Header Ads

  • Emulator PS1 Cara Setting ePSXe 2.0.5 PC Tampilan Grafis HD



    PlayStation (bahasa Jepang: プレイステーション) atau PS1 (PSX) adalah konsol permainan grafis dari era 32-bit. Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. PlayStation diluncurkan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, di Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995. PlayStation menjadi sangat terkenal sehingga membentuk "Generasi PlayStation". Dari sekian banyak game PlayStation, beberapa yang terkenal adalah: Suikoden, Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Grand Theft Auto, Tekken, Winning Eleven, Ridge Racer, wipEout, Gran Turismo, Crash Bandicoot, Spyro, dan seri Metal Gear Solid. Pada 18 Mei 2004, Sony telah memproduksi 100 juta PlayStation dan PSOne ke seluruh dunia. Pada Maret 2004, sebanyak 7.300 judul permainan telah tersedia dengan jumlah akumulasi 949 juta.
    (Dilansir dari : Wikipedia)

    Secara grafis game Playstation 1 ini masih layak dimainkan dan juga sudah bisa ditampilan dengan tampilan grafis HD pada PC / Laptop layaknya seperti game modern saat ini. Terlepas dari tampilan grafis ada berbagai macam alasan tersendiri kenapa kita masih ingin memainkannya kembali. Selain alasan sentimentil ingin bernostalgia, gameplay ps1 juga terbilang baik dengan berbagai macam genre permainan yang tersedia, mulai dari permainan untuk anak-anak sampai judul game untuk orang dewasa.











    Cara Memainkan Game ps1 di pc atau laptop dapat dilakukan dengan bantuan emulator yang dapat berjalan di pc windows ataupun linux. Emulator game memang menjadi program menarik untuk dimiliki saat ini karena dapat membantu kalian untuk memainkan berbagai macam tipe permainan game konsol salah satunya adalah emulator untuk game legendaris konsol PS1. Game seperti Crash Bandicoot, Tekken 3, atau Ape Escape bisa kalian mainkan lagi lewat program emulator ini.

    Jika sobat mencari emulator di internet akan tersedia banyak sekali emulator untuk konsol ps1 namun tidak semua emulator dapat berjalan dengan baik dan lancar. Nah rekomendasi untuk bisa memainkan game PS1 dengan tampilan HD yang sempurna sebaiknya menggunakan Emulator ePSXe yang sudah saya coba sendiri dan hasilnya sangat memuaskan. Dengan menggunakan Emulator ePSXe kita dapat menjalankan Semua Game PS1 walaupun kalian menggunakan Spek Komputer rendah saat ini (tahun: 2020). Tertarik untuk mencoba memainkan game konsol ps1 pada PC / Laptop ? silakan disimak tutorial Emulator PS1 Cara Setting ePSXe 2.0.5 PC Tampilan Grafis HD berikut ini.

    Informasi Singkat
    Sony telah memproduksi konsol yang lebih baru dan telah di rancang ulang, bernama PSOne, dengan bentuk yang lebih kecil dan dinamis. PlayStation asal lebih sering disingkat dengan "PSX", kode nama dari sistem yang tidak dikembangkan. Ketika sistem baru yang sebelumnya dinamakan [PSX] diperkenalkan oleh Sony (versi upgrade dari PlayStation 2 sudah termasuk pembaca DVD, dapat diinstal hard drive, perekam video digital), kemampuan bermain online, lalu pengembangan PS2 dilakukan di Playstation Portable, game PSP dapat dimainkan di mana saja dengan menggunakan UMD. PlayStation sekarang disingkat menjadi "PS1" atau "PSOne", beberapa orang masih menyingkatnya dengan "PSX".

    Sebuah versi dari PlayStation yang desebut sebagai Net Yaroze juga dibuat, dan lebih mahal dibandingkan dengan PlayStation, berwarna hitam bukan abu-abu, dan yang terpenting: terdapat peralatan dan panduan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pemrograman permainan PlayStation dan aplikasinya tanpa memerlukan adanya paket pengembangan (developer suite), yang tentunya jauh lebih mahal dari harga sebuah PlayStation. Walau bagaimanapun, Net Yaroze memiliki banyak kekurangan dari fitur paket pengembangan. Net Yaroze juga unik karena ia adalah satu-satunya jenis resmi Sony PlayStation yang tidak memiliki regional lockout: Net Yaroze dapat menjalankan seluruh permainan dari semua teritori.

    Versi lainnya yang dikenal dengan "Blue Console" juga tersedia bagi game developer. Blue Console memiliki RAM ganda (4 Megabytes) dan papan pengemulasi (emulator) CD-ROM yang terhubung ke komputer PC. Blue Console juga mampu menjalankan permainan yang masih dalam tahap pengembangan yang tidak memiliki region coding (dan biasanya ditolak oleh PlayStation normal).

    Sekarang PS1 sudah sangat jadul dan jarang ada yang masih memainkann PS1. Era baru dengan penggunaan PS2 yang lebih canggih dengan berbagai fitur yang luar biasa.

    Pemasangan modchip memungkinkan pengembangan kemampuan PlayStation. Hal tersebut membuat copy ilegal dari permainan menjadi bisa digunakan, demikian juga permainan dari negara lain. Sejak adanya modchips yang bisa memainkan game yang direkam dalam CD-ROM biasa, timbullah gelombang kemunculan permainan yang dibuat secara tidak resmi dari Sony, yang menggunakan kompilasi gratis dari GNU.
    Sumber : Wikipedia



    DAFTAR ISI
    1. Bahan-Bahan Untuk Bermain Game PS1
    2. Cara Menggunakan Emulator ePSXe
    3. Game PS1 Terbaik Versi CodeFlare
    4. Game PS1 Dengan Konten Dewasa (Adult)
    5. Referensi Artikel
    #1 Bahan-Bahan Untuk Bermain Game PS1


    Bahan-bahan tersebut sudah saya racik dan siap digunakan kecuali gamenya, jadi anda tidak perlu pusing-pusing lagi untuk setting plugin ePSXe. Hal yang perlu anda setting sendiri adalah setingan gamepad yang akan anda gunakan. Berikut spesifikasi dari ePSXe yang sudah saya siapkan.

    • Aplikasi Emulator ePSXe versi 2.0.5
    • Plugin Grafis menggunakan Pete's OpenGL2 Driver v2.9
    • Plugin Suara menggunakan P.E.Op.S. DSound Audio Driver 1.9
    • Plugin Input menggunakan LilyPad v0.1
    • Plugin CD-ROM menggunakan CDR WNT/W2K core v2.0
    • Plugin NetPlay menggunakan CyberPad v1.4
    • Optional Plugin dan Shaders Full
    • Game Patches dan Game Cover Library
    • Game Cheats, Game Shark dan Aplikasi Game Cheat (PEC Cheater)
    • Aplikasi ePSXeCutor untuk Game Setting

    Persyaratan PC Minimum Untuk Bermain PS1 Tampilan HD

    • OS : Linux / Windows 98SE, Windows XP, Windows 7, Windows 8 , Windows 10
    • CPU : AMD Dual Core / Intel Dual Core / ARM Snapdragon
    • Video Card : 512 MB AMD / Intel / nVidia/ Mali MP4 / Adreno 5 Series
    • RAM : 2 GB

    PERINGATAN
    Perhatian ! File download yang kami berikan hanya untuk tutorial pembelajaran dari aplikasi emulator, file BIOS dan file Game tidak diberikan pada artikel ini. Penggunaan dari file yang didownload merupakan tanggung jawab pengguna sendiri. Blog CodeFlare tidak bertanggung jawab atas segala pelanggaran Hak Cipta yang terjadi baik secara langsung ataupun tidak langsung. Dengan mendownload file link yang ada di bawah ini maka pengguna telah mengetahui dan mengerti dari tindakan yang akan dilakukannya.

    Password : codeflare.blogspot.com


    #2 Cara Menggunakan Emulator ePSXe


    Oke... setelah mendownload emulator ePSXe maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut.

    • Silakan anda ekstrak (buka kompresi) file tersebut menggunakan winrar atau 7zip
    • Buka folder PlayStation kemudian klik file Playstation Game
    • Anda bisa menaruh file shortcut PlayStation Game ini di desktop atau di foder mana saja untuk mempermudah akses aplikasi emulator
    • Setelah aplikasi emulator dibuka maka langkah selanjutnya menjalankan game PS1 dengan klik menu File.
      • Klik menu Run CDROM jika anda menggunakan cd game ps1
      • Klik menu Run ISO jika anda menggunakan game ps1 yang sudah dibackup di dalam HardDisk
      • Klik menu Run PS-EXE jika anda menggunakan game ps1 yang terkonversi menggunakan executable
      • Klik menu Run BIOS apabila game anda menggunakan BIOS tersendiri
      • Klik menu Open Game List jika anda sudah membuat directory list dari game PS1 di HardDisk anda

      Bagi anda yang menggunakan opsi Run ISO contoh membuka game PS1 bisa dilihat seperti pada gambar di bawah ini.

      Klik File kemudian pilih menu Run ISO


      Cari lokasi game PS1 anda yang sudah ada di dalam HardDisk, kemudian pilih format file yang tersedia. Setelah terpilih klik tombol Open


    • Sebagai catatan admin tidak menyertakan file BIOS, untuk itu anda harus mencari file BIOS PS1. Tinggal googling aja menggunakan kata kunci BIOS PS1 atau BIOS PSX kemudian download dan ekstrak file tersebut. Taruh file BIOS di folder mana saja, kemudian pada settingan ePSXE anda tinggal memasukan settingan lokasi BIOS dan pilih salah satu dari BIOS yang akan anda gunakan.


    • Harap diperhatikan Resolusi Layar yang admin gunakan adalah 1366x768 piksel, jika layar monitor anda berbeda dengan yang admin gunakan maka langkah selanjutnya adalah dengan merubah konfigurasi resolusi layar yang ada pada settingan plugin video. Klik menu Config kemudian pilih Video selanjutnya rubah settingan layar yang ada pada menu Desktop Resolution, pilih yang sesuai dengan resolusi layar monitor yang anda gunakan. Tekan tombol OK untuk menyimpan settingan video.


      Apabila anda kurang puas dengan settingan konfigurasi video yang admin gunakan anda bisa merubah settingan opsi-opsi yang terdapat pada konfigurasi video tersebut. Anda juga bisa merubah settingan shader agar bisa menampilkan hasil emulasi tampilan yang unik, caranya adalah dengan menentukan lokasi folder shader yang anda pilih. Pilihan shader ada didalam sub folder PlayStation dengan nama folder shader. Terdapat banyak pilihan shader yang bisa anda pilih dan anda coba.

    • Langkah berikutnya adalah merubah setingan gamepad, pastikan gamepad anda sudah terdeteksi oleh sistim operasi yang anda gunakan. Adapun cara mengkonfigurasi gamepad seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.




    • Jika sudah selesai mengkonfigurasi ePSXe anda tinggal memainkan game PS1 dengan tampilan HD yang lancar jaya di PC anda. Apabila ingin keluar dari layar permainan anda tinggal menekan tombol Esc yang ada di keyboard anda.

    • Agar game PS1 bisa dijalankan dengan lancar dan halus maka diperlukan settingan tambahan sebagai berikut.



      Pada file download yang saya bagikan settingan tersebut sudah diaktifkan jadi tidak perlu lagi merubah settingan tersebut, kecuali jika game yang dijalankan tidak mulus maka silakan anda merubah settingan tersebut.

    #3 Game PS1 Terbaik Versi CodeFlare


    Bermain game PS1 memang penuh dengan nostalgia dan masih layak untuk dimainkan terutama jika anda memiliki komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu kencang untuk tahun 2018 ke atas. Berikut beberapa game PS1 yang menurut admin terbaik dari sisi grafis dan gameplay.

    • Winning Eleven dan Pro Evolution Soccer
    • Silent Hill
    • Road Rash : Jail Break
    • Harvest Moon
    • Tekken 3
    • Mortal Kombat
    • Gran Turismo
    • Metal Slug IV
    • Ace Combat
    • Tony Hawk Pro Skater
    • Alundra I dan Alundra II
    • Bloody Roar I dan Bloody Roar II
    dan masih banyak judul game PS1 lainnya yang tidak bisa disebutkan di dalam artikel ini....

    Game PS1 iso banyak betebaran di internet anda tinggal mendownload game-game tersebut dengan cepat dan mudah karena file size game PS1 iso tidak terlalu besar, terutama game PS1 iso yang sudah terkompresi dalam bentuk rar atau 7zip yang membuat ukuran filenya tidak terlalu besar dan masih bisa di download dengan cepat dan lancar.

    Harap diperhatikan admin tidak menganjurkan untuk melakukan download game PS1 secara illegal karena melanggar aturan Hak Cipta. Segala bentuk tindakan yang pengguna lakukan adalah tanggung jawab pengguna sendiri.

    #4 Game PS1 Dengan Konten Dewasa (Adult)


    Bagi anda yang tertarik dengan game PS1 bertemakan konten dewasa, terdapat beberapa judul game yang dapat anda mainkan. Game tersebut bisa anda cari dan dapatkan melalui googling. Adapun beberapa judul game yang bertemakan konten dewasa tersebut adalah sebagai berikut.


    • Thrill Kill
    • Virtual Sex 2
    • BMX XXX
    • Leisure Suit Larry: Love for Sail
    • Duke Nukem: Land of the Babes
    • Vegas Games 2000
    • The Yakyuken Special
    • Game Girls

    #5 Referensi Artikel



    Demikian artikel blog tentang Emulator PS1 Cara Setting ePSXe 2.0.5 PC Tampilan Grafis HD terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Keyword


    Blog, Blogger, Blogspot, Game, Games, Emulator, PS1, PSX, PS, Playstation, One, ISO, CUE, BIN, Emu, Emulates, Cara, Tampilan, HD, Spek, Spesifikasi, Rendah, PC, Linux, Windows, Tutorial, ePSXe, Full, Plugin, OGL, DirectX, Compatible, Play, SONY, Lengkap, Download, Free

    Incoming Search Term


    Tutorial lengkap menggunakan emulator ePSXe, Setting ePSXe agar tampilan bisa high resolution, emulator ps1 terbaik, emulator psx lengkap dengan plugin, cara menjalakan game ps1 menggunakan PC, cara menggunakan emulator PS1, Game terbaik dengan grafis bagus game PS One, Game Dewasa PS1, Download Game PS1, Gratis Game PSX, Adult Game PS1, Download Emulator PS1 Terbaru, Emulator PS1 for Win 10, PSX emulator for windows 10

    5 comments:

    1. jadi keinget masa jaman sd hehehe bermanfaat bangt nihh

      ReplyDelete
    2. Terimakasih atas tutorialnya bang, bikin aku bernostalgia ke masa lalu. aku juga punya PS1 sejak jamannya samoai skarang masih bisa hidup. dijamin langsung praktekin.. hehehe

      ReplyDelete
    3. wah jadi kangen dg game2 di PS1 yg dulu sering dimainin pas masih kecil, jd nostalgia bgt, terutama game Super Shot Soccer, Metal Slug, dll.. makasih tutorialnya ya mas..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya udah komen disini sebelumnya.. Pokoknya kangen bgt dg game PS1 sampe PS2 😁😁

        Delete
    4. jadi inget jaman masih sekolah liat game ini, bela2in bolos sekolah cuma mau main ps1 ,..
      makasih gan telah memberi tutorial dan memberi bahan2 nya,..
      sukses terus ya gan,...

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad