Header Ads

  • Cara Mengganti Background Blog Dengan Video Youtube atau mp4

    Menggunakan Video Youtube Sebagai Background Halaman Website atau Blog


    Saat ini sudah banyak website atau blog yang menggunakan video durasi pendek sebagai latar belakang (background) halaman web, yang tujuannya tentu saja untuk membuat tampilan situs tersebut menjadi unik dan menarik. Pemasangan video sebagai background pada halaman web juga merupakan salah satu trik untuk memberikan tampilan dinamis nan segar pada halaman web kamu.

    Konsep menggunakan video sebagai background sebenarnya merupakan trend web design sejak tahun 2017 yang mana pada tahun tersebut hampir semua browser terkenal sudah bisa menerapkan penggunaan video kedalam syntax dasar kode HTML5.

    Kendala pertama dalam penerapan video sebagai background adalah bandwidth internet pengguna yang mana pada waktu itu koneksi internet belum secepat sekarang ini.

    Perlu diingat juga apabila menggunakan video sebagai background halaman web / blog diusahakan jangan sampai memasang video yang berdurasi lama atau video dengan file berukuran besar karena dikhawatirkan akan membuat lambat loading blog anda apalagi bila pengunjung blog menggunakan jaringan internet yang masih lambat, maka semakin kesal pengunjung blog anda karena terlalu lama menunggu loading blog selesai.

    Trik menggunakan video sebagai background bisa langsung menggunakan format mp4/mov yang di hosting secara gratis seperti, video youtube, video dailymotion dan lain sebagainya.

    Sebagai contoh dari pemasangan video sebagai background halaman seperti yang terlihat pada artikel ini. Jika tidak terlihat bisa jadi karena terkendala jaringan internet anda agak lambat atau browser yang anda gunakan belum support untuk video playback. Coba refresh halaman ini sebagai salah satu solusi untuk melihat contoh penerapan video sebagai background halaman blog.

    Informasi Singkat
    Spesifikasi HTML5 tidak menentukan browser format video dan audio mana yang harus didukung. Pembuat browser bebas untuk mendukung format video apa pun yang mereka rasa sesuai, tetapi penulis konten tidak dapat berasumsi bahwa video apa pun akan dapat diakses oleh semua browser pengguna, karena browser pengguna tidak memiliki set minimal format video dan audio untuk didukung.

    Kelompok Kerja HTML5 menganggap perlu menentukan setidaknya satu format video yang harus didukung oleh semua browser. Format ideal dalam hal ini adalah:

    • Memiliki kompresi yang baik, kualitas gambar yang baik, dan penggunaan prosesor decode rendah.
    • Bebas royalti.
    • Selain decoder perangkat lunak, decoder video perangkat keras harus ada untuk format, karena banyak prosesor tertanam tidak memiliki kinerja untuk memecahkan kode video.

    Awalnya, Ogg Theora adalah format video standar yang direkomendasikan dalam HTML5, karena tidak terpengaruh oleh paten yang dikenal. Tetapi pada 10 Desember 2007, spesifikasi HTML5 telah diperbarui, menggantikan referensi ke format yang lebih familiar seperti (mp4, mov & webm) namun setiap browser disarankan harus mendukung format video Theora dan audio Vorbis, serta format wadah Ogg.
    Sumber : Wikipedia



    DAFTAR ISI
    1. Background Video Script Generator
    2. Situs Layanan Video dan Hosting Video
    3. Cara Pemasangan BackGround Video Pada Blogger

    #1 Background Video Script Generator


    Bagi anda yang sudah memiliki URL video yang akan digunakan sebagai background untuk halaman website/blog silakan gunakan Background Video Script Generator di bawah ini.

    Cara Penggunaan

    Masukan URL video kemudian tekan tombol Preview untuk memunculkan kode HTML kemudian Copy - Paste kode tersebut dan taruh di dalam kode template website atau blog.

    Pada tombol Add to Blogger merupakan tombol yang akan menaruh kode HTML yang dihasilkan langsung ke dalam kotak gadget blogger sehingga mempermudah proses pemasangan kode HTML background video ini.

    Script yang dibuat oleh codeflare ini sudah memiliki fitur responsive dan mobile friendly jadi aman digunakan untuk semua browser pengguna yang datang ke blog Anda.



    Video URL
    Host Video
    Video
    Share Video
    iFrame
    AutoPlay Muted
    AutoLoop Border
    Set Background Fullscreen
    Video Size
    Width Height
    PREVIEW
    HTML CODE

    #2 Situs Layanan Video dan Hosting Video


    Penggunaan Video Sebagai Background Blog dapat menggunakan video sendiri dengan format umum yang didukung browser atau bisa juga menggunakan video yang berasal dari pihak ketiga seperti youtube, dailymotion, facebook, yahoo dan lain sebagainya. Sebagai kelengkapan informasi, saya berikan daftar beberapa situs besar yang menyediakan hosting video, template video dan sosial media video yang menyediakan fitur embed video.

    Sosial Media Video Hosting

    Penggunaan video dari situs jejaring sosial seperti youtube, facebook dan lainnya menggunakan pengaturan iFrame embed untuk memutar (playback) video. Keunggulan menggunakan video host dari situs jejaring sosial, yaitu unlimited bandwidth, bebas digunakan dan dapat diputar kapan saja. Gunakan opsi iFrame pada Background Video Script Generator apabila anda menggunakan host video dari situs jejaring sosial.


    Youtube Dailymotion Facebook Metacafe
    Twitch Tv 9gag Video D Tube Bit Chute
    Live Leak VEOH Archive Org THE VLOG


    Free Video Template Sites

    Anda juga bisa menggunakan template video gratisan sebagai background blog atau website, bahkan bisa langsung menggunakan URL template video tersebut tanpa harus di donwnload terlebih dahulu. Pastikan URL yang anda gunakan merupakan URL Direct Link video. Gunakan opsi video pada Background Video Script Generator apabila anda menggunakan host video dari server tersebut.


    Videezy Videvo Videoblocks Free-video-footage


    Free Video File Hosting

    Penggunaan video sendiri menggunakan hosting video sharing file bisa anda gunakan sebagai background video untuk halaman web / blog anda. Gunakan opsi video pada Background Video Script Generator apabila anda menggunakan host video dari server tersebut. Pastikan URL yang anda gunakan merupakan URL Direct Link Download. Apabila anda menggunakan Google GDrive silakan gunakan MIFET untuk mengkonversi link sharing menjadi direct link download.

    Kekurangan menggunakan server file sharing gratisan adalah keterbatasan penggunaan bandwidth, jadi jika batas kuota bandwidth sudah habis maka video anda yang di host pada server file sharing tersebut tidak akan bisa diputar sampai batas waktu yang ditentukan oleh file sharing server tersebut. Saran saya gunakan server situs video jejaring sosial atau situs penyedia template video.

    Gunakan opsi video pada Background Video Script Generator apabila anda menggunakan host video dari server file sharing tersebut.

    Google Drive OneDrive DropBox Streamable

    #3 Cara Pemasangan BackGround Video Pada Blogger


    Pemasangan kode HTML untuk Membuat Video Sebagai Background Blog bisa anda pasang di dalam kode template blog atau bisa juga pada kotak widget blog. Bagi pengguna blogger (blogspot) bisa menggunakan tombol Add to Blogger pada Background Video Script Generator untuk mempercepat dan mempermudah proses pemasangan kode HTML tersebut.

    Cara manual memasang kode HTML di dalam kode template blog bagi yang belum tahu cara pemasangannya bisa dilihat pada tutorial di bawah ini.

    PERINGATAN
    Perhatian ! sebelum melakukan perubahan pada kode HTML template blog, sebaiknya Anda melakukan backup kode HTML template blog terlebih dahulu, dikarenakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila terjadi kesalahan prosedur dalam melakukan perubahan kode HTML template blog, maka Anda dapat melakukan proses perbaikan dengan cepat dan mudah.

    • Silakan login dahulu ke blog Anda.

    • Klik tombol Tema untuk masuk ke tema editor.


    • Klik tombol Edit Tema untuk menampilkan kode HTML Template Blog.


    • Geser scrollbar ke posisi paling bawah.


    • Letakan kode yang akan dipasang bisa di atas </head> atau bisa juga tepat diatas kode </body>.


      Tekan tombol Save dan coba lihat hasilnya.

    Demikian artikel blog tentang Menggunakan Video Youtube Sebagai Background Blog apabila ada pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.



    Keyword


    blog, blogger, blogspot, cara, tutorial, pasang, memasang, video, youtube, dailymotion, metacafe, gdrive, background, latarbelakang, vidio, vedio, vid, stream, fullscreen, layar, penuh, hosting, sosial, media, mp4, mov, webm, ogg, embed, iframe, online

    Incoming Search Term


    Cara Pasang Video Youtube sebagai Background Halaman Web atau Blog, Video MP4 sebagai latarbelakang (background) website atau blog, Pasang video streaming untuk background blog, cara membuat video untuk halaman situs web dan blog, Vidio sendiri untuk gambar latar halaman website atau blogger, cara bikin latarbelakang (background) video untuk halaman blog, Cara Memasang Video Youtube yang Responsive di Blog

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad