Header Ads

  • Amazing Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan



    Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi baik di dunia maupun sebagian besar masyrakat di Indonesia. Minuman kopi banyak digemari karena cita rasa dan aromanya yang khas. Selain itu kopi dikonsumsi sebagai teman penghilang kantuk dan bagian dari lifestyle (gaya hidup).

    Bagi Anda seorang pecinta kopi dengan meminum secangkir kopi hitam pada pagi hari merupakan suatu kenikmatan yang tak akan tergantikan. Terlebih jika Anda adalah seorang perokok aktif, maka jika dibarengi dengan minuman kopi hitam akan membuat suasana pagi menjadi lebih semangat dan penuh energi.

    Informasi Singkat
    Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

    Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.

    Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Disamping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).
    Sumber : Wikipedia

    Sensasi kopi hitam memang memberikan khas tersendiri tapi tahukan Anda ternyata kopi hitam memiliki manfaat yang bagi kesehatan tubuh manusia. Minuman kopi hitam belakangan ini menjadi populer berkat manfaatnya bagi kesehatan jika diminum dengan cara yang benar. Bahkan sekarang minuman kopi hitam menjadi kebiasaan dan budaya sebagai suplemen energi alami yang khasiatnya sudah banyak dirasakan oleh para peminum kopi. Namun harus kita sadari bersama bahwa juga terdapat bahaya dan efek samping minum kopi yang dilakukan dengan kadar berlebihan maka dari itu perlu kesadaran diri bahwa mengonsumsi dengan batas yang normal saja.


    Mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula memiliki banyak kelebihan terutama bagi kesehatan tubuh. Hal ini juga telah terbukti dan diakui oleh pakar kesehatan dunia. Bahkan para ahli kesehatan juga telah sepakat bahwa minum kopi hitam setiap hari dengan dosis yang tepat dapat memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

    Dikutip dari berbagai sumber di Internet dan berdasarkan berbagai studi dan informasi dari Kementerian Pertanian setidaknya ada tujuh manfaat kopi hitam bagi kesehatan tubuh manusia jika kopi hitam dikonsumsi secara benar dan dalam batas kewajaran. Berikut tujuh manfaat minuman kopi hitam bagi kesehatan.
    1. Meningkatkan Daya Ingat
      Bertambahnya usia menyebabkan menurunnya kemampuan daya ingat dan meningkatkan risiko penyakit Demensia, Parkinson dan Alzheimer. Kopi hitam membantu otak tetap aktif dan membantu meningkatkan daya ingat. Studi mengatakan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko Alzheimer sebesar 65 persen dan Parkinson sebesar 60 persen.
    2. Meningkatkan Kinerja Fisik
      Salah satu manfaat terbaik dari kopi hitam yaitu meningkatkan kinerja fisik sebesar 100 persen. Kopi bekerja dengan meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik. Ini juga memecah lemak tubuh yang tersimpan dan melepaskan sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat.
    3. Bermanfaat untuk Kesehatan Organ Hati
      Pada tubuh manusia organ hati adalah salah satu organ vital tubuh karena melakukan begitu banyak fungsi penting. Dan tahukah kamu bahwa hati mencintai kopi hitam? Kopi hitam dapat membantu mencegah kanker hati, hepatitis, penyakit hati berlemak dan sirosis. Orang yang minum 4 atau lebih cangkir kopi hitam setiap harinya memiliki 80 persen kemungkinan lebih rendah berisiko penyakit hati apapun. Kopi juga membantu menurunkan kadar enzim hati yang berbahaya dalam darah.
    4. Membuat Pemikiran Menjadi Cerdas
      Kopi memiliki stimulan psikoaktif yang bila bereaksi dengan tubuh, serta memiliki kemampuan untuk memperbaiki energi, mood, dan fungsi kognitif. Dengan demikian membuat Anda lebih cerdas selama periode waktu tertentu.
    5. Membersihkan Isi Perut
      Kopi adalah minuman diuretik sehingga membuatmu ingin sering buang air kecil. Jadi, karena itulah saat minum kopi hitam tanpa gula, semua racun dan bakteri dapat keluar dengan mudah dalam bentuk urin. Hal ini yang membantu membersihkan isi perut.
    6. Membantu Menurunkan Berat Badan
      Kopi hitam membantu menurunkan berat badan dengan cepat dibantu dengan olahraga. Kopi hitam membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen dan dapat membakar lemak di perut. Kopi hitam juga merangsang sistem saraf yang menandakan tubuh untuk memecah sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi yang bertentangan dengan glikogen.
    7. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah
      Meskipun minum kopi hitam secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara, namun efek ini berkurang seiring berjalannya waktu. Minum 1-2 cangkir kopi hitam setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke. Kopi hitam juga mengurangi tingkat peradangan di tubuh.

    Demikianlah beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi kopi hitam namun perlu diperhatikan bahwa menggunakannya dalam batas yang sewajarnya saja tidak kurang dan berlebih agar manfaat yang diterima pun akan maksimal.

    - dikutip dari berbagai sumber -

    2 comments:

    1. Aku kalau lagi capek atau lelah gitu sering banget minum kopi, dan entah kenapa itu bisa bikin semangat lagi dan tidak mengantuk..

      ReplyDelete
    2. This is a great article thanks for sharing this informative information. I will visit your blog regularly for some latest post. I will visit your blog regularly for Some latest post. drakor komedi romantis

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare