta digunakan dalam pengobatan tradisional untuk beberapa masalah kesehatan. Ekstrak daun cincau sering digunakan dalam produk perawatan kulit dan rambut, dan mereka juga digunakan dalam makanan seperti es krim atau hidangan penutup. Tetapi, selalu bijak dalam mengonsumsinya dan berkonsultasi dengan tenaga medis atau ahli gizi jika Anda memiliki pertanyaan tentang manfaat kesehatan yang mungkin diperoleh dari daun cincau.

    Manfaat Daun Cincau

    Daun cincau umumnya dibuat sebagai agar-agar untuk dikonsumsi sebagai hidangan minuman dingin yang segar dan nikmat. Daun cincau merupakan bahan alami yang biasa digunakan untuk membuat semacam agar-agar yang bernama cincau. Bentuk cincau berupa gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

    Biasanya tanaman cincau tumbuh liar di halaman, sehingga tidak sulit menemukan daun cincau ini. Tanaman ini memiliki empat jenis, yaitu cincau hitam, cincau hijau, cincau minyak, dan cincau perdu. Di antara semuanya ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan daun cincau memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

    Daun cincau juga mengandung mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, vitamin A, dan vitamin B. Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, tak heran ada segudang manfaat daun cincau yang dapat dirasakan untuk kesehatan.

    Berikut 12 manfaat dari khasiat daun cincau bagi kesehatan yang sudah admin blog codeflare rangkum dari berbagai sumber di internet.

    Manfaat Daun Cincau Bagi Kesehatan

    1. Obat Diabetes
      Daun cincau mengandung klorofil yang tinggi, yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh dengan menetralisir kadar gula. Dengan mengonsumsi air rebusan daun cincau secara teratur, yaitu 200ml dua kali sehari, dapat membantu dalam mengatur kadar gula darah. Ini menunjukkan bahwa daun cincau dapat menjadi pilihan yang baik untuk mendukung kesehatan dengan potensi manfaat pengendalian kadar gula.
    2. Obat Demam
      Daun cincau mengandung antioksidan tinggi yang dapat berperan dalam meredakan demam. Untuk memanfaatkan manfaat ini, disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun cincau yang telah disaring dua kali sehari. Selain memberikan manfaat kesehatan, minuman ini juga dapat disajikan dengan tambahan toping seperti buah-buahan segar untuk meningkatkan rasa dan kandungan nutrisinya.
    3. Obat Luka Anti inflamasi
      Daun cincau bukan hanya kaya akan klorofil, tetapi juga mengandung antioksidan tinggi yang memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan pada luka tertentu. Cara ini telah menjadi bagian dari pengetahuan turun-temurun yang diteruskan dari nenek kita. Daun cincau diketahui mampu meredakan peradangan yang disebabkan oleh bakteri atau kuman tertentu. Proses pengobatan melibatkan penghancuran daun cincau dan penambahan sedikit garam, lalu dioleskan pada luka tersebut sebanyak tiga kali sehari. Pendekatan ini menunjukkan bahwa daun cincau memiliki potensi dalam pengobatan peradangan luka tertentu, dengan memanfaatkan pengetahuan tradisional yang telah terbukti selama berabad-abad.
    4. Obat Keracunan
      Potensi daun cincau dalam mengatasi keracunan makanan, terutama yang disebabkan oleh makanan laut seperti udang dan cumi-cumi, yang bisa memicu alergi pada beberapa orang. Daun cincau memiliki kemampuan untuk membantu meredakan keracunan ini. Cara penggunaannya adalah dengan meremas daun cincau dan mencampurnya dengan gula jawa. Dengan menggunakan sekitar 5-10 lembar daun cincau yang diremas hingga keluar air, dan mencampurkannya dengan gula jawa, dapat memberikan bantuan dalam mengatasi gejala keracunan.
    5. Obat Hipertensi
      Kandungan S-S Tetandrin dalam daun cincau memiliki manfaat penting dalam pengobatan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Senyawa ini berperan dalam melebarkan pembuluh darah, yang pada gilirannya membantu meningkatkan sirkulasi darah secara normal. Dalam mengendalikan tekanan darah, terutama bagi orang yang mengidap hipertensi, mengonsumsi rebusan daun cincau tiga kali sehari adalah langkah yang bermanfaat. Ini menunjukkan bahwa daun cincau dapat menjadi komponen yang berperan dalam merawat dan mengelola tekanan darah tinggi, mengingat kemampuannya untuk memperlebar pembuluh darah yang merupakan aspek penting dalam kesehatan kardiovaskular.
    6. Penyakit Lambung Atau Radang Lambung
      Beberapa manfaat daun cincau untuk kesehatan lambung. Daun cincau mengandung vitamin C, yang berperan sebagai antioksidan, dan dapat membantu dalam meredakan peradangan di lambung. Selain itu, senyawa yang terdapat dalam daun cincau juga diyakini dapat memperkuat otot pada dinding lambung dan membantu dalam memerangi bakteri yang mungkin menyebabkan masalah lambung. Saran konsumsi yang disarankan adalah dengan merebus daun cincau dan meminumnya dua kali sehari. Ini menunjukkan bahwa daun cincau dapat menjadi opsi alami yang berpotensi bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah lambung.
    7. Penyakit Tipes
      Daun cincau dikenal sebagai obat herbal yang dapat membantu. Daun cincau mengandung senyawa tokoferol dan mineral fosfor, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi mereka yang menderita penyakit tipes. Cara penggunaannya adalah dengan meminum rebusan daun cincau tiga kali sehari. Ini menunjukkan bahwa daun cincau dapat menjadi bagian dari perawatan alami yang mendukung pemulihan dari penyakit tipes, meskipun pengobatan tipes biasanya memerlukan perhatian medis yang lebih intensif, seperti antibiotik.
    8. Meredakan Diare
      Daun cincau, dengan kandungan alkolid, vitamin C, dan vitamin B, memiliki potensi untuk membantu mengatasi masalah ini. Konsumsi rebusan daun cincau tiga kali sehari diyakini dapat memberikan solusi dalam mengatasi diare. Kemampuan daun cincau untuk membunuh kuman, terutama pada bagian pencernaan yang terpengaruh oleh diare, menjadikannya pilihan alami yang berpotensi bermanfaat.
    9. Pencegahan Osteoporosis
      Berdasarkan uji klinis yang ada, kandungan mineral dan kalsium yang dimiliki dau cincau ini dapat mendukung regenerasi sel-sel pada tulang yang mengalami kekurangan kalsium. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk menggantikan sel-sel yang sudah rusak dengan sel-sel yang baru. Dengan mengonsumsi daun cincau secara rutin, tampaknya bisa membantu menjaga kesehatan tulang, bahkan ketika seseorang telah mencapai usia tua. Selain itu, manfaatnya juga mencakup pemeliharaan stamina yang lebih baik.
    10. Mematikan Sel Tumor Ganas
      Potensi senyawa S-S tetandrin yang terkandung dalam daun cincau dalam konteks pengobatan tumor ganas. Senyawa ini diklaim bermanfaat dalam menghentikan perkembangan sel tumor ganas menjadi tumor yang lebih parah. Pencegahan penyakit yang serius memang sangat penting, dan penggunaan daun cincau sebagai bagian dari upaya pencegahan atau pengobatan alternatif dapat dianggap sebagai langkah yang baik.

      Cara mengonsumsi daun cincau ini dapat dilakukan dengan merebusnya atau mengolahnya menjadi agar-agar dengan tambahan topping lainnya. Penggunaan daun cincau dalam konteks ini mungkin hanya sebagai pendekatan komplementer atau pencegahan, dan tidak harus menggantikan perawatan medis yang disarankan oleh profesional kesehatan.
    11. Mengatasi Permasahan Otot
      Kandungan daun cincau yang disebut dimetil kurin-1 dimetoidida dapat memiliki manfaat dalam mengatasi masalah pada otot, seperti otot kaku, pegal, dan nyeri. Senyawa ini tampaknya dapat membantu dalam proses peregangan otot, baik melalui penggunaan salep maupun konsumsi melalui minuman. Kemampuan daun cincau ini dalam membantu kesehatan otot dapat memberikan kenyamanan dan peredaan gejala bagi mereka yang sering mengalami ketegangan atau ketidaknyamanan otot.

    Info lainnya seputar tanaman budidaya sekitar halaman rumah atau tanaman toga (tanaman obat keluarga) dapat dibaca pada artikel berikut ini.

    Jenis Daun Cincau
    Daun cincau memang memiliki manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan, dan ada beberapa jenis yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dua jenis tanaman cincau yang cukup populer adalah cincau hitam dan cincau hijau. Keduanya memiliki karakteristik dan manfaat kesehatan yang berbeda.
    • Tanaman Cincau Hitam
      Cincau hitam dikenal dengan warnanya yang gelap dan biasanya lebih dikenal karena kemampuannya untuk menghasilkan minuman cincau yang khas. Minuman ini sering digemari karena rasanya yang segar dan teksturnya yang kenyal. Selain itu, cincau hitam juga mengandung beberapa senyawa yang diyakini memiliki manfaat kesehatan, seperti antioksidan.

      Tanaman cincau hitam berasal dari tanaman yang termasuk dalam genus Mesona, khususnya M. procumbens, M. chinensis, dan M. palustris. Genus ini adalah asal usul dari tanaman cincau hitam, dan tanaman ini memiliki penyebaran yang meluas di berbagai wilayah Asia, termasuk Tiongkok selatan, India, Birma, Indocina, Filipina, dan Indonesia. Tanaman cincau hitam sangat penting dalam produksi cincau dan digunakan dalam berbagai hidangan dan minuman tradisional di berbagai negara Asia Tenggara.

      Tanaman Cincau Hitam

      Tanaman cincau hitam tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian berkisar antara 75 hingga 2300 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini memiliki karakteristik batang yang kecil dan ramping, dengan beberapa batang menjalar ke tanah sementara yang lain tumbuh tegak. Daunnya berbentuk lonjong dengan ujung yang meruncing. Bunga dari tanaman ini menyerupai daun kemangi, dengan warna merah muda atau putih keunguan.

      Yang paling menarik adalah getah hijau kehitaman yang dapat dihasilkan dari bagian daun dan batang tanaman ini. Getah ini memiliki peran penting dalam pembuatan cincau hitam, yang digunakan dalam berbagai hidangan dan minuman di berbagai negara Asia Tenggara.

    • Tanaman Cincau Hijau
      Cincau hijau adalah jenis lain dari tanaman cincau yang memiliki warna hijau. Cincau hijau sering digunakan dalam makanan penutup dan es krim. Selain itu, cincau hijau juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat, termasuk serat, vitamin, dan mineral.

      tanaman cincau hijau, yang juga merupakan tumbuhan dari keluarga Menispermaceae dengan genus Cylea, khususnya Cylea barbata Myers, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya untuk cincau hitam. Tanaman cincau hijau memiliki ciri-ciri serupa dengan cincau hitam, termasuk batang yang tumbuh menjalar dan merambat ke pohon atau pagar. Tinggi tanaman bisa mencapai kisaran antara 5 hingga 16 meter.

      Ciri-ciri tambahan yang disebutkan termasuk batang yang berbentuk bulat dengan diameter sekitar 1 cm dan daun yang berbentuk jantung seperti bulat telur dengan ujung daun yang meruncing.

      Tanaman Cincau Hijau

      Morfologi bunganya yang tersusun dalam bentuk malai yang tumbuh dari ketiak atau batang memberikan informasi tentang bagaimana bunga-bunga cincau hijau disusun. Buahnya memiliki bentuk bulat, yang juga merupakan ciri khasnya.

      Deskripsi akar yang besar seperti umbi dan tidak teratur yang memiliki fungsi sebagai obat demam dan sakit perut menyoroti potensi penggunaan cincau hijau dalam pengobatan tradisional.

      Informasi tentang cara perbanyakan tanaman cincau hijau, yaitu melalui biji, stek batang, dan tunas akar, juga memberikan wawasan tentang metode penanaman dan perbanyakan tanaman ini.

      Terakhir, penekanan pada bagian daun yang menghasilkan gelatine berwarna hijau cerah adalah penting karena itulah bagian yang sering digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman yang mengandung cincau hijau.

    #2 Cara Menjual Daun Cincau Melalui Online Marketplace



    Cara Menjual Daun Cincau Melalui Online Marketplace

    Menjual daun cincau melalui online marketplace sangat dimungkinkan bahkan admin sendiri sudah pernah membelinya. Admin sendiri sempat tidak percaya kalau daun cincau bisa dijual melalui online marketplace. Namun balik lagi ke prinsip awal yaitu hampir semua produk bisa dijual melalui online marketplace.

    Memang terlihat mudah dan sepele namun bisnis daun cincau ini termasuk bisnis sederhana yang bisa menghasilkan uang secara nyata.

    Jika kebetulan di halaman pekarang rumah kamu terdapat tanaman cincau, silakan dicoba menjualnya melalui online marketplace.

    Lumayan bisa mendapatkan tambahan penghasilan tanpa perlu bersusah-payah, ketika ada pesanan barulah daun cincau dipetik dan kalau tidak ada pesanan yaa kamu masih bisa enjoy untuk menjalankan aktifitas reguler tanpa perlu ditungguin seperti layaknya bisnis konvensional.

    Cara Menjual Daun Cincau

    Berikut tips cara menjual daun cincau melalui online marketplace.

    1. Pilih platform online marketplace yang sering kamu gunakan, misalkan kamu lebih sering menggunakan shopee maka silakan membuka akun toko menggunakan platform shopee.
    2. Ambil beberapa helai daun cincau yang akan kamu jual untuk diambil fotonya secara close-up. Pastikan foto yang diambil jelas dan sesuai dengan daun cincau yang akan kamu jual.
    3. Upload foto daun cincau yang sudah kamu ambil ke akun toko online marketplace yang sudah kamu buat.
    4. Beri keterangan lengkap pada kotak deskripsi, seperti jenis daun cincau yang kamu budidayakan, umur tanaman dari daun cincau tersebut, ukuran rata-rata dari daun cincau yang kamu jual dan cara pengemasannya.
    5. Tentukan harga satuan dan jumlah minimum untuk pembelian daun cicncau.
    6. Berikan keterangan bonus tambahan untuk menarik minat pembeli.
    7. Setelah selesai tekan tombol save atau terbitkan postingan produk untuk dijual.

    Jangan lupa ! kejujuran dalam berniaga merupakan syarat mutlak agar toko online yang kamu buat bisa memiliki rating yang baik dan bagus. Rating toko akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan yang bisa kamu dapatkan, semakin bagus rating toko online kamu maka akan semakin banyak pelanggan yang bisa kamu dapatkan.

    Setelah memiliki tingkat penjualan yang baik, kamu bisa menggunakan lebih dari satu platform online marketplace sehingga bisa memiliki kesempatan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak lagi.

    #3 Tips Pengemasan Daun Cincau


    Tips Pengemasan Daun Cincau

    Umumnya pembeli online akan merasa puas dengan pengemasan barang yang aman dan rapih, namun akan merasa kecewa jika produk yang dipesan khususnya barang berupa daun cincau menjadi layu dan tidak bisa digunakan ketika diterima oleh pembeli. Hal ini tentu saja bukan keluhan yang jarang ditemui oleh seorang penjual.

    Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan menyebabkan turunnya semangat penjual untuk berjualan dan tentu menyebabkan turunnya kepercayaan pembeli terhadap penjual. Bahkan tidak menutup kemungkinan penjual tentu akan mengalami kerugian lantaran banyaknya review atau ulasan buruk yang diberikan pelanggan.

    Berikut tips pengemasan daun cincau yang baik dan benar agar daun cincau yang kamu kirim ke pembeli bisa dalam kondisi baik dan segar.

    • Gunakan pembukus plastik yang ada seal tapenya, hal ini dimaksudkan untuk mejaga kualitas kelembaban daun cincau selama proses pengiriman. Bisa juga dibungkus tisu kering terlebih dahulu sebelum dimasukan kedalam plastik seal tape.
    • Sebagai pembungkus luar gunakan karton bekas yang bersih dan dibuat kotakan yang cukup kuat, atau dibungkus kertas koran yang agak tebal untuk menjaga daun cincau agar tidak rusak selama proses pengiriman dan masih utuh ketika diterima pembeli.
    • Jika dimungkinkan tambahkan keterangan bahwa isi paket berupa daun cincau dan dimohon untuk kurir supaya berhati-hati ketika melakukan pengiriman.

    Selama proses pengiriman barang, banyak hal yang bisa terjadi dan inipun merupakan hal yang biasa, untuk itu kamu perlu sedikit hati-hati dalam pemilihan daun cincau dan proses pengepakannya. Tidak perlu takut dan khawatir ketika mendapat keluhan dari pembeli atau pelanggan kamu.

    Konsep utama dalam menanggapi keluhan pelanggan adalah untuk bisa menenangkan ke khawatiran pelanggan terhadap pembelian barang yang sudah dilakukan melalui toko online kamu.

    Jika baarang yang sudah dipesan oleh pembeli belum sampai dala kurun waktu yang ditentukan maka kamu perlu membantu menanyakannya ke jasa logistik dan menginformasikan status pengiriman barang ke pembeli jika ditanyakan.

    Perhatikan juga lokasi pengiriman barang, jika pembeli berlokasi yang jauh dari tempat anda mengirim barang maka kamu perlu mengetahui estimasi barang akan sampai ke pembeli membutuhkan waktu berapa lama. Hal ini dimaksudkan supaya kamu memberikan ekstra pengamanan terhadap pengamasan daun cincau tersebut agar barang yang diterima pembeli tidak cepat layu.

    Tips Agar Daun Cincau Tidak Cepat Layu

    Dalam hal penjualan online penting diperhatikan dari kualitas daun cincau yang dijual, usahakan selalu menggunakan daun cincau yang baru saja dipetik untuk dikirim ke pembeli, jangan dibasahi atau direndam pastikan daun cincau dalam keadaan kering sebelum melakukan pengemasan.

    #4 Tips Mimilih Jasa Pengantaran


    Bisnis online merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak diminati orang. Tak heran, memulai bisnis online cenderung memerlukan modal yang lebih sedikit dibanding dengan berjualan di toko fisik.

    Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam jualan online adalah pengiriman barang. Kamu harus bisa memastikan produkmu sampai ke tangan pembeli dengan aman, cepat, dan efisien. Maka itu, jasa pengiriman barang yang kamu gunakan bisa sangat menentukan keberhasilan transaksi antara kamu dan pembeli.

    Saat ini ada banyak jasa logistik yang tersedia dengan berbagai jenis layanan yang ditawarkan. Namun, kamu harus cermat dalam memilih layanan yang akan kamu gunakan untuk bisnismu. Dengan memilih jasa pengiriman yang tepat, kamu bisa meningkatkan kepercayaan dan kepuasan konsumen sehingga mereka mau kembali membeli produk yang kamu jual.

    Pilih Jasa Logistik yang Terpercaya

    Yang pertama, pastikan kamu menggunakan jasa logistik yang terpercaya dan sudah banyak digunakan oleh bisnis lainnya. Walaupun mungkin ada jasa logistik lain yang menawarkan tarif yang lebih murah, kamu harus memperhatikan juga apakah layanan tersebut kredibel dan memiliki layanan yang berkualitas atau tidak.

    Standar Tarif yang Jelas

    Tips kedua dalam memilih layanan pengiriman barang adalah melihat rincian tarif pengiriman dari jasa logistik tersebut. Kamu bisa memeriksa biaya tarif berdasarkan beberapa hal seperti jarak pengiriman dan berat barang. Dengan mengetahui standar ongkos kirim, kamu jadi lebih mudah menghitung biaya pengiriman yang perlu kamu siapkan. Biasanya kamu bisa cek tarif pengiriman pada website penyedia jasa logistik.

    Kecepatan Pengiriman

    Saat membeli barang, orang pasti ingin segera bisa menerima produk tersebut di tangannya. Maka itu, semakin cepat kamu bisa mengirimkan barang ke pembeli semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka.

    Jasa pengiriman barang yang sudah profesional pasti akan menjamin pengiriman sehingga keterlambatan pun bisa dihindari. Kamu bisa memilih jasa logistik yang menawarkan jasa pengiriman di hari yang sama sehingga pelanggan pun tidak perlu berlama-lama menunggu barang yang mereka pesan.

    Pilihan Pengiriman yang Beragam

    Terkadang ada saat dimana kita perlu melakukan pengiriman mendadak di saat itu juga. Atau jika biasanya kita melakukan pengiriman dengan motor, tiba-tiba kita perlu mengirim barang berukuran besar sehingga harus dikirim menggunakan mobil.

    Untuk menghindari tertunda atau terlambatnya pengiriman dalam kasus-kasus di atas, sebaiknya kamu menggunakan jasa logistik yang menawarkan pilihan pengiriman yang beragam mulai dari pilihan waktu pengiriman hingga armadanya.

    Jaminan Keamanan

    Jika kamu menjual barang-barang yang rapuh seperti kaca, perhiasan, furnitur atau barang-barang yang memerlukan penanganan khusus seperti es krim atau daun cincau. Maka itu, kamu memerlukan pengiriman yang aman agar barang yang dikirim tidak rusak.

    Untuk menghindari barang rusak dan yang ada konsumen jadi kecewa, kamu bisa mencari jasa logistik yang menawarkan jaminan atau fitur khusus untuk menjaga barangmu.

    Kemudahan untuk Tracking

    Terakhir, untuk menjamin keamanan, kamu bisa memilih jasa logistik yang memungkinkan kamu untuk melacak pengiriman. Jadi kamu bisa benar-benar memastikan bahwa barang yang dikirim sudah diterima oleh pembeli atau belum.

    Kamu bisa melacak pengiriman secara real-time melalui aplikasi yang dibuat oleh layanan logistik tersebut. Selain itu, pilihan armada untuk pengiriman barang juga beragam. Kamu bisa mengatur pengirimanmu baik secara instan, di hari yang sama, atau secara terjadwal dengan mudah lewat aplikasi ataupun web. Dengan jasa pengiriman yang terpercaya, kamu pun bisa menjalankan bisnis dengan tenang.

    Demikian artikel blog tentang Cara Menjual Daun Cincau Melalui Online Market terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.



    Keyword


    blog, blogger, blogspot, daun, cincau, tanaman, profit, laku, jual, online, bisnis, sampingan, jenis, cara, manfaat, pembelian, penjualan, marketplace, dagang, beli, kurir, logistik, tips, trik, tutorial, info, informasi, kendala, solusi

    Incoming Search Terms

    Bisnis sederhana yang dapat menghasilkan uang seringkali menjadi pilihan menarik, terutama bagi mereka yang ingin memulai tanpa modal yang besar. Salah satu ide bisnis yang menarik adalah menjual daun cincau. Daun cincau bisa dijadikan sumber pendapatan pasif yang stabil jika dikelola dengan baik.

    Tips untuk menjual daun cincau sebagai sumber pendapatan pasif termasuk memanfaatkan platform online, seperti marketplace, untuk memasarkan produk Anda. Marketplace dapat membantu Anda mencapai lebih banyak pelanggan potensial dan memperluas jangkauan bisnis Anda.

    Saat memanfaatkan daun cincau sebagai bisnis sampingan, penting untuk memahami manfaat daun cincau dan bagaimana cara mengelola pertanaman atau pasokan dengan baik. Ini akan membantu Anda menghasilkan produk berkualitas yang akan menarik pelanggan.

    Bisnis kecil yang menghasilkan keuntungan besar dapat dimulai dengan ide yang sederhana, seperti daun cincau. Anda dapat menjalankannya dari rumah tanpa terlalu banyak kerumitan.

    Peluang usaha ringan yang menghasilkan uang seringkali menjadi pilihan menarik, terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin menghasilkan uang tambahan tanpa harus meninggalkan rumah. Bisnis online menjadi opsi yang menarik dalam hal ini.

    Jual beli daun cincau, terutama jika Anda menanamnya sendiri, dapat menjadi bisnis yang sederhana dan menguntungkan. Anda dapat menjalankannya dengan efisien dari rumah Anda sendiri.

    Pada akhirnya, ide bisnis yang sederhana seperti menjual daun cincau dapat menjadi peluang usaha yang menarik jika Anda dapat memanfaatkan potensinya. Dengan strategi yang tepat dan dedikasi, Anda dapat mengubah bisnis sederhana menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad