Header Ads

  • √20+ Situs Pemendek URL Gratis Terbaik Untuk Shortlink Dan Backlink

    √20 Situs Pemendek [SHORT] URL Gratis Terbaik


    Rekomendasi 20 situs yang menyediakan jasa layanan pemendek (short) URL website dan blog terbaik versi codeflare. Penggunaan short url bagi sebagian blogger mungkin sudah tidak asing lagi untuk penggunaanya, karena selain memperpendek URL website yang panjang ternyata short url bisa juga digunakan sebagai backlink yang berkualitas. Baru tahu kan ? untuk lebih jelasnya bisa disimak pembahasannya di artikel ini.

    Seperti yang kita ketahui penggunaan short link (url link) tak lain dan tak bukan adalah untuk mempersingkat URL (Uniform Resource Locator atau yang biasa dikenal sebagai alamat website) yang biasanya memiliki nama yang panjang dan sulit untuk diingat.

    Penggunaannya sebagai pemendek alamat website tidak hanya sebatas untuk nama domain saja (halaman index) tapi bisa juga untuk alamat halaman artikel, tautan download ataupun tautan spesifik yang bisa diakses melalui jalur internet. Bagi pengunjung website atau blog hal ini tentu saja akan sangat membantu agar link (tautan) yang dibagikan bisa dengan mudah diingat sekaligus menambah jaringan backlink yang biasa diterapkan sebagai salah satu tehnik optimasi SEO (Search Engine Optimizatation) off-page.

    Fungsi short-link dalam tehnik SEO bisa dibentuk sebagai backlink untuk tier pertama, kedua, ketiga dan seterusnya, sesuai dengan strategi backlink yang akan kamu terapkan. Sebagai ilustrasi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

    Diagram Struktur Backlink

    Diagram Struktur Backlink

    INFO
    Sebagai catatan pada artikel ini admin tidak akan menjelaskan secara detail dari fungsi short link sebagai backlink, namun dalam pembahasan akan di-ikutsertakan tips dan trik serta penerapan short link sebagai backlink.
    DAFTAR ISI
    1. Penjelasan Apa Itu URL
      1. 1. Pengertian URL
    2. Sejarah Website dan URL
    3. Penjelasan Pemendek [SHORT] URL
    4. Kelebihan Dan Kekurangan Shortlink
      1. 1. Kelebihan dan Manfaat Shortlink
      2. 2. Kekurangan Penggunaan Shortlink
    5. Cara Kerja Shortlink
    6. Situs Penyedia Jasa Pemendek [SHORT] URL
      1. 1. Firebase
      2. 2. Bitly
      3. 3. TinyURL
      4. 4. Tiny-CC
      5. 5. BL-INK
      6. 6. Shorturl-gg
      7. 7. Shorturl-at
      8. 8. Short-io
      9. 9. cutt-ly
      10. 10. come-to
      11. 11. SmartURL
      12. 12. S-id
      13. 13. BitDo
      14. 14. Adfly
      15. 15. Is-gd
      16. 16. v-ht
      17. 17. u-to
      18. 18. ClckRu
      19. 19. CuttUs
      20. 20. t-ly
      21. 21. Lainnya
    7. Tips & Trik Penggunaan Shortlink
      1. 1. Tips&Trik Shortlink Sebagai Backlink
      2. 2. Tips&Trik Shortlink Sebagai Digital Marketing
    8. Kesimpulan
    9. Penutup

    1. Penjelasan Apa Itu URL

    Sebagai pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata seperti URL, domain, www, http/https, ip address atau alamat website yang sejatinya merupakan nama untuk rujukan alamat website yang ada pada jaringan internet. Lebih jauh mengenai URL bisa disimak info singkatnya berikut ini.

    Informasi Singkat
    PENGERTIAN URL

    Uniform Resource Locator (URL), bahasa sehari-hari disebut alamat web, adalah referensi ke sumber daya web yang menentukan lokasinya di jaringan komputer dan mekanisme untuk mengambilnya. URL adalah tipe khusus Uniform Resource Identifier (URI), meskipun banyak orang menggunakan kedua istilah tersebut secara bergantian. URL paling sering muncul untuk merujuk halaman web (HTTP) tetapi juga digunakan untuk transfer file (FTP), email (mailto), akses database (JDBC), dan banyak aplikasi lainnya.

    Sebagian besar browser web menampilkan URL halaman web di atas halaman di bilah alamat. URL tipikal dapat memiliki bentuk http://www.example.com/index.html, yang menunjukkan protokol (http), nama host (www.example.com), dan nama file (index.html).


    Sumber : Wikipedia



    2. Sejarah Website dan URL

    Uniform Resource Locator didefinisikan dalam RFC 1738 pada tahun 1994 oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, dan kelompok kerja URI dari Internet Engineering Task Force (IETF), sebagai hasil kolaborasi dimulai pada IETF Living mendokumentasikan sesi bulu burung pada tahun 1992.

    Format ini menggabungkan sistem nama domain yang sudah ada sebelumnya (dibuat pada tahun 1985) dengan sintaks jalur file, di mana garis miring digunakan untuk memisahkan direktori dan nama file. Konvensi sudah ada di mana nama server dapat diawali untuk melengkapi jalur file, didahului oleh garis miring ganda (//).

    Berners-Lee kemudian menyatakan penyesalannya pada penggunaan titik untuk memisahkan bagian-bagian dari nama domain dalam URI, berharap dia telah menggunakan garis miring di seluruh, dan juga mengatakan bahwa, mengingat titik dua yang mengikuti komponen pertama dari URI, keduanya garis miring sebelum nama domain tidak diperlukan.

    Draf awal (1993) dari Spesifikasi HTML mengacu pada Pencari Sumber Daya "Universal". Ini dijatuhkan beberapa waktu antara Juni 1994 (RFC 1630) dan Oktober 1994 (draft-ietf-uri-url-08.txt).

    3. Penjelasan Pemendek [SHORT] URL

    Pemendek (short) URL alias short-link adalah untuk meringkas tautan (link) yang panjang agar terlihat ringkas (pendek) sehingga mudah untuk diingat oleh manusia normal. Pemendek URL (shortlink) bisa digunakan untuk memperpendek URL domain utama (halaman index atau alamat website), URL halaman domain tertentu, URL file download, URL untuk alamat email atau URL lainnya yang bisa diakses melalui jaringan internet.

    Sebutan Pemendek URL / Alias :

    Pemendek URL bisa dibuat sendiri untuk kepentingan pribadi yang untuk hal ini kamu harus memiliki web server sendiri, sedangkan untuk penggunaan publik yang gratisan kamu bisa menggunakan layanan situs yang menyediakan jasa memperpendek URL agar bisa memudahkan orang atau pengunjung website/blog untuk bisa mengingat URL, link atau alamat website/blog yang panjang dan sulit untuk diingat.

    Tidak hanya sebagai pemendek URL, shortlink bisa juga digunakan untuk optimasi SEO dalam hal ini peruntukan shortlink biasanya digunakan sebagai backlink (tautan referensi website atau blog) yang berguna untuk menaikkan peringkat domain dimata mesin penelusuran.

    Fungsi lain dari shortlink juga bisa digunakan untuk menutupi link URL sebenarnya agar aman dan tidak terekspos (terlihat) dari publik atau mesin penelusuran.

    4. Kelebihan Dan Kekurangan Shortlink

    Pemendekan URL adalah teknik di World Wide Web (Internet) di mana Uniform Resource Locator (URL) dapat dibuat secara substansial lebih pendek dan masih bisa untuk mengarahkan ke halaman yang diperlukan atau halaman tujuan. Cara ini bisa dicapai dengan menggunakan teknik redirect yang menautkan ke halaman web yang memiliki URL panjang. Misalnya, URL "https://example.com/assets/category_B/subcategory_C/Foo/" dapat disingkat menjadi "https://example.com/Foo", dan URL "https://codeflare.net/p/services.html" dapat disingkat menjadi "https://contoh.com/cfl-serv" atau "contoh.com/cfl-serv".

    Penggunaan nama domain redirect (shortlink) diusahakan lebih pendek dari yang URL aslinya. URL yang pendek merupakan URL yang ramah pengguna, karena sangat bermanfaat untuk digunakan, sebagai contoh dalam penggunaan pesan singkat yang membatasi jumlah karakter dalam pesan misalnya : SMS (pesan singkat), Twitter tweet, Pesan status WA (WhatsApp) yang membatasi penggunaan jumlah karakter dalam pengetikan, maka membagikan suatu URL yang panjang sangat memungkinkan berkat penggunaan shortlink URL.

    Walaupun penggunaan shortlink ini sangat fenomenal di dunia internet namun tetap saja selain kelebihan dan manfaat, penggunaan shortlink ternyata juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan sebagai bahan pertimbangan. Lebih jelasnya bisa disimak tentang kelebihan dan kekurangan penggunaan shortlink sebagai berikut.

    Kelebihan dan Manfaat Shortlink

    Beberapa manfaat dan kelebihan dari penggunaan shortlink, antara lain.

    1. Jelas agar URL (link) bisa singkat dan mudah diingat.
      Bagi manusia biasa pada umumnya akan mudah mengingat teks pendek yang bermakna, jadi apabila kamu ingin agar orang bisa mengingat dengan mudah link URL yang kamu bagikan atau link URL halaman artikel blog kamu yang panjang maka jelas penggunaan shortlink bisa menjadi sarana agar pengunjung blog bisa dengan mudah mengingat link URL tersebut. Contoh : tiny.one/codeflare, gimana mudah diingatkan ? "tiny dot one slash codeflare".

    2. Menutupi link URL awal yang sebenarnya (Link Redirector).
      Bisa digunakan untuk menutupi link download file, jadi link aslinya bisa disamarkan terlebih dahulu sebelum pengguna atau pengunjung melakukan download file. Bisa juga untuk URL halaman artikel blog yang panjang, misalkan link artikel untuk Koleksi Foto Tante Ernie [ Selebgram Pemersatu Bangsa ] dengan link : https://www.codeflare.net/2022/03/koleksi-foto-tante-ernie-selebgram-pemersatu-bangsa.html, panjangkan link artikelnya, nah agar mudah diingat maka digunakan shortlink [ tinyurl.com/tante-ernie ].

    3. Penamaan shortlink bisa disesuaikan dengan nama yang diinginkan (Kustomisasi URL).
      Bisa dimanfaatkan untuk nama brand (merk) website atau blog yang kamu kelola. Misalkan : bit.ly/codeflare, shortlink tersebut digunakan oleh admin sebagai shortlink URL halaman domain (halaman index atau halaman utama blog codeflare).

    4. Sebagai optimasi SEO yaitu untuk penggunaan backlink.
      Setiap link yang dishare baik di media sosial, blogwalking, chatbox website, forum dan sebagainya, shortlink tersebut akan terindex oleh mesin pencari menjadi dua tier (asumsi shortlink sebagai tier pertama). Jadi mesin penelusuran akan mengindex backlink lokasi share sebagai tier kedua, kemudian URL short link sebagai tier pertama untuk backlink URL aslinya.

      Contoh :
      bit.ly/codeflare
      rotf.lol/codeflare
      tiny.one/codeflare
      s.id/codeflare

      Dengan menaruh link tersebut di halaman artikel ini maka apabila halaman artikel ini terindex oleh mesin penelusuran maka link-link tersebut akan menjadi backlink tier pertama dari nama domain codeflare dot net.

      Menaruh link di halaman artikel sendiri disebut sebagai optimasi SEO onpage sedangkan membuat shortlink dan mengarahkannya ke URL website atau URL halaman artikel kamu disebut sebagai optimasi SEO offpage.

      Selain menaruh backlink di website sendiri, kamu juga bisa meletakannya di website lain yang memiliki rating yang bagus, seperti media sosial, komentar blog, profil forum, chat box, profil website dan lain sebagainya. Usahakan setiap backlink yang kamu buat bisa terindex dengan baik oleh mesin penelusuran.

      Situs pemendek URL seperti bit.ly, tiny.com, s.id dan sebagainya biasanya memiliki peringkat domain MOZ (DA : Domain Authority; PA : Page Authority; MOZ SS : SPAM Score Domain) yang bagus sehingga sebagai backlink bisa memberikan pengaruh yang baik untuk arahan link dari URL website atau blog yang kamu kelola.

      Trik lain menggunakan shortlink sebagai backlink bisa di baca pada artikel Menggunakan Shortlink Untuk Share Redirect Link Google Search.

      Sampai disini pahamkan tips dan trik SEO menggunakan shortlink sebagai backlink. Apabila masih kurang jelas silakan ditanyakan di kolom komentar.

    5. Menghidari dan melindungi URL website dari penanda SPAM.
      Biasanya setiap media sosial seperti facebook memiliki sistim pelacakan SPAM yang sensitif, jika kamu terlalu sering menshare URL asli dari website atau blog kamu bisa-bisa URL yang kamu bagikan bisa terkena banned di media sosial yang kamu gunakan.

      Dampaknya terkena banned, kamu tidak akan bisa lagi menshare link URL asli website atau blog yang kamu miliki, untuk itu salah satu cara mensiasatinya adalah dengan menggunakan shortlink (pemendek URL).

      Bagi kamu yang terlanjur terkena peringatan SPAM dan terkena pemblokiran sharing URL di Facebook, silakan dibaca artikel Cara Membuka Website Atau Blog Yang Diblokir Oleh Facebook agar URL website/blog kamu yang terblokir bisa terlepas dari sangsi pemblokiran Facebook.

    6. Memudahkan orang untuk membagikan (share) link URL.
      Seperti yang sudah disebutkan agar orang bisa dengan mudah meshare suatu link url dengan cara mengetik manual maka penamaan URL haruslah singkat agar mudah diingat. Misalkan kamu ingin membagikan link blog codeflare ini di media sosial milik kamu, maka kamu cukup mengetikan s.id/codeflare saja tanpa harus mengetikkan https://www.codeflare.net, pahamkan ?.

    7. Penggunaan mudah dan shortlink bisa langsung aktif saat itu juga.
      √20 Situs Pemendek [SHORT] URL Gratis Terbaik versi codeflare memberikan layanan shotlink (pemendek URL) secara gratis yang bisa langsung digunakan tanpa perlu harus menunggu lama.

    Kekurangan Penggunaan Shortlink

    Tentu saja apabila ada kelebihan pasti ada kekurangannya, itulah kehidupan yang akan selalu menjaga YIN dan YANG (dinamika keseimbangan), berikut beberapa kekurangan penggunaan shortlink.

    1. Bukan sebagai pengganti nama domain. Bagaimanapun yang harus kamu promosikan adalah nama domain yang gunakan jadi jangan sampai nama shortlink kamu lebih terkenal dari nama domain yang kamu kelola.
    2. Penamaan suffix (nama belakang) setelah nama prefix (nama depan atau nama domain utama) dalam satu penyedia layanan shortlink harus unik dan tidak bisa sama. Apabila nama shortlink yang ingin kamu gunakan ternyata sudah ada yang lebih dahulu menggunakannya maka kamu tidak bisa lagi menggunakan nama shortlink tersebut didalam satu situs domain layanan shortlink.
    3. Orang awam hanya akan mengingat nama shortlink sehingga nama asli dari URL domain kurang bisa terkenal.
    4. Penggunaan layanan shortlink bisa down (offline) sewaktu-waktu atau bisa juga offline permanen jika layanan jasa shortlink menutup layanannya, nothing last forever, right !.
    5. Walaupun sudah menggunakan layanan shortlink terkadang sistim penamaan juga masih susah untuk diingat jika nama suffix tidak bisa disesuaikan alias menggunakan nama random untuk nama suffix. Contoh : tiny.one/yc5y4a6m, walaupun nama domain shortlink [ tiny.one ] mudah diingat tapi karena nama suffix-nya [ yc5y4a6m ] menggunakan nama random maka tetap saja susah untuk diingat.

    5. Cara Kerja Shortlink

    Pemendek URL (shortlink) berfungsi hanya sebagai redirector (pengarah) dari URL shortlink menuju ke link URL aslinya. Konsepnya sangat sederhana setiap URL shortlink sebenarnya merupakan halaman website kosong yang hanya berisi script untuk me-riderect (mengarahkan) browser untuk berpindah lokasi menuju lokasi URL yang sudah ditentukan.

    Tentu saja agar lebih fungsional biasanya jasa layanan shortlink menambahkan fitur analytic untuk memberikan pengguna data statistik tautan (link) dari shortlink yang dibuat.

    Konsep ini biasa disebut juga sebagai konsep link redirect, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengalihan website atau blog, kamu bisa membaca artikel yang berjudul Cara Mengalihkan (Redirect) URL Domain Blog yang ada di blog codeflare ini.

    6. Situs Penyedia Jasa Pemendek [SHORT] URL

    Rekomendasi √20 Situs Pemendek [SHORT] URL Gratis Terbaik versi codeflare yang bisa digunakan secara gratis tanpa ada batasan waktu. Oke tanpa banyak basa-basi lagi kita langsung aja ke TKP. Berikut rekomendasi situs-situs layanan pemendek URL (shortlink) yang baik.

    1. Firebase

      Firebase adalah salah satu layanan Google yang difokuskan untuk membangun, meningkatkan, dan mengembangkan aplikasi berbasis cloud. Layanan yang ada pada Firebase seperti analitik, otentikasi, database, konfigurasi, penyimpanan file, pesan push dan termasuk redirect link yang bisa digunakan sebagai shortlink.

      Layanan redirect link pada Firebase berupa dynamic link dan bisa digunakan secara gratis, namun dengan sedikit keterbatasan dalam hal penamaan domain utamanya, sedangkan untuk nama suffix bebas untuk dipilih. Pada versi gratisan keterbatasan terletak dalam hal penamaan domain yaitu pada penamaan subdomain yang sekarang ini untuk penggunaan karakter pilihan sudah sangat terbatas karena sudah banyak pengguna yang menggunakan layanan dynamic link firebase.

      Contoh Penamaan Shortlink Firebase : codeflare.page.link/index
      codeflare.page.link adalah penamaan domain shortlink, untuk nama subdomain (nama depan) codeflare bisa disesuaikan dengan nama pilihan dan tergantung ketersediaan dari nama yang ada, pada nama page.link merupakan domain shortlink yang disediakan untuk versi gratisan, sedangkan nama suffix [ index ] bebas untuk dipilih dan hebatnya minimal bisa satu karakter saja.

      Pembuatan dynamic link (shortlink) menggunakan Firebase memang agak rumit sedikit karena butuh beberapa pengaturan untuk bisa menggunakannya.

      Fitur Firebase
      • Berbasis layanan Google jadi sudah pasti aman dan cepat.
      • Memiliki fitur kustomisasi penamaan suffix dan pelacakan CTR.
      • Menggunakan jalur enkripsi HTTPS.
      • Memiliki rating domain yang bagus dan bisa dibarengin dengan penggunaan SEO backlink.


      [DA:83 PA:54 SS:1%]


    2. Bitly

      Bitly (dibaca : bitli atau bitlay) merupakan salah satu situs pemendek URL (shortlink) terbaik dan terpopuler di jagat internet karena gratis dan mudah digunakan, selain itu kamu tidak perlu membuat akun di Bitly untuk membuat shortlink dan juga kamu bisa memperpendek link sebanyak yang kamu mau tanpa ada batasan.

      Walaupun gratis bitly memberikan fitur analisis dan statistik data shortlink bagi pengguna yang terdaftar, jangan takut daftar di bitly ini gratis dan aman. Disarankan sih daftar aja bagi kamu yang ingin menggunakan layanan shortlink dari bitly karena akan memudahkan kamu apabila ada perubahan data shortlink. Bagi penggunaan standar atau bisnis kecil hingga menengah versi gratisan bitly masih sangat mumpuni bahkan bisa dibilang lebih dari cukup.

      Bitly sudah dipercaya oleh banyak brand besar di dunia, seperti McDonald’s dan Dunkin’ Donuts. Bahkan, blog codeflare pun menggunakan layanan bitly untuk promosi di media sosial, selain itu Free Backlink cuy dengan kualitas authority yang sangat baik.

      Cara membuat short URL sendiri di bitly sangat mudah hanya dengan satu klik saja shortlink kamu bisa langsung jadi dengan catatan nama suffix menggunakan nama random yang diberikan oleh bitly. Pada versi gratis kamu hanya bisa mengganti nama belakang (suffix) sedangkan pada versi berbayar kamu bisa mengganti domain URL utamanya (bit.ly).

      Fitur Bitly
      • Tanpa membuat akun tetap bisa membuat shortlink sebanyak mungkin.
      • Memiliki Fitur kustomisasi nama suffix dan pelacakan CTR.
      • Menggunakan jalur enkripsi HTTPS.
      • Pembuatan short URL (shortlink) yang sangat mudah.


      [DA:94 PA:87 SS:1%]


    3. TinyURL

      TinyURL merupakan situs jasa layanan shortlink yang sudah ada sejak tahun 2002 dan merupakan pelopor untuk situs short URL (shortlink) di internet. Situs TinyURL hingga sekarang masih online dan tetap memberikan jasa layanan short URL secara gratis, walaupun tak menawarkan banyak fitur seperti situs short URL lain tapi cukup efektif untuk bisa digunakan sebagai layanan short URL.

      Shortlink yang kamu buat menggunakan TinyURL akan bertahan selama situs ini tetap aktif (online). Ini berarti, link tersebut akan tersedia selamanya dan bisa dimanfaatkan sepuasnya.

      Selain memperpendek link atau membuat shortlink dengan mengunjungi situs TinyURL, kamu juga bisa memperpendek link melalui toolbar pada PC browser secara langsung dengan menggunakan extension browser yang disediakan oleh situs TinyURL. Cukup tarik dan taruh link yang ada di website TinyURL ke toolbar extension TinyURL di PC browser kamu.

      Fitur TinyURL
      • Pembuatan shortlink sangat mudah dan bisa langsung aktif.
      • Memiliki tiga pilihan domain shortlink.
        [tinyurl.com (DA:94|PA:82); rotf.lol (DA:36|PA:41); tiny.one (DA:42|PA:43)]
      • Memiliki browser extension jadi bisa memperpendek link melalui toolbar PC browser.
      • Menggunakan jalur enkripsi HTTPS.


      [DA:94 PA:82 SS:1%]


    4. Tiny-CC

      Tiny-CC merupakan situs layanan pemendek URL gratis yang dapat membantu menumbuhkan audiens kamu dan meningkatkan lalu lintas pengunjung. Fitur yang dimiliki mulai dari kustomisasi short URL, pelacakan performa link, CTR hingga data teknis dari pengguna seperti lokasi pengguna, browser yang digunakan dan data lainnya.

      Situs Tiny-CC memberikan layanan short URL secara gratis bahkan bisa membuat shortlink tanpa harus mendaftar, tapi disarankan untuk mendaftarkan keanggotaan agar bisa mengkostumisasi short URL yang kamu buat dikemudian hari. Tenang saja kamu bisa mendaftar secara cuma-cuma alias gratis.

      Jika kamu pemain SEO, pastilah paham tentang penggunaan shortlink yang bisa digunakan secara gratis.

      Fitur Tiny-CC
      • Pembuatan shortlink sangat mudah dan bisa langsung aktif.
      • Memiliki fitur pelacakan dan data statistik pengunjung untuk shortlink yang dibuat.
      • Menggunakan jalur enkripsi HTTPS.
      • Pembuatan shortlink tidak dibatasi dan link yang dibuat tidak terbatas waktu.


      [DA:89 PA:68 SS:28%]


    5. BL-INK

      BL-INK adalah situs link shortener dengan fitur lengkap dan dashboard yang user friendly. Shotlink yang dibuat menggunakan layanan dari BL-INK bisa dikustomisasi link serta dapat melacak lokasi pengguna, perangkat yang digunakan, hingga bahasa sehari-hari yang digunakan.

      Versi gratis BL-INK menawarkan hampir semua fitur yang mereka miliki. Namun, terbatas hanya kepada satu pengguna dan 1,000 klik per link saja. Walaupun menggunakan versi gratis, bagi pemain SEO dan bisnis skala kecil, layanan shortlink dari BL-INK ini sudah sangat mumpuni.

      Fitur lain yang dimiliki BL.INK yaitu fitur Smart Link dimana penggunaan fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat shortlink berdasarkan kata kunci (keyword) yang sedang trend, sehingga diharapkan mampu membuat trafik pengunjung lebih banyak dan meningkatkan conversion rate.

      Conversion rate ini merupakan data statistik yang berkaitan dengan perkembangan trafik pengunjung yang bisa menjadi petunjuk apakah bisnis yang kamu jalankan bisa menguntungkan atau tidak.

      Fitur BL-INK
      • Pembuatan shortlink cukup mudah dan bisa langsung aktif.
      • Memiliki fitur pelacakan dan data statistik pengunjung untuk shortlink yang dibuat.
      • Memiliki fitur smartlink untuk meningkatkan trafik pengunjung.
      • Menggunakan jalur enkripsi HTTPS.
      • Shortlink yang dibuat tidak terbatas waktu.


      [DA:54 PA:48 SS:1%]


    6. Shorturl-gg

      Situs Shorturl-gg merupakan situs layanan shortlink yang menggunakan halaman landing page terlebih dahulu sebelum mengarahkan pengunjung menuju link aslinya.

      Pada landing page ini akan ditampilkan ringkasan judul dan meta description dari halaman website yang akan diarahkan. Pengunjung akan diperlihatkan preview dari konteks halaman web yang akan ditujunya.

      Fitur Shorturl-gg
      • Link Management untuk megedit judul dan meta description.
      • Menampilkan ringkasan halaman web.
      • Pembuatan shortlink yang mudah dan user friendly.
      • Menggunakan jalur enkripsi HTTPS.
      • Jumlah shortlink yang dibuat tidak dibatasi dan tidak terbatas waktu.


      [DA:11 PA:37 SS:1%]


    7. ShortURL-at

      Situs penyedia layanan pemendek URL dengan tampilan yang sederhana yang memungkinkan pengguna untuk membuat shortlink dengan cepat dan mudah serta tanpa perlu harus mendaftar dahulu. Pada versi gratis tidak terdapat fitur tambahan yang ada hanya penggunaan untuk membuat shortlink.

      Tampilan yang ringkas akan memudahkan pengguna membuat shortlink dalam waktu singkat, cocok bagi pemain SEO untuk menambah koleksi backlink menggunakan shortlink dari situs ShortURL-at. Pada versi gratis nama belakang (suffix) shortlink yang dibuat bersifat random dan tidak bisa dikustomisasi.

      Fitur Shorturl-at
      • Pembuatan shortlink yang mudah dan user friendly.
      • Sudah menggunakan jalur enkripsi HTTPS.
      • Jumlah shortlink yang dibuat tidak dibatasi dan tidak terbatas waktu.


      [DA:75 PA:57 SS:11%]


    8. Short-io

      Situs Short-io merupakan situs layanan short URL (shortlink) yang memberikan fitur layanan shortlink secara gratis. Tapi sebelumnya kamu harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa membuat shortlink.

      Situs Short.io memiliki fitur menarik bahkan untuk versi gratisnya, yaitu pengguna bebas menggunakan nama domain yang dimilikinya ke dalam link.

      Tidak hanya itu, ada berbagai fitur menarik lainnya seperti data statistik shortlink, campaign tracking dengan tag UTM, hingga link retargeting untuk menampilkan iklan relevan bagi siapapun yang mengklik shortlink kamu.

      Fitur Short-io
      • Data clickstream untuk menampilkan statistik summary shortlink.
      • Sudah menggunakan jalur enkripsi HTTPS.
      • Melakukan campaign tracking untuk melacak data statistik shortlink.
      • Link retargeting melalui Facebook Pixel dan AdRoll untuk menampilkan iklan relevan bagi orang yang mengklik shortlink.


      [DA:34 PA:52 SS:1%]


    9. cuttly

      Layanan cuttly harus mendaftar akun terlebih dahulu untuk bisa membuat shortlink. Salah satu faktor yang membuat situs cuttly berbeda yaitu, memiliki tampilan dasbor lengkap dan multi-fungsi sehingga ramah bagi pengguna.

      Berkat tampilan dasbor yang multifungsi, kamu bisa melakukan berbagai pengaturan shortlink dengan cukup detail. Misalnya saja, melakukan targeting berdasarkan perangkat yang digunakan oleh pengunjung website atau blog.

      Bagi kamu yang memiliki versi halaman web yang berbeda, misalkan memiliki tampilan untuk versi mobile (AMP) dan tampilan untuk PC desktop/laptop misalnya, tentu pengaturan yang disediakan oleh situs cuttly akan sangat menguntungkan. Sebab dengan menggunakan shortlink yang sama, kamu tetap bisa memaksimalkan user experience pengunjung di berbagai perangkat.

      Selain itu, kamu juga bisa memantau performa shortlink secara real-time. Agar lebih praktis, cuttly juga menampilkan grafik pada daftar laporan. Sehingga, kamu tidak perlu mengatur satu per satu report untuk melihat grafiknya.

      Fitur cuttly
      • Custom domain sendiri.
      • Melakukan targeting dengan berbagai metrik (lokasi dan device pengguna).
      • Melacak performa link secara real-time.
      • Menampilkan sparkline/grafik dalam satu halaman report yang sama.


      [DA:69 PA:56 SS:3%]


    10. come-to

      Berikutnya adalah situs penyedia layanan shortlink dari come-to yang cocok untuk pengguna bisnis online afiliasi maupun digital marketing campaign, pemendek URL dari come-to ini layak untuk dimanfaatkan.

      Setelah kamu mendaftarkan akun secara gratis ke situs pemendek URL ini, kamu akan melihat tampilan dasbor yang user friendly untuk mengelola dan memantau shortlink yang kamu buat.

      Selain itu, kamu juga bisa membuat microsite dan landingpage yang berisi kumpulan shortlink dari beberapa halaman website. Mulai dari situs bisnis, channel YouTube, akun media sosial, dan banyak lagi. Dengan pengaturan yang ada pada situs come-to mampu membuat bisnis online kamu lebih fokus dan memudahkan calon pelanggan menjelajahi halaman yang mereka butuhkan.

      Fitur come-to
      • Mudah digunakan tanpa harus membuat akun terlebih dahulu.
      • Melacak performa shortlink berikut summary data statistiknya.
      • Menggunakan jalur terenkripsi HTTPS.


      [DA:7 PA:16 SS:44%]


    11. SmartURL

      Seperti namanya, SmartURL memang link shortener yang cukup pintar. Tidak hanya mampu membuat shortlink, SmartURL juga memberikan berbagai fitur yang mampu mendukung kebutuhan bisnis online kamu. Terutama, untuk melakukan promosi digital marketing yang lebih spesifik.

      Misalnya saja, membuat link pendek sekaligus mengatur negara tujuan dan perangkat pengunjung yang digunakan. Tentunya, ini dapat membantu kamu agar shortlink bisa mengarahkan target pasar ke halaman yang sesuai. Seperti katalog produk khusus pengguna dari Indonesia atau negara tertentu.

      Situs SmartURL juga terkoneksi dengan layanan situs linkfire sehingga kamu bisa menggunakan fitur linkfire untuk meningkatkan performa shortlink melalui situs media sosial. Kedua layanan ini bisa digunakan secara gratis namun dengan beberapa keterbatasan penggunaan.

      Fitur SmartURL
      • SmartURL untuk mengarahkan pengunjung link menuju halaman web yang sesuai dengan negara dan perangkat yang mereka gunakan.
      • Fitur PIVOT yang berfungsi membuat landing page dan mampu menyembunyikan link yang tidak kompatibel dengan lokasi pengguna.
      • Fitur FLEX untuk melakukan retargeting pengunjung berdasarkan negara dan perangkat yang digunakan.
      • Fitur EVENTS untuk mempromosikan kampanye digital marketing berdasarkan lokasi calon konsumen.


      [DA:88 PA:63 SS:1%]


    12. S-id

      Situs pemendek URL dalam negri sendiri yang unik dan mudah untuk digunakan. Kamu bisa langsung membuat shortlink atau mendaftar terlebih dahulu secara gratis.

      Memiliki tampilan dasbor yang ringkas dan user friendly dengan fitur analityc untuk setiap shortlink yang kamu buat. Selain itu situs S-id menyediakan halaman microsite yang bisa kamu gunakan secara gratis.

      Fitur S-id
      • Memiliki domain shortlink yang ringkas.
      • Nama prefix bisa disesuaikan selama ketersedian masih dimungkinkan.
      • Memiliki halaman microsite untuk kampanye digital marketing.
      • Halaman dasbor yang mudah serta memiliki fitur analytics dengan tampilan grafis.


      [DA:66 PA:68 SS:11%]


    13. BitDo

      Situs BitDo merupakan situs layanan pemendek URL gratis yang bisa digunakan sebagai memperpendek link (shortlink) sekaligus dapat berbagi link yang digunakan dalam pesan email tanpa adanya aktivitas yang bisa memutus mata rantai link. BitDo memiliki nama domain shortlink yang ringkas dan mudah untuk diingat.

      BitDo memiliki fitur pesan instan yang bisa digunakan sebagai kampanye digital marketing melalui pesan e-mail. BitDo juga menyediakan data analytic shortlink secara cuma-cuma.

      Fitur lainnya adalah pemendekan URL menggunakan nama domain sendiri, jadi kamu bisa mengkostumisasi nama domain shortlink berdasarkan nama domain yang kamu miliki.

      Fitur BitDo
      • Memiliki domain shortlink yang ringkas dan mudah diingat.
      • Bisa menggunakan nama domain sendiri untuk nama shortlink yang dibuat.
      • Memiliki analytic untuk mengetahui performa shortlink.
      • Memiliki tampilan halaman yang user friendly.


      [DA:85 PA:67 SS:50%]


    14. Adfly

      Situs Adfly merupakan situs layanan pemendek URL yang memberikan bayaran ke penggunanya untuk setiap pengunjung yang mengklik shortlink dan berinteraksi dengan halaman interestrial sebelum menuju ke link aslinya. Sebelum menggunakan layanan Adfly kamu perlu mendaftar terlebih dahulu dan jangan lupa untuk mempersiapkan akun paypal kamu.

      Situs Adfly memiliki fitur analytic lengkap dengan tampilan grafis dan data statistik dari setiap shortlink yang dibuat. Situs Adfly juga memiliki fitur afiliasi referal keanggotaan, jadi kamu bisa mereferensikan user ID Adfly yang kamu miliki kepada pengunjung dengan harapan pengunjung mau bergabung menjadi referal kamu. Baik afiliator dan anggota referal sama-sama memiliki benefit yang sama.

      Oh ya, shortlink yang dibuat menggunakan layanan situs Adfly tidak bisa dijadikan sebagai backlink karena mesin penelusuran terblokir di halaman interestrial dan tidak bisa tersambung ke link aslinya, jadi hanya pengunjung manusia yang bisa menuju ke link asli dari shortlink yang kamu buat.

      Fitur Adfly
      • Memberikan bayaran ke pengguna untuk setiap shortlink yang berhasil diklik serta berinteraksi dengan halaman interestrial.
      • Menggunakan dynamic shortlink jadi domain shortlink bisa berubah-ubah setiap saat.
      • Memiliki analytic dan sistim afiliasi referal keanggotaan.
      • Link asli benar-benar tersembunyi dari mesin penelusuran.


      [DA:83 PA:74 SS:1%]


    15. Is-gd

      Situs Is-gd merupakan situs yang menyediakan layanan pemendek URL yang simple dan sederhana. Situs Is-gd tidak memiliki sistim keanggotaan jadi kamu bisa langsung membuat shortlink tanpa perlu mendaftar.

      Walaupun tanpa sistim keanggotaan situs Is-gd memiliki fitur kustomisasi nama suffix dan pelacakan analytic secara gratis. Pastikan kamu mengklik menu opsi apabila membuat shortlink dengan nama suffix yang diinginkan, selama ketersediaan nama suffix masih dimungkinakan alias belum ada yang pakai.

      Fitur Is-gd
      • Tampilan halaman sederhana dan mudah digunakan.
      • Memiliki kustomisasi nama suffix.
      • Memiliki pelacakan analytic shortlink.
      • Menggunakan jalur terenkripsi HTTPS.


      [DA:90 PA:71 SS:33%]


    16. v-ht

      Situs v-ht merupakan situs yang menyediakan layanan pemendek URL gratis dengan tampilan halaman pembuatan shortlink yang simple dan sederhana. Situs v-ht tidak memiliki sistim keanggotaan jadi kamu bisa langsung membuat shortlink tanpa perlu mendaftar.

      Situs v-ht memiliki fitur kustomisasi nama suffix dan smart multi shortening untuk membuat banyak shortlink dengan sekali klik. Fitur smart multi shortening juga memberikan opsi pemilihan nama suffix yang bisa disesuaikan.

      Fitur v-ht
      • Tampilan halaman sederhana dan mudah digunakan.
      • Memiliki kustomisasi nama suffix.
      • Memiliki fitur smart multi shortening.
      • Menggunakan jalur terenkripsi HTTPS.


      [DA:58 PA:54 SS:11%]


    17. u-to

      Situs u-to merupakan situs layanan pemendek URL gratis dengan tampilan halaman pembuatan shortlink yang simple dan sederhana. Situs u-to memiliki nama domain shortlink yang mudah untuk diingat namun dengan keterbatasan penggunaan nama suffix yang tidak bisa dikustomisasi.

      Situs u-to memiliki fitur pelacakan analytic klik shortlink, untuk bisa menggunakannya kamu perlu mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran keanggotan menggunakan akun uID, jadi kamu perlu memiliki akun uID terlebih dahulu.

      Situs uID merupakan layanan multi servis mulai dari email, blog, landing page hingga microsite. Layanan uID bisa digunakan secara gratis untuk berbagai keperluan online.

      Fitur u-to
      • Situs u-to merupakan bagian dari layanan situs uID jadi lumayan kuat dan awet untuk jasa layanan yang diberikan.
      • Bisa diintegrasikan dengan layanan microsite dan landing page yang ada pada situs uID.
      • Gratis dan bebas digunakan tanpa ada batasan waktu.
      • Sudah menggunakan jalur terenkripsi HTTPS.


      [DA:69 PA:60 SS:17%]


    18. ClckRu

      Situs ClckRu merupakan situs layanan pemendek URL gratis yang berasal dari Rusia, hampir sama dengan yang lainnya, yaitu memiliki tampilan halaman pembuatan shortlink yang simple dan sederhana. Saking simple-nya situs ClckRu ibarat kata seperti hit and run, kamu hanya buat shortlink kemudian sebarkan, yaa hanya semudah itu.

      Situs ClckRu tidak memiliki sistim keanggotaan jadi kamu bisa langsung membuat shortlink tanpa perlu mendaftar. Penamaan suffix sayangnya tidak bisa dikustomisasi, tapi sisi positifnya kamu bisa menyembunyikan link asli dan bisa juga digunakan untuk optimasi SEO berupa backlink mengingat peringkat yang dimiliki domain shortlink juga cukup bagus, jadi lumayanlah untuk digunakan.

      Fitur ClckRu
      • Tampilan halaman yang mudah dan sederhana.
      • Memiliki peringkat domain shortlink yang cukup bagus.
      • Shortlink yang dibuat bisa awet dan tahan lama.


      [DA:82 PA:62 SS:1%]


    19. CuttUs

      Situs CuttUs merupakan layanan pemendek URL gratis dan bebas untuk digunakan. Situs CuttUS memiliki nama domain shortlink yang mudah untuk diingat dan penggunaan nama suffix yang bisa dikustomisasi.

      Situs CuttUs juga memiliki fitur pelacakan analytic data shortlink dan smart multilink shortener, tetapi untuk bisa menggunakannya kamu perlu mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran pada situs CuttUs tidak dikenakan biaya alias gratis.

      Fitur CuttUs
      • Memiliki nama domain shortlink yang ringkas dan mudah diingat.
      • Bisa digunakan untuk membuat banyak shortlink dengan sekali klik.
      • Memiliki fitur data analytic untuk pelacakan shortlink yang dibuat.
      • Sudah menggunakan jalur terenkripsi HTTPS.


      [DA:72 PA:60 SS:1%]


    20. t-ly

      Salah satu situs layanan pemendek URL yang juga memiliki nama domain shortlink yang ringkas dan mudah untuk diingat. Tampilan halaman untuk membuat shortlink memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

      Situs t-ly juga memiliki fitur pelacakan analytic data shortlink dan qr-code generator, tetapi untuk bisa menggunakannya kamu perlu mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran pada situs t-ly tidak dikenakan biaya alias gratis.

      Fitur t-ly
      • Memiliki nama domain shortlink yang ringkas dan mudah diingat.
      • Memiliki qr-code generator untuk setiap shortlink yang dibuat.
      • Memiliki fitur data analytic untuk pelacakan shortlink.
      • Sudah menggunakan jalur terenkripsi HTTPS.


      [DA:58 PA:52 SS:1%]


    Update Situs Short Link Lainnya :
    Situs DA PA SS Link Notes
    ChilpIt 50 56 22%
    t-co 94 80 1%
    Desty-page 33 43 1%
    tny-im 55 47 22%
    gg-gg 77 62 35%
    bitly-ws 59 60 10%


    7. Tips & Trik Penggunaan Shortlink

    Tujuan utama menggunakan pemendek URL (shortlink) adalah untuk meringkas URL yang panjang kemudian mengarahkan (redirect) menuju ke link aslinya. Selain sebagai pemendek URL penggunaan shortlink bisa juga dimanfaatkan untuk optimasi SEO dan kampanye digital marketing. Berikut tips dan trik yang bisa dijadikan sebagai referensi tambahan dalam memanfaatkan penggunaan shortlink.

    Tips&Trik Shortlink Sebagai Backlink

    Bagi blogger yang paham tentang optimasi SEO tentu saja penggunaan shortlink tidak hanya sebatas sebagai peringkas URL biasa namun bisa juga dimanfaatkan sebagai salah satu sarana untuk menambah koleksi backlink yang berkualitas.

    Apa itu Backlink ?

    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, backlink merupakan salah satu tehnik optimasi SEO yang mana fungsi backlink adalah memberikan arahan link (tautan) balik untuk suatu URL website atau blog. Semakin banyak backlink yang dibuat maka semakin besar nilai peringkat suatu website yang diberikan oleh mesin penulusaran. Banyaknya backlink dihitung persatu domain.

    Dalam membuat backlink harus diperhatikan juga DA (Domain Authority) SS (Spam Score) yang dimiliki suatu website. Semakin besar DA maka semakin berkualitas lokasi backlink yang dibuat, sedangkan untuk nilai SS adalah kebalikannya, semakin kecil nilai SS maka semakin bagus kualitas situsnya.

    Bagaimana Caranya Membuat Backlink Menggunakan Shortlink ?

    Salah satu cara mendapatkan backlink yang bisa dimanfaatkan secara gratis dan berkualitas adalah dengan menggunakan situs layanan penyingkat URL (shortlink). Lantas bagaimana caranya supaya bisa menjadi backlink, berikut caranya serta trik membuat backlink menggunakan shortlink.

    1. Buat shortlink dengan tujuan link ke alamat website (nama domain) yang kamu kelola, bisa juga URL spesifik untuk URL halaman artikel, bisa juga keduanya. Terserah yang penting kamu harus spesifik menargetkan URL yang akan ditingkatkan peringkatnya di mata mesin penelusuran.
    2. Tentukan nama suffix dengan kata kunci yang ditargetkan, jika memungkinkan. Apabila tidak memungkinkan nanti bisa menggunakan anchor text untuk menargetkan kata kuncinya.
    3. Setelah selesai membuat shortlink, simpan alamat URL shortlink tersebut sebagai daftar backlink yang nantinya akan disebarkan ke website dengan authority yang bagus.
    4. Jika dirasa daftar backlink sudah mencukupi, silakan kamu taruh backlink tersebut di situs-situs besar seperti media sosial facebook, twitter, instagram, linkedin, pinterest dan lain sebagainya.
    5. Penyebaran link harus terlihat natural, satu-persatu dengan jeda waktu tertentu dan jangan berlebihan agar tidak dianggap sebagai SPAM.
    6. Sertai dengan ulasan singkat tentang dari link yang dibagikan sambil menyisipkan atau menaruh shortlink sebagai bagian dari ulasan yang kamu buat.
    7. Oke, sampai disini kamu telah berhasil membuat backlink, tinggal tunggu waktu agar postingan yang kamu buat terindex oleh mesin penelusuran.

    Sampai disini saya rasa sudah cukup informasi mengenai backlink. Sebenarnya masih banyak trik yang ingin saya bagikan tentang backlink menggunakan shortlink, tapi rasanya kurang pas jika diulas secara mendalam di dalam artikel kali ini, karena akan menjadi terlalu panjang dan melebar pembahasan artikel ini. Nanti deh kalo sempat saya buatkan artikel tersendiri tentang backlink yang lebih jelas dan lengkap.

    Tips&Trik Shortlink Sebagai Digital Marketing

    Oke tips & trik berikutnya adalah tentang penggunaan shortlink dalam kampanye digital marketing. Berbicara soal digital marketing berarti berbicara tentang suatu produk dan jasa yang di promosikan melalui jalur internet. Berikut sedikit tips dan trik untuk mengoptimalkan penggunaan shortlink dalam melakukan kampanye digital marketing.

    1. Buat halaman microsite atau landingpage untuk produk atau jasa yang akan kamu promosikan.
    2. Ringkaskan URL halaman microsite / landingpage menggunakan layanan pemendek URL.
    3. Gunakan nama suffix shortlink dengan nama produk atau jasa yang akan kamu promosikan.
    4. Sebarkan shortlink ke group media sosial, forum, chatbox, status whatsapp dan lain sebagainya.
    5. Jika ingin mendapatkan bayaran melalui penggunaan shortlink gunakan layanan pemendek URL seperti Adfly.

    8. Kesimpulan

    Situs layanan pemendek URL bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan online, seperti blog, bisnis skala kecil hingga menengah, optimasi SEO, kampanye digital marketing, promosi halaman website dan lain sebagainya. Banyak hal yang bisa diolah hanya dari situs pemendek URL asalkan kita bisa kreatif dan memahami fungsi dari layanan yang diberikan.

    Konsep penggunaan shortlink yaitu, buat kemudian sebarkan tapi perlu diperhatikan juga agar menggunakannya secara wajar dan tidak berlebihan karena sesuatu yang berlebihan pastilah akan memberikan dampak yang tidak baik.

    9. Penutup

    Demikian artikel blog tentang √20 Situs Pemendek [SHORT] URL Gratis Terbaik terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.



    Keyword


    pemendek, peringkas, pangkas, memendekan, meringkas, shortlink, URL shortner, URL short link, kumpulan, rekomendasi, terbaik, layanan, jasa, pembuatan, tutorial, SEO, backlink, Website, Blog, Blogger, Blogspot, Situs

    Incoming Search Term


    Rekomendasi shortlink terbaik, cara menggunakan shortlink sebagai backlink, situs penyedia layanan pemendekan URL, Kumpulan situs shortlink gratis terbaik, seluk beluk short URL, Manfaat shortlink untuk menaikan MOZ DA PA, Dampak negatif penggunaan URL shortener, Alasan menggunakan pemendek URL atau shortlink, Perbadingan situs shortlink, Kriteria situs shortlink, Situs shortlink yang memberikan bayaran terbaik, Situs shortlink yang seperti adfly, Dampak penggunaan shortlink terhadap SEO, Penjelasan beserta ulasan lengkap tentang penggunaan shortlink

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad