Header Ads

  • Solusi Cara Bikin Blog Ramai Pengunjung [100% Worked]

    Solusi Cara Bikin Blog Ramai Pengunjung [100% Worked]


    Memiliki blog yang ramai dengan pengunjung merupakan impian semua blogger, khususnya untuk para blogger pemula. Jika blog kamu sepi pengunjung atau memiliki pengunjung harian dibawah 1000 pageview berarti kamu sudah datang di artikel yang tepat. Pada artikel ini akan dibahas solusi, cara, tips, trik dan tutorial tentang Solusi Cara Bikin Blog Ramai Pengunjung [100% Worked].

    Pernahkah terbesit dalam pikiranmu,"Kenapa yaa blog saya koq sepi pengunjung?", "kenapa yaa koq blog si itu bisa ramai pengunjung? padahal artikelnya biasa saja, malahan lebih bagus punya saya", oke itu hanya sekedar contoh ungkapan rasa kecewa karena blog sepi pengunjung.

    Blog sepi pengunjung bukan berarti tidak ada pengunjung yang mau bertandang ke blog kamu, tapi dikarenakan kebanyakan pengunjung tidak tahu alamat blog yang kamu kelola. Boro-boro berkunjung lha wong alamat blog kamu saja pengunjung tidak tahu. Oleh karenanya agar blog kamu ramai oleh pengunjung maka blog yang kamu kelola haruslah terkenal, caranya gimana? yuk kita simak pembahasannya.

    Mendatangkan pengunjung organik di bawah 100 orang perhari merupakan hal yang mudah namun lain ceritanya jika kamu ingin mendatangkan pengunjung blog minimal 1000 (seribu) orang pageview perharinya.

    Jika kamu seorang blogger pemula maka hal ini akan sangat mustahil tanpa dilengkapi dengan modal dana yang mencukupi dan skill blogging yang memadai. Mendatangkan pengunjung blog minimal 1000 (seribu) orang perhari memang agak rumit tapi bukanlah hal yang mustahil jika kamu mengerti konsep dan solusinya.

    Ingin blog kamu ramai dikunjungi orang ? silakan disimak ulasan artikel Solusi Cara Bikin Blog Ramai Pengunjung [100% Worked] yang sudah admin rangkum berdasarkan hasil analisis sendiri dari berbagai sumber kredibel di internet.


    Informasi Singkat

    Pageview

    Dalam analisis web dan manajemen situs web, tampilan halaman atau tampilan halaman, disingkat bisnis menjadi PV dan kadang-kadang disebut tayangan halaman, adalah permintaan untuk memuat satu file HTML (halaman web) dari situs Internet. Di World Wide Web, permintaan halaman akan dihasilkan dari peselancar web yang mengklik tautan di halaman lain yang menunjuk ke halaman yang dimaksud.

    Sebaliknya, hit mengacu pada permintaan untuk file apa pun dari server web. Oleh karena itu, mungkin ada banyak klik per tampilan halaman karena halaman HTML dapat berisi banyak file seperti gambar, video, JavaScript, cascading style sheets (CSS), dll. Pada keseimbangan, tampilan halaman mengacu pada sejumlah halaman yang dilihat atau diklik di situs selama waktu tertentu.

    Tampilan halaman dapat dihitung sebagai bagian dari analisis web. Bagi pemilik situs, informasi ini dapat berguna untuk melihat apakah ada perubahan pada "halaman" (seperti informasi atau cara penyajiannya) menghasilkan lebih banyak kunjungan. Jika ada iklan di halaman, penerbit juga akan tertarik pada jumlah tampilan halaman untuk menentukan pendapatan yang diharapkan dari iklan. Untuk alasan ini, ini adalah istilah yang digunakan secara luas untuk pemasaran dan periklanan Internet.


    Sumber : Wikipedia



    DAFTAR ISI
    1. Konsep Blogging Agar Ramai Pengunjung
      1. 1. Tampilan Blog Yang Menarik
      2. 2. Apakah Perlu Memiliki Tampilan Blog Yang Menarik ?
      3. 3. Bagaimana Cara Memilih Template Blog Yang Tepat ?
      4. 4. Kecepatan Loading Blog Yang Cepat
      5. 5. Konten Artikel Blog Yang Jawara
      6. 6. Cara Membuat Konten Artikel Yang Jawara
      7. 7. Pasang Backlink Berkualitas
    2. Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung
      1. 1. Apa itu Pengunjung Organik ?
      2. 2. Bagaimana Cara Pengunjung Organik Menemukan Blog Kamu ?
      3. 3. Apa itu Indexing ?
      4. 4. Bagaimana Cara Agar Artikel Blog Bisa Terindex ?
      5. 5. Syarat Blog Ramai Pengunjung
    3. Kesimpulan

    #1 Konsep Blogging Agar Ramai Pengunjung

    Blogging adalah aktivitas yang dilakukan seorang admin blog dalam mengelola dan mengembangkan sebuah website atau blog miliknya dengan baik agar bisa ramai dikunjungi oleh banyak orang di dunia maya (internet) sehingga bisa berkembang dan tetap exis.

    Konsep utama agar website atau blog bisa ramai pengunjung adalah dengan membuat website / blog yang berkualitas dari sisi tampilan blog, kecepatan loading yang baik, isi konten artikel yang jawara dan tentunya dibantu dengan backlink yang mumpuni. Konsep blogging inilah yang menjadi landasan untuk solusi mengatasi minimnya jumlah pengunjung yang datang ke blog.


    Tampilan Blog Yang Menarik

    Seperti jargon dalam iklan parfume, yaitu "Kesan Pertama Begitu Menggoda Selanjutnya Terserah Anda", maka buatlah tampilan blog semenarik mungkin yang disesuaikan dengan tema pembahasan blog. Gunakan template premium yang berkualitas agar tampilan blog kamu menjadi semakin benar-benar menggoda.

    Apakah Perlu Memiliki Tampilan Blog Yang Menarik ?

    Sangat dianjurkan untuk menggunakan template blog yang memiliki tampilan yang menarik yang sesuai dengan tema pembahasan. Penggunaan template blog yang tepat akan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama dengan halaman blog kamu. Semakin betah pengunjung blog maka semakin kecil rasio bounce rate (rasio pentalan pengunjung terhadap interaksi halaman web/blog). Perhatikan juga dengan kombinasi huruf dan warna yang digunakan, pastikan bisa membuat nyaman mata pengunjung.

    Bagaimana Cara Memilih Template Blog Yang Tepat ?

    Salah satu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan, dalam memilih template blog yang tepat tidak ada rumusan pasti karena penggunaan template bergantung dari masing-masing selera pemilik blog itu sendiri. Namun sebagai patokan awal ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar bisa memilih template blog yang tepat.

    • Gunakan template blog yang sudah full SEO (Search Engine Optimization)
      SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah cara yang dilakukan seorang pengembang web dalam melakukan optimasi halaman web agar mudah terindex oleh mesin penelusaran dan mendapatkan peringkat yang baik di halaman hasil mesin penelusuran.

      Cara SEO yang dilakukan umumnya berdasarkan aturan baku yang sudah ditetapkan atau disarankan oleh mesin penelusuran agar mesin penelusuran dapat memahami dengan mudah dan cepat isi konten dan struktur halaman web yang akan diindex. Apabila halaman web/blog sudah terindex oleh mesin penelusuran maka secara otomatis web kamu akan mudah ditemukan oleh pengunjung.

      Template blog yang full SEO akan lebih mudah dimengerti dan dirayapi oleh mesin penelusuran sehingga dengan cepat bisa terindex dan memperoleh peringkat yang lebih baik di mata mesin penelusuran.

    • Gunakan template blog yang sudah memiliki fitur Responsive
      Fitur responsive adalah kemampuan halaman web/blog untuk menyesuaikan tampilan halaman blog berdasarkan dimensi layar (screen) yang digunakan oleh pengunjung blog saat berkunjung ke halaman web/blog tersebut. Berkat adanya fitur responsive yang baik maka tampilan halaman blog kamu akan tetap terlihat rapih diberbagai perangkat pengguna.

      Template blog yang mendukung fitur responsive akan memudahkan pengunjung blog untuk melihat konten artikel blog yang menggunakan browser melalui perangkat mobile. Mengingat semakin banyak pengguna yang menggunakan perangkat mobile dalam berselancar di dunia maya, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan template blog yang sudah memiliki fitur full responsive untuk berbagai perangkat mobile.

    • Gunakan template blog yang memiliki fitur Navigasi Halaman
      Fitur Navigasi pada halaman blog berfungsi untuk memudahkan pengunjung untuk mengetahui menu konten yang terdapat pada halaman blog tersebut sehingga pengunjung dengan mudah dapat beralih ke halaman konten yang disajikan. Penggunaan fitur ini umumnya berisi link wajib seperti link halaman about me (perkenalan diri), link halaman kontak, link halaman disclaimer, link halaman privacy policy dan link halaman sitemap.

      Jika kamu berencana akan menggunakan layanan program Google Adsense maka link-link tersebut wajib terpasang sebagai link navigasi halaman web.

    • Gunakan template blog yang memiliki fitur ADSense ready
      Fitur ADsense ready adalah fitur template blog yang sudah dioptimalkan untuk penempatan lokasi iklan, jadi seandainya kedepannya nanti akan mengikuti kemitraan dengan penyedia layanan iklan seperti Google Adsense maka untuk lokasi penempatan iklan pada template sudah dibuat optimal lokasi penempatannya. Hal ini akan berpengaruh untuk hasil maksimal yang bisa diperoleh nantinya.

    • Gunakan template blog yang memiliki fitur Auto Dark Mode
      Auto Dark Mode adalah fitur untuk meredupkan warna latar belakang dan warna huruf agar menjadi lembut di mata pada saat pengunjung blog sedang berkunjung ke blog dimalam hari atau dalam kondisi cahaya ruangan sedang gelap.

      Berkat adanya fitur Auto Dark Mode ini maka pengunjung bisa betah berlama-lama membaca artikel blog kamu. Jika fitur ini tidak terdapat pada template blog yang kamu gunakan, kamu bisa membuatnya sendiri. Tutorial tentang fitur Auto Dark Mode bisa kamu baca pada artikel : [Script] Auto Dark Mode Untuk Website Dan Blog.

    Kecepatan Loading Blog Yang Cepat

    Kecepatan rendering halaman blog yang baik adalah dibawah waktu 5 detik jadi pastikan template blog beserta isi kontennya sudah dioptimalkan agar bisa ditampilkan ke pengguna dengan cepat.

    Kecepatan loading blog juga digunakan sebagai salah satu indikator dalam penilaian pengunjung blog dan mesin penelusuran. Semakin cepat blog terender dengan baik maka semakin bagus reaksi pengunjung terhadap blog kamu.

    Kecepatan rendering blog bergantung dari optimasi kode HTML, CSS dan Javascript. Jadi pastikan kode-kode tersebut sudah dioptimalkan dan minim kesalahan yang dapat mengakibatkan proses rendering blog menjadi lama.

    Cara mengetahui apakah kecepatan rendering blog kamu cepat atau tidak, kamu bisa menggunakan tool speedtest web yang disediakan oleh google.

    Google Speed Test

    Tool google speed test juga menyediakan detail data tentang permasalahan yang terjadi pada halaman web/blog kamu beserta solusinya.


    Konten Artikel Blog Yang Jawara

    Seperti yang kita ketahui konten adalah raja (content is king) dalam kaitannya dengan artikel blog, karena itu sangat penting untuk membuat konten artikel jawara (yang baik) sebanyak dan sebisa mungkin jika blog kamu ingin tetap kebanjiran pengunjung. Konten artikel juga merupakan generator trafik organic yang paling ampuh, dengan catatan blog kamu berisi konten yang berkualitas baik dari sisi mesin penulusuran maupun dari sisi pengunjung, sudah pasti akan banyak organic visitor (pengunjung organik) yang berkunjung ke blog kamu.

    Cara Membuat Konten Artikel Yang Jawara :

    • Gunakan Struktur Artikel SEO
      Sangat dianjurkan untuk menggunakan struktur dan semantika SEO yang baik dalam pembuatan artikel blog karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan SEO ke dalam artikel blog akan membantu mesin penelusuran memahami isi konten artikel blog yang kamu buat. Sudah barang tentu semakin mudah mesin penelusuran memahami isi konten artikel maka semakin cepat halaman artikel kamu terindex oleh mesin penelusuran.

      Cara membuat artikel yang SEO friendly bisa dibaca pada artikel : Cara Membuat Artikel Pilar SEO untuk Blogger Pemula.

    • Gunakan Bahasa Baku Yang Baik
      Penggunaan tata bahasa yang baik akan memudahkan pengunjung blog memahami isi artikel yang kamu buat.

    • Unsur Definisi dan Solusi Pada Artikel
      Mesin penelusuran lebih memilih artikel yang memiliki kalimat yang mengandung unsur definisi dan solusi yang terdapat di dalam artikel blog.

      Unsur definisi ini misalkan, Apa itu ?, Bagaimana Cara Membuat, Definisi Kata atau Arti, Penjelasan Tentang, Maksud dan Tujuan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kalimat solusi, seperti How to, Manfaat dari, Kekurangan dari, Plus Minus, Kelebihan, Penggunaan dari dan lain sebagainya.

      Pastikan artikel yang kamu buat selalu menyisipkan kata-kata dari unsur definisi atau solusi karena penggunaan dari kata-kata tersebut ampuh untuk menaikan peringkat halaman artikel blog kamu di mesin penelusuran.

    • Sebaran Kata Kunci Artikel
      Apa itu Sebaran Kata Kunci ?
      Sebaran kata kunci di dalam artikel adalah penggunaan kata kunci yang ditargetkan disisipkan secara optimal untuk memenangkan persaingan kata kunci di mesin penelusuran. Harap diperhatikan sebaran kata kunci harus pas dan jangan berlebihan karena bisa dianggap SPAM oleh mesin penelusuran.

      Pastikan juga kata kunci harus ada di judul artikel, karena mesin penelusuran akan menampilkan judul artikel berdasarkan kata kunci relevan yang sedang dicari oleh pengunjung blog di mesin penelusuran.

    • Artikel Original
      Biasakan membuat artikel dengan bahasa dan pemikiran sendiri walaupun website lain sudah memiliki pembahasan yang sama. Tema pembahasan boleh sama tapi usahakan memiliki perbedaan struktur kalimat diatas 75% dan artikel yang kamu buat harus lebih baik.

      Kamu bisa menambahkan atau melengkapi beberapa penjelasan ke dalam artikel agar kualitas artikel yang kamu buat bisa lebih baik dari kompetitor. Hal ini berguna untuk meningkatkan persaingan halaman artikel di mesin penelusaran. Semakin lengkap dan jelas artikel yang kamu buat maka semakin bagus peringkat yang diberikan oleh mesin penelusuran.

      Agar membuat artikel original menjadi mudah silakan gunakan tools seperti voice note, speech recognition, voice to text dan lain sebagainya. Silakan baca artikel Cara Cepat Membuat Artikel Original Sendiri Tanpa Harus Ketik untuk lebih jelasnya.

    • Gunakan Media Pendukung
      Tambahan media pendukung seperti gambar, audio atau video sangat dianjurkan untuk dimasukan ke dalam artikel blog karena bisa menambah daya tarik artikel blog baik dari sisi SEO maupun dari sisi penyajian artikel.

      Media yang kamu gunakan usahakan hasil kreasi sendiri agar terhindar dari pelanggaran hak cipta. Kamu bisa juga menggunakan media gratisan yang banyak betebaran di internet yang bebas dari copyright selama media yang kamu gunakan masih berkaitan dengan pembahasan artikel.

    Pasang Backlink Berkualitas

    Backlink merupakan salah satu elemen dalam SEO (Search Engine Optimization), mesin penelusuran seperti Google, Bing dan Yandex menganggap backlink sebagai salah satu cara untuk memverifikasi otoritas dan relevansi dari nama domain website/blog. Backlink juga bisa dikatakan sebagai referensi pendukung untuk keberadaan website/blog. Biasanya backlink hanya akan diberikan kepada situs yang mempunyai otoritas dan konten terpercaya.

    Backlink adalah sebutan untuk menamai sebuah tautan/link yang mengarah ke halaman utama atau halaman artikel website/blog. Keberadaan backlink bisa dimanfaatkan sebagai rujukan untuk memudahkan pengguna atau sekadar untuk keperluan optimasi agar website/blog lebih terkenal di mata mesin penelusuran.

    Otoritas Backlink dibedakan menjadi dua tipe, yakni dofollow dan nofollow. Jenis backlink dofiollow lebih banyak diminati karena memberikan efek terhadap peringkat pencarian dan memiliki nilai tinggi di mata mesin penelusuran, sementara jenis nofollow masih relatif aman namun hanya memberikan efek yang sedikit terhadap otoritas domain website.

    Cara paling mudah membuat backlink adalah dengan membagikan URL halaman utama atau URL halaman artikel melalui media sosial, online group, backlink profile, blogwalking, web submiter dan lain sebagainya.

    #2 Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung

    Oke setelah memahami konsep blog ramai pengunjung sekarang kita lanjutkan ke pembahasan bagaimana caranya agar blog bisa ramai oleh pengunjung organik.

    Apa itu Pengunjung Organik ?

    Pengunjung Organik adalah pengunjung yang berasal dari arahan mesin penelusuran (Google, Bing, Yandex, dsb) berdasarkan hasil pencarian kata kunci yang dilakukan oleh pengunjung di mesin penelusuran.

    Bagaimana Cara Pengunjung Organik Menemukan Blog Kamu ?

    Alur seorang pengunjung blog organik bisa mengunjungi dan mengetahui blog yang kamu kelola bisa diilustrasikan sebagai berikut.

    1. Pengunjung membuka browser dan mengunjungi situs mesin pencarian, sebagai contoh Halaman Pencarian Google.
    2. Pengunjung memasukan kata kunci pencarian, misalkan saja "Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung".
    3. Ada lima kata kunci yang dimasukan oleh pengunjung, Google sebagai mesin penelusuran internet kemudian melakukan pengambilan data berdasarkan kata kunci relevan yang ada dalam basis data Google.
    4. Kemudian Google menampilkan urutan URL halaman artikel berdasarkan kata kunci relevan. Jika halaman artikel kamu sudah terindex dan memiliki peringkat yang bagus di halaman pertama pencarian maka link blog kamu akan ditampilkan di halaman hasil pada halaman pertama penulusuran.
    5. Pengunjung membaca sejenak berdasarkan daftar judul yang disajikan. Jika judul yang kamu buat relevan dan menarik besar kemungkinan pengunjung akan melakukan klik menuju halaman artikel blog kamu.
    6. Oke, selamat sampai disini kamu telah mendapatkan pengunjung organik berdasarkan arahan yang diberikan oleh mesin penelusuran.

    Penjelasan cara kerja internet yang berkaitan dengan analisa, tipe dan jumlah trafik pengunjung bisa dibaca pada artikel Begini Caranya ! Mendapatkan Trafik Pengunjung Untuk Blog Baru.

    Apa itu Indexing ?

    Indexing atau cara index di Google adalah salah satu bagian penting dalam dunia search engine. Istilah tersebut kerja berdampingan dengan dua rekannya, yakni crawling dan ranking.

    Dikutip dari Moz, indexing adalah proses penyimpanan dan pengaturan konten yang ditemukan search engine selama proses crawling.

    Sementara itu, menurut DeepCrawl, indexing adalah proses ketika search engine mengatur informasi sebelum adanya pencarian. Maka, ketika ada seseorang yang mencari dengan sebuah keyword, search engine mudah menemukan situs yang relevan.

    Indexing atau web indexing merupakan salah satu bagian dari kinerja search engine. Secara garis besar, kerja sebuah search engine terdiri atas tiga tahap, yakni crawling, indexing, dan ranking.

    Pada tahap crawling, search engine menjelajah berbagai situs yang ada di internet melalui URL yang mereka temukan. Tahap selanjutnya yaitu indexing, ketika search engine menyimpan dan mengatur konten yang ada dalam berbagai situs. Kemudian barulah terjadi ranking, yaitu ketika search engine menampilkan konten yang paling sesuai dengan harapan pengguna.

    Nantinya, hasil dari proses indexing akan menjadi sumber data di search engine. Ketika kamu mencari suatu hal dengan sebuah keyword, search engine akan mencari konten yang kamu maksud di index mereka.

    Bagaimana Cara Agar Artikel Blog Bisa Terindex ?

    Setiap mesin penelusuran internet memang memiliki algoritma masing-masing untuk melakukan indexing link URL website/blog akan tetapi umumnya proses indexing website/blog akan mengacu pada ketentuan sebagai berikut.

    1. Alamat URL website/blog sudah terdaftar di mesin penelusuran, artinya nama domain dari website/blog kamu sudah masuk kedalam database mesin penelusuran.
    2. Link URL bisa diakses dengan baik, artinya web server tidak sedang dalam kondisi offline ketika robot mesin penelusuran sedang melakukan indexing ke halaman website/blog kamu.
    3. Memiliki artikel unik dan original, artinya artikel yang kamu buat bukan hasil plagiat atau duplikasi konten.
    4. Konten artikel bersih dan tidak berisi dari hal-hal yang melanggar norma atau ketentuan hukum yang berlaku.

    Proses indexing biasanya dilakakukan secara otomatis setiap minggunya, namun apabila halaman website/url kamu masih belum terindex dalam jangka waktu 1 bulan kamu bisa mengajukannya secara manual agar halaman URL website/blog bisa terindex di mesin penelusuran. Pada mesin penelusuran Google kamu bisa mengajukan permohonan index menggunakan tools Google Search Console.

    Setelah proses indexing selanjutnya mesin penelusuran akan memparoses data indexing untuk kemudian dilakukan proses pemberian peringkat website berdasarkan kata kunci relevan. Jika blog kamu sudah menggunakan konsep blogging yang ramai pengunjung besar kemungkinan blog yang kamu kelola bisa memiliki peringkat yang bagus di mesin penelusuran.

    Syarat Blog Ramai Pengunjung

    Berdasarkan penjelasan di atas secara ringkas dapat kita simpulkan bagaimana cara membuat blog ramai pengunjung. Jadi syarat mutlak agar blog kamu bisa ramai oleh pengunjung organik adalah URL halaman blog atau URL halaman artikel blog yang kamu kelola sudah terindex dengan baik dan memiliki peringkat yang bagus berdasarkan kata kunci relevan yang ditargetkan.

    #3 Kesimpulan

    Apapun niche blog yang kamu kembangkan asalkan mengetahui dan mengerti konsep cara membuat blog ramai pengunjung, besar harapan dan kemungkinan blog kamu bisa sukses dan berkembang. Sebagai penutup saya berikan kunci utama agar blog bisa ramai oleh pengunjung, mudah-mudahan !.

    1. Gunakan Top Level Domain (TLD : .com, .net, .org, .id, .site, .dev dan lain sebagainya).
    2. Gunakan template premium yang full SEO dan Responsive.
    3. Buat artikel original yang mengikuti kaidah Artikel Juara.
    4. Riset Kata Kunci dan Targetkan kata kunci tersebut dengan baik.
    5. Artikel yang kamu buat harus bisa terindex, masalah peringkat bisa di otak-atik nantinya.
    6. Sering-sering update artikel lama kamu agar selalu memberikan informasi terbaru yang relevan.
    7. Gunakan backlink berkualitas.
    8. Berdoa agar semua usaha kamu bisa direstui oleh Yang Maha Kuasa.
    Demikian artikel blog tentang Solusi Cara Bikin Blog Ramai Pengunjung [100% Worked] terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Keyword


    Blog, Blogger, Blogspot, Website, Pageview, Page, Index, Indexing, Traffic, Pengunjung, Ramai, Big, Fast, Speed

    Incoming Search Term


    Cara buat blog jadi rame pengunjung, Tutorial agar blog full visitor, 1000 pageview per day, how to get blog traffic 1000 view in a day, Bikin blog kebanjiran visitor, Rahasia blog ramai pengunjung dan ramai trafik, Bikin blog banyak pengunjung, Resep ampuh dan jitu supaya blog jadi rame pengunjung, Tamu blog jadi rame, Tipe blog yang ramai dikunjungi orang, blog penuh orang, blog saya jadi rame, blog kamu sesak pengunjung, 3000 orang dalam sehari, 5000 visitor perjam, 10000 blog trafik, thousand visitor for blog, tutorial cara bikin blog dikunjungi banyak orang, membuat blog menjadi terkenal, blog didatengin banyak pengguna, ciri-ciri blog disenangi banyak orang, cara paling mudah dan gampang agar blog dikenal banyak orang

    1 comment:

    1. Saya senang melihat tips-tips praktis yang bisa langsung diimplementasikan. Terutama, strategi SEO yang disebutkan benar-benar berguna dalam meningkatkan visibilitas blog dan menarik lebih banyak pengunjung.
      Oh iya, kalau kamu mau baca artikel menarik lainnya seputar blogging, kamu bisa mampir ke situs saya juga di askkuliah(.)blogspot(.)com. Semoga bermanfaat!
      salam blogger!

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad