Header Ads

  • Widget Kurs Mata Uang Kripto (Cryptocurrency)

    Widget Kurs Mata Uang Kripto (Cryptocurrency)


    Cryptocurrency pada umumnya mirip dengan mata uang normal yang bisa diperdagangkan dengan nilai yang fluktuatif setiap harinya. Perkembangan nilai kurs cryptocurrency dapat anda pantau melalui blog dengan memasang widget kurs cryptocurrency (mata uang kripto). Jika anda memiliki blog dengan niche cryptocurrency maka widget ini bisa anda gunakan untuk menambah daya tarik dan info tambahan ke pengunjung blog anda.

    Widget Kurs Mata Uang Kripto (Cryptocurrency)
    Apa itu cryptocurrency?
    Cryptocurrency merupakan mata uang digital atau mata uang virtual yang dirancang untuk berfungsi sebagai media pertukaran layaknya sebuah uang yang sering kita pakai untuk bertransaksi. Mata uang ini menggunakan teknologi kriptografi untuk mengamankan dan memverifikasi transaksi serta untuk mengontrol penciptaan unit baru mata uang crypto tertentu. Pada dasarnya, cryptocurrency adalah entri terbatas dalam database yang tidak bisa berubah kecuali kondisi tertentu telah terpenuhi. Sandi-sandi rahasia dalam cryptocurrency yang cukup rumit berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

    Kata "cryptocurrency" berasal dari gabungan dua kata, yaitu “cryptography” yang mempunyai arti kode rahasia, dan “currency” yang berarti mata uang. Konsep kriptografi sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Perang Dunia II. Ketika itu, Jerman memakai kriptografi guna mengirimkan kode-kode rahasia agar tidak mudah terbaca oleh pihak lawan.

    Sejarah Kemunculannya
    Ada banyak upaya untuk menciptakan mata uang digital selama teknologi di tahun 90-an mulai booming, sebelum cryptocurrency ini muncul ada sebuah sistem seperti Flooz, Beenz dan DigiCash yang pernah muncul di pasaran namun mengalami kegagalan. Ada banyak faktor yang menyebabkan sistem tersebut mengalami kegagalan, seperti penipuan, masalah keuangan, dan bahkan akibat dari pertikaian antara karyawan perusahaan dan bos mereka.

    Kemudian setelah beberapa percobaan mata uang digital yang gagal tersebut, muncullah sebuah sistem dan teknologi baru pada awal 2009, seorang programmer anonim atau sekelompok programmer di bawah nama alias Satoshi Nakamoto memperkenalkan Bitcoin. Satoshi menggambarkan Bitcoin sebagai sistem tunai elektronik peer-to-peer. ’Sistem ini sepenuhnya terdesentralisasi, artinya tidak ada server yang terlibat dan tidak ada otoritas pengendali pusat. Konsep ini sangat mirip dengan jaringan peer-to-peer untuk berbagi file.

    Salah satu masalah terpenting yang harus diselesaikan oleh jaringan pembayaran adalah pengeluaran ganda. Ini adalah teknik penipuan yang dapat menghabiskan jumlah dana yang sama untuk kedua kalinya. Solusi tradisionalnya adalah dengan pihak ketiga yang terpercaya – server pusat – yang menyimpan catatan saldo dan transaksi. Namun, metode ini pada dasarnya memerlukan sejumlah otoritas untuk mengendalikan dana Anda dan semua detail privasi Anda.

    Dalam jaringan terdesentralisasi seperti Bitcoin, setiap peserta harus melakukan pekerjaan ini. Ini dilakukan melalui Blockchain – sebuah ledger publik (buku publik) dari semua transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan, tersedia untuk semua orang. Oleh sebab itu, semua orang di jaringan dapat melihat saldo di setiap akun.

    Setiap transaksi akan memiliki file yang terdiri dari kunci publik pengirim dan penerima (alamat dompet) dan jumlah koin yang ditransfer. Transaksi juga harus ditandatangani oleh pengirim dengan kunci pribadi atau private key mereka. Ini merupakan konsep kriptografi dasar. Kemudian, transaksi akan disiarkan di jaringan, dan memerlukan konfirmasi terlebih dahulu sebelum dana atau koin yang ditransfer tersebut sampai ke alamat penerima.

    Jika transaksi tersebut sudah disiarkan ke dalam jaringan cryptocurrency, hanya penambang yang dapat mengkonfirmasi transaksi dengan memecahkan teka-teki kriptografi. Setelah penambang atau miner mengambil transaksi tersebut, mereka akan menandainya sebagai transaksi yang sah dan menyebarkannya ke seluruh jaringan. Setelah itu, setiap node jaringan akan menambahkannya ke basis datanya. Setelah transaksi di konfirmasi, transaksi menjadi tidak dapat dikembalikan dan penambang akan menerima hadiah ditambah biaya transaksi.

    Pada dasarnya, setiap jaringan cryptocurrency didasarkan pada konsensus mutlak dari semua peserta mengenai keabsahan saldo dan transaksi. Jika node jaringan tidak setuju pada satu saldo, sistem pada dasarnya akan rusak. Namun, ada banyak aturan yang dibuat sebelumnya dan diprogram ke dalam jaringan yang akan mencegah hal ini terjadi.

    Jenis Cryptocurrency yang Beredar
    Widget Kurs Mata Uang Kripto (Cryptocurrency)
    Meski crpytocurrency sudah dikembangkan sejak tahun 1990-an, baru sekitar 10 tahun terakhir dikenal masyarakat global. Beberapa jenis cryptocurrency yang sering digunakan antara lain Litecoin, Ethereum, Monero, Ripple, dan tentu saja Bitcoin. Saat ini ada lebih dari 1.000 cryptocurrency yang beredar di seluruh dunia.

    Namun, Bitcoin termasuk dalam daftar teratas mata uang digital yang paling banyak digunakan. Sang pencipta, Satoshi Nakamoto, hanya menciptakan bitcoin hingga 21 juta koin sesuai protokol yang sudah disepakati. Para ahli memperkirakan, jumlah tersebut tidak akan habis ditambang sampai tahun 2140. Kamu bisa melakukan transaksi bitcoin melalui perangkat komputer saja, tanpa melalui bank atau lembaga keuangan.

    Lebih lanjut, ada sistem blockchain yang membuat transaksi mata uang digital ini berlangsung aman. Blockchain menyerupai buku besar yang melakukan pencatatan pada setiap aktivitas transaksi dalam sistem yang bekerja secara desentralisasi, valid, dan minim kesalahan. Skema ini memunculkan penilaian bahwa transaksi mata uang digital lebih mudah, aman, dan praktis daripada sistem perbankan konvensional.

    Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat, mata uang digital justru bersifat desentralisasi. Tidak ada pihak yang hadir dan berperan sebagai perantara dalam suatu transaksi. Pembayaran dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima atau peer-to-peer.

    Namun, seluruh transaksi yang dilakukan tersebut tetap dicatat dan dipantau dalam sistem jaringan cryptocurrency. Penambang cryptocurrency adalah mencatat transaksi ini dan memperoleh komisi berupa uang digital yang bisa dipakai.

    Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

    Kelebihan
    • Potensi kenaikan harga tinggi di masa mendatang.
    • Teknologi blockchain membuat proses pembayaran mata uang digital berlangsung cepat, aman, dan mudah.
    • Menghindari pemalsuan uang karena sistem blockchain tidak memungkinkan mata uang sama melakukan dua transaksi berbeda.
    • Keamanan data pribadi, kamu bisa melakukan transaksi keuangan tanpa perlu menampilkan identitas asli.

    Kekurangan
    • Risiko pelanggaran hukum karena regulasi pemerintah yang melarang keberadaan cryptocurrency.
    • Volatilitas tinggi, yaitu kondisi ketika nilai mata uang tiba-tiba mengalami kenaikan atau penurunan nilai secara drastis dan dalam waktu cepat.
    • Sulit memprediksi nilai mata uang di masa depan, sehingga potensi kerugian lebih besar. Kadang nilai tukar mata uang digital ini juga terlampau tinggi.
    • Lupa wallet key atau kunci dompet digital. Berinvestasi dengan cryptocurrency mengharuskan kamu mempunyai dompet digital. Lupa password atau pin masuk dompet digital bisa jadi petaka dalam penyimpanan uang digital tersebut.
    • Tanpa peraturan yang menjadi payung hukum, transaksi sama uang digital ini berisiko tinggi. Belum lagi masalah fluktuasi nilai uang digital yang belum stabil, sehingga naik turun nilai mata uang begitu cepat.

    Fungsi Cryptocurrency

    1. Alat Transaksi Jual Beli
    Cryptocurrency sebagai mata uang digital sudah bisa dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet maupun dalam transaksi non virtual. Saat ini, ada banyak toko yang mulai memberlakukan cryptocurrency sebagai alat pembayarannya, termasuk dua perusahaan ternama Overstock dan Newegg.

    Kamu juga bisa menggunakan cryptocurrency di banyak restoran, hotel, penerbangan, aplikasi, dan bar. Bahkan, dikutip dari Cointelegraph, ada perguruan tinggi yang juga sudah memberlakukan cryptocurrency.

    Namun, kebanyakan perusahaan tersebut baru menerima Bitcoin.

    2. Instrumen Alat Investasi
    Fungsi cryptocurrency lainnya adalah investasi. Pada awal cryptocurrency populer, harganya terus meningkat tajam. Tak heran banyak orang ‘mendadak kaya’ setelah investasi melalui cryptocurrency. Prinsipnya kurang lebih sama dengan prinsip ekonomi, yaitu harga akan naik ketika ada banyak permintaan.

    Semakin banyak orang melakukan investasi dengan cryptocurrency, maka harganya juga akan semakin naik. Namun, belakangan kenaikan harga mata uang digital tersebut tidak sesignifikan beberapa tahun silam.

    Investasi dengan cryptocurrency juga termasuk dalam kategori high risk.

    3. Mining
    Mining atau pertambangan merupakan hal penting dalam cryptocurrency. Pada dasarnya, pengguna harus memecahkan teka-teki cryptography yang rumit untuk mengonfirmasi transaksi dan mencatatnya dalam blockchain. Teka-teki tersebut bisa dipecahkan dengan cara mining. Semakin besar daya komputasi pengguna, maka semakin besar pula peluang mereka untuk memecahkannya. Jika berhasil memecahkan teka-teki tersebut, kamu akan menerima hadiah sebagai biaya transaksi.

    Definisi & Penjelasan Istilah Bahasa Dalam Cryptocurrency
    1. Digital: cryptocurrency adalah mata uang digital yang berarti hanya berlaku di komputer. Cryptocurrency tidak hadir dalam bentuk fisik yang dapat kita pegang sehari-hari. Akan tetapi karena kita bisa menjual / menukar cryptocurrency kita dengan uang biasa (disebut uang fiat), maka kita menarik uang kita kapan saja.

    2. Peer-to-peer: cryptocurrency dapat digunakan untuk transaksi dari satu orang ke orang lainnya secara online. Transaksinya dilakukan secara langsung menggunakan jaringan yang dikenal dengan istilah block chains. Dengan kata lain tidak ada pihak ketiga sebagai perantara, hal ini sangat berpengaruh dan kemudian dikenal dengan istilah desentralisasi yang akan kita bahas pada poin selanjutnya.

    3. Global: cryptocurrency sama di setiap negara. Maka, transaksi dapat dilakukan secara bebas antarnegara tanpa terpengaruh oleh kurs. Nah hal ini yang disenangi oleh banyak orang. Apabila kita melakukan transfer uang antar negara, maka uang kita harus masuk dulu ke rekening bank kita (biasanya kalau transfer ke luar negri bank mengharuskan kita membuka rekening), kemudian uang Rupiah kita harus ditukar ke mata uang negara tujuan, baru kemudian dilakukan transfer antar negara melalui bank sentral. Dengan Crypto, hal ini tidak perlu dilakukan dan transfer mata uang digital ini dapat langsung dilakukan seketika saat itu juga.

    4. Terenkripsi: sehingga setiap transaksi sangat terjaga kerahasiaannya. Setiap pengguna akan memiliki kode tersendiri untuk bertransaksi dengan cryptocurrency. Dan setiap melakukan transaksi, pengguna tidak bisa melihat transaksi tersebut dilakukan oleh siapa. Tidak ada nama asli yang muncul dalam setiap transaksi cryptocurrency. Lebih dari itu, tidak ada aturan apa pun tentang siapa yang bisa menggunakan cryptocurrency dan digunakan untuk apa.

    5. Terdesentralisasi: transaksi uang pada umumnya selalu melibatkan pihak yang menengahi setiap transaksi, seperti bank. Namun di dunia cryptocurrency,tidak ada bank atau pihak tersebut. Setiap orang bertanggung jawab atas uang mereka sendiri. Ditenggarai ini adalah model keuangan untuk masa depan. Hal ini kemudian dikenal dengan istilah DeFi atau singkatan dari Decentralization Finance.

    6. Truthless: dalam menggunakan cryptocurrency, kamu tidak perlu percaya kepada siapa pun dalam system, karena sistemlah yang akan melakukan transaksi dan cross check terhadap transaksi tersebut. Ketika suatu transaksi sudah tertulis di dalam suatu block chain maka tidak bisa diubah lagi oleh siapapun.

    Informasi Singkat
    Cryptocurrency, crypto-currency, atau crypto adalah aset digital yang dirancang untuk berfungsi sebagai media pertukaran di mana catatan kepemilikan koin individu disimpan dalam buku besar yang ada dalam bentuk database terkomputerisasi menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan catatan transaksi, untuk mengontrol pembuatan koin tambahan, dan untuk memverifikasi transfer kepemilikan koin. Cryptocurrency tidak ada dalam bentuk fisik (seperti uang kertas) dan biasanya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat. Cryptocurrency biasanya menggunakan kontrol terdesentralisasi sebagai lawan dari mata uang digital bank sentral (CBDC). Ketika cryptocurrency dicetak atau dibuat sebelum diterbitkan atau dikeluarkan oleh satu penerbit, umumnya dianggap terpusat. Ketika diimplementasikan dengan kontrol terdesentralisasi, setiap cryptocurrency bekerja melalui teknologi buku besar terdistribusi, biasanya blockchain, yang berfungsi sebagai basis data transaksi keuangan publik.

    Bitcoin, pertama kali dirilis sebagai perangkat lunak sumber terbuka pada tahun 2009, adalah cryptocurrency terdesentralisasi pertama. Sejak rilis bitcoin, banyak cryptocurrency lainnya telah dibuat.
    Sumber : Wikipedia



    DAFTAR ISI
    1. Coin Price Marquee
    2. Coin Static List
    3. Coin Converter
    #1 Coin Price Marquee


    Widget kurs mata uang kripto ini memiliki tampilan seperti headline news ticker. Widget ini bisa dipasang sebagai widget atas atau widget floating on top (mengambang di atas).


    Widget on top
    <script src="https://widgets.coingecko.com/coingecko-coin-price-marquee-widget.js"></script>
    <coingecko-coin-price-marquee-widget coin-ids="bitcoin,ethereum,eos,ripple,litecoin" currency="usd" background-color="none" locale="id"></coingecko-coin-price-marquee-widget>

    Floating on top
    <div style="position:fixed;text-align:center;width:100%;box-sizing:border-box;top:0;left:0;z-index:+9999;">
    <script src="https://widgets.coingecko.com/coingecko-coin-price-marquee-widget.js"></script>
    <coingecko-coin-price-marquee-widget coin-ids="bitcoin,ethereum,eos,ripple,litecoin" currency="usd" background-color="#ffffff" locale="id"></coingecko-coin-price-marquee-widget>
    </div>

    KETERANGAN
    • Kurs mata uang kripto yang ditampilkan masih bisa disesuaikan, silakan anda klik tombol di bawah ini untuk melakukan penyesuaian kurs mata uang kripto yang ingin ditampilkan.
    • Silakan anda sesuaikan style tampilan agar bisa menyesuaikan dengan tema blog yang anda gunakan.

    #2 Coin Static List


    Widget kurs mata uang kripto ini memiliki tampilan widget berbentuk daftar kurs statis. Widget ini bisa dipasang sebagai widget samping kotak atau widget didalam artikel. Ukuran widget sudah otomatis responsive jadi akan secara otomatis menyesuaikan ukuran dalam pada kotak widget blog.


    <script src="https://widgets.coingecko.com/coingecko-coin-list-widget.js"></script>
    <coingecko-coin-list-widget coin-ids="bitcoin,eos,ethereum,litecoin,ripple,bitcoin-stash,usd-coin,bitcoin-gold,dogecoin,zcash,bora" currency="usd" locale="id"></coingecko-coin-list-widget>

    KETERANGAN
    • Kurs mata uang kripto yang ditampilkan masih bisa disesuaikan, silakan anda klik tombol di bawah ini untuk melakukan penyesuaian kurs mata uang kripto yang ingin ditampilkan.
    • Silakan anda sesuaikan style tampilan agar bisa menyesuaikan dengan tema blog yang anda gunakan.

    #3 Coin Converter


    Widget kurs mata uang kripto ini memiliki tampilan widget berbentuk daftar kurs statis. Widget ini bisa dipasang sebagai widget samping kotak atau widget didalam artikel. Ukuran widget sudah otomatis responsive jadi akan secara otomatis menyesuaikan ukuran dalam pada kotak widget blog.


    <script src="https://widgets.coingecko.com/coingecko-coin-converter-widget.js"></script>
    <coingecko-coin-converter-widget coin-id="bitcoin" currency="usd" background-color="#ffffff" font-color="#4c4c4c" locale="en"></coingecko-coin-converter-widget>

    KETERANGAN
    • Kurs mata uang kripto yang ditampilkan masih bisa disesuaikan, silakan anda klik tombol di bawah ini untuk melakukan penyesuaian kurs mata uang kripto yang ingin ditampilkan.
    • Silakan anda sesuaikan style tampilan agar bisa menyesuaikan dengan tema blog yang anda gunakan.

    Demikian artikel blog tentang Widget Kurs Mata Uang Kripto (Cryptocurrency) terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Keyword


    blog, blogger, blogspot, widget, kurs, bitcoin, litecoin, dodgecoin, mining, info, information, informasi, cara, pasang, tutorial, jenis, tipe, update, online, live, auto, nilai, tukar, digital, currency

    Incoming Search Term


    Memasang widget kurs Mata Uang Kripto (Cryptocurrency), informasi widget kurs Mata Uang Kripto (Cryptocurrency) auto update untuk blogger, widget blog tentang kurs Mata Uang Kripto (Cryptocurrency), cara mengetahui nilai tukar bitcoin, pasang widget harga bitcoin yang otomatis update, widget blogger seputar bitcoin, informasi lengkap tentang bitcoin dan sejenisnya

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare