Header Ads

  • Cara Membuat Artikel Pilar SEO untuk Blogger Pemula

    Cara Membuat Artikel Pilar SEO untuk Blogger Pemula


    Membuat artikel pilar blog dengan struktur SEO yang baik sangat dianjurkan dalam membangun monetize blog yang profitable. Trik menggunakan artikel pilar ini bukan hanya sebagai cara agar artikel blog mendapatkan posisi bagus pada halaman pertama untuk hasil pencarian Google akan tetapi juga akan digunakan sebagai traffic generator organic visitor.

    Penggunaan artikel pilar secara efektif membangun kredibilitas monetize blog dari sisi pengunjung dan mesin penulusuran. Bagi pengunjung (pengguna) awam biasanya lebih memilih blog yang berisi artikel lengkap dan spesifik, sedangkan dari sisi mesin penulusuran Google semenjak tahun 2021 cenderung memberikan peringkat halaman artikel yang lebih baik bagi blog yang menggunakan artikel pilar. Hal ini disebabkan karena dalam artikel pilar memiliki informasi spesifik dan kepadatan kata kunci yang relevan.

    Tujuan memiliki monetize blog bagi kebanyakan blogger adalah untuk mendapatkan profit yang baik dan bisa gajian tiap bulannya, namun tanpa adanya strategi yang baik akan sangat sulit mendapatkan trafik organic visitor secara signifikan. Organic visitor adalah faktor utama sebuah blog untuk bisa maju dan berkembang. Semakin banyak organic visitor semakin banyak pula kemungkinan pendapatan yang bisa diperoleh.

    Seperti yang kita ketahui organic visitor adalah pengunjung yang berasal dari halaman mesin pencarian google. Sebuah blog bisa mendapatkan pengunjung organic harus memiliki halaman artikel yang berada pada posisi bergengsi yaitu pada halaman pertama untuk hasil penulusuran, walaupun bisa saja berasal dari halaman kedua dan ketiga, namun itupun hanya memiliki persentase porsi pengunjung yang sedikit.

    Persaingan halaman pertama untuk artikel blog menduduki posisi strategis tidaklah mudah karena persaingan kata kunci relevan yang sangat ketat belum lagi persaingan dengan web portal berita yang haus akan pengunjung organik dan non organik. Ingat ! semakin besar pengunjung blog maka semakin besar cuan yang bisa didapatkan. Cuan yang dimaksudkan disini adalah cuan yang berasal dari hasil Google Adsense dan sejenisnya.

    Jumlah ideal untuk memiliki artikel pilar setidaknya 25% dari keseluruhan postingan artikel blog yang kamu miliki dan sebaiknya dibuat dengan menggunakan sistim artikel pilar agar sebuah blog bisa bersaing dan berkembang serta bisa gajian tiap bulannya, asik ga tuh ?!.

    Penting di catat ! konteks pembahasan mengenai artikel pilar pada artikel ini lebih kepada intinya serta penerapannya untuk membuat artikel pilar yang SEO friendly sehingga setiap artikel pilar yang dibuat dengan harapan bisa mendapatkan posisi page one dihalaman pencarian Google serta memudahkan blog agar bisa tembus AdSense dengan mudah tanpa perlu khawatir ditolak dengan alasan low value content dan low organic visitor.

    Tertarik membaca artikel tentang Cara Membuat Artikel Pilar SEO untuk Blogger Pemula ini, yuk langsung aja dibaca pelan-pelan sampai tuntas agar bisa dipraktekan dengan sukses.

    DAFTAR ISI
    1. Pengertian Artikel Pilar
      1. 1. Apa itu Artikel Pilar ?
      2. 2. Skema Artikel Pilar
      3. 3. Perbedaan Artikel Pilar dengan Artikel Biasa
      4. 4. Panjang Kata Artikel Pilar
      5. 5. Ciri-Ciri Artikel Pilar Yang Baik
      6. 6. Kenapa Artikel Pilar Penting ?
    2. Cara Membuat Artikel Pilar
      1. 1. Menentukan Topik Khusus yang Banyak Dicari Orang
      2. 2. Riset Keyword
      3. 3. Memahami Topik Pembahasan
      4. 4. Kumpulkan Referensi Pendukung
      5. 5. Melakukan Optimasi Konten Artikel
    3. Membuat Artikel Pilar Yang SEO Friendly
      1. 1. Penggunaan Semantika SEO
      2. 2. Backlink
      3. 3. Referensi
      4. 4. Sebaran Keyword
    4. Kesimpulan

    #1 Pengertian Artikel Pilar

    Artikel pilar sebenarnya merupakan resep rahasia para blogger dalam membangun blog money site yang ampuh nan mujarab makanya banyak banget artikel blog yang membahasnya. Oke, pada kesempatan ini admin codeflare ikut juga membahas resep rahasia artikel pilar yang SEO friendly. Jadi persiapkan waktu kamu untuk membacanya perlahan lahan sampai tuntas.

    Seperti yang kita ketahui konten adalah raja (content is king) dalam kaitannya dengan artikel blog, karena itu sangat penting untuk membuat konten artikel menggunakan sistim artikel pilar sebanyak dan sebisa mungkin. Konten juga merupakan generator trafik organic yang paling ampuh, dengan catatan blog kamu berisi konten yang berkualitas baik dari sisi mesin penulusuran maupun dari sisi pengunjung, sudah pasti akan banyak organic visitor (pengunjung organik) yang berkunjung ke blog kamu. Baiklah sebelum membahas lebih detail ada baiknya kita simak dahulu informasi singkat mengenai Artikel Pilar ini terlebih dahulu.

    Apa itu Artikel Pilar ?

    Dalam bahasa sehari-hari arti kata pilar sering dimaknai sebagai kata untuk tiang utama, penyangga atau kolom dalam sebuah bangunan, lantas bagaimana kaitannya antara artikel dan pilar ?.

    Artikel Pilar adalah umumnya merupakan konten artikel yang panjang agar bisa memiliki kata kunci relevan yang padat (keyword density) dan bisa mencangkup tingkat pembahasan artikel yang mendalam (detail). Artikel pilar biasanya memiliki sumber acuan pengetahuan yang jelas untuk bisa dijadikan acuan dalam satu topik pembahasan yang ditentukan.

    Artikel pilar secara sederhana bisa juga diartikan sebagai artikel utama dari satu topik pembahasan tertentu yang berisi penjelasan lengkap dan menyeluruh.

    Artikel pilar = Artikel panjang yang spesifik difokuskan untuk pembahasan yang lebih mendetail.

    Skema Artikel Pilar

    Sistim atau skema artikel pilar adalah artikel pilar yang menggunakan strategi SEO agar bisa memperkuat keyword (kata kunci) dan long tail keyword (kata kunci terhubung) di halaman hasil mesin pencarian.

    Skema Artikel Pilar

    Membuat artikel pilar tidak serta merta akan menduduki posisi pertama pada halaman hasil pencarian (page one), dibutuhkan kekuatan dan juga strategi SEO untuk membangun posisi bagus di halaman hasil pencarian. Strategi SEO yang digunakan biasanya dalam bentuk artikel pendukung, jadi maksudnya adalah dalam satu artikel pilar akan dibuat minimal 2 artikel pendukung.

    Interkoneksi antara artikel pilar dan artikel pendukung dihubungkan melalui internal link berupa anchor text kata kunci yang mengarahkan ke artikel utama. Internal link yang dibuat nantinya akan berfungsi sebagai referensi link tujuan (salah satu bentuk internal backlink untuk optimasi SEO onpage) untuk memperkuat posisi artikel utama dari kata kunci yang ditargetkan. Hal ini dikalangan mastah blogger dikenal sebagai skema internal backlink artikel pilar.

    Artikel pilar dan artikel pendukung dipisahkan berdasarkan kapasitas dan struktur artikelnya agar bisa saling terkait dan tidak menyebabkan terjadi persaingan kata kunci antara artikel pilar dengan artikel pendukungnya di mesin pencarian google.

    Perbedaan Artikel Pilar dengan Artikel Biasa

    Artikel pilar sebenarnya adalah artikel biasa yang hanya dibedakan dari segi hirarki penggunaannya saja. Prioritas pembahasan yang ada pada artikel pilar akan lebih terstruktur dan terperinci agar bisa membangun kekuatan kata kunci relevan, sedangkan artikel biasa pembahasan hanya sebatas informasi ringan dan singkat.

    Kekuatan artikel pilar terletak pada kata kunci dan kata kunci terhubung sehingga dalam persaingan kata kunci relevan jelas artikel pilar akan lebih dominan disarankan pada halaman pertama hasil pencarian Google dibandingkan dengan artikel biasa yang hanya berisi sedikit kata.

    Panjang Kata Artikel Pilar

    Salah satu kategori artikel pilar adalah banyaknya kata yang digunakan. Secara explisit artikel pilar memiliki jumlah panjang kata minimal berkisar antara 800 sampai dengan 1000 kata, sedangkan untuk maksimalnya tidak dibatasi, namun agar artikel pilar bisa optimal jumlah kata yang disarankan berkisar antara 1200 sampai 2500 kata. Hal ini didasari atas psikologi manusia dalam membaca artikel panjang serta kepadatan kata kunci yang digunakan.

    Apakah semakin banyak kata dalam artikel akan menjadi bagus kualitasnya ?, belum tentu juga, karena akan ada banyak faktor untuk menentukan bagus tidaknya suatu artikel blog. Tapi yang pasti artikel pilar akan lebih baik dari artikel biasa jika dibuat dengan baik dan sesuai dengan kaidah SEO.

    Ciri-Ciri Artikel Pilar Yang Baik

    Membuat satu konten artikel pilar buatan sendiri (original) yang baik akan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hasilnya sebanding dengan usaha yang kita lakukan. Secara explisit artikel pilar yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

    1. Artikel pilar dibuat secara terstruktur menggunakan bahasa yang baku dan mudah dipahami.
    2. Jumlah kata artikel pilar mengikuti pembahasan dan biasanya antara 1500 sampai 2500 kata.
    3. Memiliki sumber informasi yang jelas dan bisa ditelusuri dengan mudah.
    4. Berisi pembahasan yang uptodate atau pembahasan yang tidak lengkang oleh waktu.
    5. Pembahasan artikel yang detail sehingga bisa menjadi problem solving yang baik.
    6. Menggunakan semantika SEO yang baik sehingga mudah dipahami oleh mesin penelusuran.
    7. Memiliki data pendukung yang lengkap dan akurat.
    8. Menggunakan format artikel yang jelas dan tidak membingungkan pembaca.
    9. Artikel diselingi gambar menarik yang berkaitan dengan pembahasan.

    Kenapa Artikel Pilar Penting ?

    Konsep artikel pilar sebenarnya cukup sederhana, yaitu fokus, detail dan menyeluruh. Artikel pilar yang baik mampu bersaing untuk memperebutkan posisi halaman pertama hasil pencarian sehingga besar kemungkinan artikel pilar yang dibuat akan bisa mendapatkan pengunjung organik yang alami.

    Semakin banyak trafik pengunjung organik yang datang maka tentunya pendapatan yang bisa diperoleh juga akan semakin besar.

    Artikel pilar yang baik mampu memberikan tingkat kepercayaan yang tinggi di mata pengunjung dan mesin penelusuran.

    #2 Cara Membuat Artikel Pilar

    Membuat artikel pilar tidaklah terlalu sulit namun membutuhkan banyak waktu dan referensi yang cukup luas guna menjadikan artikel pilar yang kita buat bisa menjadi baik, bermutu dan layak dibaca oleh pengunjung. Berikut beberapa tahapan untuk membuat artikel pilar yang baik dan bermutu.

    Informasi Singkat
    Apa itu blog?

    Sebuah blog hanyalah sebuah situs web yang biasanya mengatur isinya menjadi "pembaruan" yang diposting dalam urutan tertentu, dengan konten terbaru sering "pertama", di bagian atas halaman yang diberikan. Setiap "pembaruan" sering kali merupakan halaman web terpisah di situs web. Banyak blog memungkinkan pembaca pembaruan online untuk mengirim komentar. Sebuah blog tidak berbeda dari situs web lain, kecuali dalam struktur, tata letak, dan formatnya.

    Apakah weblog merupakan sumber yang dapat dipercaya?

    Dalam banyak kasus, tidak. Sebagian besar weblog pribadi ("blog"), terutama yang dihosting oleh layanan hosting blog seperti Blogger, adalah sumber yang diterbitkan sendiri; banyak dari mereka diterbitkan dengan nama samaran. Tidak ada proses pengecekan fakta dan tidak ada jaminan kualitas keandalan. Informasi dari blog milik pribadi dapat digunakan dalam artikel tentang blog atau blogger tersebut di bawah ketentuan publikasi mandiri dari kebijakan keterverifikasian.

    Materi weblog yang ditulis oleh peneliti profesional terkenal yang menulis di bidangnya, atau jurnalis profesional terkenal, dapat diterima, terutama jika diselenggarakan oleh universitas, surat kabar, atau perusahaan (contoh tipikal adalah Log Bahasa, yang telah dikutip dalam beberapa artikel , misalnya Snowclone, Laporan Drudge). Biasanya, pakar subjek akan menerbitkan sumber dengan tingkat kontrol editorial yang lebih besar seperti jurnal penelitian, yang harus lebih disukai daripada entri blog jika sumber tersebut tersedia.


    Sumber : Wikipedia



    1. Menentukan Topik Khusus yang Banyak Dicari Orang
      Artikel pilar adalah artikel dengan pembahasan intensif (mendalam) serta komprehensif (lengkap, fokus dan spesifik). Jadi, pastikan artikel pilar yang kamu buat memiliki topik yang khusus tapi juga banyak dicari orang sehingga topik pembahasannya tidak luntur oleh zaman.

      Topik artikel yang spesifik akan memudahkan mesin pencarian memahami konteks artikel yang kamu buat, besar kemungkinan mesin penelusuran akan lebih memprioritaskan artikel yang memiliki pembahasan yang spesifik.

    2. Riset Keyword
      Aturan pertama sebagai seorang blogger agar tulisan yang kamu buat bisa muncul dan ditemukan oleh banyak orang adalah dengan menduduki posisi halaman pertama dihasil pencarian sesuai dengan keyword yang kamu buat. Posisi halaman pertama untuk keyword yang sering dicari pengunjung akan memberikan potensi halaman artikel mudah ditemukan oleh pengunjung.

      Riset keyword merupakan kunci untuk mengetahui keyword-keyword yang sedang trending dan banyak dicari oleh orang di mesin penelusuran internet, keyword dengan volume pencarian terbanyak menandakan sering dicari topik pembahasannya. Gunakan keyword semacam ini agar potensi muncul pada mesin pencarian lebih tinggi sehingga bisa mendapatkan pengunjung yang banyak.

      Cara riset keyword adalah dengan menggunakan keyword tools sebagai alat pendukung. Saat ini sudah banyak sekali keyword tools yang bisa kamu gunakan seperti Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest, Google Keyword Planner, dan lain sebagainya.

      Kamu bisa memilih mana yang menurutmu nyaman untuk digunakan. Secara spesifik tools seperti SpyFu dan SEMrush dapat memperlihatkan apa yang ditawarkan oleh kompetitormu.

      Ingat, jangan sampai kamu tidak menggunakan keyword tools dalam melakukan riset keyword. Sebab dengan menggunakan keyword tools kamu dapat mengetahui berapa volume kesulitan untuk bisa tembus di halaman pertama Google.

    3. Memahami Topik Pembahasan
      Artikel yang panjang, jika dibuat secara asal-asalan dan tidak terstruktur dengan baik tentu akan menjadi artikel yang kurang relevan di mata pengguna yang membuat artikel pilar yang kamu buat akan terlihat menjadi kurang informatif dan membosankan.

      Memahami topik (niche) pembahasa akan membuat artikel pilar menjadi informatif karena kunci-kunci rahasia yang terkandung di artikel pilar yang kamu bahas bisa langsung dibagikan ke pembaca tanpa ragu. Hal inilah yang membuat artikel pilar menjadi banyak dicari oleh pengunjung.

    4. Kumpulkan Referensi Pendukung
      Gunakan referensi kredibel untuk setiap artikel yang kamu buat dan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya. Adanya informasi kredibel dari sumber terpercaya bisa menjadi penguat Anda ketika terdapat pihak yang mempertanyakan isi kontennya.

    5. Melakukan Optimasi Konten Artikel
      Langkah terakhir adalah dengan membuat cornerstone content yaitu dengan melakukan optimasi konten artikel, seperti penggunaan kaidah SEO, pengembangan makna artikel, menambahkan ilustrasi gambar artikel dan melakukan promosi URL konten artikel untuk menambah backlink dan jumlah pengunjung.

    #3 Membuat Artikel Pilar Yang SEO Friendly

    Artikel pilar yang SEO firendly perlu disusun secara terstruktur sedari awal, oleh karenanya penting untuk mengetahui kaidah dasar SEO dalam penerapan pembuatan artikel pilar. Berikut kaidah-kaidah dasar SEO dalam membangun artikel pilar yang SEO friendly.

    1. Penggunaan Semantika SEO
      Semantika SEO adalah kode HTML dalam artikel yang dibuat berdasarkan aturan SEO. Penggunaan semantika SEO menjadi indikator utama dalam membangun artikel pilar yang SEO friendly karena penggunaan semantika SEO yang baik akan membuat artikel blog menjadi mudah terindex oleh semua mesin penulusuran internet.

      Contoh penggunaan semantika SEO dalam artikel pilar seperti penggunaan tag HTML heading (H1) dan sub-heading (H2, H3 dan seterusnya), tag img dengan elemen title dan alt, tag OL dan UL serta tag HTML lainnya yang mengikuti aturan dasar SEO.

      Silakan baca artikel tentang Cara Bikin Artikel SEO Untuk Pemula untuk bisa memahami lebih lanjut tentang semantika SEO.

    2. Backlink
      Backlink adalah arahan tautan yang bisa berasal dari external (luar) website dan internal (dalam) website. Penggunaan backlink yang baik mampu membuat artikel blog memiliki peringkat di halaman pertama penelusuran. Pastikan kamu sudah mengerti cara penggunaan backlink external dan internal yang baik.

    3. Referensi
      Penggunaan referensi tambahan dalam artikel pilar sangat dianjurkan untuk menambah kelengkapan penggunaan SEO di dalam artikel. Contoh penggunaan referensi tambahan dalam artikel, seperti :
      • Embed Video Youtube,
      • Gambar ilustrasi artikel,
      • Infografis yang berisi poin-poin utama dari artikel,
      • Apabila diperlukan silakan tambahkan file-file pendukung (pdf, buku, ataupun lainnya).

    4. Sebaran Keyword
      Sebaran Keyword atau lebih sering dikenal dengan istilah “Keyword Density” merupakan penggunaan keyword yang ditaruh pada setiap paragraf artikel. Sebaran keyword bisa menjadi satu indikator keyword yang ditargetkan untuk keyword relevan. Sebaran keyword ini juga harus kamu berikan dengan sesuai jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak.

      Perlu diperhatikan juga sebaran keyword yang baik maksimal hanya 1% untuk artikel yang memiliki 1000 kata, jadi keyword yang tersebar jangan sampai lebih dari 10 kalinya karena apabila berlebihan akan dianggap sebagai keyword farming atau SPAM keyword oleh mesin penelusuran Google.

    Penerapan kaidah SEO ke dalam artikel pilar merupakan salah satu bentuk optimasi konten artikel. Optimasi yang baik akan dapat memberikan peluang lebih besar untuk halaman artikel pilar bisa cepat terindex dan masuk dalam posisi halaman pertama mesin penelusuran.

    #4 Kesimpulan

    Membuat artikel pilar yang SEO friendly sangat penting untuk diterapkan mengingat persaingan konten artikel yang semakin ketat. Jika blog kamu ingin mendapatkan peluang mendapatkan pengunjung organik maka buatlah artikel pilar yang bermutu dan jangan lupa untuk menerapkan optimasi konten artikel pilar.

    Ada banyak macam cara dan strategi dalam melakukan optimasi konten artikel namun yang pasti penggunaan kaidah SEO dasar merupakan cara efektif yang sering digunakan oleh para blogger profesional.

    Demikian artikel blog tentang Cara Membuat Artikel Pilar SEO untuk Blogger Pemula terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa Like, Share dan Subscribe, untuk pertanyaan, kritik ataupun saran silakan ditulis pada kotak komentar di bawah. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat, harap dimaklumi. Akhir kata Semoga Bermanfaat.


    Keyword


    Article, Pillar, Artikel, Konten, Pilar, Blog, Blogger, Blogspot, Wordpres, Jurnal, Online, Tulis, SEO, Optimasi, Teks, Text, Halaman, Pages, Writing, Content

    Incoming Search Term


    Artikel Pilar Blog, Cara Mudah Bikin Artikel Pilar SEO Frindly, Cara gampang bikin artikel pilar, Optimasi Artikel Pilar, Kaidah SEO Artikel Pilar, Penggunaan artikel pilar yang SEO 100%, Cara buat artikel pilar untuk tembus adsense, Artikel pilar untuk adsense, Artikel pilar blog yang bermutu, Tulisan artikel pilar untuk noob nubie newbie, Artikel pilar Google Friendly, Artikel pilar adsense ready, Rumus SEO untuk artikel pilar

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad