Header Ads

  • Solusi ! Mengatasi Iklan AdSense Yang Tidak Tampil

    Solusi ! Mengatasi Iklan AdSense Yang Tidak Tampil


    Kenapa iklan AdSense tidak tampil ?. Menurut informasi yang admin dapat dari hasil blogwalking ada 3 faktor utama penyebab mengapa iklan AdSense tidak tampil atau unit iklan AdSense hanya sebagian saja yang muncul pada halaman blog. Tapi sebelum membahas Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Tampil ada baiknya anda sedikit mengetahui beberapa informasi dari permasalahan mengapa iklan adsense pada situs anda tidak tampil atau unit iklan AdSense hanya sebagian saja yang muncul pada halaman tertentu.

    Ok sedikit tambahan info, blog atau situs yang baru saja disetujui oleh pihak google adsense biasanya akan membutuhkan waktu paling lama sekitar 1 minggu dan paling cepat sekitar satu hari kedepan agar iklan bisa mulai ditampilkan pada blog tersebut. Dalam kurun waktu tersebut diharapkan pemilik blog sudah melakukan penyesuaian terhadap slot iklan dan sudah memasang kode script adsense dengan benar pada blognya. Biasanya pemilik blog akan di informasikan melalui email oleh pihak google adsense apabila iklan google adsense sudah ditayangkan.

    Apabila pihak google adsense sudah memberikan info bahwa iklan sudah ditayangkan namun pada saat anda melakukan pengecekan ternyata iklan AdSense tidak tampil atau unit iklan AdSense hanya sebagian saja yang muncul maka perlu dilakukan pengecekan satu-persatu untuk bisa mendeteksi secara pasti letak permasalahannya sehingga dapat diketahui solusi untuk memperbaikinya. Berikut adalah urutan diagnosa untuk mengetahui letak permasalahan mengapa iklan AdSense tidak tampil atau unit iklan AdSense hanya sebagian saja yang muncul pada halaman blog dan juga solusi untuk memperbaikinya.


    Informasi Singkat

    Iklan mungkin tidak muncul di situs jika Anda menemukan salah satu masalah berikut pada kode iklan Anda:

    Kode iklan tidak muncul secara keseluruhan, misalnya, ada tag <script> atau <ins> yang hilang. Semua kode iklan ditampilkan dalam satu baris sekaligus. Kode iklan berisi tag HTML tambahan di dalamnya. Jika melihat salah satu masalah ini, Anda harus mengganti kode iklan yang rusak dengan kode iklan baru yang disalin dari halaman Iklan di akun AdSense Anda. Pelajari cara mendapatkan dan menyalin kode iklan.

    Jika Anda butuh bantuan dalam menerapkan unit iklan responsif, lihat pertimbangan teknis kami mengenai unit iklan responsif.


    Sumber : Google Support



    DAFTAR ISI
    1. Perubahan Kode Iklan Adsense
    2. Merubah URL Internet Protocol (HTTPS)
    3. Setting Robot.txt Pada Akun Blogspot
    4. Menggunakan JQuery Untuk Mengaktifkan Script Adsense
    #1 Perubahan Kode Iklan Adsense


    Informasi terbaru tentang google adsense yang saya peroleh (pada saat artikel ini diterbitkan), google adsense telah memperbarui kode iklan dan jenis layanan iklan. Akibat perubahan tersebut banyak slot iklan lama yang tidak bisa menampilkan iklan seperti biasanya. Silakan anda sesuaikan settingan kode iklan adsense melalui akun adsense anda.

    Update semua kode iklan yang sudah terpasang pada blog atau website anda. Jika iklan sudah bisa tayang maka masalah sudah terselesaikan.

    Agar iklan bisa tampil di semua pengunjung blog sebaiknya anda memasang kode script peringatan browser tanpa javascript. Maksudnya adalah terkadang ada pengunjung blog yang menonaktifkan javascript pada browsernya, sehingga iklan yang ada pada blog anda tidak akan bisa terlihat, untuk mengantisipasi hal tersebut silakan anda gunakan trik Cara Menampilkan Peringatan Untuk Non Javascript Browser

    #2 Internet Protocol HTTPS


    Salah satu faktor penyebab iklan AdSense tidak tampil di halaman tertentu yaitu anda baru mengaktifkan fitur HTTPS yang disediakan Google untuk custom domain di blognya. Yaa, untuk perubahan atau migrasi blog dari HTTP ke HTTPS ternyata membutuhkan proses yang berimbas juga pada hilangnya iklan dari unit iklan AdSense yang belum pernah dialami sebelumnya. Ini dikarenakan jenis protokol URL yang tidak sama, yang satu tanpa enkripsi (HTTP) sedangkan yang satunya lagi menggunakan sistem enkripsi (HTTPS). Nah, ini yang membuat sistem browser menolak untuk membaca protokol HTTP biasa karena pada browser sekarang (2019) sistim Internet Protokol HTTPS lebih diutamakan.

    Silakan anda merubah kode script adsense anda dari HTTP biasa menjadi HTTPS. Anda tinggal menambahkan huruf s pada protokol alamat URL script adsense.

    Contoh :

    <script data-ad-client="ca-pub-123456789012345" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

    Informasi Singkat
    HTTP Secure (HTTPS)

    Protokol transfer hiperteks adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.

    Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

    Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.

    Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan https:// bukan dengan http://.

    Kesalahpahaman yang sering terjadi pada pengguna kartu kredit di web ialah dengan menganggap HTTPS “sepenuhnya” melindungi transaksi mereka. Sedangkan pada kenyataannya, HTTPS hanya melakukan enkripsi informasi dari kartu mereka antara browser mereka dengan web server yang menerima informasi.

    Pada server web, informasi kartu mereka secara tipikal tersimpan di basis data server (kadang-kadang tidak langsung dikirimkan ke pemroses kartu kredit), dan server database inilah yang paling sering menjadi sasaran penyerangan oleh pihak-pihak yang tidak berkepenting pada browser web.
    Sumber : Wikipedia


    #3 Setting Robot.txt Pada Akun Blogspot


    Bagi anda yang menggunakan domain blogspot anda perlu mengaktifkan robot.txt agar iklan dapat tampil di semua halaman blog. Akan tetapi apabila iklan adsense anda sudah bisa tampil tanpa perlu merubah settingan robot.txt maka anda tidak perlu lagi menyesuaikan robot.txt. Namun apabila sebaliknya iklan google adsense tidak bisa tampil atau hanya tampil pada sebagian halaman maka cara ini perlu anda coba. Berikut cara mengaktifkan robot.txt pada akun blog anda.

    Pertama, buka Blogger > Klik menu Setelan > Klik Preferensi penelusuran > Lalu temukan robot.txt khusus seperti pada gambar di bawah ini.

    Solusi Mengatasi Iklan AdSense Yang Tidak Tampil

    Silakan isi kotak form robot.txt dengan aturan teks dibawah ini.

    User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow:

    User-agent: *
    Disallow: /search
    Allow: /
    Sitemap: https://codeflare.blogspot.com/sitemap.xml

    Ganti URL domain codeflare.blogspot.com pada aturan teks di atas dengan nama domain blog sobat, kemudian klik tombol Simpan perubahan dan selesai. Dengan cara ini juga sekaligus akan memperbaiki error Indexed Though Blocked by robots.txt di Search Console.

    Setelah melakukan cara di atas iklan AdSense tidak akan langsung tampil, semuanya butuh proses. Sobat hanya perlu menunggu sampai Google merayapi blog dengan format robot.txt yang baru.

    #4 Menggunakan JQuery Untuk Mengaktifkan Script Adsense


    Cara ini merupakan trik untuk mengaktifkan script adsense untuk unit iklan yang terpasang. Format umum untuk setiap unit iklan berbeda-beda tergantung dari tipe unit iklan yang anda gunakan, berikut contoh format umum unit iklan adsense.

    <script data-ad-client="ca-pub-123456789012345" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
    <!-- Script_AdSense_350x350 -->
    <ins class="adsbygoogle"
    style="display:block"
    data-ad-client="ca-pub-91234567890123456"
    data-ad-slot="1234567890"
    data-ad-format="auto"
    data-full-width-responsive="true"></ins>
    <script>
    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
    </script>

    PERINGATAN
    Perhatian ! sebelum melakukan perubahan pada kode HTML template blog, sebaiknya Anda melakukan backup kode HTML template blog terlebih dahulu, dikarenakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila terjadi kesalahan prosedur dalam melakukan perubahan kode HTML template blog, maka Anda dapat melakukan proses perbaikan dengan cepat dan mudah.

    Pada kode :

    <script data-ad-client="ca-pub-123456789012345" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

    anda cukup menaruh kode tersebut satu kali dan letakan di dalam kode HTML Template tepat diatas kode </Head>. Selanjutnya taruh kode unit iklan <ins> saja tanpa script bawahnya, seperti contoh kode di bawah ini.

    <ins class="adsbygoogle"
    style="display:block"
    data-ad-client="ca-pub-91234567890123456"
    data-ad-slot="1234567890"
    data-ad-format="auto"
    data-full-width-responsive="true"></ins>

    Jangan lupa kode di atas tersebut merupakan kode contoh, anda harus menggunakan kode adsense sendiri yang bisa anda dapatkan melalui akun adsense anda.

    Pada kode :

    <script>
    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
    </script>

    merupakan kode untuk mengaktifkan tampilan iklan, kode tersebut kita ganti dengan kode script modifikasi agar tampilan iklan dimuat setelah dokumen HTML selesai dimuat oleh browser. Fungsinya adalah agar google adsense dapat menampilkan iklan yang relevan tanpa ada kendala sehingga iklan bisa ditampilkan sesuai dengan konten artikel blog / website.

    Langkah selanjutnya adalah memasang kode modifikasi untuk mengaktifkan kode script adsense. Silakan pasang kode di bawah ini di dalam kode HTML template blog setelah kode </Body>

    <script>
    $(document).ready(function(){
    for (var adsPush = $(&#39;ins.adsbygoogle[data-ad-slot=1234567890], i=0; i&lt;adsPush.length; i++){
    if (adsPush[i]) {(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});}}});
    </script>

    Pada kode data-ad-slot=1234567890 merupakan nomer slot unit iklan yang akan anda pasang. Kode ID tersebut anda dapatkan pada akun adsense anda setelah anda memilih unit iklan adsense untuk dipasang. Setiap kode ID tersebut hanya berlaku untuk satu tampilan unit iklan, kode modifikasi script di atas hanya untuk satu unit iklan adsense.

    Apabila anda telah membuat beberapa unit iklan atau anda akan menggunakan lebih dari satu unit iklan maka silakan anda gunakan kode modifikasi yang ada di bawah ini.

    <script>
    $(document).ready(function(){
    for (var adsPush = $(&#39;ins.adsbygoogle[data-ad-slot=1234567890],ins.adsbygoogle[data-ad-slot=2234567890],ins.adsbygoogle[data-ad-slot=3234567890],ins.adsbygoogle[data-ad-slot=4234567890],ins.adsbygoogle[data-ad-slot=5234567890]&#39;), i=0; i&lt;adsPush.length; i++){
    if (adsPush[i]) {(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});}}});
    </script>

    Harap diperhatikan setiap data slot unit iklan. Pastikan anda gunakan data slot unit iklan yang anda dapatkan dari akun adsense anda. Silakan anda rubah ID Slot unit iklan pada kode di atas dengan ID Slot unit iklan anda.


    Informasi berguna yang lain mengenai adsense bisa anda baca pada artikel-artikel codeflare yang bertajuk adsense atau klik tombol link berikut ini. Artikel Codeflare Blogspot Tentang Adsense.

    Demikian informasi mengenai Cara Mengatasi Iklan AdSense Yang Tidak Tampil, semoga bisa bermanfaat.

    Keyword


    Cara, Solusi, Metode, Membuat, Mengatasi, Blog, Blogger, Blogspot, Google, Adsense, Masalah, Iklan, Ads, Tidak, Tampil, Muncul, Hilang, Terlihat, Error, Fungsi, Script, Kode, Javascript, JQuery, HTML, Code, Web, Situs, Website, Trouble, Fix, Praktis, Simple, Sederhana, Mudah

    Incoming Search Term


    Memperbaiki Iklan Adsense, Solusi Mengatasi Iklan Adsense Tidak Terlihat, Cara Menampilkan Iklan Adsense, Cara Sederhana Menampilkan Semua Iklan Adsense Pada Semua Halaman Blog, Tips & Trik Agar Iklan Adsense Bisa Muncul, Mengapa Iklan Adsense Tidak Terlihat, Begini Cara Memperbaiki Kode Script Adsense

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ©2010 - codeflare